Garam Dilarutkan Dalam Air Termasuk Perubahan

Garam Dilarutkan Dalam Air Termasuk Perubahan

KOMPAS.com
– Suatu materi dapat mengalami perubahan baik secara kimia ataupun secara fisika.

Namun tahukah kamu perbedaan antara perubahan kimia dan perubahan fisika? Untuk dapat memahaminya, simaklah penjelasan berikut ini!

Pengertian

Dilansir dari
PEDIAA, perubahan fisika adalah perubahan yang mengubah bentuk materi tetapi tidak mengubah komposisi kimia materi tersebut.

Adapun perubahan kimia adalah perubahan yang mengubah komposisi kimia dari materi tersebut.

Sifat

Perubahan fisika bersifat
reversible
atau dapat dibalikan perubahannya seperti mencairnya es batu menjadi air. Air bisa dikembalikan lagi menjadi es dengan cara dibekukan.

Baca juga: Penentuan Kadar Unsur Kimia dalam Suatu Produk

Sehingga perubahan fisika tidak menghasilkan zat baru, hanya zat lama dengan bentuk yang berubah.

Adapun perubahan kimia bersifat
irreversible
atau tidak dapat dikembalikan karena komposisi materinya telah berubah.

Saat kamu membakar kayu untuk menjadi api unggun, kayu tersebut akan menjadi abu dan arang yang berarti komposisinya berubah. Kamu tidak bisa mengembalikan abu dan arang kembali menjadi kayu, inilah conton sifat irreversible.

Tidak seperti perubahan fisika, perubahan kimia menghasilkan zat yang sama sekali baru seperti kayu yang berubah menjadi abu.


Experience Life
Salah satu peristiwa eksotermik adalah adanya pembakaran

Proses

Perubahan fisika dapat terjadi melalui proses perubahan fasa materi dengan cara pemanasan, pendinginan, pemadatan, dan pengembunan.

Dilansir dari
Chemical LibreText, perubahan fisika mencakup perubahan tekstur, massa jenis, kelarutan, massa, volume, dan sifat lunak suatu materi tanpa mengubahnya menjadi zat baru.

Dikutip dari
Thoughtco, dalam prosesnya, perubahan kimia mengalami pelepasan ataupun penyerapan energi dan menghasilkan bau, warna, suara, atau terbentuknya gelembung.

Tidak semua perubahan warna adalah perubahan kimia. Mengecat rumah, sepeda, dan mobil adalah perubahan fisika. Namun perubahan warna pada buah apel yang telah dipotong menjadi coklat adalah perubahan kimia akibat reaksi oksidasi.

Baca juga: Apa Bedanya Sifat Fisika dan Sifat Kimia?

Contoh Perubahan Fisika


KOMPAS.com/SILMI NURUL UTAMI
Perubahan fisika


Contoh perubahan fisika adalah kayu yang diampelas dan dipoles menjadi kayu yang halus. Tekstur dan warna kayu berubah, namun materi tersebut tetaplah kayu dan bukan materi baru.


KOMPAS.com/SILMI NURUL UTAMI
Lantai kayu sebelum dan sesudah diampelas

Perubahan emas murni menjadi cincin, kalung, jam tangan, dan gelang adalah perubahan fisika. Perubahan bentuk besi yang dijadikan pagar, pedang, ataupun linggis. Kaca yang pecah juga termasuk perubahan fisika karena tidak merubahnya menjadi materi baru.

Perubahan pada air menjadi es, es menjadi air, air mendidih yang menjadi uap, dan uap mengembun kembali menjadi air.

Melarutkan gula dalam air adalah perubahan fisika, karena molekul gula tetaplah sukrosa namun dalam fasa larutan.

Baca juga: Persamaan Reaksi Kimia

Contoh Perubahan Kimia


KOMPAS.com/SILMI NURUL UTAMI
Perubahan kimia

Melarutkan garam dalam air adalah perubahan kimia, karena molekul garam NaCl terdisosiasi menjadi ion-ion NA+ serta CL- dan berubah menjadi larutan elektrolit.

Dalam tubuhmu selalu terjadi reaksi kimia, contohnya adalah pencernaan makanan. Kamu makan, makanan tersebut kemudian mengalami perubahan kimia menjadi energi untukmu bergerak.

Logam-logam berkarat merupakan perubahan kimia yang dihasilkan karena reaksi kimia antara logam, udara, dan air. Perubahan kimia ini merubah besi yang kuat dan berkilau menjadi materi baru yang rapuh dan berwarna coklat kemerahan.

Semu peristiwa pembusukan, pada makanan maupun pada tubuh makhluk hidup adalah perubahan kimia yang
irreversible

atau tidak dapat dikembalikan lagi.

Baca juga: Sifat Fisika: Pengertian dan Ciri-ciri

Dapatkan update
berita pilihan
dan
breaking news
setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Garam Dilarutkan Dalam Air Termasuk Perubahan

Sumber: https://www.kompas.com/skola/read/2020/11/25/145129069/perbedaan-perubahan-kimia-dan-fisika?page=all#:~:text=Melarutkan%20garam%20dalam%20air%20adalah,dan%20berubah%20menjadi%20larutan%20elektrolit.

Baca :   Sebuah Benda Akan Terapung Di Dalam Cairan Jika

Check Also

Contoh Soal Perkalian Vektor

Contoh Soal Perkalian Vektor. Web log Koma – Setelah mempelajari beberapa operasi hitung pada vektor …