Kakak Laki Laki Dan Adik Perempuan

Kakak Laki Laki Dan Adik Perempuan

Kakak laki-laki dan adik perempuan umumnya memiliki hubungan yang sangat dekat. Apalagi jika jarak usia keduanya tidak terpaut jauh. Namun, membangun hubungan yang dekat dan saling sayang di antara kakak-beradik memang butuh andil orang tua.

Hubungan yang dipupuk dari usia belia bisa bertahan hingga dewasa. Jenis kedekatan yang seperti ini akan sangat penting bagi kakak-beradik. Mereka bisa dengan mudah saling bantu saat dibutuhkan. Untuk para orang tua, ini dia beberapa tips dan contoh sikap baik yang bisa Anda ajarkan pada buah hati.

Contoh Sikap Baik agar Kakak Laki-laki dan Adik Perempuan Saling Sayang

1. Selalu Peduli dan Perhatian

Cara seorang anak laki-laki menunjukkan bahwa ia peduli bisa sangat berbeda dengan anak perempuan. Ada rasa malu atau enggan. Alhasil, cara sang kakak menunjukkan rasa peduli terlihat seolah sedang menjahili sang adik. Nah, Anda sebagai orang tua bisa membantu sang kakak untuk menunjukkan rasa peduli dan perhatiannya dengan tepat.

Mulai dengan membiasakan anak untuk bertanya “Ada apa?” atau “Apa kamu baik-baik saja?”.

Pertanyaan sederhana ini bisa membantu proses interaksi kakak-beradik menjadi lebih baik. Biasakan juga agar anak-anak berkomunikasi dengan sopan dan tidak menggunakan nada tinggi sekalipun sedang berbicara dengan saudaranya sendiri.

Baca :   Harga Spring Bed Untuk 1 Orang

Artikel terkait: 13 Band dengan Personil Kakak Beradik, dari D’Masiv hingga Letto

2. Sigap Melindungi sang Adik

kakak laki-laki dan adik perempuan

Ada yang bilang kalau sosok ayah adalah pahlawan untuk anak perempuannya. Tapi jangan salah, kakak laki-laki juga jadi sosok yang perlu selalu sigap melindungi sang adik. Didiklah anak laki-laki Anda untuk tumbuh sebagai laki-laki yang menjaga dan menghargai perempuan. Caranya dimulai dengan melindungi sang adik perempuan.

Biarkan mereka melakukan aktivitas bersama mulai dari bermain hingga belajar bersama. Cari tahu hal-hal yang sama-sama mereka sukai untuk membangun kedekatan. Karena sering menghabiskan waktu bersama bukan tidak mungkin keduanya juga akan semakin dekat, dan kelak akan saling jaga satu sama lain.

Artikel terkait: 13 Pasangan Kakak Adik Artis, Kompak di Rumah dan di ‘Panggung’ Hiburan

3. Bersedia Menyediakan Waktu, Salah Satu Tips agar Kakak Laki-laki dan Adik Perempuan Saling Sayang

kakak laki-laki dan adik perempuan

Menanamkan nilai bahwa keluarga adalah prioritas juga bisa Anda terapkan pada anak-anak. Ajarkan juga untuk mengutamakan dan siap meluangkan waktu sama lain. Ini secara tidak langsung akan mengajarkan juga pada mereka untuk belajar saling toleransi satu sama lain.

Untuk membiasakan si kecil, Anda bisa menetapkan semacam jadwal mereka untuk menghabiskan waktu bersama. Anda juga bisa ikut bermain bersama kedua anak Anda ini. Siapkan permainan yang seru juga untuk menambah antusiasme anak.

Artikel terkait: 4 Cara Maya Septha Mengatasi Kecemburuan Antara Kakak Beradik

4. Belajar Mengalah untuk Adik

sister

Mengalah memang tidak mudah. Kerap kali si kecil menyangka permintaan orang tua agar mereka mengalah sebagai tanda bahwa orang tua sudah tidak sayang lagi. Padahal tidak demikian. Itu sebabnya Anda sebagai orang tua juga harus bisa menjelaskan dengan benar.

Baca :   Gambar Kartun Ayah Dan Anak Perempuan

Lakukanlah negosiasi dengan si kecil. Saat sang kakak harus mengalah, apa yang bisa Anda berikan sebagai gantinya. Seiring si kecil makin besar, sang kakak akan perlahan-lahan memahami bahwa sikap mengalahnya adalah untuk dirinya juga.

5. Jadi Tempat Keluh Kesah yang Dapat Dipercaya

sister

Semakin dekat kakak dan adik, tidak hanya sebatas saudara saja, hubungan keduanya justru serupa sahabat. Tidak akan mengherankan jika sang kakak akan jadi tempat keluh kesah sang adik, juga sebaliknya. Saling diskusi dan memberi solusi untuk masalah-masalah mereka kelak jika sudah tumbuh besar nanti.

Jika anak perempuan Anda menangis dan ada masalah, ajak sang kakak untuk mendengarkan. Tanya respons sang kakak, libatkan sang kakak untuk mencarikan solusi buat sang adik. Mempercayakan si kecil dengan tanggung jawab sederhana seperti ini bisa meningkatkan rasa percaya dirinya. Si kecil juga makin terbiasa untuk selalu ada saat sang adik perempuannya membutuhkan.

Kedengarannya mudah, tapi untuk benar-benar mengajarkan contoh-contoh di atas kepada anak-anak bisa jadi sangat sulit. Apalagi karakter dan daya tangkap setiap anak bisa sangat berbeda. Untuk itu, Anda disarankan untuk menyesuaikan juga dengan karakter kakak laki-laki dan adik perempuan ini.

Semoga bermanfaat!

***

Baca juga:

id.theasianparent.com/alasan-kakak-seharusnya-tidak-ditugaskan-menjaga-adiknya

id.theasianparent.com/agar-kakak-adik-rukun

id.theasianparent.com/kakak-dan-adik-sering-bertengkar-karena-rebutan-gadget-ini-solusinya

Parenting bikin pusing? Yuk tanya langsung dan dapatkan jawabannya dari sesama Parents dan juga expert di app theAsianparent! Tersedia di iOS dan Android.

Kakak Laki Laki Dan Adik Perempuan

Source: https://id.theasianparent.com/kakak-laki-laki-dan-adik-perempuan

Check Also

Gambar Wanita Sedih Menangis Dan Kecewa Kartun

Gambar Wanita Sedih Menangis Dan Kecewa Kartun Adapun berikut ini adalah koleksi yang bisa kamu …