Jelaskan Persamaan Dan Perbedaan Antara Teori Evolusi Darwin Dengan Lamarck

Jelaskan Persamaan Dan Perbedaan Antara Teori Evolusi Darwin Dengan Lamarck.

Teori Lamarck menekankan pada penurunan perubahan yang didapatkan dari adaptasi terhadap lingkungan; artinya, bila satu organisme beradaptasi terhadap lingkungannya, perubahan tersebut akan diwariskan pada keturunannya kemudian. Selain itu, teori Lamarck juga menekankan teori use and disuse, dimana organ yang sering dipakai akan terus berkembang, sementara yang tidak akan menyusut/hilang.Teori Darwin sendiri menekankan seleksi alam, dimana alam memilih sendiri organisme yang akan tetap hidup di dalamnya. Variasi didapatkan dari perkawinan acak, perubahan karena adaptasi TIDAK diwariskan, dan organisme yang dapat beradaptasi terhadap lingkungannya yang dapat tetap lestari.

Teori Weismann tidak memiliki perbedaan dengan teori Darwin, tetapi justru malah mendukung teorinya dengan menambah pernyataan perubahan karena lingkungan tidak akan diwariskan kepada keturunan berikutnya tersebut.

Tanya Tugas Sekolah Ke Guru Pintar



Home





Forums

>



Pelajaran

>



Biologi

>


Discussion in ‘Biologi’ started by Winandra,
Mar 2, 2016.

ads

(You must log in or sign upwardly to reply hither.)

ads

Tanya Tugas Sekolah Ke Guru Pintar



Dwelling





Forums

>



Pelajaran

>



Biologi

>


Menurut Charles Darwin evolusi terjadi karena adanya proses seleksi alam. Menurut Lamarck evolusi terjadi karena hasil proses adaptasi makhluk hidup dengan lingkungannya. Menurut August Weissman evolusi adalah proses seleksi alam terhadap faktor genetika.

Pembahasan ne guys

Evolusi adalah salah satu cabang ilmu biologi yang mempelajari sejarah, dan asal-usul makhluk hidup serta keterkaitan genetik antara makhluk hidup satu dengan yang lainnya. Evolusi dapat diartikan sebagai suatu perubahan pada makhluk hidup yang terjadi secara bertahap, dalam waktu yang cukup lama, dan menghasilkan spesies yang baru. Evolusi mahkluk hidup akan diturunkan kepada keturunannya, karena sifat-sifat yang menjadi dasar evolusi dibawa oleh gen yang diwariskan pada keturunannya. Sifat baru tersebut dapat diperoleh dari perubahan gen yang disebabkan oleh mutasi, transfer gen antar populasi, karena adanya migrasi, serta kombinasi gen melalui reproduksi sosial.

Baca :   Contoh Soal Lebih Dari Dan Kurang Dari

Seleksi alam adalah suatu proses kemampuan alam untuk menyaring terhadap semua organisme yang hidup di dalamnya. Yang mana hanya organisme yang mampu menyesuaikan diri terhadap lingkungannya yang akan bertahan dan selamat, sedangkan yang tidak mampu menyesuaikan diri akan mati atau punah. Seleksi alam juga merupakan salah salu mekanisme evolusi. Seleksi alam ini menyebabkan punahnya spesies tertentu, dan terbentuknya spesies baru.

Teori evolusi menurut Charles Darwin
yaitu evolusi berlangsung karena adanya proses seleksi alam (natural selection). Seleksi ini terjadi untuk menentukan variasi makhluk hidup yang sesuai dengan alam, sehingga hanya makhluk hidup yang memiliki variasi sesuai yang akan bertahan hidup, yang lainnya akan punah. Beliau menyatakan bahwa jerapah awalnya terdapat beberapa variasi, yaitu berleher panjang dan pendek. Karena kondisi alam menyisakan sumber makanan yang tingi, menyebabkan jerapah berleher pendek tidak dapat mendapat makan dan hanya jerapah berleher panjang yang dapat bertahan. Sehingga jerapah berleher pendek tidak dapat bertahan dan punah.

Teori evolusi menurut Lamark
yaitu, bagian tubuh makhluk hidup akan berubah karena pengaruh dari lingkungan tempat tinggal. Beliau menyatakan bahwa jerapah awalnya memiliki leher pendek, karena kondisi alam yaitu sumber makanan yang terdapat pada ranting yang tinggi, maka jerapah beradaptasi dengan merenggangkan lehernya. Adaptasi tersebut menyebabkan perubahan leher jerapah menjadi panjang seperti sekarang.

Teori evolusi menurut August Weissman
yaitu perubahan yang terjadi pada sel tubuh terjadi karena pengaruh lingkungan dan tidak akan diwariskan pada keturunannya. Evolusi adalah proses yang menyangkut seleksi alam terhadap faktor genetika. Individu yang memiliki variasi genetik yang sesuai dengan lingkungan yang akan lestari dan memiliki kesempatan mewariskan gen yang adaptif pada generasi berikut. Berdasarkan percobaan yang dilakukan, yaitu dengan memotong ekor tikus lalu dikawinkan dengan tikus yang ekornya tidak dipotong. Hasilnya, anak tikus yang lahir tetap berekr panjang. Dan anakan tikus tersebut dikawinkan lagi, hasilnya yaitu anakan keturunan selanjutnya tetap berekor panjang. Dan hasil tersebut sama hingga 21 generasi. Sehingga kesimpulannya adalah perubahan sel tubuh yang terjadi karena pengaruh lingkungan tidak diturunkan.

