Inti Kandung Lembaga Sekunder

Inti Kandung Lembaga Sekunder.

Pada tumbuhan biji tertutup jika inti sperma membuahi inti kandung lembaga sekunder akan membentuk

Lihat Foto

Struktur bunga dewasa tempat terjadinya pembelahan ganda pada angiospermae

KOMPAS.com
– Tanaman angiospermae dapat bereproduksi sesuai melalui pembuahan ganda. Apakah yang dimaksud dengan pembuahan ganda pada tumbuhan angiospermae dan bagaimana prosesnya?

Untuk mengetahui jawabannya, dimaklah penjelasan tentang pembuahan ganda pada angiospermae di bawah ini!

Pengertian pembuahan ganda

Apa yang dimaksud dengan pembuahan ganda? Pembuahan ganda adalah pembuahan gametofit betina dengan dua gamet jantan pada tumbuhan angiospermae (tumbuhan berbiji tertutup).

Dilansir dari Encyclopedia Britannica, pembuahan ganda terdiri dari pembuahan sejati (peleburan sel telur dengan sel sperma) dan juga peleburan lain yang menyerupai pembuahan (peleburan sel sperma dengan inti kutub).

Baca juga: Gametogenesis pada Tumbuhan Biji Terbuka (Angiospermae)

Pembuahan ganda pada angiospermae selain menghasilkan zigot, juga menghasilkan endosperma yang merupakan cadangan makanan bagi tumbuhan.

Apakah gymnospermae mengalami pembuahan ganda? Gymnospermae (tumbuhan berbiji terbuka) tidak mengalami pembuahan ganda dan hanya mengalami pembuahan tuanggal (peleburan sel telur dan sel sperma.

Proses pembuahan ganda pada angispermae

Pada tumbuhan biji tertutup jika inti sperma membuahi inti kandung lembaga sekunder akan membentuk

Lihat Foto

bio.libretexts.org

Proses terjadinya penyerbukan ganda pada tumbuhan angiospermae

Gametogenesis

Sebelum melakukan pembuahan, tumbuhan melalui proses gametogenesis atau pembentukan sel-sel gamet untuk reproduksi.

Organ betina akan menghasilkan makrospora berupa sel telur dan inti kutub. Sedangkan, organ jantan akan menghasilkan mikrospora berupa sel sperma dalam bentuk serbuk sari.

Baca juga: Proses Terjadinya Fertilisasi

Penyerbukan

Proses pembuahan ganda pada angiospermae dimulai dengan berkembangnya serbuk sari (mikrospora) yang jatuh pada tangkai putik. Mikrospora kemudian berkembang menjadi dua sel, yaitu sel tabung polen dan sel generatif.

Baca :   Diantara Unsur Berikut Yang Memiliki Elektron Valensi Terbanyak Adalah

Jawaban pendek: Pembuahan pada angiospermae (tanaman berbiji tertutup) dilakukan dengan pembuahan ganda, dimana serbuk sari mengeluarkan dua sel sperma, yang satu membuahi sel telur. Dalam putih bunga mementuk zigot, dan satu lagi membuahi kandung lembaga sekunder yang membentuk endosperm.

Apakah angiospermae pembuahannya ganda?

Angiospermae merupakan tumbuhan berbiji yang mengalami pembuahan ganda. Setelah mengalami pembuahan bakal biji akan berubah menjadi bakal biji yang sesungguhnya.

Bagaimana pembuahan ganda pada tumbuhan?

Pembuahan ganda adalah pembuahan yang berlangsung dua kali. Peleburan inti generatif 1 dengan ovum (sel telur) membentuk zigot (embrio). Peleburan inti generatif 2 dengan inti kandung lembaga sekunder membentuk endosperma.

Jelaskan apa yang dimaksud dengan pembuahan ganda pada tumbuhan biji tertutup?

Pembuahan ganda adalah proses yang terjadi pada pembentukan biji tumbuhan angiospermae (berbiji tertutup). Pembuahan pertama menghasilkan zigot dan pembuahan kedua menghasilkan endosperma (cadangan makanan). Serbuk sari jatuh ke kepala putik sebagai awal terjadinya proses penyerbukan pada angiospermae.

