Kerajinan Tangan Yang Bisa Menghasilkan Uang

Kerajinan Tangan Yang Bisa Menghasilkan Uang

Membuat kerajinan tangan memang sangat menyenangkan. Apalagi jika kerajinan tangan yang kamu buat bisa menghasilkan uang. Fakta di lapangan, orang yang berjualan aneka kerajinan tangan tak pernah ada matinya. Karena peminatnya terus saja ada.

Nah, peluang seperti di atas bisa kamu manfaatkan sebagai peluang usaha baru untukmu. Bisnis kerajinan tangan tak sesulit yang kamu bayangkan kok. Kamu bisa menggunakan YouTube sebagai salah satu sumber referensi kamu.

Contoh Kerajinan Tangan yang Bisa Dijual

Kalau kamu masih bingung ingin membuat kerajinan tangan seperti apa, kamu bisa mencontoh beberapa referensi di bawah ini. Kerajinan tangan berikut bisa disesuaikan dengan skill yang kamu punya.

1. Kerajinan Tangan Rajut


Merajut adalah kegiatan yang membutuhkan tingkat ketelitian dan kesabaran yang tinggi. Karena, membuat satu buah produk rajutan membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Bisa harian, mingguan, bahkan bulanan jika ukurannya sangat besar seperti selimut.

Produk yang bisa kamu hasilkan dari kerajinan tangan rajut pun beraneka macam, seperti tas rajut, boneka, selimut, sepatu, sweater, topi, dan masih banyak yang lainnya. karena proses pembuatannya yang lama dan tidak menggunakan mesin, harga jual kerajinan tangan rajut sangat tinggi.

Tenang saja, walaupun harganya lebih tinggi dibandingkan dengan rajutan buatan pabrik, peminatnya masih tinggi kok. Itu karena rajutan tangan lebih khas dan variasinya lebih banyak ketimbang rajutan buatan pabrik.

Benang yang kamu gunakan bisa disesuaikan dengan produk yang kamu buat. Kalau kamu ingin membuat sweater misalnya, gunakan benang wol yang lembut dan nyaman saat dipakai. Berbeda lagi jika kamu ingin membuat taplak meja, kamu bisa menggunakan benang rajut nilon atau polycherry.

2. Kerajinan Tangan dari Resin

Baca :   Cara Membuat Lampion Bulat Dari Kertas Karton
kerajinan tangan

Kerajinan tangan dari resin juga memiliki daya jual yang tinggi. Proses pembuatannya pun tak serumit ketika kamu membuat kerajinan tangan rajut. Bahan utama yang kamu butuhkan untuk membuat kerajinan tangan ini adalah resin, yang terbuat dari getah pohon kunjung.

Baca Juga:
7+ Ide Bisnis Makanan Ringan dan Berat

Tapi, kamu tidak perlu repot mencari pohon kunjung untuk membuat kerajinan tangan ini. Karena kamu bisa membeli resin siap pakai di toko offline maupun online. Resin bisa dibuat menjadi beraneka macam bentuk, seperti liontin, cincin, hingga gantungan kunci.

3. Buket Bunga

kerajinan tangan

Kerajinan selanjutnya yang bisa kamu coba adalah buket bunga. Sampai saat ini, buket bunga masih memiliki penjualan yang tinggi. Terutama saat momen-momen khusus seperti wisuda, acara pernikahan, atau tunangan.

Selain dari bunga asli, kamu bisa membuat buket bunga dari pita atau bahkan kertas daur ulang. Kerajinan tangan yang satu ini cenderung membutuhkan bahan yang murah. Namun harga jualnya bisa berkali-kali lipat tergantung dari keindahan buket bunga yang kamu buat.

4. Lilin  Aromaterapi

kerajinan tangan

Selanjutnya, kamu bisa berkreasi dengan lilin. Lebih tepatnya adalah lilin arormaterapi. Lilin ini tidak hanya berfungsi sebagai penerangan saja, namun bisa digunakan sebagai relaksasi karena aromanya yang menenangkan.

Bahkan, saat ini sudah tersedia produk lilin aromaterapi kemasan sachet. Lilin yang satu ini tak perlu dibakar untuk mengeluarkan aroma. Produk ini lebih mirip dengan pengharum ruangan yang sudah banyak dijual namun memiliki keunikan tersendiri.

Untuk menghasilkan aroma harum dari bahan alami, kamu bisa menggunakan bunga mawar, lavender, hingga biji kopi.

5. Kerajinan Tangan Scrapbook

kerajinan tangan

Kalau kamu ingin membuat kerajinan tangan yang sedang populer akhir-akhir ini, kamu bisa mencoba membuat kerajinan tangan
scrapbook. Kerajinan tangan ini hanya membutuhkan kreatifitas tinggi dan menempelkan dekorasi berupa tulisan, foto, atau gambar-gambar cantik lainnya.

