Gugus Fungsi Dalam Suatu Senyawa Karbon Dapat Menentukan

KlikBelajar.com – Gugus Fungsi Dalam Suatu Senyawa Karbon Dapat Menentukan

Dalam mempelajari dan mendalami ilmu kimia, rasanya ada yang kurang jika kamu tidak mempelajari mengenai materi senyawa karbon. Senyawa karbon adalah satu jenis senyawa yang tersusun atas karbon dan unsur-unsur lain di dalamnya, seperti hidrogen, oksigen, nitrogen, ataupun yang lainnya. Senyawa karbon memiliki 2 jenis, yaitu senyawa karbon organik dan senyawa karbon anorganik.

Senyawa karbon organik adalah senyawa karbon yang dibuat oleh tubuh makluk hidup. Contoh senyawa karbon organik antara lain glukosa (zat gula) yang terdapat di dalam tubuh atau gas metana yang digunakan untuk isi tabung LPG. Senyawa karbon anorganik adalah senyawa karbon yang dibuat di luar tubuh makhluk hidup. Senyawa ini pertama kali ditemukan oleh
Friedrich Woehler
ketika mensintesis urea.

Dalam memahami materi ini, kamu bisa mulai mempelajari sub-bab yang akan memberikan pemahaman mendalam kepada kamu, antara lain gugus fungsi senyawa karbon, alkohol & eter, eldehid & keton, asam karboksilat & ester, dan benzena. Materi tersebut tidak bisa kamu pelajari hanya dengan pilih-pilih, kamu harus mempelajari semuanya satu per satu.

1. Gugus Fungsi

Sebagai permulaan, kamu bisa berkenalan dengan materi yang pertama yaitu materi gugus fungsi senyawa karbon. Gugus fungsi didefinisikan sebagai atom atau atom2yang menentukan sifat kimia suatu senyawa atom. Gugus fungsi didefinisikan sebagai bagian dari suatu senyawa (terutama senyawa karbon) yang berperan menentukan sifat senyawa tersebut dan akan bereaksi dengan senyawa lainnya.

Pemahaman mengenai gugus fungsi senyawa karbon ini nyatanya membantu para ahli kimia untuk menentukan rancangan dan metode dalam sintesis senyawa organik yang sesuai. Dalam sub-bab ini akan dijelaskan beberapa kelompok senyawa karbon antara lain; alkohol, eter, aldehid, keton, asam karboksilat, dan ester.

Untuk itu, kamu perlu memahami materi dasar ini dengan baik. Kamu bisa mendekat dan mengakses Wardaya College untuk menjadi media pembelajaran kamu. Selain itu, kamu bisa berlatih dengan menggunakan contoh soal senyawa karbon yang dapat membantu pemahamanmu mengenai materi ini.

Baca :   Apa Yang Dimaksud Dengan Ikatan Kovalen

2. Alkohol & Eter

Selanjutnya, kamu bisa mulai membedah dan mempelajari materi alkohol & eter. Jika didefinisikan, alkohol adalah senyawa yang berasal dari alkana, dimana satu atom H diganti dengan gugus hidroksil (-OH), sedangkan eter adalah senyawa turunan alkana dengan satu atom H diganti dengan gugus alkoksi (-OR).

Selain itu, berdasarkan jumlah gugus hidroksinya, alkohol dibedakan menjadi 2 jenis, yaitu monoalkohol dan polialkohol. Monoalkohol adalah alkohol yang memiliki satu gugus -OH, sedangkan polialkohol adalah jenis alkohol yang memiliki gugus -OH lebih dari satu. Contoh monoalkohol adalah metanol, etanol, dan spirtus, sedangkan contoh poliakohol adalah gliserol dan glikol.

Alkohol yang dibedakan menjadi 3 jenis berdasarkan letak gugus fungsinya. Selanjutnya, eter tidak memiliki jenis-jenis klasifikasi seperti alkohol, namun kamu bisa mempelajari mengenai sifat dan tata nama eter di bab ini. Eter pada umumnya berbentuk cair (hanya beberapa berbentuk gas). Eter memiliki titik didih dan titik leleh lebih kecil dari alkohol. Selain itu, eter sulit larut dalam air dan mudah terbakar.

Untuk mempelajari materi lain soal alkohol & eter, kamu dapat melanjutkannya di Wardaya College. Di Wardaya College, pastinya kamu akan memperoleh beberapa video yang menenangkan ketika kamu belajar. Selain itu, ada contoh soal senyawa karbon yang bisa kamu kerjakan untuk membuat mahir dalam mengerjakan contoh soal di sekolah.

3. Aldehid & Keton

Selanjutnya, kamu bisa maju lebih jauh ke pembelajaran mengenai aldehid & keton. Di lihat dari definisinya, aldehid adalah senyawa karbon yang memiliki gugus fungsi senyawa -CHO, sedangkan keton adalah senyawa karbon yang mempunyai gugus fungsi.

Selain definisinya, kamu juga bisa mencari perbedaan antara aldehid dan keton. Pertama, aldehid lebih mudah teroksidasi dibandingkan dengan keton. Kedua,  gugus karbonil aldehid terikat pada hidrogen pada satu ujungnya, sedangkan keton terikat pada atom karbon pada kedua belah pihak. Dalam tata nama senyawanya, senyawa aldehid diberi akhiran -al, sedangkan keton diberi akhiran -on.

Masih banyak informasi yang bisa kamu dapatkan mengenai dua jenis senyawa ini. Untuk itu, jangan alihkan pandangan dan perhatian kamu dari Wardaya College. Di dalam Wardaya College, ada banyak media pembelajaran berupa video interaktif dan contoh soal senyawa karbon yang pastinya oke untuk kamu jadikan sebagai bahan belajar.

