Kaporit Dalam Penjernihan Air Berfungsi Sebagai

Kaporit Dalam Penjernihan Air Berfungsi Sebagai

Kaporit dalam sistem penjernihan air berfungsi untuk?

  1. Menghilangkan bau
  2. Menghilangkan warna
  3. Mengharumkan air
  4. Membunuh kuman
  5. Menyetabilkan suhu air

Jawaban: D. Membunuh kuman

Dilansir dari Encyclopedia Britannica, kaporit dalam sistem penjernihan air berfungsi untuk membunuh kuman.

Kemudian, saya sangat menyarankan anda untuk membaca pertanyaan selanjutnya yaitu
Ventilasi dalam rumah berfungsi untuk?
beserta jawaban penjelasan dan pembahasan lengkap.

Jika salah satu hobi kamu adalah berenang, maka kamu sudah tidak asing dengan bau kaporit yang tercium dari kolam renang. Meski begitu, ada saja orang yang belum mengetahui apa itu kaporit dan apa fungsi kaporit di kolam renang.

Kaporit atau kalsium hipoklorit adalah senyawa kimia yang umumnya berbentuk serbuk atau tablet. Saat dilarutkan akan bereaksi dengan kandungan lain di air, seperti urine atau keringat. Reaksi ini akan menjadi gas klorin dan menimbulkan bau kaporit.

Lalu apa fungsi kaporit di kolam renang?

Seperti yang sudah disebutkan, kaporit berfungsi untuk menjernihkan air. Selain itu kaporit juga berfungsi sebagai desinfektan dan membunuh bakteri pada air kolam renang.

Jika kaporit digunakan dengan takaran yang tepat bisa melindungi perenang dari bakteri atau kuman yang bisa menyebabkan masalah seperti diare atau masalah pada telinga.

Karenanya penting untuk selalu menjaga kondisi air kolam renang sesuai dengan konsentrasi yang aman. Karena jika penggunaan kaporit berlebihan, maka akan berpengaruh juga pada hasil reaksi klorin.

Klorin yang berlebihan dapat memberikan efek buruk bagi orang yang terpapar langsung olehnya.

Dampak kaporit bagi tubuh

Masalah pernafasan

Mendesinfeksi air kolam renang dapat menyebabkan sejumlah efek yang tidak diinginkan. Salah satunya dapat memengaruhi kesehatan pernapasan.

Dilansir dari artikel Webmd, para peneliti merekomendasikan para perenang menggunakan kolam dengan konsentrasi klorin di bawah 0,5 parts per million (PPM) untuk mengurangi risiko masalah pernapasan.

Iritasi mata

Iritasi mata adalah keluhan yang seringkali terjadi saat berenang atau setelahnya. Memang bukan hal baru, jika air kolam renang yang telah dijernihkan dengan kaporit terasa perih jika masuk ke mata.

Mata akan berair dan terlihat merah saat kamu keluar dari kolam renang. Karena itu, sebagai solusi agar tetap bisa berenang adalah menggunakan kacamata khusus berenang.

Namun jika enggan menggunakan kacamata renang, kamus bisa menyiapkan obat tetes mata untuk mengatasi iritasi mata ringan. Gunakan setelah kamu selesai berenang.

Iritasi kulit

Penggunaan kaporit bisa menyebabkan terjadinya iritasi kulit. Jika kulit terpapar air yang telah diberi kaporit bisa menjadi gatal, kering dan juga menimbulkan ruam. Pada kasus yang parah, iritasi kulit karena klorin bisa menyebabkan bengkak atau membuat kulit mengeras.

Baca :   Pembuatan Magnet Dengan Cara Seperti Pada Gambar Bersifat

Namun tidak semua perenang mengalami iritasi kulit. Biasanya, yang yang mengalami iritasi adalah orang dengan sistem kekebalan tubuh yang “siaga”. Di mana sistem kekebalan tubuh akan mengidentifikasi klorin sebagai benda asing yang harus dilawan.

Jika kamu memiliki kulit yang sensitif dan timbul ruam, kamu bisa mengatasinya dengan menggunakan krim hidrokortison. Kamu juga bisa menggunakan sabun mandi atau krim pelembab kulit yang dirancang khusus untuk menenangkan kulit setelah berenang.

Kerusakan pada rambut

Bukan cuma kulit, tapi rambut juga bisa merasakan efek negatif dari penggunaan kaporit. Karena rambut akan terasa lebih kering dan kehilangan kelembaban alaminya.

Untuk mengatasi masalah ini, sebaiknya gunakan minyak rambut sebelum berenang atau menggunakan topi khusus berenang untuk melindungi rambut dari paparan air kolam renang.

Masalah pencernaan

Menelan air yang telah didesinfektan menggunakan kaporit dapat menyebabkan gangguan sistem pencernaan. Ada yang mengalami mual dan juga sakit kepala. Atau ada juga yang mengeluhkan masalah gastrointestinal lainnya.

