Gerakan Bumi Mengelilingi Matahari Disebut Juga

KlikBelajar.com – Gerakan Bumi Mengelilingi Matahari Disebut Juga

Jakarta

Bumi yang kita tempati mengalami perputaran pada porosnya dari arah barat ke timur. Rotasi bumi memakan waktu selama 23 jam 56 menit 4 detik atau selama satu hari. Berkat adanya gravitasi, manusia tidak bisa merasakan
rotasi bumi
secara langsung.

Akibat rotasi bumi, kita mengenal yang namanya pergantian siang dan malam. Namun, selain pergantian siang dan malam ada beberapa akibat lainnya lho, detikers. Penasaran kan apa saja akibatnya?

Terjadinya Siang dan Malam

Seperti ulasan sebelumnya, bahwa rotasi bumi bisa menyebabkan terjadinya siang dan malam. Hal ini bisa terjadi karena ada dua bagian bumi. Bagian bumi yang menghadap matahari akan mengalami waktu siang, detikers. Sementara bagian bumi yang membelakangi matahari akan mengalami waktu malam.

Perbedaan Kecepatan Gravitasi Bumi

Akibat rotasi bumi
berikutnya adalah adanya perbedaan percepatan gravitasi bumi, seperti yang dikutip dari Ruangguru. Perbedaan percepatan gravitasi terjadi karena bentuk bumi yang tidak baku di kedua kutubnya dan mengembang pada khatulistiwa. Hal ini menyebabkan perbedaan pada diameter kutub bumi dan diameter khatulistiwa, sehingga kutub memiliki percepatan gravitasi lebih besar daripada wilayah khatulistiwa.

Gerak Semu Matahari

Sebagian orang mungkin beranggapan bahwa matahari lah yang bergerak mengelilingi bumi. Padahal, anggapan ini salah besar lho, detikers. Faktanya, justru bumi lah yang bergerak mengelilingi matahari. Nah, akibat rotasi inilah terjadi gerak semu harian matahari yang membuat matahari seolah-olah mengelilingi bumi.

Pembagian Zona Waktu

Nggak cuma pergantian siang dan malam, rotasi bumi juga mengakibatkan pembagian zona waktu. Bicara soal zona waktu, ada 24 daerah waktu di muka bumi lho, detikers. Pusat waktunya sendiri berada di Greenwich, Inggris yang terletak pada bujur 00.

Perbedaan waktu satu jam terjadi setiap selisih bujur 150. Bagian bumi yang berada di sebelah timur Greenwich punya waktu lebih cepat daripada Greenwich. Sementara bagian di sebelah baratnya punya waktu yang lebih lambat, detikers.

Baca :   Diantara Himpunan Himpunan Berikut Yang Merupakan Himpunan Kosong Adalah

Pembelokan Arah Arus Laut

Akibat rotasi bumi selanjutnya adalah pembelokan arah arus laut atau yang dikenal dengan efek Coriolis. Arah arus laut di bumi bagian selatan berbelok searah dengan perputaran jarum jam. Sedangkan arah arus laut di bumi bagian utara berbelok berlawanan dengan jarum jam.

Perbedaan Ketebalan Atmosfer

Rotasi bumi menyebabkan perbedaan ketebalan pada atmosfer bumi. Perbedaan ini terjadi karena beberapa hal, seperti kondisi iklim antara zona kutub dan ekuatorial. Lapisan atmosfer bumi sendir terbentuk oleh stratosfer, troposfer, mesosfer, ionosfer, termosfer, dan eksosfer.

Efek Jetlag Saat Naik Pesawat Terbang

Siapa yang pernah ngalamin jetlag setelah naik pesawat? Dilansir dari Saintif, jet lag adalah kondisi psikologis karena adanya perubahan ritme sirkadian akibat perjalanan di meridian dan durasi hari yang berubah, detikers. Nah, penyebab utamanya adalah adanya rotasi bumi.

Makanya, banyak orang mengalami jet lag setelah penerbangan jarak jauh yang punya perbedaan waktu secara signifikan. Contohnya aja ketika bepergian dari Indonesia ke Amerika.

Adanya Kehidupan di Bumi

Ternyata, rotasi bumi berkaitan erat dengan adanya kehidupan di muka bumi lho, detikers. Selama bumi masih berotasi, maka kehidupan di muka bumi masih terus berlangsung. Sebaliknya, kalau nggak ada rotasi, maka bumi akan mengalami panas di siang hari selama 6 bulan lamanya. Begitu pun dengan dingin di malam hari yang terjadi selama 6 bulan.

Itulah
delapan akibat rotasi bumi
yang bermanfaat bagi kehidupan manusia. Tanpa adanya rotasi, sulit bagi makhluk hidup dan tumbuhan untuk berkembang secara optimal.

Simak Video “Ilmuwan: Bumi Berputar Lebih Cepat di 2022

[Gambas:Video 20detik] (erd/erd)

Banyak fenomena alam yang menarik, hingga sering memunculkan pertanyaan-pertanyaan di kepala kita, oleh karena itu, di artikel ini kita akan membahas tentang akibat dari terjadinya rotasi bumi pada kehidupan.