Baca :   Nilai Dari 2 Sin 75 Cos 15 Adalah

4. Asam Karboksilat & Ester

Di bagian ini, kamu akan diperkenalkan dengan jenis senyawa yang lainnya, yaitu asam karboksilat & ester. Asam karboksilat adalah asam organik alifatik yang memiliki gugus fungsional -COOH (gugus karboksil), sedangkan ester adalah senyawa karbon yang memiliki gugus -COOR. Asam karboksilat ini sering digunakan dalam industri, sedangkan ester sering dijadikan sebagai campuran kosmetik atau perisa makanan.

Untuk memberikan nama kepada senyawa-senyawa yang termasuk asam karboksilat, kamu bisa memahami beberapa tata nama senyawa berikut. Untuk asam karboksilat, kamu bisa memberikan akhiran -oat dan awalan asam pada namanya senyawa. Misalnya, metana menjadi asam metanoat, sedangkan pada ester, penamaannya dilakukan dengan menyebutkan nama gugus alkil tersebih dahulu kemudian nama asam karbohidratnya

Kamu masih bisa menggali lebih dalam mengenai materi ini. Bagaimana caranya? Kamu bisa belajar di Wardaya College. Di dalam Wardaya College, kamu bisa mendapatkan pembelajaran berupa video pembelajaran interaktif dan contoh soal senyawa karbon yang pastinya bikin kamu makin pintar dan mahir.

5. Benzena & Turunannya

Salah satu jenis senyawa karbon yang tidak kalah penting penggunaannya dalam kehidupan manusia, yaitu benzena. Benzena adalah senyawa aromatik yang memiliki 6 atom karbon dengan cincin berbentuk siklik, segienam beraturan dengan sudut antar atom C sebesar 120 derajat dan terdapat tiga buah ikatan rangkap dua yang berselang-seling dengan ikatan tunggal.

Di dalam materi ini, kamu juga akan mengenali beberapa jenis turunan dari benzena, yakni stirena, fenol, alkilbenzena, nitrobenzena, toluena, anilina, dan asam benzoat. Stirena adalah senyawa turunan benzena yang berwujud cair seperti minyak tak berwarna dan mudah menguap. Fenol adalah senyawa turunan benzena yang bersifat asam.

Selain itu, Alkilbenzena yaitu senyawa turunan benzena yang jika dioksidasi akan menghasilkan asam benzoat. Nitrobenzena adalah senyawa turunan benzena yang cenderung eksplosif dan jika direduksi akan menghasilkan anilina. Toluena adalah senyawa turunan benzena yang memiliki gugus metil bernama toluena. Anilina yaitu senyawa benzena yang mengikat gugus amina (NH2). Yang terakhir asam benzoat adalah asam karboksilat aromatik yang paling sederhana.

Baca :   Cara Mengolah Lemon Untuk Kanker

Tak hanya belajar mengenai turunan benzena, kamu juga akan mendapatkan informasi lain yang kamu butuhkan untuk penelitian kimia. Untuk itu, Wardaya College memberikan pembelajaran interaktif berupa video pembelajaran dan contoh soal senyawa kimia yang oke banget untuk kamu yang mau semakin mahir dalam kimia.

6. Isomer Senyawa Karbon

Materi selanjutnya yang harus kamu pahami adalah isomer senyawa karbon. Sebelumnya, kamu harus memahami dulu apa yang dimaksud dengan isomer. Isomer adalah senyawa yang memiliki rumus molekul atau jumlah atom-atomnya sama tetapi memiliki rumus struktur atau bangun berbeda.

Dalam pembelajaran mengenai isomer senyawa karbon, kamu akan mengenal pembagian isomer, yaitu isomer struktur dan isomer geometri. Isomer struktur diakibatkan adanya perbedaan ikatan antar unsur-unsur penyusunnya, jadinya bentuk dari isomernya berbeda, sedangkan isomer geometri diakibatkan oleh susunan atom yang ada dalam ruang.

Tentunya, kamu ingin mengetahui lebih jauh mengenai isomer senyawa karbon. Untuk itu, Wardaya College memberikan pembelajaran mengenai isomer senyawa karbon dalam bentuk video interaktif. Selain itu, kamu juga bisa mengerjakan contoh soal senyawa karbon untuk menguji kemampuanmu.

Belajar di Wardaya College

Materi senyawa Karbon merupakan salah satu materi yang membahas mengenai jenis senyawa yang menjadi unsur karbon penggunaanya sangat luas bagi kehidupan manusia. Senyawa ini banyak digunakan sebagai tambahan kosmetik, bahan peledak, ataupun bahan pembakar bagi manusia. Selain itu, penelitian mengenai materi ini terus dikembangkan bagi kehidupan manusia.

Karena banyak sekali kegunaannya Wardaya College secara khusus memberikan pembelajaran terpadu kepada kamu yang ingin mempelajari lebih lanjut mengenai materi senyawa karbon. Ada banyak video pembelajaran dan contoh soal variatif yang bisa kamu akses dengan mudah. Terlebih lagi, kamu bisa mengaksesnya dengan GRATIS.

Hibur diri kamu dan hiasi sosial media kamu dengan gambar gambar lucu banget berikut ini. Jangan sampai kamu bersedih hati dan sosial media kamu sepi.

Gugus Fungsi Dalam Suatu Senyawa Karbon Dapat Menentukan

Sumber: https://www.wardayacollege.com/kimia/kimia-organik/senyawa-karbon/

Check Also

Contoh Soal Perkalian Vektor

Contoh Soal Perkalian Vektor. Web log Koma – Setelah mempelajari beberapa operasi hitung pada vektor …