Jelaskan Perubahan Energi Yang Terjadi Pada Plta

KlikBelajar.com – Jelaskan Perubahan Energi Yang Terjadi Pada Plta

Perubahan energi yang terjadi pada panel surya adalah? Kunci jawaban kelas 6 SD dan MI tema 4 Google Form. /Pixabay / Picumbo.

PORTAL PURWOKERTO – Perubahan energi yang terjadi pada panel surya adalah?

Simak pembahasan kunci jawaban dari muatan pelajaran IPA tema 4 kelas 6 SD dan MI tentang cara menghasilkan, menyalurkan, dan menghemat energi listrik.

Adik-adik, berikut adalah penjelasan dari pertanyaan perubahan energi yang terjadi pada panel surya.

Baca Juga: Tuliskan Informasi yang Kamu Dapat Berdasarkan Gambar, Materi Kelas 2 SD Lengkap

Ini merupakan hasil pembahasan bersama dengan Dodi Iswanto S.Pd, seorang tenaga pendidik di Medan, Sumatera Utara.

>

Adik-adik dapat mencari jawaban lainnya dengan bereksplorasi lebih lanjut, contoh jawaban ini tidak selamanya mutlak.

Contoh kunci jawaban tema 4 kelas 6 SD dan MI ini hanya berlaku sebagai panduan untuk orang tua.

Baca Juga: Kunci Jawaban dari Cara Menjaga Kesehatan Badan, Laporan Sederhana Kelas 2 SD Lengkap

Namun jika mengalami kesulitan saat menjawab, diperkenankan untuk bertanya kepada ayah dan ibu di rumah.

PLTA adalah kepanjangan dari Pembangkit Listrik Tenaga Air. Jika kita lihat urutan perubahan energi dimulai dari air yang ketika diam memiliki energi potensial. Biasanya air akan ditampung atau dibendung dan membuat air mengalir dan bergerak melalui dan melewati  turbin, pergerakan air termasuk energi kinetik.

Turbin yang digerakkan air, dihubungkan pada poros generator juga yang mengubahnya menjadi energi listrik. Sehingga, urutan perubahan energi apa saja yang terdapat dalam PLTA sebagai berikut, Energi Potensial -> Energi Kinetik -> Energi Listrik.

Energi bersifat kekal merupakan hukum kekekalan energi. Energi tidak dapat diciptakan maupun dimusnahkan. Selama jutaan tahun, energi (Perubahan energi apa saja yang terdapat dalam PLTA) hanya berubah bentuk dari satu bentuk ke bentuk lainnya. Oleh manusia, energi diubah bentuknya (Perubahan energi apa saja yang terdapat dalam PLTA) untuk meringankan pekerjaan sehari-hari.

Contohnya, televisi yang mengubah energi listrik (Perubahan energi apa saja yang terdapat dalam PLTA) menjadi energi cahaya dan bunyi. Kompor tungku memasak (Perubahan energi apa saja yang terdapat dalam PLTA) yang mengubah energi kimia dalam bentuk gas dan minyak goreng yang diubah kompor menjadi energi panas untuk kamu gunakan memasak. Coba kamu sebutkan perubahan energi lainnya? Simak contoh perubahan energi (Perubahan energi apa saja yang terdapat dalam PLTA) yang terjadi di sekeliling kita seperti dilansir dari Energy: A Guidebook (1983).

