Jelaskan Yang Dimaksud Jaring Jaring Balok

KlikBelajar.com – Jelaskan Yang Dimaksud Jaring Jaring Balok

MateriBelajar.Co.id
Pada kali ini akan membahas tentang membuat jaring-jaring balok lengkap beserta pengertian jaring-jaring balok. Untuk lebih jelasnya simak pembahasan dibawah ini

Pengertian Balok

“Balok merupakan bangun ruang yang berupa gabungan antara beberapa persegi dan persegi panjang”

Jaring-jaring balok lebih bervariatif jika dibandingkan dengan jaring-jaring kubus, Hal dikarenakan balok sisi-sisinya terdiri dari bangun datar persegi panjang.

Sama seperti pada jaring-jaring kubus, jaring-jaring balok didapat dengan membuka bangun ruang balok hingga didapat seluruh permukaan balok.

Ciri-ciri balok yaitu

  • Mempunyai 12 rusuk
  • Memiliki 8 titik sudut
  • Terdapat 6 sisi
  • Sudutnya memilikibentuk siku-siku;
  • Memiliki 12 diagonal bidang dan 4 diagonal dalam bentuk bangun ruang

“Jaring-jaring
yaitu bentuk asli dari bangun ruang yang sudah dilakukan pembelahan.”

Atau pengertian lain dari jaring-jaring yaitu merupakan sebuah bangun datar yang jika dikaitkan mampu membentuk sebuah bangun ruang.

Dari pengertian balok dan jaring-jaring, maka disimpulkan yaitu jaring-jaring balok adalah hasil berupa satuan bangun yang berupa pembelahan dari bangun ruang berupa balok.

Cara Membuat Jaring-jaring Balok

karna balok merupakan bangun ruang tiga dimensi yang dibentuk pada tiga pasang persegi ataupun persegi panjang, setidaknya satu pasang di antaranya memiliki ukuran yang berbeda. Balok mempunyai 6 sisi, 12 rusuk dan 8 titik sudut. Balok yang dibentuk oleh enam persegi sama dan sebangun disebut kubus. Maka cara membuat jaring-jaring balok yaitu dengan cara berikut

Baca :   Benda Di Bawah Ini Yang Tidak Memiliki Energi Kinetik Adalah

Berikut adalah tata cara membuat jaring-jaring balok

  • Cetak sebuah pola gambar pada karton.
  • lalu, gunting kertas karton tersebut mengikuti ruas garis yang nampak.
  • Lakukan lipatan pada tiap jaring berdasarkan ruas garis hingga membentuk balok yang hampir sempurna.
  • Balok itu adalah hasil dari melipat dan mengelem lidah jaring-jaringnya, dan dengan persegi panjang bawah sebagai sisi depannya.

Elemen Balok

  • Panjang
    yaitu rusuk panjang dari alas balok.
  • Lebar
    yaitu rusuk paling pendek dari sisi alas balok.
  • Tinggi
    yaitu rusuk tegak lurus pada panjang dan lebar balok.

Gambar Balok

gambar balok

Contoh Varian Jaring-Jaring Balok

Demikianlah tentang pengertian dan tata cara membbuat jaring-jaring balok, Semoga bermanfaat

Artikel Lainya :

Gambar Jaring – Jaring Balok

Pengertian Dan Gambar Jaring – Jaring Balok
– Balok merupakan bangun ruang yang terbentuk dari gabungan beberapa persegi dan persegi panjang. Sisi bagian bawah balok sering dinamakan alas balok, sedangkan sisi atas merupakan tutup balok. Jika sebuah bangun balok dibuka, maka akan menghasilkan sebuah gambar kerangka yang disebut dengan jaring-jaring balok.

Nah, bagi yang belum begitu paham dengan bangun ruang balok, berikut akan diberikan informasi tentang pengertian balok, ciri-ciri balok, dan gambar jaring-jaring balok.

Pengertian Balok

Balok adalah bangun ruang tiga dimensi yang memiliki tiga pasang sisi yang saling berhadapan. Tiga pasang sisi tersebut merupakan bangun datar yang memiliki bentuk dan ukuran yang sama. Sisi-sisi tersebutlah yang merupakan jaring-jaring balok yang terdiri dari bentuk persegi atau persegi panjang.

