Harga Gula Pasir 1 Karung 50 Kg

KlikBelajar.com – Harga Gula Pasir 1 Karung 50 Kg

Harga Gula Pasir 1 Karung

1 September 2022

Harga Gula Pasir 1 Karung
2022 hari ini di Pasar tradisional khususnya yang curah umumnya sama di hampir semua daerah yang ada di Indonesia. Gula pasir adalah salah satu kebutuhan pokok atau sembako yang harganya diatur oleh pemerintah.  Sementara itu, harga untuk gula kemasan cenderung lebih tinggi.

Untuk mengetahui, berapa gula pasir harga secara umum entah itu gula curah atau gula kemasan yang cukup direkomendasikan, Anda bisa menyimak selengkapnya dalam artikel di bawah ini.


Sedikit Mengenal Gula Pasir Konsumsi

Gula pasir atau gula putih adalah hasil dari ekstraksi batang tebu. Selanjutnya cairan yang dihasilkan akan diproses menjadi butiran kristal yang memiliki rasa manis. Kristo inilah yang dijual menjadi gula pasir atau gula meja konsumsi.

Gula untuk kebutuhan konsumsi umumnya terbagi menjadi dua. Pertama adalah gula pasir standar yang sering anda jumpai di pasar tradisional dan juga pasar modern. Ular jenis ini memiliki tekstur kristal yang cukup keras sehingga butuh diaduk cukup lama agar menyatu dengan minuman.

Sebenarnya gula pasir standar ini lebih dikhususkan untuk proses memasak atau pembuatan makanan. Karena akan mengalami proses penghancuran dan juga, kristal gula akan mudah mencair sehingga menyatu dengan makanan atau minuman.

Sementara itu jenis kedua adalah gula kastor. Gula jenis ini sebenarnya sama saja dengan gula pasir standar. Hanya saja, bentuk kristal nya lebih kecil atau bisa dalam bentuk bubuk sehingga mudah hancur dan menyatu dengan makanan atau minuman.

Baik gula pasir astor atau standar memiliki kandungan kalori yang kurang lebih sama. Ramon, gula kastor bisa dibawa kemana saja karena umumnya berbentuk kemasan kecil yang mudah di robek dan takarannya tepat.


Manfaat Gula Pasir

Harga Gula Pasir Hari ini 1 Kg

Harga Gula Pasir Hari ini

Selama ini kita hanya mengetahui jika gula pasir banyak digunakan untuk pemanis makanan atau minuman saja. Padahal, gula ini juga bisa dimanfaatkan untuk beberapa hal dibawah ini.

Baca :   Bila Suhu Suatu Reaksi Dinaikkan 10 C


– Pengawet alami

Fungsi pertama dari gula adalah untuk mengawetkan makanan. Gula bekerja sebagai agen untuk menyerap air atau cairan yang ada pada bahan makanan sehingga jamur atau bakteri tidak bisa tumbuh dengan cepat sehingga pembusukan bisa dicegah dengan baik.

Salah satu bukti bahwa gula digunakan sebagai pengawet adalah, penggunaan bahan ini sebagai manisan. Beberapa jenis bahan seperti buah-buahan yang dicampurkan dengan gula akan awet hingga mengering. Bahkan, bertahan hingga bertahun-tahun.

Karena bisa dimanfaatkan sebagai pengawet alami. Gula banyak digunakan pada beberapa jenis makanan. Jadi, tidak perlu menggunakan bahan-bahan kimia berbahaya untuk membuat makanan menjadi awal dan bisa dikonsumsi dalam jangka waktu yang cukup lama.


– Mengubah Tekstur Pada Makanan

Gula juga mampu mengubah tekstur dari makanan. Perubahan tekstur ini bisa terjadi karena kandungan dari gula akan menyatu dengan bahan yang ditambahkan sehingga ada kesan lembut dan juga manis yang menyatu dan terasa sangat enak.

Salah satu perubahan tekstur yang sering dimanfaatkan oleh banyak orang adalah perubahan tekstur pada buah. Saat pembuatan selai, gula banyak ditambahkan untuk membuat teksturnya menjadi lebih kenyal serta mengikat serat sehingga masih terasa saat digigit.