Gejala lain yang mungkin juga dirasakan adalah rasa tidak enak pada tenggorokan dan menyebabkan muntah. Muntahan tersebut akan cenderung berbau kaporit.

Merusak gigi

Klorin adalah salah satu penyebab utama terjadinya perubahan warna pada gigi dan banyak orang tidak menyadarinya. Salah satu tempat yang paling memungkinkan gigi terpapar klorin adalah kolam renang.

Kondisi klorin yang berlebih memungkinkan untuk mengubah warna gigi menjadi kecoklatan, jika kamu membiarkannya masuk ke mulut. Selain itu, klorin juga akan menghalangi fungsi air liur untuk membersihkan mulut.

Kabar buruknya lagi, terpapar klorin bisa mengikis lapisan enamel gigi. Jika terpapar dalam waktu yang berkepanjangan, dapat menyebabkan gigi menjadi sensitif.

Gigi sensitif dapat mengarah ke penyakit lainnya, seperti penyakit jantung. Karenanya usahakan untuk tidak memasukan air kolam renang ke dalam mulut, demi menjaga kesehatan gigi dan mulut.

Demikian beberapa efek dari penggunaan kaporit jika melebihi batas aman. Kini kamu bisa melakukan pencegahan seperti yang telah dijelaskan, agar terhindar dari kemungkinan efek negatif air kolam renang.


Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Ada beragam fungsi kaporit di kehidupan kita sehari-hari. Selain sebagai pembersih air di kolam renang, kaporit ternyata juga digunakan dalam pembuatan gadget hingga kendaraan bermotor. Namun di balik itu, semua bahaya paparannya tetap mengancam.

06 Feb 2020
|Nina Hertiwi Putri

Ditinjau olehdr. Reni Utari

Fungsi kaporit salah satunya adalah untuk membersihkan kolam renang

Fungsi kaporit yang paling dikenal selama ini adalah sebagai campuran air kolam renang. Namun ternyata, bahan kimia yang satu ini juga sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari, bahkan sebagai campuran di air minum.
Meski begitu, kaporit pada dasarnya adalah bahan beracun. Bahkan pada Perang Dunia Pertama, bahan ini digunakan sebagai senjata kimia. Namun tentu saja, kadar kaporit yang digunakan sebagai senjata dan campuran bahan sehari-hari sangat jauh berbeda.
Kadar kaporit pada kolam renang, air minum, maupun produk pembersih rumah jumlahnya minimal atau dalam batas aman yang telah ditetapkan badan regulasi. Sayangnya, hal ini tetap tidak menutup kemungkinan seseorang terkena dampak negatif dari paparan gas klorin berlebih.

Baca :   Ayo Tentukan Volume Gabungan Bangun Ruang Berikut

Dalam dosis-dosis tertentu, kaporit bisa memberikan banyak manfaat untuk kehidupan sehari-hari, seperti:
Kaporit memang sudah umum dicampurkan ke dalam kolam renang maupun di air yang dialirkan ke rumah-rumah. Sebab, bahan yang satu ini bisa bertindak sebagai disinfektan berbasis klorin yang bisa mencegah terjadinya berbagai penyakit yang bersumber dari air, seperti kolera, demam tifoid, disentri, dan hepatitis A.
Kadar kaporit yang digunakan di kolam renang, juga bisa menghancurkan patogen penyebab diare, infeksi telinga, dan infeksi jamur di kaki.
Susunan kimiawi kaporit, juga digunakan dalam pembuatan pemutih pakaian dan pembersih rumah. Bahan ini dinilai efektif untuk menyingkirkan berbagai kuman yang menempel di permukaan baju maupun barang-barang lainnya di rumah.
Fungsi kaporit lainnya adalah sebagai salah satu bahan baku pestisida, sehingga bahan makanan yang Anda konsumsi terbebas dari hama. Selain itu, kaporit juga bisa digunakan sebagai campuran cairan pembersih dapur, agar barang-barang yang akan berkontak dengan makanan di rumah terbebas dari berbagai kuman.
Kaporit juga berperan dalam dunia kesehatan. Sebab, bahan ini digunakan dalam pembuatan beberapa jenis obat, kantung darah, hingga benang operasi.
Dari sekian banyak bahan baku yang digunakan untuk membuat prosesor telepon genggam, komputer, dan tablet, kaporit adalah salah satunya. Selain itu, kaporit ternyata juga merupakan salah satu bahan baku pendingin lemari es.
Fungsi kaporit ternyata juga menyasar bidang transportasi. Hampir semua moda transportasi mengandung kaporit di bagian kursi, minyak rem, hingga bagian badan mobil.
Meski fungsi kaporit dalam kehidupan sehari-hari begitu beragam, tapi tetap ada bahaya yang mengintai di baliknya. Bagaimanapun juga, kaporit adalah bahan kimia yang bisa berbahaya bagi kesehatan jika diterima dalam dosis besar.

