Kaca Pembesar Atau Lup Terbuat Dari Sebuah Lensa

Kaca Pembesar Atau Lup Terbuat Dari Sebuah Lensa


Sumber Foto: Unsplash.com

Kaca pembesar atau yang disebut juga dengan lup, merupakan suatu alat optik yang dilengkapi dengan lensa positif (lensa cembung). Adapun fungsi alat optik yang satu ini yaitu untuk melihat objek kecil berupa tulisan, komponen hardware, preparat atau objek mahluk hidup, tumbuhan, dan lainnya yang tidak dapat terlihat oleh mata telanjang menjadi terlihat beberapa kali lebih besar.

Di pasaran, tersedia berbagai merek, bentuk, ukuran, dan perbesaran lensa yang berbeda-beda. Walaupun kaca pembesar yang paling umum dikenal berbentuk bulat, namun sebenarnya terdapat model kaca pembesar yang berbeda-beda dan yak sembarang kaca bisa memenuhi kebutuhanmu.

Oleh karena itu, agar dapat memudahkan kamu dalam memilih kaca pembesar yang tepat, ProductNation akan memberikan 11 rekomendasi produk kaca pembesar terbaik dan sesuai dengan kebutuhan kamu. Yuk, disimak langsung penjelasannya di bawah ini!


11
Merk
Kaca Pembesar Terbaik yang Berkualitas Bagus 2022


Table of Contents

  • 11 Merk Kaca Pembesar Terbaik yang Berkualitas Bagus 2022
  • Ezren TE-801
  • Joyko Joy-Art Magnifying Glass 100 mm
  • Matougui Magnifying Glass Loop Portable LED 6BZ5
  • USB Digital Microscope 50-1000X
  • General Care Otoscope Penlight SS+
  • Pro’skit MA-016
  • Tobex (1 inci)
  • Krisbow Kaca Pembesar dengan pinset
  • Loupe Kaca Pembesar LED + UV 40X Zoom
  • Mideer X Eric Carlee Magnifying Glass
  • DIYMORE LED Purple Lamp Magnifying Glass 30/60
  • Cara Memilih Kaca Pembesar Terbaik yang Sesuai Kebutuhan
  • Kegunaan Kaca Pembesar
  • Kesimpulan
  • Artikel Terkait Kaca Pembesar Terbaik

Cek harga Ezren TE-801 di bawah ini:

add_circle
Memiliki lampu LED

add_circle
Bermodel standing

add_circle
Dilengkapi penjepit

remove_circle
Bobot produk yang agak berat


Editor’s Choice: Jika kamu sedang mencari kaca pembesar yang mudah dan dipakai dan juga memiliki banyak fitur, rekomendasi kaca pembesar yang satu ini bisa menjadi pilihan yang tepat. Kaca pembesar ini dilengkapi dengan berbagai fitu dan bermodel standing, sehingga kamu tidak perlu lagi memegangnya dengan tangan.

Agar objek yang kamu lihat atau kerjakan bisa menetap dan tidak bergerak, Ezren TE-801 bisa menjadi produk ideal yang masuk ke
wishlist
kamu. Kaca pembesar ini sudah dilengkapi dengan penjepit, sehingga lebih mudah dan objek pun tidak akan bergerak. Desainnya pun dibuat bermodel standing, sehingga lebih mudah dipakai, ringkas, dan kamu tidak perlu repot menggenggamnya saat menggunakan produk ini.

Kaca pembesar 100x ini, juga dilengkapi dengan fitur lampu LED, yang membuat pengelihatan pada objek jadi lebih jelas dan terang. Tidak perlu khawatir jika lampu LED tiba-tiba mati, karena kaca pembesar ini ditenagai dengan baterai ukuran AA. Produk ini juga multifungsi dan bisa kamu gunakan untuk melakukan reparasi pada handphone, jam tangan, ataupun perhiasan.

Cek harga Joyko Joy-Art Magnifying Glass 100 mm di bawah ini:

add_circle
Bisa untuk pembelajaran

add_circle
Harga yang terjangkau

add_circle
Pembesaran 3 kali

Dikenal sebagai
merk
alat tulis yang terkenal, Joyko juga mengeluarkan produk kaca pembesar dengan seri Joy-Art Magnifying Glass 100 mm. Sesuai dengan namanya, produk ini memiliki ukuran lensa 10 cm, dengan 3 kali pembesaran. Sehingga kamu bisa melihat objek menjadi 3 kali lebih besar daripada ukuran aslinya.