Baca :   Sifat Berikut Yang Sesuai Dengan Ciri Rangkaian Seri Rlc Yaitu

Bentuk Energi terdiri dari beberapa bentuk yakni berikut:

  1. Energi panas/kalor
  2. Energi cahaya
  3. Energi bunyi
  4. Energi magnet
  5. Energi listrik
  6. Energi kimia
  7. Energi nuklir
  8. Energi gerak/mekanis/kinetis

Contoh berikut adalah perubahan energi Energi kimia menjadi energi gerak. Makanan (Perubahan energi apa saja yang terdapat dalam PLTA) yang kita konsumsi membuat kita bernergi sehingga bisa berjalan dan beraktivitas Energi gerak menjadi energi panas: Roda yang saling (Perubahan energi apa saja yang terdapat dalam PLTA) bergesekan menghasilkan energi panas yang menghidupkan mesin Energi kimia menjadi energi cahaya: lilin yang dibakar (Perubahan energi apa saja yang terdapat dalam PLTA) Energi cahaya menjadi energi kimia: proses fotosintesis menyerap cahaya matahari menjadi zat yang bernutrisi bagi tumbuhan

Perhatikan Foto Perubahan bentuk (Perubahan energi apa saja yang terdapat dalam PLTA) energi (National Energy Education Development Project) Perubahan energi listrik Di era modern, energi yang paling fleksibel untuk diubah menjadi energi lain adalah energi listrik.

Beberapa bentuk perubahan energi listrik di antaranya:

  1. Energi listrik dapat diubah menjadi energi cahaya: Lampu pijar dan lampu tabung
  2. Energi listrik dapat diubah menjadi energi bunyi: Speaker, bel, radio, dan televisi
  3. Energi listrik dapat diubah menjadi energi gerak: Kipas angin, blender, mobil listrik
  4. Energi listrik dapat diubah menjadi energi magnet: Pengangkat besi yang menggunakan elektromagnet
  5. Energi listrik dapat diubah menjadi energi kimia: Charger, pengisian akibat Energi listrik menjadi energi panas: magic jar, setrika, kompor listrik, pemanggang, pemanas air, pencatok rambut

Jika energi tidak dapat diciptakan, lalu muncul pertanyaan dari mana asalnya listrik?

Selama puluhan tahun terakhir, sebagian besar (Perubahan energi apa saja yang terdapat dalam PLTA) listrik berasal dari pembangkit yang mengolah batu bara dan minyak bumi.

Batu bara dan minyak bumi adalah (Perubahan energi apa saja yang terdapat dalam PLTA) energi kimia yang berasal dari fosil makhluk hidup yang mati dan terkubur jutaan tahun lalu.

Baca :   Suatu Sudut Keliling Dan Sudut Pusat Menghadap Busur Yang Sama

Namun kedua bentuk (Perubahan energi apa saja yang terdapat dalam PLTA) energi itu tidak ramah lingkungan.

Kita seharusnya beralih ke (Perubahan energi apa saja yang terdapat dalam PLTA) pengolahan energi listrik yang ramah lingkungan. Contohnya energi panas dari matahari (Perubahan energi apa saja yang terdapat dalam PLTA) yang mampu berubah menjadi listrik dengan panel surya (solar panel).

Atau energi gerak yang (Perubahan energi apa saja yang terdapat dalam PLTA) dimiliki angin, memutar turbin yang menghasilkan energi mekanis.

Lalu menggunakan (Perubahan energi apa saja yang terdapat dalam PLTA) generator, energi mekanis itu diubah menjadi energi listrik. Proses ini berlangsung (Perubahan energi apa saja yang terdapat dalam PLTA) di Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB).

Selain angin, listrik juga (Perubahan energi apa saja yang terdapat dalam PLTA) dibangkitkan oleh energi gerak yang dimiliki air, ombak, dan pasang surut. Yang paling mutakhir, energi (Perubahan energi apa saja yang terdapat dalam PLTA) nuklir yang terkandung dalam uranium, mampu diolah menjadi energi listrik yang sangat besar.


Perubahan energi apa saja yang terdapat dalam PLTA jelaskan?

Perubahan energi yang terdapat dalam PLTA adalah adanya perubahan energi gerak menjadi energi listrik. Gerakan dari arus air diubah akan menggerakkan turbin.

Turbin yang berputar ini dihubungkan dengan poros generator sehingga merubah energi gerak (energi kinetik) menjadi energi listrik.

