Handle Pintu Dari Kayu Buatan Sendiri

Handle Pintu Dari Kayu Buatan Sendiri

Handle pintu atau knop adalah elemen yang penting dalam rumah. Meski ukurannya kecil, ia adalah detail yang menentukan fungsionalitas sebuah pintu atau bukaan dalam rumah. Tak hanya untuk pintu, knob juga dibutuhkan laci, lemari, dan jendela. Tanpanya tentu aktivitas bakal terganggu.

Khusus untuk pintu,


handle


juga biasanya sepaket dengan lubang kunci. Tahu sendiri, keamanan adalah nomor satu. Jadi, memilih handle pun tidak bisa sembarangan. Berikut beberapa inspirasinya buat Sedulur yang sedang terpikir merenovasi rumah.

BACA JUGA:
15 Tips Dekorasi Kamar Kos Aesthetic Paling Nyaman

1.
Handle



pintu bulat yang sederhana

Sunvalley Bronze

Dengan bahan perunggu, knop pintu yang satu ini akan memberikan estetika yang menawan di ruangan. Bisa diletakkan di dalam rumah maupun jadi pegangan pintu utama karena bahannya durable. Dipadu dengan desain bulat minimalis yang


versatile


, modern dan klasik sekaligus. Ia cocok untuk rumah dengan konsep apa saja. Apalagi bila Sedulur mengadopsi konsep


mid century modern

, knop model ini adalah pasangan sempurna untuk rumahmu.

2. Klasik nan minimal

Instagram @emtek_products

Sedulur juga bisa mempertimbangkan


handle


pintu utama yang klasik ini. Hanya berupa gagang panjang yang diposisikan horizontal dan lubang kecil di atasnya, pintu pun tampak lebih elegan. Pas buat daun pintu berbahan kayu. Tinggal disesuaikan warnanya saja. Di gambar ini gagang berbahan perunggu yang sempurna saat dipadu dengan kusen kayu berwarna cokelat terang. Kontrasnya dapat, kesan


earthy-

nya menguat.

Baca :   Model Batu Alam Dinding Luar Rumah

3.
Handle


pintu rumah super unik

handle pintu
Instagram @emtek_products

Dengan desain yang menyerupai setir kapal atau mobil, knop pintu yang satu ini sudah jadi satu dengan kuncinya sekaligus. Benar-benar praktis dan multifungsi. Secara estetika pun ia bisa dianggap unggul di kelasnya. Cocok untuk kebutuhan indoor seperti pintu kamar mandi, pintu kamar atau closet dan lain sebagainya. Ia pas untuk kebutuhan rumah yang mengusung konsep minimalis atau industrial. Silakan berburu yang seperti ini di pasaran kalau naksir.

BACA JUGA:
13 Model Kanopi Minimalis Modern Baja Ringan Terbaru 2022

4. Gagang pintu


stainless steel


yang berikan kesan mewah

handle pintu
Instagram @emtek_products

Alternatif lainnya adalah memilih material stainless steel macam ini. Desainnya basic, tapi cocok buat Sedulur yang mengidamkan kesederhanaan di rumah. Pas untuk pintu utama yang berdaun ganda. Komplemen sempurna untuk pintu kayu maupun alumunium karena warnanya yang netral. Namun, akan lebih bagus dipasang di pintu yang berwarna solid, bukan yang bermotif kayu.

5.
Handle


pintu aluminium untuk pintu geser

Instagram @emtek_products

Selain pintu bukaan biasa, Sedulur mungkin sedang mencari pegangan untuk pintu geser. Desain minimalis seperti ini bisa jadi referensi saat akan ke toko bangunan atau memesan di pengrajin. Ia didesain dengan finishing chrome yang mengilap dan tampak mewah. Tak banyak ornamen yang penting praktikal alias bisa berfungsi dengan baik dalam waktu lama.