Baca :   Fpb Dari 9 10 Dan 12

Pernah nggak kamu bertanya, kenapa sih harus ada siang dan malam? Apa yang menyebabkan terjadinya siang dan malam? Kenapa siang itu terang dan kenapa malam itu gelap? Nah ternyata, hal itu terjadi karena bumi berputar pada porosnya atau disebut dengan akibat rotasi bumi. Tapi, kenapa kita tidak pernah merasakan perputarannya?

P
eredaran bumi mengelilingi sumbunya atau porosnya dari arah barat ke timur disebut dengan
rotasi bumi. Lama proses peredaran bumi mengelilingi sumbunya ini disebut dengan kala rotasi, yaitu selama 23 jam 56 menit 4 detik. Kala rotasi dikenal dengan satu hari.

Namun, peredaran bumi mengelilingi sumbunya tidak akan terasa karena adanya gravitasi. Jadi, gravitasi bumi dapat menarik semua benda ke arah pusat gravitasi bumi itu sendiri. Walaupun bumi itu berputar, kita tidak akan merasakan pergerakan rotasi bumi atau jatuh saat posisi kita ada di bawah bumi.

Akibat Rotasi Bumi

Pernyataan yang termasuk akibat perputaran bumi pada porosnya adalah

(Sumber: reference.com)

1. Terjadinya Siang dan Malam

Rotasi bumi mengakibatkan terjadinya siang dan malam. Hal ini terjadi karena ada dua bagian bumi yang sebagian menghadap matahari dan sebagian lagi membelakangi matahari. Bagian yang menghadap matahari mengalami waktu siang; bagian yang membelakangi matahari mengalami waktu malam.

2. Gerak Semu Harian Matahari

Nah, pasti kamu berpikir kalau matahari itu bergerak mengelilingi bumi,

kan
?
Sebenarnya, bumi mengelilingi matahari. Matahari menjadi pusat tata surya yang dikelilingi oleh planet-planet di dalam orbitnya, termasuk bumi. Peristiwa itu disebut gerak semu harian matahari. Pergerakan semu harian matahari disebabkan oleh rotasi bumi yang membuat matahari seolah-olah mengelilingi bumi. Matahari merupakan bintang yang menghasilkan energi atau cahaya sendiri

. Nah
, matahari itu juga berkeliling,

loh.

Matahari bergerak mengelilingi sebuah lubang hitam yang berada di pusat galaksi Bima Sakti.

Baca :   Konfigurasi Elektron Unsur X Dengan Nomor Atom 31 Adalah

3. Perbedaan Waktu

Rotasi bumi juga berpengaruh pada perbedaan waktu di bagian-bagian bumi. Terdapat 24 daerah waktu yang ada di bumi. Pusat waktu berada di kota Greenwich, Inggris yang terletak pada bujur 0

. Setiap selisih bujur 15⁰, perbedaan waktu mengalami selisih satu jam. Bagian bumi di sebelah timur Greenwich mengalami waktu yang lebih cepat dari Greenwich, sedangkan bagian bumi di sebelah barat Greenwich mengalami waktu yang lebih lambat.


4. Perbedaan Percepatan Gravitasi Bumi

Rotasi bumi mengakibatkan gerakan yang arahnya menjauhi pusat. Akibatnya, bumi menjadi tidak bulat sempurna. Ada bentuk tidak baku di kedua kutubnya dan mengembang pada khatulistiwa, sehingga diameter kutub bumi lebih kecil daripada diameter khatulistiwa. Hal ini berakibat pada percepatan gravitasi di daerah kutub lebih besar dibandingkan khatulistiwa.

5. Pembelokan Arah Arus Laut

Angin mengakibatkan terjadinya arus laut. Pada belahan bumi selatan, arah arus laut berbelok searah perputaran jarum jam. Pada belahan bumi bagian utara, arah arus laut berbelok berlawanan dengan arah putaran jarum jam.
Gerak pembelokan arah angin dan pembelokan arus laut disebut efek Coriolis.

Pernyataan yang termasuk akibat perputaran bumi pada porosnya adalah

Oke, sekarang kamu sudah paham bahwa perputaran bumi memiliki banyak dampak terhadap kehidupan kita. Lalu, bagaimana dengan perputaran bumi mengelilingi matahari yang disebut
revolusi bumi?
Baca artikel lanjutannya ya! Jika kamu ingin mendapatkan rangkuman materi lengkap, latihan soal, dan video belajar tentang materi Tata Surya, yuk, daftar
ruangbelajar!

Pernyataan yang termasuk akibat perputaran bumi pada porosnya adalah

Gerakan Bumi Mengelilingi Matahari Disebut Juga

Sumber: https://berikutyang.com/pernyataan-yang-termasuk-akibat-perputaran-bumi-pada-porosnya-adalah

Check Also

Contoh Soal Perkalian Vektor

Contoh Soal Perkalian Vektor. Web log Koma – Setelah mempelajari beberapa operasi hitung pada vektor …