Bahaya kaporit untuk kesehatan

Apabila seseorang terpapar kaporit dalam kadar yang berlebihan, gangguan kesehatan bisa muncul. Hal ini terjadi karena saat tubuh berkontak dengan kaporit, baik dari air, udara, ataupun tidak sengaja tertelan, maka zat ini akan bereaksi dengan mengubah dirinya menjadi asam. Zat asam inilah yang bersifat merusak sel di tubuh.
Berikut ini gangguan kesehatan yang bisa muncul akibat paparan kaporit berlebih:

  • Iritasi sistem pernapasan
  • Susah bernapas
  • Sakit tenggorokan
  • Batuk
  • Iritas mata
  • Iritasi kulit
  • Mata, tenggorokan, atau hidung terasa seperti terbakar
  • Mual dan muntah
  • Penglihatan kabur
  • Terdapat cairan di paru-paru
Baca :   Contoh Soal Matriks Dan Jawabannya Kelas 11

Perlu diingat, Anda belum tentu terpapar kaporit berlebih, jika mengalami gejala yang serupa dengan kondisi di atas. Untuk memastikannya, segera periksakan kondisi Anda ke dokter.

Baca Juga

Begini Cara Menangani Kulit Tangan Mengelupas Karena Sering Cuci Tangan
Deretan Vitamin untuk Kulit Kering yang Bisa Bantu Melembapkan
10 Penyebab Telapak Tangan Gatal dan Cara Mengatasinya

Apa yang harus dilakukan jika terkena paparan kaporit berlebih?

Apabila Anda berada di situasi yang menyebabkan paparan kaporit terjadi secara berlebihan, segera lakukan hal-hal di bawah ini untuk meminimalisir terjadinya efek samping:

  • Segera tinggalkan area dengan kebocoran kaporit dan cari tempat yang memiliki udara segar untuk mengurangi risiko efek samping.
  • Jika memungkinkan, segera cari tempat yang tinggi. Sebab, kaporit lebih berat dari udara sehingga udara di atas umumnya tidak ikut terpapar.
  • Apabila kaporit dalam bentuk gas bocor di area perkantoran atau di dalam gedung, segera keluar secepatnya.
  • Segera ganti pakaian dengan yang bersih dan segera cuci pakaian yang sudah terpapar kaporit secara berlebih.
  • Apabila paparan kaporit terjadi secara langsung di kulit, segera mandi menggunakan air dan sabun dalam jumlah banyak.
  • Apabila kaporit masuk ke mata, segera bilas dengan air bersih selama 10-15 menit. Jika Anda menggunakan lensa kontak, lepas terlebih dahulu baru kemudian bilas.
  • Apabila tidak sengaja menelan kaporit, jangan merangsang tubuh untuk muntah atau minum air. Segera cari pertolongan medis.

Bahaya kaporit di atas hanya akan muncul apabila paparan terjadi secara berlebihan. Sehingga, Anda tidak perlu khawatir untuk berenang atau menggunakan benda sehari-hari yang mengandung kaporit. Karena umumnya, kadarnya sudah diatur agar tidak membahayakan kesehatan.keracunankulit keringberenangkeracunan arsenikmata iritasi

Chemical Safety. https://www.chemicalsafetyfacts.org/chlorine/
Diakses pada 6 Februari 2020

Live Science. https://www.livescience.com/28988-chlorine.html
Diakses pada 6 Februari 2020

Department of Health, New York. https://www.health.ny.gov/environmental/emergency/chemical_terrorism/chlorine_general.htm
Diakses pada 6 Februari 2020

CDC. https://emergency.cdc.gov/agent/chlorine/basics/facts.asp
Diakses pada 6 Februari 2020

Cara menghaluskan telapak tangan yang kasar dan kering bisa dilakukan sendiri di rumah. Anda hanya perlu menghindari cuci tangan secara berlebihan, sering pakai pelembap tangan, dan perbanyak minum air putih.

23 Jul 2021
|Annisa Amalia Ikhsania

Teknik renang gaya kupu-kupu membutuhkan energi yang besar serta koordinasi tubuh yang maksimal, mulai dari tangan, badan, hingga kaki. Gerakan ini membutuhkan energi yang besar dan pengetahuan akan teknik berenang yang lebih tinggi dibanding gaya-gaya renang lain seperti gaya bebas, gaya punggung, maupun gaya dada.

Tes untuk mengetahui jenis kulit wajah penting dilakukan guna menentukan produk perawatan kulit yang tepat. Cara mengetahui jenis kulit wajah sendiri ternyata bisa dilakukan di rumah dengan mudah.

25 Jun 2021
|Annisa Amalia Ikhsania

Dijawab Oleh
dr. Adhi Pasha Dwitama

Dijawab Oleh
dr. Andre Zaini

Kaporit Dalam Penjernihan Air Berfungsi Sebagai

Sumber: https://dimanakahletak.com/kaporit-dalam-penjernihan-air-berfungsi-sebagai

Check Also

Contoh Soal Perkalian Vektor

Contoh Soal Perkalian Vektor. Web log Koma – Setelah mempelajari beberapa operasi hitung pada vektor …