Pada proses reproduksi tumbuhan Angiospermae terbentuk hasil pembuahan ganda Salah satunya endosperm yang mana berasal dari?

Disebut pembuahan ganda karena memang terjadi dua kali proses pembuahan yaitu: Peleburan inti sperma I dengan ovum (sel telur) membentuk zigot yang akan berkembang menjadi embrio. Peleburan inti sperma II dengan inti kandung lembaga sekunder membentuk endosperma (cadangan makanan).

Mengapa pada tumbuhan angiospermae terjadi pembuahan tunggal?

Apabila buluh serbuk sari telah sampai ke arkegonium, sel vegetatif akan hilang, lalu sel spermatozoid akan membuahi sel telur dan membentuk zigot. Karena proses pembuahan ini hanya terjadi satu kali sehingga disebut dengan pembuahan tunggal.

Apakah monokotil mengalami pembuahan ganda?

Contoh tumbuhan monokotil yang mengalami pembuahan ganda ini dibagi kedalam beberapa famili diantaranya: Famili Liliaceae: lilia (lilium sp), bawang putih (alium sativum), bawang merah (alium ascolonicum), dan bawang besar (alium cepa) Keluarga palem (Famili Palmae): kelapa (Cocos nucifera) dan kurma (Phoenix sp)

Kelompok tumbuhan apakah yang yang mengalami pembuahan tunggal dan pembuahan ganda?

Pembuahan tunggal ini terjadi pada gymnospermae (tumbuhan berbiji terbuka) sedangkan untuk pembuahan ganda akan terjadi pada angiospermae (tumbuhan berbiji tertutup). Pembuahan tunggal terjadi pada tumbuhan Gymnospermae atau tumbuhan berbiji terbuka.

Baca :   Soal Soal Teorema Pythagoras Kelas 8

Bagaimana proses terjadinya fertilisasi atau pembuahan pada tumbuhan angiospermae?

Pembuahan pada angiospermae (tanaman berbiji tertutup) dilakukan dengan pembuahan ganda, dimana serbuk sari mengeluarkan dua sel sperma, yang satu membuahi sel telur. Dalam putih bunga mementuk zigot, dan satu lagi membuahi kandung lembaga sekunder yang membentuk endosperm.

Apa yang dimaksud dengan pembuahan ganda pada tumbuhan Angiospermae lihat buku hal 70 71 Jelaskan juga proses pembuhan ganda *?

Pembuahan ganda adalah proses pembuhan yang terjadi pada tumbuhan berbiji terbuka dimana akan terjadi 2 proses pembuahan untuk menghasilkan embrio dan cadangan makanan. Peleburan inti generatif 1 dengan ovum (sel telur) membentuk zigot yang akan berkembang menjadi embrio. …

Apa yang dibuahi oleh inti generatif 2?

Peleburan inti generatif 2 dengan inti kandung lembaga sekunder membentuk endosperma (cadangan makanan). Setelah sampai di kantung embrio, inti generatif ane akan membuahi ovum membentuk zigot dan inti generatif 2 akan membuahi inti kandung lembaga sekunder membentuk endosperma.

Mengapa kromosom endosperm pada angiospermae bersifat triploid 3n sedangkan zigot bersifat diploid?

Pembuahan ganda pada angiospermae terjadi saat inti generatif I membuahi ovum dan menghasilkan zigot yang bersifat diploid. Endosperma bersifat triploid (3n) karena adanya penyatuan 2 inti kandung lembaga sekunder dan inti generatif Two yang masing-masing bersifat haploid.



Pembuahan ganda adalah proses pembuhan yang terjadi pada tumbuhan berbiji tertutup dimana akan terjadi 2 proses pembuahan untuk menghasilkan embrio dan cadangan makanan.




Pembuahan pada tumbuhan adalah proses meleburnya (menyatunya) inti sperma dan ovum yang terjadi di dasar putik untuk membentuk embrio tumbuhan. Dalam tumbuhan tingkat tinggi dikenal 2 macam pembuahan yaitu pembuahan tunggal dan pembuahan ganda. Pembuahan tunggal terjadi pada gymnospermae (tumbuhan berbiji terbuka) sedangkan pembuahan ganda akan terjadi pada angiospermae (tumbuhan berbiji tertutup).

