Jaring Jaring Bangun Ruang Sisi Datar

Jaring Jaring Bangun Ruang Sisi Datar

Bangun ruang merupakan bangun tiga dimensi yang tidak hanya memiliki panjang atau lebar namun juga aspek kedalaman. Berbagai bangun atau objek yang ada di sekitar umumnya berbentuk bangun ruang karena memiliki aspek kedalaman atau volume yang bisa dihitung  di bagian dalam.


Pengertian Bangun Ruang

Bangun ruang adalah bangun tiga dimensi yang mempunyai volume atau ruang di dalamnya. Bangun ruang mempunyai banyak sisi yang membatasinya seperti sisi alas dan juga sisi samping. Pada beberapa jenis bangun ruang juga terdapat sisi atas.

Sisi pada bangun ruang berupa bidang datar karena bidang tersebut membatasi antara sisi dalam bangun ruang dengan lingkungan di luar bangun ruang. Perpotongan antara sisi pada bangun datar adalah garis. Garis membatasi bagian luar dan bagian dalam bangun ruang.


Bangun Ruang dalam Kehidupan Sehari-Hari

Hampir semua bagian dalam kehidupan sehari-hari dalam bentuk bangun ruang. Baik objek berupa benda-benda yang kecil hingga objek besar seperti bangunan yang kita tempati dalam bentuk bangun ruang. Contoh sederhana bangun ruang adalah rumah dan bagian-bagian dari rumah tersebut.

Ruangan di dalam rumah seperti kamar tidur umumnya dalam bentuk kubus atau balok. Dinding pada langit-langit serta lantai ruangan yang menjadi pembatas bagian luar dan bagian dalam kelas merupakan bidang ruangan.

Selain bentuk kubus dan balok, bentuk limas segi empat yang merupakan bangun ruang bisa ditemukan pada piramida. Sementara bangun ruang berupa tabung bisa ditemukan pada drum-drum air, minyak dan sebagainya.

Baca :   Contoh Penerapan Dalam Kehidupan Sehari Hari


Macam-Macam Bangun Ruang

Ada berbagai macam bangun ruang yang bisa dibedakan berdasarkan bentuk alas bangun ruang tersebut. Dilihat dari bentuk bangun ruang, bangun ruang bisa dibedakan menjadi dua macam yakni bangun ruang sisi datar serta bangun ruang sisi lengkung.

Bangun ruang sisi lengkung adalah jenis bangun ruang yang memiliki sisi melengkung. Sisi melengkung pada bangun ruang dikarenakan bentuk alasnya yang melengkung seperti lingkaran. Bangun kerucut, bola dan tabung adalah contoh bangun ruang sisi lengkung.

Sementara bangun ruang sisi datar adalah jenis bangun ruang yang bidangnya mendatar dikarenakan bentuk alasnya yang memiliki sudut seperti segiempat, segitiga dan sebagainya. Contoh bangun ruang sisi datar adalah balok, kubus, limas dan prisma.


Bangun Ruang Sisi Datar

  1. Balok

Balok merupakan bangun ruang yang memiliki 3 pasang sisi segi empat berbentuk persegi panjang. Masing-masing bidang pada balok yang saling berhadapan memiliki bentuk dan ukuran yang sama. Namun, bisa juga balok memiliki beberapa bidang berbentuk persegi meski tidak seluruhnya.

Jumlah rusuk pada balok ada sebanyak 12 rusuk dengan rusuk yang saling berhadapan berukuran sama panjang.

Pelajari Selengkapnya di Balok

  1. Kubus

Kubus adalah bangun ruang 3 dimensi terdiri dari 6 bidang datar bwebentuk bujur sangkar dengan ukuran yang sama. Oleh karena itu kubus juga dikenal sebagai bidang enam beraturan. Kubus juga disebut sebagai prisma segiempat.

Pelajari Selengkapnya di Kubus

  1. Limas

Limas merupakan bangun ruang yang dibatasi oleh bidang sisi tegak berbentuk segitiga yang berpotongan di titik puncak. Bangun ruang limas memiliki alas berbentuk segi-n, seperti segi tiga, segi lima, segi empat dan sebagainya.

Jenis limas dibedakan berdasarkan bentuk alas limas tersebut seperti limas segitiga, limas segi lima, limas segi empat dan sebagainya.

Pelajari Selengkapnya di Limas

  1. Prisma
Baca :   Cos 3x Cos X Sin 3x Sin X

Prisma adalah bangun ruang tiga dimensi yang mana bidang alas dan juga tutup saling kongruen serta sejajar berbentuk segi-n. Bangun prisma mempunyai sisi tegak dalam berbagai bentuk, pada umumnya bidang sisi tegak berbentuk persegi panjang, persegi dan jajar genjang.