6. Gagang klasik ala rumah loji dengan sistem penguncian ganda

handle pintu
Instagram @emtek_products

Sedulur mungkin tertarik memberikan sentuhan klasik di rumah. Tenang, klasik bukan berarti yang berkonsep ramai dengan ornamen yang mengganggu. Justru Sedulur bisa menemukan desain gagang yang seminimalis ini tanpa mengurangi kesan lawasnya. Sistem pengunciannya ganda, sangat aman dan sempurna untuk ruang tamu atau pintu masuk utama.

BACA JUGA:
16 Ide Dekorasi Kamar Tidur Minimalis Low Budget tapi Keren!

7. Makin aman dengan kunci kode

Instagram @emtek_products

Untuk keperluan pintu masuk utama, Sedulur bisa melirik handle pintu yang dilengkapi dengan kode macam ini. Dengan begitu, keamanan pun makin terjamin. Desainnya juga oke, netral bisa untuk segala konsep rumah termasuk yang minimalis. Tinggal sesuaikan warnanya, kalau tak begitu suka dengan warna emas masih ada pilihan warna lain yang dapat Sedulur pilih sesuai selera. Tentunya,

harga


handle


pintu macam ini akan lebih mahal dibanding yang manual. Namun, boleh lah dipasang di salah satu pintu, misalnya akses utama ke rumah.

8.
Simple



dan kokoh sekaligus

handle pintu
rimadesio

Lirik desain yang satu ini, deh. Didesain oleh studio interior asal Italia, gagang dibuat dengan desain yang sangat minimalis, tetapi kokoh dari segi material. Kuncinya pun sangat sederhana, pas untuk pintu kamar atau kamar mandi. Bisa dipasang di berbagai material kusen, mau kayu, besi, atau kaca sekalipun akan serasi dengan desain berikut.

9.
Handle


kayu ala Jepang  untuk kamar-kamar

handle pintu
fukamimasaki

Untuk kamar atau ruangan, gagang dari kayu seperti ini boleh jadi alternatif.
Sederet model


handle


pintu minimalis terbaru di atas bisa jadi referensi Sedulur saat akan mengganti gagang pintu di rumah yang mulai bobrok atau sudah melewati batas masa pakainya. Elegan dan sederhana, akan sangat sempurna dipasang di pintu yang berwarna terang atau gelap sekalipun. Silakan andalkan selera seni Sedulur saat memadukan warnanya.

10. Gagang pintu modern yang ringan, tetapi tak menomorduakan keamanan

handle pintu
archiproducts

Meski pegangannya terlihat tipis, gagang jenis ini didesain ringan pergerakannya. Dilengkapi pula dengan lubang kunci yang menggaransi keamanan penghuni rumah. Gagang macam ini cocok untuk pintu kaca atau besi karena material stainless steel-nya. Sudah dilapis chrome jadi makin tampak mewah bagaikan gagang pintu hotel atau gedung perkantoran elit. Mengidamkan ini di rumahmu?

BACA JUGA:
20 Desain Dapur Cantik dan Elegan Idaman di Tahun 2022

Tips memilih knop pintu terbaik

Tentunya jangan hanya melihat estetikanya, pikirkan juga tingkat keamanan lubang kuncinya agar rumah benar-benar jadi tempat berteduh ternyaman di dunia buat penghuninya. Berikut beberapa tips memilih


handle


pintu yang tepat.


  • Desain

    adalah aspek pertama yang Sedulur lihat saat memilih gagang pintu. Sejauh ini ada banyak desain klasik sampai yang kekinian. Ada yang angular dan ada pula yang bulat. Ada beberapa yang sudah satu set dengan kuncinya, ada pula yang bagian lubang kuncinya dibuat terpisah dari pegangan. Tentunya untuk masalah ini Sedulur perlu menyesuaikan dengan selera serta konsep rumah yang akan direnovasi.

