Kalimat Utama Paragraf Tersebut Terdapat Pada Nomor

Kalimat Utama Paragraf Tersebut Terdapat Pada Nomor.

Kapanlagi Plus
– Kemampuan memahami bacaan jadi hal penting yang harus dipunya setiap orang. Untuk bisa memahami isi setiap paragraf, terlebih dahulu kita harus dapat menemukan kalimat utamanya. Pasalnya, paragraf terdiri atas satu kalimat utama dan kalimat penjelas yang bisa berjumlah lebih dari satu. Sementara, kalimat utama adalah inti atau gagasan pokok dalam paragraf.

Menentukan kalimat utama pada suatu paragraf sebenarnya bisa dilakukan dengan mudah dan cepat. Hal ini khususnya untuk seseorang yang sudah punya kebiasaan membaca. Sebab, biasanya kalimat utama biasa dijumpai di bagian awal atau akhir dari paragraf, tergantung jenis paragrafnya.



Sebaliknya untuk yang tak biasa membaca, mencari kalimat utama mungkin bisa jadi hal yang cukup sulit. Untuk itu, penting mempelajari kalimat utama adalah gagasan pokok paragraf. Dengan begitu, kalian akan lebih menemukan keberadaannya dalam paragraf. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ulasan tentang kalimat utama yang mudah dipahami.

1. Pengertian Kalimat Utama Adalah

Kalimat utama dalam paragraf juga dikenal dengan sebutan gagasan pokok atau gagasan utama. Secara umum, kalimat utama adalah inti yang dibahas dalam suatu wacana berbentuk paragraf. Dalam paragraf, kalimat utama menjelaskan inti permasalahan secara umum. Oleh karena itu, pada suatu paragraf, kalimat utama selalu membutuhkan kalimat penjelas yang menjelaskan secara lebih rinci.

Baca :   Cara Memperbanyak Anggrek Hitam

Dilansir dari liputan6.com, Suryono (2004) memberikan penjelasan yang lebih mendalam tentang kalimat utama atau gagasan pokok. Menurutnya, gagasan pokok adalah segala yang dilengkapi dengan information, fakta, informasi atau pendukung lainnya yang diharapkan bisa memperjelas gagasan tersebut. Selain itu dari gagasan pokok pula dapat digunakan untuk meyakinkan pembaca.

2. Perbedaan Kalimat Utama dan Kalimat Penjelas

Seperti yang disinggung sebelumnya, bahwa dalam suatu paragraf umumnya terdapat satu kalimat utama dan beberapa kalimat penjelas. Sehingga, untuk bisa menemukan kalimat utama, kalian juga harus bisa membedakan keduanya terlebih dahulu.

Jika kalimat utama adalah gagasan pokok, maka kalimat penjelas merupakan kalimat yang berisi keterangan-keterangan tambahan. Keberadaan kalimat penjelas akan mendukung apa yang diungkapkan dalam kalimat utama. Dengan kata lain, kalimat utama dan kalimat penjelas akan saling berhubungan satu sama lain.

three. Ciri-Ciri Kalimat Utama

Selain perbedaan di atas, kalimat utama juga mempunyai beberapa ciri khusus yang membedakannya dengan kalimat penjelas. Artinya, dengan kita bisa lebih mudah menemukan kalimat utama dengan mengidentifikasi ciri-ciri tersebut. Adapun ciri-ciri kalimat utama adalah sebagai berikut.

one) Kalimat utama mengandung satu topik bahasan atau permasalahan.

2) Kalimat utama dapat berdiri sendiri sebagai kalimat bukan paragraf, jika tidak disertai kalimat penjelas.

3) Kalimat utama telah memiliki arti yang jelas meskipun tidak dihubungkan dengan kalimat lainnya.

four) Kalimat utama biasanya tidak memiliki atau dibentuk dari kata sambung.

5) Pada paragraf induktif (paragraf dengan kalimat utama di bagian akhir), kalimat utama biasanya akan ditandai dengan kata-kata: sebagai, jadi, yang penting, oleh karena itu, dengan demikian ataupun kalimat yang berisi kesimpulan.

Baca :   Kelebihan Dan Kekurangan Teori Atom Mekanika Kuantum

iv. Cara Menemukan Kalimat Utama

Kalimat utama adalah bagian terpenting dalam paragraf. Maka untuk bisa memahami isi suatu paragraf, kita harus bisa menemukan kalimat utamanya terlebih dahulu. Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menemukan kalimat utama dalam paragraf.

1) Baca setiap kalimat dalam paragraf atau bacaan dengan cermat. Perhatikan bagian awal dan akhir, karena kalimat utama bisanya terdapat di bagian tersebut.

ii) Lakukan identifikasi terkait topik atau permasalahan yang diangkat pada paragraf.

3) Buat rangkuman dalam satu kalimat singkat terkait isi paragraf atau bacaan tersebut.

4) Perhatikan setiap pengulangan kata ataupun kalimat. Biasanya pengulangan bahasan ini bisa jadi penanda dari kalimat utama.

5) Menentukan kalimat sesuai dengan jenis paragraf misalnya saja deduktif, induktif atau justru campuran.

five. Contoh Kalimat Utama dalam Paragraf

Secara umum kalimat utama bisa terletak di bagian awal, tengah, akhir, bahkan menyebar tergantung jenis paragrafnya. Untuk paragraf induktif kalimat utama dapat ditemukan di bagian akhir paragraf. Sedangkan, pada paragraf deduktif kalimat utama akan terletak di depan. Sementara, kalimat utama yang menyebar terdapat di jenis paragraf campuran.

Untuk lebih memudahkan kalian dalam memahami letak kalimat utama, kalian bisa perhatikan contoh berikut ini.

ane) Contoh kalimat utama di awal paragraf (deduktif)

Harimau sumatera kini semakin langka. Banyak orang yang memburunya. Mereka mengincar kulit harimau untuk dijual kepada perajin kulit. Apalagi kini, habitat hewan tersebut semakin lama semakin menyempit karena penebangan hutan dan pertambangan.

two) Contoh kalimat utama di akhir paragraf (induktif)

Di dalam keluarga disiplin sangat diperlukan. Kedisiplinan juga merupakan awal sebuah prestasi di sekolah. Tidak hanya itu kedisplinan di lingkungan akan membawa dampak yang baik untuk masyarakat. Ternyata kedisiplinan sangat penting di kehidupan kita.

Baca :   Elektrolit Yang Berupa Senyawa Ion Mempunyai Sifat Antara Lain

3) Contoh kalimat utama yang menyebar di paragraf campuran

Apabila kita jarang mengonsumsi sayuran hijau bisa berakibat tidak baik bagi kesehatan. Pertama, kita rentan terkena penyakit. Kita bisa menderita anemia atau kekurangan darah. Karena kurangnya serat, kita juga mudah mengalami sembelit. Ternyata, jarang mengonsumsi sayuran hijau bisa berbahaya bagi tubuh kita.

Itulah di antaranya ulasan tentang pengertian kalimat utama adalah gagasan pokok dalam paragraf. Semoga bermanfaat dan bisa menambah pengetahuan!

Kalimat Utama Paragraf Tersebut Terdapat Pada Nomor

Source: https://plus.kapanlagi.com/kalimat-utama-adalah-gagasan-pokok-dalam-paragraf-pahami-ciri-ciri-dan-perbedaannya-dengan-kalimat-penjelas-9bd07c.html

Check Also

Contoh Soal Perkalian Vektor

Contoh Soal Perkalian Vektor. Web log Koma – Setelah mempelajari beberapa operasi hitung pada vektor …