Turbin yang digerakkan air, dihubungkan pada poros generator juga yang mengubahnya menjadi energi listrik. Sehingga, urutan perubahan energi apa saja yang terjadi dalam PLTA sebagai berikut, Energi Potensial -> Energi Kinetik -> Energi Listrik.

Ilustrasi PLTA. Foto: Shutterstock


Sebagai sumber kehidupan makhluk hidup,

air

tidak hanya dimanfaatkan untuk dikonsumsi atau untuk kebutuhan sehari-hari seperti mandi dan mencuci. Air juga dapat dimanfaatkan sebagai pembangkit listrik.


Pusat pembangkit listrik yang menggunakan air sebagai sumber energi utamanya disebut Pembangkit Listrik Tenaga Air (
PLTA
). Sumber airnya beragam, seperti air terjun ataupun sungai.


Untuk menghasilkan listrik, air yang berasal dari alam tersebut harus ditampung terlebih dahulu dalam sebuah waduk atau bendungan. Mengutip buku

Teknik Pembangkit Listrik Tenaga Air

oleh Supari Muslim dkk, bendungan berfungsi untuk memanfaatkan air dengan semaksimal mungkin.

Baca :   5 8 9 8 11 12 11


Dengan demikian, saat musim hujan, debit air sungai yang melebihi kapasitas dapat ditampung terlebih dahulu di dalamnya. Sementara ketika musim kemarau datang dan debit air sungai lebih kecil, dapat menggunakan air yang ada di dalam bendungan.


Lantas, apa proses yang terjadi pada PLTA hingga dapat menghasilkan

listrik
? Simak penjelasan lengkapnya berikut ini.


Proses yang Terjadi pada PLTA

Ilustrasi PLTA. Foto: iStock


Pada dasarnya, proses yang terjadi pada PLTA adalah perubahan energi potensial yang berasal dari air menjadi energi kinetik, lalu diubah lagi hingga menjadi energi listrik.


Perubahan energi tersebut sangat bergantung pada jarak jatuhnya air ke turbin dan jumlah air yang mengalir. Jika jarak jatuh air semakin tinggi, maka semakin banyak air yang mengalir turbin sehingga energi yang dihasilkan semakin besar.


Lebih lengkapnya, berikut prinsip kerja pembangkit listrik tenaga air dikutip dari

Modul Pembelajaran PLTA Berbasis Augmented Reality

oleh Yessy Asri dan Alvin Kurnia Niwes (2016).


  1. Aliran sungai dengan jumlah debit yang besar ditampung dalam waduk berbentuk bendungan.


  2. Kemudian, air tersebut dialirkan melalui saringan power intake dan masuk ke dalam pipa pesat (
    penstock
    ).


  3. Pada ujung pipa dipasang katup utama untuk mengubah energi potensial air menjadi energi kinetik.


  4. Air yang mempunyai tekanan dan kecepatan tinggi (energi kinetik) diubah menjadi energi mekanik dengan dialirkan melalui sirip-sirip pengarah hingga mendorong runner yang terpasang pada turbin.


  5. Pada turbin, gaya jatuh air yang mendorong baling-baling menyebabkan turbin berputar. Turbin air kebanyakan bekerja seperti kincir angin dengan memanfaatkan air untuk memutar turbin.


  6. Selanjutnya, turbin mengubah energi kinetik yang disebabkan gaya jatuh air menjadi energi mekanik.


  7. Generator yang terhubung dengan turbin ikut berputar ketika turbin berputar. Hal itu menyebabkan generator dapat mengubah energi mekanik dari turbin menjadi energi elektrik yang menghasilkan listrik.

Jelaskan Perubahan Energi Yang Terjadi Pada Plta

Sumber: https://apaartidari.com/jelaskan-perubahan-energi-yang-terjadi-pada-plta

Check Also

Contoh Soal Perkalian Vektor

Contoh Soal Perkalian Vektor. Web log Koma – Setelah mempelajari beberapa operasi hitung pada vektor …