Pelajari Selengkapnya di Prisma


Bangun Ruang Sisi Lengkung

  1. Bola

Bola adalah bangun ruang yang dibatasi oleh sebuah bidang lengkung. Sebagai salah satu bangun ruang sisi lengkung yang hanya dibatasi oleh satu bidang saja, bola tidak mempunyai titik sudut sama sekali.

Bola dapat didefinisikan sebagai bangun ruang berbentuk setengah lingkaran yang kemudian diputar mengelilingi garis tengah. Sisi dari bangun bola disebut sebagai dinding bola yang menjadi satu-satunya sisi yang dimiliki oleh bola.

Pelajari Selengkapnya di Bola

  1. Tabung

Tabung yaitu bangun ruang 3 dimensi yang diselimuti oleh persegi panjang dengan alas dan juga tutup berbentuk lingkaran. Ukuran alas dan juga tutup tabung sama memiliki besar jari-jari yang sama. Bangun tabung hanya mempunyai 3 sisi yakni 2 lingkaran sebagai alas dan tutup serta 1 persegi panjang.

Pelajari Selengkapnya di Tabung


Jaring-Jaring Bangun Ruang

  1. Balok
Gambar 1. Jaring-Jaring Balok

  1. Kubus
Gambar 2. Jaring-Jaring Kubus

  1. Limas
Gambar 3. Jaring-Jaring Limas

  1. Prisma
Gambar 4a. Jaring-Jaring Prisma Segiempat

Gambar 4b. Jaring-Jaring Prisma Segitiga

  1. Tabung
Gambar 5. Jaring-Jaring Tabung

  1. Kerucut
Gambar 6. Jaring-Jaring Kerucut


Rumus Volume Bangun Ruang

  1. Kubus

Volume = a x a x a
Volume = a³

Luas permukaan = 6 x a x a
Luas permukaan =  6 x a²

Keterangan:
a = sisi kubus

  1. Balok

Volume = p x l x t
Luas permukaan balok = 2 x {(p x l) + (p x t) + (l x t)}

  1. Limas

Volume = 1/3 x La x t
Apabila alas limas berupa segitiga, maka rumus volume menjadi
V = 1/3 x ½ x a x tinggi alas segitiga x tinggi limas
Luas permukaan = Jumlah luas alas + Jumlah luas sisi tegak

Keterangan:
La = Luas alas
t = tinggi limas

  1. Prisma

Volume = Luas alas x tinggi
Apabila alas berbentuk segitiga, maka volume bisa dihitung dengan menggunakan rumus berikut:
Volume = ½ x a x s x t
Luas permukaan = (2 x luas alas) + luas seluruh bidang tegak prisma

Baca :   Jika Di Katoda Diperoleh Tembaga Sebesar 6 35 Gram

Keterangan:
a = panjang alas berbentuk segitiga
s = tinggi alas segitiga
t = tinggi prisma

  1. Bola

Volume = 4/3 x π x r³
Luas permukaan bola = 4 x π x r²

Keterangan:
r = jari-jari bola (cm)

  1. Tabung

V = Luas alas x tinggi
V = π x r² x t
Lp = 2 x luas alas + luas selimut tabung
Lp = (2 x π x r²) + (2 x π x r x t)
Lp = 2 x π x r  (r + t)


Contoh Soal Bangun Ruang

Suatu kubus mempunyai rusuk sebesar 10 cm. Tentukan volume dan luas permukaan kubus.

Pembahasan

Diketahui:

a = rusuk kubus = 10cm

Jawab:

Volume = a x a x a
Volume = 10³ = 1000 cm³
Luas permukaan = 6 x a x a
Luas permukaan =  6 x 10² = 600 cm²


Kesimpulan

Bangun ruang dibagi menjadi dua jenis yakni bangun ruang sisi datar dan sisi lengkung. Bangun ruang sisi datar memiliki bidang berbentuk datar yang terdapat beberapa sudut. Bangun ruang sisi datar terdiri dari balok, kubus, prisma dan juga limas. Bangun ruang sisi lengkung terdiri dari kerucut, bola dan tabung.

Jaring Jaring Bangun Ruang Sisi Datar

Sumber: https://mejakelas.com/bangun-ruang/

Check Also

Harga Beras 10 Kg Di Pasar

Harga Beras 10 Kg Di Pasar 4 menit Kamu pasti sudah sering sekali mendengar ungkapan, …