Kegunaan Utama Penggunaan Lemari Asam Saat Mereaksikan Larutan Adalah

Kegunaan Utama Penggunaan Lemari Asam Saat Mereaksikan Larutan Adalah

Cara penggunaan lemari asam dengan baik haruslah Anda pahami ketika menjadi bagian dari pekerja laboratorium kimia. Pada dasanya, apapun jenis lemari memiliki kesamaan fungsi, yaitu sebagai tempat penyimpanan suatu barang. Pada lab kimia ini, lemari yang digunakan berfungsi untuk menyimpan alat-alat kimia atau bahan kimia. Mengingat sifat bahan kimia yang berbeda-beda membuat lemari ini dibuat dengan karakteristik khusus, agar tidak rusak jika berinteraksi dengan zat kimia.

Lemari asam  yang biasa digunakan di laboratorium ini memiliki fungsi untuk pereaksian bahan kimia. Penggunaan lemari ini biasanya adalah saat melakukan proses reaksi bahan kimia yang menggunakan bahan-bahan kimia yang berbahaya ataupun mudah menguap.
Bisa dikatakan juga bahwa lemari asam  ini merupakan tempat untuk pencampuran bahan-bahan kimia yang berbahaya dari suaru bahan atau reagen kimia.
Seorang analis dalam suatu laboratorium tidak jarang akan melakukan suatu percobaan dan juga pengujian bahan-bahan kimia yang cukup berbahaya. Hasil reaksi dari bahan kimia tersebut tidak jarang pula akan menghasilkan suatu uap atau gas yang cukup membahayakan.
Dapatkah Anda bayangkan bagaimana jadinya apabila suatu laboratorium kimia ini tidak dilengkapi dengan lemari asam? Suatu ruangan laboratorium yang tidak dilengkapi dengan lemari asam mungkin saja akan sangat membahayakan. Alasannya karena ruangan laboratorium tersebut kemungkinan akan penuh dengan uap gas yang beracun dan cukup berbahaya.
Di samping itu, tanpa adanya lemari asam kemungkinan orang-orang yang ada di dalamnya cukup berisiko untuk terkena penyakit saluran pernafasan.

Fungsi Lemari Asam

Pada Lab

Lemari asam juga disebut sebagai fume hood yang merupakan peralatan ventilasi lokal yang dirancang khusus untuk mengurangi paparan uang beracun, gas berbahaya dan debu. Pada umumnya, lemari asam dirancang dengan ukuran besar dan dilengkapi dengan kabinet pada bagian bawah sebagai meja atau penahan.

Baca :   Garis Yang Menghubungkan Titik Pusat Dengan Titik Pada Lingkaran Disebut

Perangkat ini sangatlah dibutuhkan dalam laboratorium. Fungsi utama dari lemari asam adalah mengontrol pengaruh udara berbahaya, peralatan laboratorium hingga bahan penelitian. Hal ini bertujuan untuk melindungi personil di laboratorium dari berbagai bahaya, khususnya bahaya gas beracun yang mungkin bisa terhirup saat eksperimen atau penelitian di laboratorium.

Terdapat dua jenis fume hood yang harus kita ketahui, yaitu fume hood ductless dan fume hood ducting. Keduanya memiliki cara penggunaan lemari asam yang sama, yaitu dengan menghisap udara dari bagian pintu depan. Kemudian dikeluarkan melalui blower menuju bahan penyaringan. Sebelum memilihnya, Anda harus tahu apa kelebihan dan kekurangan dari jenis lemari asam tersebut.

Jenis lemari asam ducting lebih sering digunakan dalam laboratorium untuk menghisap gas, udara atau debu dalam laboratorium secara langsung untuk kemudian dihembuskan ke atmosfir gedung. Berbeda dengan jenis lemari asam yang lain, yaitu duckless dimana udara yang dihisap akan menuju ruang proses lemari lalu disaring dua kali. Penyaringan pertama disebut pre-filter dan yang kedua merupakan penyaringan utama yang biasanya menggunakan bahan charcoal filter.

Cara Penggunaan

Lemari asam ini dirancang khusus dengan body dan beragam fitur yang disesuaikan dengan tujuan penggunaannya. Sebelum itu, Anda harus tahu bagaimana cara penggunaan lemari asam ini.

  1. Naikkan jendela sorong atau sliding windows sesuai kebutuhan dan keinginan.
  2. Hidupkan lampu sorong beserta switch blower.
  3. Apabila blower sudah aktif, Anda harus melakukan prinsip ini secara hati-hati. Untuk menghindari percikan zat kimia ke wajah, turunkan jendela sorong setinggi bahu.
  4. Jika terpaksa Anda harus meninggalkan proses reaksi yang sedang berlangsung, turunkan jendela sorong dengan bukaan sekitar 10cm dari atas meja.
  5. Apabila pekerjaan telah usai, bersihkan meja menggunakan kain kering dan bilas dengan kain basah. Kemudian lap kembali hingga k
  6. Jika sudah tidak digunakan lagi, matikan switch lampu kemudian tutup window dan jendela sorong.
Baca :   Segitiga Sama Sisi Mempunyai Simetri Lipat

Info Mengenai Lemari Asam

pembuat furniture laboratorium

Distributor Terpercaya

Lemari asam menjadi bagian penting di dalam laboratorium kimia yang harus ada. Kita tidak boleh sembarangan dalam memilih furniture untuk laboratorium. Karena ada standar khusus yang harus dipenuhi setiap peralatan di lab ini.

Salah satu hal yang harus Anda perhatikan dalam membeli lemari asam ini adalah memilih distributor lemari asam yang tepercaya. Satu-satunya distributor yang bisa Anda jadikan pilihan adalah Lab Nusantara. Kami menyediakan beragam keperluan laboratorium kimia, termasuk lemari asam. Anda akan mengetahui
cara penggunaan lemari asam
dengan baik setelah memilikinya. Untuk memesan lemari asam Anda bisa menghubungi kontak yang tersedia di website labnusantara.co.id.

Kegunaan Utama Penggunaan Lemari Asam Saat Mereaksikan Larutan Adalah

Sumber: https://labnusantara.co.id/lemari-asam/cara-penggunaan/

Check Also

Contoh Soal Perkalian Vektor

Contoh Soal Perkalian Vektor. Web log Koma – Setelah mempelajari beberapa operasi hitung pada vektor …