Menggunakan bahan plastik untuk bagian
frame
dan handlenya, produk ini tetap menggunakan bahan kaca asli untuk bagian lensanya. Dibandingkan dengan kaca pembesar lainnya, produk ini lebih cocok dan bisa digunakan untuk proses pembelajaran, sehingga bisa digunakan oleh anak usia sekolah.

Produk ini lebih cocok untuk anak sekolah, sehingga bisa menjadi alat peraga tentang bagaimana kaca pembesar membentuk bayangan yang bersifat maya, tegak, dan diperbesar, ataupun hanya sekedar mengamati tanaman ataupun peta. Harga kaca pembesar ini juga cukup terjangkau dan ramah dikantong pelajar.

Cek harga Matougui Magnifying Glass Loop Portable LED 6BZ5 di bawah ini:

add_circle
Dilengkapi dengan LED

add_circle
Ditenagai dengan baterai

add_circle
Lebih kokoh dan ringan

remove_circle
Hanya memiliki 1 varian warna

Kesulitan untuk melihat huruf tertentu saat membaca? Matougui Magnifying Glass bisa menjadi produk yang kamu gunakan untuk membantu pengelihatan. Karena, kaca pembesar ini sudah dilengkapi dengan fitur LED, yang memungkinkan kamu untuk bisa lebih jelas dengan adanya cahaya.

Baca :   Berikut Ini Yang Termasuk Metode Ilmiah Kecuali

Ditenagai dengan baterai, kamu tidak perlu melakukan isi daya, jika lampu LED sudah mati. Cukup ganti baterainya saja, dan kaca pembesar pun bisa digunakan lagi. Memiliki diameter lensa 67 mm, kaca pembesar ini memiliki perbesaran 2,5x kali.

Untuk material pembuatannya, produk ini menggunakan plastik abs untuk bagian body-nya, sehingga lebih kokoh dan tidak mudah pecah. Sedangkan untuk bagian lensa, produk ini menggunakan kaca asli. Memiliki ukuran yang kecil, membuat produk ini bisa dibawa kemana saja.

Cek harga USB Digital Microscope 50-1000X di bawah ini:

add_circle
Pembesaran sampai 1000 kali

add_circle
Dirancang dengan software khusus

add_circle
Mudah untuk mengatur fokusnya

remove_circle
Hanya bisa digunakan setelah install driver

Tidak seperti kaca pembesar lainnya yang memiliki sisten manual, produk yang satu ini bisa kamu gunakan untuk melihat objek yang berukuran
micro
atau bahkan nano. Hal ini tentu tidak mengherankan, karena lensa kamera pembesar pada produk ini dapat melakukan pembesaran sampai 1000 kali.

Selain itu, tidak seperti kaca pembesar pada umumnya, kamu juga harus menyambungkannya dengan device lain seperti handphone atau laptop, agar objek yang dilihat dapat terlihat pada layar. Tidak ketinggalan juga dilengkapi dengan
stand
yang kokoh, menjadikan produk ini lebih mudah untuk disimpan kembali di tasnya.

Bahkan terdapat fitur zoom, yang dapat memungkinkan kaca pembesar digital ini untuk melihat lebih dekat, sekaligus kamu bisa mengambil gambar dan merekam video dengan ukuran yang kecil. Adapula fitur
focus
roller, yang bisa kamu gunakan untuk mengatur fokus saat sedang melihat suatu objek.

Cek harga General Care Otoscope Penlight SS+ di bawah ini:

add_circle
Multifungsi

add_circle
Tidak perlu mengisi daya

add_circle
Dibekali dengan 4 ukuran corong telinga yang berbeda

Selain untuk kebutuhan melakukan reparasi gadget, jam tangan, ataupun melihat objek kecil lainnya. Kaca pembesar juga bisa digunakan dalam diagnose medis, adapun salah satu produk yang bisa digunakan adalah General Care Otoscope Penlight. Sesuai dengan namanya, produk ini bisa digunakan untuk memeriksa saluran telinga pasien, guna kebutuhan medis.