– Mencegah Pengerasan Pada Nasi

Nasi yang dikeluarkan dari rice cooker dan didiamkan pada suhu ruangan akan mudah sekali mengeras. Apalagi suhu ruangan mengalami kenaikan secara berkala. Butiran nasi akan mengering sehingga terasa sangat keras saat dikonsumsi.

Alternatif agar beras tidak mudah mengalami kering dan keras adalah dengan menambahkan air dengan campuran gula. Inilah yang sering digunakan pada pembuatan sushi. Makanan ini menggunakan nasi dicampur dengan air gula sehingga teksturnya tetap lembut.


– Melembutkan Daging Dengan Cepat

Kandungan zat kimia di dalam gula bisa dimanfaatkan untuk membantu proses melembutkan serat pada daging. Saat dimasak, umumnya serat akan menjadi lebih kaku atau tebal apalagi anda memasaknya terlalu lama.

Untuk bisa melembutkan bagian dari daging, anda hanya perlu mengoleskan permukaannya dengan bola sebelum diolah. Kenapa aku kan ini sarat akan mudah hancur sehingga saat dimasak dalam jangka waktu pendek sekalipun daging mudah empuk.


Batas Penggunaan Gula Pasir Harian

Gula memang memiliki cukup banyak manfaat khususnya di dalam dunia kuliner. Namun, konsumsi gula yang berlebihan bisa menyebabkan masalah yang besar khususnya berhubungan dengan obesitas sehingga memicu terjadinya diabetes.

Baca :   Jumlah Semua Bilangan Kelipatan 7 Dari 80 Sampai 170 Adalah

Salah satu cara untuk mengatasi hal tersebut adalah mengetahui batasan konsumsi gula harian setiap orang. Selama tidak melampaui batas ini, risiko mengalami masalah akan menurun.

Gula hanya boleh mengambil 5% dari total kalori harian yang dibutuhkan oleh tubuh. Artinya dalam setiap hari Anda hanya boleh mengonsumsi gula dengan kriteria di bawah ini.

  • Orang dewasa: 7 sendok teh atau 30 gram.
  • Anak 7-10 tahun: 6 sendok teh atau 24 gram.
  • Anak 2-6 tahun: 4 sendok teh atau 19 gram.

Apabila anda mengonsumsi lebih dari sekarang di atas, ada baiknya untuk mengurangi konsumsi karbohidrat lain seperti nasi yang juga akan diubah menjadi gula.

Akan lebih baik lagi jika Anda memahaminya dengan melakukan olahraga secara rutin. Dengan melakukan itu peluang terjadinya kenaikan gula darah hingga penumpukan lemak tidak akan terjadi.


Harga Gula Pasir 1 Karung 2022 (Ecer dan Karung)

Harga gula pasir 1 kg di pasaran umumnya ditentukan oleh grade apa kualitas dari gula yang dibeli. Selain itu, tingkat pengecer juga menentukan berapa harga yang sampai pada konsumen. Semakin banyak tingkat, harga bisa mengalami kenaikan.

Menurut Sistem Pemantauan Pasar Kebutuhan Pokok (SP2KP) Kementerian Perdagangan RI, harga gula 1 kg di pasir ngajar di pasaran berkisar antara Rp12.500-14.500. Sementara itu harga gula 1 kilo paling besar berada di kawasan Papua yaitu Rp16.000.

Harga di minimarket atau supermarket umumnya sekitar Rp14.500 dan dalam bentuk kemasan yang sudah memiliki merek. Gula yang dijual juga beragam mulai dari gula pasir putih atau kuning standar hingga jenis premium.

Sementara itu harga gula sekilo untuk satuan per karung atau 50 kg bisa anda simak dalam tabel di bawah ini.