Setiap bangun datar penyusun balok memiliki tiga pasang bentuk dan ukuran yang sama. Sehingga, dapat dihitung luasnya atau yang sering disebut dengan luas permukaan balok. Dan rumus untuk menghitung luas permukaan balok adalah:

Baca :   Tuliskan Dampak Positif Perkembangan Teknologi Dalam Bidang Pendidikan

Ciri-ciri balok hampir sama dengan kubus, yakni memiliki 6 bidang sisi, 12 rusuk, dan 8 titik sudut. Seluruh sudutnya berbentuk siku-siku, serta mempunyai 12 diagonal bidang, 4 diagonal ruang, dan 6 bidang diagonal.

Sifat – Sifat Balok

Setiap bangun ruang memiliki sifat-sifat tersendiri yang membedakan antara bangun ruang satu dengan lainnya. Diantara sifat-sifat balok adalah sebagai berikut :

  • Sisi-sisi balok berbentuk persegi atau persegi panjang.
  • Rusuk-rusuk balok yang sejajar sama panjang.
  • Diagonal bidang pada sisi yang berhadapan sama panjang.
  • Diagonal ruang balok sama panjang.
  • Bidang diagonal balok berbentuk persegi panjang.

Baca Lainnya:

Macam – Macam Garis Seni Rupa Dan Gambar Tehnik

Gambar Jaring – Jaring Balok

Jaring jaring adalah bentuk sesungguhnya dari sebuah bangun ruang yang telah dilakukan pembongkaran. Dengan definisi lain, jaring-jaring adalah beberapa bangun datar yang jika dirangkai akan membentuk sebuah bangun ruang. Dengan begitu, jaring-jaring balok dapat diartikan suatu gabungan dari bangun datar persegi dan persegi panjang sebagai penyusun balok.

Jaring-jaring balok hampir sama dengan kubus yang memiliki alas dan tutup. Perbedaannya terletak pada bentuk sisi dari keduanya. Dimana jaring-jaring kubus semuanya berbentuk persegi, sedangkan pada balok terdiri dari persegi dan persegi panjang.

Cara Membuat Jaring – Jaring Balok

Cara Membuat Jaring – Jaring Balok

Untuk memudahkan dalam memahami definisi balok, kita juga perlu tahu cara membuat jaring-jaring balok, agar benar-benar paham seperti apa itu bentuknya. Oleh sebab itu, berikut akan dijelaskan langkah-langkah membuat jaring-jaring balok dengan menggunakan kardus, dan caranya yaitu sebagai berikut:

  • Siapkan kardus berukuran kecil yang berbentuk balok, misalnya kardus bekas kado atau yang lainnya.
  • Guntinglah kardus pada lekukan sesuai pola kardus. Sisakan pada lekukan yang berada di bawah kardus.
  • Kemudian buka setiap sisi kardus yang telah dibelah, maka akan diperoleh bentuk berupa jaring-jaring balok seperti gambar di bawah ini.
Baca :   Gambar Hewan Berkaki 2 Dan 4

Jaring Jaring Balok Kardus

Gambar Jaring – Jaring Balok

Selain dari hasil yang didapat pada praktek di atas, ada beberapa variasi lain dari jaring- jaring balok yang perlu kita ketahui. Dan berikut merupakan gambar jaring-jaring balok lengkap beserta alas dan tutupnya.

Gambar Jaring – Jaring Balok

Dari praktek membuat jaring-jaring kubus seperti panduan di atas, maka dapat kita simpulkan bahwa sebuah jaring-jaring balok tersusun oleh 6 buah persegi panjang yang terdiri dari 3 pasang persegi panjang dengan bentuk dan ukuran yang sama.

Baca Lainnya:

Cara Menghitung Perkalian Persen Dan Contoh Soal

Demikianlah pembahasan mengenai pengertian, ciri-ciri, dan gambar jaring-jaring balok lengkap beserta alas dan tutupnya. Semoga dapat dijadikan pembelajaran yang bermanfaat.

Baca Juga :

Jelaskan Yang Dimaksud Jaring Jaring Balok

Sumber: https://apamaksud.com/apa-yang-dimaksud-jaring-jaring-balok

Check Also

Contoh Soal Perkalian Vektor

Contoh Soal Perkalian Vektor. Web log Koma – Setelah mempelajari beberapa operasi hitung pada vektor …