Produk yang satu ini bisa dibilang cukup serbaguna, karena tidak hanya dapat difungsikan sebagai otoscope, tapi juga bisa digunakan untuk penlight. Ditenagai dengan dua buah baterai ukuran AAA, produk ini dilengkapi dengan fitur lampu LED yang memudahkan kamu untuk melihat bagian dalam telinga yang dalam.

Tidak ketinggalan juga empat ukuran corong yang berbeda, jadi penggunaannya pun bisa disesuaikan dengan ukuran telinga pasien. Dirancang dengan ukuran yang mungil, membuat kaca pembesar ini lebih mudah dibawa dan disimpan.

Cek harga Pro’skit MA-016 di bawah ini:

add_circle
Desain yang ergonomis

add_circle
Memiliki lampu LED

add_circle
Bagian pengikat yang mudah diatur

remove_circle
Lensa bukan kaca asli

Kalau kamu membutuhkan kaca pembesar yang tidak mengharuskan kamu untuk menggenggamnya, Pro’skit MA-016 bisa menjadi produk andalan yang kamu miliki. Karena, produk ini dirancang dengan desain ergonomis seperti topi, sehingga kamu bisa lebih nyaman, mudah dipakai, dan leluasa dalam melakukan pekerjaan dengan kaca pembesar ini.

Selain desainnya yang tidak biasa, kaca pembesar ini juga dilengkapi dengan lampu LED, jadi kamu pun bisa melihat objek dalam gelap ataupun di tempat yang kurang cahaya. Tidak seperti kaca pembesar lainnya, produk ini memiliki 3 mode pembesaran yang berbeda yakni
single,
overlapping, dan
threein
yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan kamu.

Memiliki model yang terbilang ringkas, produk ini pun bisa kamu bawa kemana saja dengan mudah. Pengikat pada bagian belakang kaca pembesar ini juga bisa diatur, sesuai dengan kenyamanan kamu saat memakainya.

Cek harga Tobex (1 inci) di bawah ini:

Baca :   Keliling Lingkaran Dengan Diameter 42 Cm Adalah

add_circle
Harga yang terjangkau

add_circle
Kuat dan tidak mudah pecah

add_circle
Mudah dibawa

Produk kaca pembesar lainnya yang juga bisa menjadi pilihan untuk kamu adalah Tobex. Berbeda dengan kaca pembesar mini pada umumnya, produk ini dirancang dengan model standing, jadi kamu tidak perlu repot untuk mengangkat kaca pembesar saat menggunakannya.

Walaupun ukurannya kecil, namun kaca pembesar ini memiliki body yang terbuat dari bahan plastik tebal. Sehingga tidak mudah pecah atapun rusak jika terjatuh. Dengan dimensi 3.5 x 3 cm, produk ini bisa kamu lipat dengan mudah dan pastinya lebih praktis.

Meski tampilannya terlihat sederhana, tetapi kaca pembesar dengan diameter lensa 1 inci ini sangat membantu untuk melihat tulisan yang kecil. Harganya pun cukup oke, untuk sebuah produk kaca pembesar membaca dikelasnya.

Cek harga Krisbow Kaca Pembesar dengan pinset di bawah ini:

add_circle
Memiliki pinset

add_circle
Travel friendly

add_circle
Harga yang terjangkau

remove_circle
diameter lensa yang kecil

Tidak hanya mengeluarkan produk-produk perkakas kebutuhan rumah tangga, Krisbow mengeluarkan produk lainnya seperti kaca pembesar. Dilihat secara sekilas, kaca pembesar ini memiliki ukuran yang kecil dengan bobot yang juga ringan, yakni 120 gram saja. Tidak hanya itu, bagian handle kaca pembesar ini dirancang dengan pinset. Jadi, kamu bisa mengambil atau menyentuh objek yang kecil.

Produk seperti ini, sangat cocok untuk dipakai memperbaiki perhiasan, handphone, ataupun jam tangan, yang memiliki ukuran sparepart kecil. Untuk lensanya, produk ini dapat melakukan perbesaran sampai dengan 8 kali. Ditawarkan dengan harga yang terjangkau, produk ini bisa menjadi item
affordable
yang kamu pilih.