  • Bahan

    tidak boleh diremehkan, sebab ini adalah letak kekuatan dan ketahanan dari gagang pintu. Mengingat kita akan sering memegang dan menggunakannya, maka material yang baik dan kokoh sangat dibutuhkan. Biasanya material yang dipakai adalah logam atau boleh kayu solid. Namun, lagi-lagi sesuaikan dengan kebutuhan dan posisi pemasangannya. Untuk pintu utama terluar rumah, bahan logam lebih direkomendasikan. Sementara untuk di dalam rumah, misalnya pintu kamar mandi dan kamar tidur, material seperti kayu sepertinya tidak masalah.


  • Mode buka tutupnya

    juga harus dimasukkan pertimbangan. Pintu dengan gagang bulat memang menawan, tetapi ia harus dibuka dengan cara memutar sehingga membutuhkan energi lebih. Sementara gagang


    lever


    atau garis akan lebih menghemat energi dan mudah dibuka saat Sedulur membawa barang di kedua tangan misalnya.

  • Sesuaikan dengan tebal dan lebar daun pintu.

    Tentunya makin lebar, tebal dan berat, gagang pintu juga harus mengikuti kekuatannya. Jangan sampai Sedulur hanya mementingkan estetika tanpa tahu beban yang dipikul



    handle.



  • Fungsi

    dari gagang itu sendiri juga harus dimasukkan dalam proses pemilihan nanti. Apakah gagang diperuntukkan pintu utama yang langsung mengakses keluar rumah atau hanya digunakan untuk kebutuhan dalam ruangan. Tentunya untuk kebutuhan akses keluar masuk pintu utama, handle harus dipilih yang kokoh dan tahan cuaca serta dilengkapi dengan kunci yang aman. Beberapa bahkan menggunakan sistem kode agar tak mudah dibobol.


  • Finishing


    menentukan ketahanan gagang pintu yang Sedulur miliki. Biasanya finishing yang dipakai untuk handle berbahan logam adalah lapisan chrome yang mengilap dan elegan. Ini juga menghindarkannya dari karat. Namun, ada pula yang diberi sentuhan akhir powder coat. Ini juga oke dan tahan lama, tetapi warnanya biasanya akan bernuansa


    doff


    sehingga tampak lebih sederhana.


  • Cara instalasi
    harus pula dimasukkan dalam proses pemilihan. Jangan sampai Sedulur hanya membeli tanpa bisa memasangnya di pintu. Bila perlu saat membeli tanyakan apakah pihak penjual memberikan layanan pemasangan. Bila tidak tanyakan cara memasangnya dan jangan asal comot. Lihat juga kondisi pintu Sedulur. Beberapa mungkin akan menjual


    handle


    sepaket dengan pintu. Silakan Sedulur cari tahu mana alternatif terbaik.

Memilih perkakas dan kebutuhan rumah memang terkesan seru, tetapi nyatanya tidak sesederhana dan semudah yang kita bayangkan. Banyak aspek yang harus dipikirkan. Selain dana, juga kecocokannya dengan kondisi rumah dan sumber daya yang kita miliki. Teliti sebelum membeli, ya, Sedulur.


Sedulur yang membutuhkan sembako, bisa membeli di Aplikasi Super lho! Sedulur akan mendapatkan harga yang lebih murah dan kemudahan belanja hanya lewat ponsel. Yuk unduh aplikasinya



di sini



sekarang.


Sementara Sedulur yang ingin bergabung menjadi Super Agen bisa cek



di sini




sekarang juga. Banyak keuntungan yang bisa didapatkan, antara lain mendapat penghasilan tambahan dan waktu kerja yang fleksibel! Dengan menjadi Super Agen, Sedulur bisa menjadi reseller sembako yang membantu lingkungan terdekat mendapatkan kebutuhan pokok dengan mudah dan harga yang lebih murah.

Handle Pintu Dari Kayu Buatan Sendiri

Source: https://superapp.id/blog/lifestyle/handle-pintu/

Baca :   Gambar Luka Di Lutut Karena Jatuh

Check Also

Gambar Wanita Sedih Menangis Dan Kecewa Kartun

Gambar Wanita Sedih Menangis Dan Kecewa Kartun Adapun berikut ini adalah koleksi yang bisa kamu …