Baca :   Contoh Soal Hukum Pascal Kelas 8

Nah demikian pembahasannya guys. Semoga membantu ya… Jangan lupa untuk di isi kolom keomentarnya jika kalian terbantu.

Seorang ibu rumah tangga yang memberikan informasi pendidikan dari sumber-sumber website terakurat

Jelaskan persamaan dan perbedaan antara teori evolusi Darwin dengan Lamarck.






Pembahasan:



Persamaan teori evolusi Darwin dengan teori evolusi Lammarck yaitu sama-samamenjelaskan bahwa evolusi  disebabkan oleh perubahan lingkungan. Dalam menjelaskan evolusi jerapah, keduanya sama-sama  mengemukakan bahwa penyebab evolusi jerapah adalah perubahan jumlah makanan berupa daun-daun yang terletak di pohon  yang rendah semakin berkurang dan habis.

Namun, kedua teori tersebut juga memiliki perbedaan. Menurut  Darwin, evolusi terjadi melalui seleksi alam, yaitu individu yang memiliki sifat adaptif terhadap lingkungan akan bertahan hidup, sedangkan individu yang tidak memiliki sifat adaptif terhadap lingkungan akan punah. Menurut Lamarck, evolusiterjadi melalui adaptasi dengan lingkungan. Bagian tubuh yang digunakan untukmenyesuaikan diri dengan lingkungannya akan berkembang dengan baik sehingga menjadi lebih kuat dan besar, sedangkan bagian yang tidak digunakan akan menyusut dan menjadi lebih kecil.




————#————

Jangan lupa komentar & sarannya ya 🙂

Email :

jelaskan persamaan dan perbedaan antara teori evolusi darwin dengan lamarck

Lihat Foto

Lamarck dan Darwin

KOMPAS.com
– Ada dua ilmuwan terkemuka yang membicarakan tentang evolusi makhluk hidup.

Mereka adalah Jean-Baptiste Lamarck (1744-1829) dan Charles Darwin (1890-1882). Kedua ilmuwan tersebut mengemukakan teori evolusi yang berbeda namun tetap memiliki persamaan.

Untuk mengetahui perbedaan teori Darwin dan teori Lamarck, yuk kita simak penjelasan di bawah ini!

  • Tahun Dikemukakannya Teori

Dilansir dari Encyclopedia of the Environment, teori evolusi Lamarck dikemukakan pada tahun 1800 oleh seorang naturalis dan ahli biologi Prancis bernama Jean-Baptiste Lamarck dalam buku berjudul “Philosophie zoologique”.

Lima puluh tahuk kemudian seorang naturalis bernama Charles Darwin mengemukakan teori evolusi Darwin dalam bukunya yang berjudul “On the Origin of Species”.

Baca :   Contoh Soal Kontraksi Panjang

Dilansir dari New England Complex Systems Institute, Lamarck dan Darwin setuju bahwa kehidupan berawal dari organisme sederhana yang sedikit dan berevolusi menjadi organisme kompleks yang lebih banyak.

Keduanya mengungkapkan teori evolusi yang bertentangan teori kreasionisme atau teori penciptaan secara spontan yang diyakini orang-orang pada masa tersebut.

Baca juga: Evolusi dan Berbagai Teorinya

Lamarck beranggapan bahwa semua individu dalam spesies yang sama memiliki karakteristik yang identik. Misalkan pada jaman dahulu menurut Lamarck, semua jerapah memiliki leher yang pendek dan semua gajah memiliki belalai yang pendek.

Sedangkan Darwin beranggapan bahwa individu dalam spesies yang sama dapat memiliki karakteristik yang berbeda. Misalkan pada jaman dahulu, menurut Darwin ada jerapah yang memiliki leher panjang, namun ada juga yang memiliki leher pendek. Darwin beranggapan bahwa kebanyakan gajah memiliki belalai yang pendek dan sedikit diantaranya memiliki belalai panjang.

  • Mekanisme Terbentuknya Spesies Baru

Dilansir dari PEDIAA, Lamarck beranggapan bahwa terdapat dorongan internal dari individu untuk melakukan evolusi guna memenuhi kebutuhan hidup. Contohnya adalah pada jaman dahulu semua jerapah memiliki kaki dan leher yang pendek hampir mirip seperti kuda.

Jelaskan Persamaan Dan Perbedaan Antara Teori Evolusi Darwin Dengan Lamarck

Source: https://toptenid.com/jelaskan-persamaan-dan-perbedaan-antara-teori-evolusi-darwin-dengan-lamarck

Check Also

Contoh Soal Perkalian Vektor

Contoh Soal Perkalian Vektor. Web log Koma – Setelah mempelajari beberapa operasi hitung pada vektor …