Karena memiliki ukuran produk yang kecil, menjadikan kaca pembesar ini pun lebih travel
friendly
dan mudah untuk dibawa kemana saja. Untuk lensa pada kaca pembesar ini, ukuran lensanya terbilang mungil, yakni 25 mm.

Cek harga Loupe Kaca Pembesar LED + UV 40X Zoom di bawah ini:

add_circle
Memiliki perbesaran 40 kali

add_circle
Memiliki dua sumber pencahayaan

add_circle
Bisa dilipat

Untuk kamu yang memiliki ketertarikan dengan batu ataupun perhiasan, Loupe Kaca Pembesar bisa menjadi produk yang wajib untuk kamu miliki. Produk ini memiliki perbesaran sampai 40 kali, sehingga memungkinkan kamu untuk bisa melihat objek yang benar-benar kecil, seperti mengidentifikasi keaslian atau jenis dari perhiasan.

Dilengkapi juga dengan sumber dua sumber pencahayaan yakni LED dan UV, yang memungkinkan kamu untuk bisa melihat objek pada tempat yang minim pencahayaan. Memiliki fitur lampu LED, produk ini ditenagai dengan baterai LR1130 untuk bisa membuatnya menyala.

Selain itu, ukurannya pun mungil dan bisa dilipat, membuat produk ini lebih mudah dibawa kemana saja. Untuk sebuah lup, harga kaca pembesar ini bisa terbilang ekonomis dan ramah dikantong.

Cek harga Mideer X Eric Carlee Magnifying Glass di bawah ini:

add_circle
Desain yang lucu

add_circle
Bobot yang ringan

add_circle
Bisa menjadi alat edukasi untuk anak

remove_circle
Pembesaran lensa yang tidak terlalu besar

Memiliki ukuran 12 x 7 cm, Mideer X Magnifying Glass bisa menjadi mainan pilihan untuk si kecil. Tidak hanya berfungsi sebagai mainan, kaca pembesar ini bisa dijadikan sebagai sarana edukasi pada anak, seperti melihat tanaman ataupun melakukan observasi lainnya menggunakan kaca pembesar ini.

Dirancang khusus untuk anak usia 3 tahun, produk ini pun memiliki desain yang lucu dengan warna yang cerah dan tampak menarik bagi anak-anak. Selain itu, bobot kaca pembesar ini juga ringan dan mudah digenggam oleh anak-anak yakni 53 gram saja.

Bukan hanya itu, karena produk ini bukanlah kaca pembesar asli, maka lensa yang digunakan adalah berbahan plastik, sehingga lebih aman untuk digunakan anak-anak. Untuk harga yang ditawarkan pun cukup terjangkau, dan ramah dikantong.

Cek harga DIYMORE LED Purple Lamp Magnifying Glass 30/60 di bawah ini:

Tidak harus melulu berukuran besar, lup kaca pembesar dari DIYMORE bisa menjadi pilihan untuk kamu yang menginginkan produk
portable. Karena, kaca pembesar ini hanya memiliki ukuran 100 x 39 x 22 mm saja dan bisa dilipat, sehingga dapat memudahkan kamu untuk membawanya berpergian.

Meskipun ukurannya kecil, namun kaca pembesar ini memiliki dua lensa yang memiliki pembesaran objek yang berbeda, yakni 30 kali dan 60 kali. Jadi, kamu bisa melihat objek dengan lebih jelas sesuai kebutuhan. Selain itu, lup mungil ini juga dilengkapi dengan fitur lampu LED yang memungkinkan kamu untuk melihat objek dalam gelap.

Dengan
casing
yang terbuat dari bahan plastik, membuat produk ini lebih kuat dan tidak mudah pecah. Produk kaca pembesar ini, cocok digunakan untuk mengecek keaslian perhiasan, barang antik, ataupun barang serupa lainnya.


Cara Memilih Kaca Pembesar Terbaik yang Sesuai Kebutuhan

  • Pilih berdasarkan tujuan penggunaan

Sebelum membeli, coba kamu ingat-ingat lagi untuk apa kamu menggunakan kaca pembesar.