Baca :   Cat Tembok 2 Warna Atas Bawah

Scrapbook
sangat cocok digunakan untuk kado spesial karena bisa diselipkan foto dan tulisan tertentu. Kerajinan tangan yang satu ini juga bisa kamu jual, lho.

6. Makrame

kerajinan tangan

Makrame adalah kerajinan membuat simpul benang sehingga menjadi bentuk yang cantik dan juga unik. Makrame sendiri awalnya populer di luar negeri. Namun, saat ini di Indonesia juga sudah mulai banyak peminatnya.

Kerajinan tangan makrame bisa digunakan untuk hiasan dinding, sekat ruangan, gorden jendela, hingga tempat untuk menggantung pot bunga. Untuk bisa membuat kerajinan makrame, kamu harus memiliki skill merangkai tali menggunakan bermacam-macam simpul.

7. Kerajinan Tangan Tekstil

kerajinan tangan

Banyak yang mengira bahwa kerajinan tangan tekstil hanya berhubungan dengan membuat pakaian saja. Namun sebenarnya, kamu bisa membuat aneka kreasi berbahan dasar tekstil. Entah kain untuh atau kain perca, kamu bisa menyulapnya menjadi barang yang mempunyai nilai jual.

Kerajinan tekstil yang paling mudah, misalnya adalah membuat taplak meja dengan menggunakan teknik applique. Kamu bisa mempelajari lebih jauh tentang teknik applique di internet. Meskipun bahan yang digunakan adalah sama yaitu kain, jika kamu bisa menggunakan teknik menjahit lainnya, itu bisa menjadi nilai lebih.

8. Lukisan Wajah

kerajinan tangan

Memberikan kado yang unik untuk orang tersayang akan menjadi momen yang sangat mengesankan. Kamu bisa mencuri peluang ini untuk membuat lukisan wajah. Bukan sembarang lukisan wajah, kamu bisa berkreasi dengan karikatur atau teknik melukis watercolor.

Baca Juga:
5 Motif Kain Maxmara Paling Cocok Untuk Hijaber, Pasti Laris Manis!

Kemudian, hasil lukisan tersebut dikemas di figura atau bisa menggunakan resin agar terlihat lebih estetis. Kamu bisa menambahkan hiasan berupa bunga kering di sekitar lukisan kamu.

Baca :   Free Background Music Free Download Mp3

9. Kertas Daur Ulang

kerajinan tangan

Mungkin di sekitarmu ada banyak sekali limbah kertas. Entah dari buku bacaan atau buku tulis. Lalu, kenapa kamu tidak memanfaatkannya menajdi kerajinan tangan kertas daur ulang? Bahkan, kamu bisa mengeluarkan modal seminimal mungkin untuk membuat kerajinan ini.

Bahan utama yang kamu perlukan tentu saja adalah kertas. Sebelum membuat kertas daur ulang, kamu harus menghancurkan kertas tersebut terlebih dahulu dengan bantuan blander. Lalu tambahkan air dan pewarna agar lebih cantik.

Kemudian, saring menggunakan cetakan kertas khusus. Lalu keringkan. Kertas daur ulang siap untuk dipotong sesuai keinginan dan dijual. Selain mendapatkan keuntungan, kamu juga ikut berkontribusi untuk mengurangi limbah kertas di lingkungan kamu.

10. Lampu Hias

kerajinan tangan

Setiap rumah pasti membutuhkan lampu untuk penerangan rumah mereka. Tapi, bagaimana kalau kamu membuat lampu yang berbeda, yaitu lampu hias?

Kamu hanya perlu membeli lampu beserta kabelnya. Kemudian, membuat tempat lampu dengan berbagai bentuk. Bahan yang bisa kamu gunakan adalah sendok plastik atau stik es krim. Kamu juga bisa membuat dari bonggol jagung yang sudah dikeringkan.

11. Sepatu Lukis

kerajinan tangan

Kerajinan tangan selanjutnya adalah sepatu lukis. Sepatu lukis memiliki daya jual yang tingg karena unik. Tentu saja, sepatu yang bisa kamu gunakan adalah sepatu tanpa motif alias polos. Dengan begitu kamu bisa berkreasi membuat lukisan yang menarik minat calon pembeli.

Bisnis kerajinan tangan adalah bisnis yang sangat menjanjikan. Sayangnya, tidak sedikit yang mengalami kegagalan karena berhenti berinovasi. Saat sahabat moselo memutuskan untuk menjual hasil kerajinan kamu, kamu juga harus siap dengan perubahan trend yang bergerak cepat.

Kerajinan Tangan Yang Bisa Menghasilkan Uang

Source: https://moselo.com/blog/kerajinan-tangan/

Check Also

Gambar Wanita Sedih Menangis Dan Kecewa Kartun

Gambar Wanita Sedih Menangis Dan Kecewa Kartun Adapun berikut ini adalah koleksi yang bisa kamu …