Angiospermae mengalami pembuahan ganda untuk membentuk embrio dan cadangan makanan (endosperma).
Disebut pembuahan ganda karena memang terjadi dua kali proses pembuahan yaitu:

  • Peleburan inti generatif 1 dengan ovum (sel telur) membentuk zigot yang akan berkembang menjadi embrio.
  • Peleburan inti generatif 2 dengan inti kandung lembaga sekunder membentuk endosperma (cadangan makanan).

Baca jugaBagian-Bagian Bunga Angiospermae.

Pembuahan akan diawali terlebih dahulu oleh proses penyerbukan, yaitu jatuhnya serbuk sari pada kepala putik. Inti sel dalam serbuk sari akan membelah membentuk inti vegetatif, inti generatif 1, dan inti generatif 2. Setelah beberapa saat
, serbuk sari akan berkecambah membentuk tabung serbuk sari (pollen tube) sebagai jalan menuju kantung embrio
.




Tabung serbuk sari akan tumbuh dari kepala putik hingga menuju kantong embrio sebagai jalan bagi inti generatif i dan inti generatif two menuju kantong embrio. Pertumbuhan tabung serbuk sari diatur oleh sinyal kimiawi yang dikeluarkan oleh jaringan putik
[1].





Kantung embrio terdapat pada dasar putik dan merupakan tempat terjadinya pembuahan.
Inti sel serbuk sari nantinya akan berjalan di sepanjang tabung serbuk sari untuk mencapai kantung embrio
 tersebut.

Baca :   1 1 4 Jam Berapa Menit

Pembentukan tabung (buluh) serbuk sari


Inti vegetatif akan berjalan di depan inti generatif karena berperan sebagai penunjuk jalan bagi kedua inti generatif tersebut.
 Setelah sampai di kantung embrio, inti generatif 1 akan membuahi ovum membentuk zigot dan inti generatif 2 akan membuahi inti kandung lembaga sekunder membentuk endosperma.







Kedua inti generatif sama-sama memiliki kemampuan membuahi ovum
[2], namun yang akan membuahi ovum kemudian disebut inti generatif 1 dan yang lainnya disebut inti generatif 2.

Sel telur yang bersifat haploid (n) akan dibuahi inti generatif 1 yang bersifat haploid (n) sehingga akan menghasilkan zigot yang bersifat diploid (2n). Inti kandung lembaga sekunder akan dibuahi oleh inti generatif ii sehingga terbentuk endosperma. Endosperma bersifat triploid (3n) karena merupakan penyatuan two inti kandung lembaga sekunder dan inti generatif two yang masing-masing bersifat haploid.

Proses pembuahan ganda


Zigot nantinya akan berkembang menjadi embrio calon individu baru, sedangkan endosperma merupakan cadangan makanan bagi perkembangan embrio.
Endosperma akan digunakan sebagai sumber makanan pertama pada proses perkecambahan biji.

Pembuahan ganda hanya terjadi pada angiospermae, sedangkan pada gymnospermae terjadi proses yang berbeda yang disebut pembuahan tunggal. Gymnospermae hanya mengalami pembuahan tunggal sehingga tidak menghasilkan endosperma sebagai cadangan makanan.


Baca juga: Pembuahan Tunggal pada Gymnospermae.









Referensi:












1.

Bleckmann, A., Alter, S., & Dresselhaus, T. (2014). The beginning of a seed: regulatory mechanisms of double fertilization.Frontiers in plant science,5, 452. doi:10.3389/fpls.2014.00452








2.
Li-Jia Qu, Ling Li, Zijun Lan, Thomas Dresselhaus. (2015). Peptide signalling during the pollen tube journey and double fertilization.Journal of Experimental Botany, Volume 66, Event 17, Pages 5139–5150

Inti Kandung Lembaga Sekunder

Source: https://toptenid.com/pada-tumbuhan-biji-tertutup-jika-inti-sperma-membuahi-inti-kandung-lembaga-sekunder-akan-membentuk

Check Also

Contoh Soal Perkalian Vektor

Contoh Soal Perkalian Vektor. Web log Koma – Setelah mempelajari beberapa operasi hitung pada vektor …