    • Jika tujuannya untuk
      membaca atau mengamati objek
      berupa mahluk hidup, pilihlah kaca pembesar atau
      lup
      yang memiliki pegangan agar dapat diarahkan langsung ke objek yang kamu inginkan.
    • Sedangkan jika kamu perlu kaca pembesar untuk
      mengerjakan kerajinan tangan, pilihlah model
      standing.
    • Lalu, jika kamu yang memerlukan kaca pembesar untuk
      mereparasi HP dan jam tangan, pilihlah model topi.
    • Terakhir, bagi kamu yang ingin
      mengamati detail lukisan, batu, ataupun tanaman, pilihlah kaca pembesar yang modelnya mudah dibawa ke mana-mana.

Jangan lupa pastikan
lup

tersebut dilengkapi dengan kotak pelindung, agar tidak mudah rusak dan tergores.

  • Perhatikan perbesaran lensa

Lensa kaca pembesar terdiri dari beberapa perbesaran. Penentuan pemilihan perbesaran ini dapat tergantung pada jenis objek yang akan diamati. Misalnya, untuk objek seperti tulisan, perbesaran lup 2x atau 3x saja sudah cukup. Namun, untuk objek seperti perhiasan atau berlian, sebaiknya pilih perbesaran
lup
yang besarnya lebih dari 10x. Dengan begitu kamu bisa mengamati detailnya dengan sangat jelas.

  • Pertimbangkan fitur tambahan kaca pembesar

Pada beberapa produk, kaca pembesar atau
lup
didesain dengan tambahan lampu LED. Adanya fitur ini akan membantumu melihat objek dengan lebih fokus. Selain itu, LED juga akan sangat bermanfaat jika kamu melakukan pengamatan pada lingkungan yang minim cahaya. Biasanya
lup
jenis ini memakai energi baterai ataupun daya dari
charge
listrik. Kamu bisa mempertimbangkan model kaca pembesar LED jika benar-benar diperlukan.


Kegunaan Kaca Pembesar


Sumber: Sciencing

Sebagai salah satu alat yang digunakan dalam kegiatan tertentu, kamu tentu tidak asing dengan benda yang disebut lup atau kaca pembesar. Kaca pembesar adalah alat optik yang dirancang dengan lensa cembung, agar dapat melihat suatu objek kecil menjadi lebih besar beberapa kali dari ukuran sebenarnya.

Tidak hanya untuk melihat objek kecil, dalam kegiatan belajar-mengajar, kaca pembesar juga bisa digunakan untuk percobaan menyalakan api dengan memfokuskan sinar matahari.

Meskipun memiliki fungsi utama untuk melihat objek kecil agar terlihat lebih besar, terdapat beberapa model dan kegunaan lain dari lup atau kaca pembesar, yaitu untuk mengerjakan kerajinan tangan dengan model
standing, mereparasi HP dan jam tangan dengan kaca pembesar model topi, dan juga untuk mengamati lukisan, perhiasan, atau bahkan tanaman. Dipasaran pun, masih banyak berbagai macam kaca pembesar sesuai dengan bentuk dan juga perbesarannya.



Kesimpulan

Dalam memilih kaca pembesar sangat penting untuk mempertimbangkan aspek tujuan penggunaan atau objek yang akan diamati. Keduanya akan menentukan model, bentuk, ukuran, dan pembesaran kaca yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan. Semoga setelah membaca ulasan di atas, kamu menjadi terinspirasi dan bisa segera menentukan kaca pembesar yang tepat untukmu. Selamat berbelanja!


Artikel Terkait Kaca Pembesar Terbaik

  • 12 Rekomendasi Merk Solder Listrik Bagus & Terbaik di Indonesia
  • 10 Rekomendasi Merk Teropong Terbaik di Indonesia
  • 10 Rekomendasi Senter Kepala Terbaik di Indonesia
  • Kelola Keuangan dan Transaksi Toko Semakin Mudah dengan 10 Mesin Kasir Terbaru

Kaca Pembesar Atau Lup Terbuat Dari Sebuah Lensa

Sumber: https://productnation.co/id/27908/kaca-pembesar-terbaik-bagus-indonesia/

Check Also

Contoh Soal Perkalian Vektor

Contoh Soal Perkalian Vektor. Web log Koma – Setelah mempelajari beberapa operasi hitung pada vektor …