Jenis Gula Pasir Harga
Gula Pasir SUJ 50 kg Putih Rp440.000
Gula Pasir SUJ 50 kg Kuning Rp520.000
Gula Pasir Gulaku 50 kg Putih Rp600.000
Gula Pasir Gulaku 50 kg Kuning Rp580.000
Gula Pasir MSI Medan 50 kg Putih Rp420.000
Gula Pasir MSI Medan 50 kg Kuning Rp400.000
Gula Pasir KBA 50 kg Putih Rp430.000
Gula Pasir KBA 50 kg Kuning Rp415.000


Rekomendasi Gula Pasir Kemasan Terbaik

Setelah membahas tentang gula pasir harga untuk ukuran karung 50 kg dan ecer jenis curah. Sekarang kita akan membahas harga gula pasir versi kemasan terbaik yang ada di Indonesia.


~ Gulaku Premium Putih

Salah satu merek gula yang sangat dicari di Indonesia. Gulaku terkenal karena kristal yang dimiliki sangat bersih sehingga terlihat menarik dan sehat. Gula Ini dibanderol dengan harga mulai dari Rp8 ribuan.

Baca :   Contoh Soal Polinomial Beserta Jawabannya Brainly

Untuk Anda yang khawatir dengan adanya pemutih tambahan yang digunakan untuk pemrosesan gula ini. Tidak perlu khawatir, semua proses dilakukan secara sempurna sehingga gula yang dihasilkan asli bukan karena ada tambahan bahan lain.


~ Harga Gula Pasir 1 Karung 2022 Rose Brand  Gula Kristal Premium

Hampir sama dengan Gulaku, keunggulan dari produk ini adalah memiliki kristal yang sangat bersih dan jarang sekali terdapat kotoran. Apalagi proses pengemasan dilakukan di pabrik sehingga tidak ada campur tangan manusia.

Gula ini bisa digunakan untuk konsumsi secara langsung atau digunakan untuk membuat kue. Rose brand juga menyediakan gula dalam bentuk cair atau simple syrup untuk bahan kue atau pemanis minuman secara langsung. Harga gula mulai dari Rp13.500.


~ Harga Gula Pasir 1 Karung 2022 CSR Caster Sugar

Gula kastor ini diperuntukkan untuk membuat kopi atau teh sehingga tidak perlu melakukan pengadukan terlalu kuat karena teksturnya yang sangat lembut. Begitu terkena air gula akan langsung mencair dan menyatu. Harga gula ini di pasaran mulai dari Rp55.000.


~ Harga Gula Pasir 1 Karung 2022 Wilmar Sania Gula Kristal Putih

Merek yang dikenal sebagai produsen  minyak goreng ini juga memproduksi gula. Gula yang diproduksi hampir sama Gulaku kedepankan kualitas dan kebersihan. Harga per kilogram sekitar Rp13.500.

~ Ricoman Caster Sugar

Salah satu merek gula pasir jenis kastor yang sangat direkomendasikan. Kota ini memiliki tekstur kristal yang sangat lembut sehingga mudah sekali cair atau tercampur dengan minuman. Bahkan, meski minuman tersebut dingin sekali pun.

Rasa manis yang ditawarkan oleh bola ini hampir sama dengan yang lainnya. Hanya saja, pemrosesannya dilakukan dengan sempurna sehingga kualitas tetap terjamin. Harga gula ini mulai dari Rp35.000.

Demikian ulasan tentang gula pasir harga yang ada di Indonesia khususnya pasar tradisional dan juga pasar modern. Umumnya gula pasir harga curah atau Acer tidak berbeda terlalu jauh. Tinggi rendahnya tergantung dengan penjual atau kualitas dari produk itu sendiri.

Manapun jenis gula pasir yang akan anda gunakan. Lebih baik bisa mengontrol diri karena terlalu banyak gula juga bisa memicu munculnya beberapa penyakit yang berbahaya. Alternatif lain dari gula pasir adalah menggunakan pemanis sintetis yang aman dan rendah kalori.

Informasi Serupa:

Harga Gula Pasir 1 Karung 50 Kg

Sumber: https://www.harga.top/harga-gula-pasir-1-karung/

Check Also

Harga Beras 10 Kg Di Pasar

Harga Beras 10 Kg Di Pasar 4 menit Kamu pasti sudah sering sekali mendengar ungkapan, …