Gambar Pohon Mangga Dan Bagian Bagiannya

Gambar Pohon Mangga Dan Bagian Bagiannya

Salah satu tanaman yang paling dicari oleh hampir setiap orang adalah pohon mangga karena buahnya sangat lezat. Setiap tahunnya satu pohon mangga dapat menghasilkan puluhan kilogram buah mangga dan hampir setiap masa panen, buah mangga akan laku di pasaran. Buah mangga merupakan salah satu buah yang dengan daya konsumsi yang tinggi.

Ternyata, bukan cuma buah mangga saja yang dimanfaatkan dari pohon mangga. Bagian lainnya dari tanaman dengan nama latin Mangifera indica ini juga sering dimanfaatkan untuk berbagai keperluan. Jika anda memiliki pohon yang satu ini, ada baiknya anda mengetahui fungsi dari bagian lainnya juga agar bisa anda manfaatkan dengan baik.

Fungsi Bagian Pohon Mangga

Pohon Mangga
Sumber: Kampustani.com

1. Buah Mangga

Fungsi utama dari menanam pohon mangga adalah memanfaatkan buahnya yang tumbuh. Ada banyak sekali bisnis budidaya pohon ini yang menjual hasil buahnya hingga mendapatkan untung yang luar biasa.

Jika anda menanam pohon mangga untuk konsumsi sendiri, anda bisa mengolah buah mangga tersebut menjadi berbagai makanan. Salah satu yang paling mudah adalah mengolahnya menjadi rujak, yang tinggal ditambahkan garam dan cabai.

Anda juga bisa mengolah buah mangga tersebut menjadi asinan, buah kering, hingga membuatnya menjadi kue. Buah mangga memiliki rasa yang lezat dan manis bila sudah matang. Namun, asam jika masih mentah dan cocok sebagai rujak.

2. Biji Mangga

Setelah anda memakan buahnya, jangan langsung membuang bijinya karena bagian ini juga memiliki banyak manfaat. Biji mangga bisa dimanfaatkan sebagai bibit untuk menumbuhkan pohon mangga yang baru.

Baca :   Nama Tanaman Hias Daun Dan Gambarnya

Biji mangga juga bisa digunakan sebagai makanan ternak unggas, seperti ayam dan bebek. Namun, anda harus memotong bijinya menjadi ukuran yang kecil terlebih dahulu. Hewan ternak tidak akan bisa memakan biji tersebut langsung karena ukurannya yang sangat besar.

Negara asal dari Pohon mangga ini, India, menjadi biji mangga sebagai bahan makanan pada saat yang sulit. Mereka mengolah biji mangga dengan berbagai rempah yang dimiliki hingga menjadi hidangan yang lezat.

3. Daun Mangga

Daun mangga jarang sekali dimanfaatkan menjadi bahan makanan, meskipun sebenarnya bisa. Daun mangga yang masih segar bisa digunakan menjadi bahan utama dalam memasak. Selain masakan, daun ini juga bisa digunakan menjadi lalapan.

Daun mangga mengandung berbagai zat yang berguna untuk melawan berbagai penyakit jika anda rutin memakannya. Dalam satu helai daun mangga terdapat tarakserol-3beta, ekstrak etil asetat, insulin, dan glikogen.

Zat-zat tersebut sangat cocok untuk mengatasi masalah hiperglisemia, yaitu penyakit meningkatnya gula dalam plasma darah. Selain itu, daun ini juga ampuh untuk mencegah penyakit hipertensi atau tekanan darah tinggi.

4. Batang Pohon Mangga

Bagian lainnya yang sangat jarang dijamah dari pohon mangga adalah bagian batangnya. Batang pohon ini umumnya berukuran besar dan kuat. Namun, kuat atau besarnya batang ini tergantung dari perawatan yang anda lakukan.

Dengan karakternya yang kuat dan besar, kayu ini sering digunakan sebagai bahan pembuat furniture. Namun, kayu batang pohon mangga memiliki beberapa kelemahan. Salah satu kelemahannya adalah tidak cocok jika dipakai diluar ruangan.

Dilihat dari kelemahannya, batang pohon mangga tidak cocok digunakan sebagai bahan membuat pintu dan lebih cocok untuk membuat lemari yang sering diletakkan di dalam ruangan. Selain itu, batang ini juga cocok digunakan sebagai arang.

Baca :   Denah Rumah Minimalis 3 Kamar Ukuran 7x9

5. Bunga Mangga

Setiap pohon yang menghasilkan buah pasti memiliki buah yang berfungsi untuk proses pembuahan. Hal ini juga berlaku bagi pohon mangga. Bunga pada pohon ini terletak di ketiak daun, yaitu daerah di antara daun dan cabangnya.

Bunga mangga termasuk dalam bunga yang majemuk, artinya dalam satu kuntum bunga terdapat dua jenis kelamin, yaitu benang sari dan putik. Serbuk sari dari bunga inilah yang akan membantu pohon mangga untuk berbuah.

Selain itu membantu pohon panen, bunga mangga juga memiliki beberapa manfaat lain untuk manusia. Salah satunya adalah sebagai bahan kosmetik karena mengandung mineral, vitamin, dan antioksidan yang cocok untuk mencegah timbulnya jerawat.

Anda bisa langsung menggosokkan bunga mangga ke wajah yang sedang berjerawat untuk membantu menghilangkan jerawat tersebut dan meredakan risiko radang.

Persebaran Pohon Mangga di Berbagai Negara

Pohon mangga sangat letak dengan negara Indonesia karena masyarakat Indonesia sangat suka mengonsumsi mangga. Bahkan buah yang termasuk dalam jenis buah batu ini diproduksi di Indonesia dalam jumlah yang banyak, yaitu sekitar 1,6 juta ton dan merupakan penghasil 6 terbesar di dunia.

India dipercaya sebagai negara asal dari pohon mangga. Bahkan buah mangga yang diproduksi oleh India mencapai 13 juta ton setiap tahunnya. Selain Indonesia dan India, negara lain yang juga merupakan penghasil mangga terbesar adalah Tiongkok, Meksiko, Pakistan, Brasil, Filipina, Bangladesh, Vietnam, dan Nigeria.

Pohon mangga umumnya bisa tumbuh lebih optimal di negara dengan iklim yang tropis, seperti Indonesia dan beberapa negara Asia Tenggara. Beberapa negara bagian Amerika, seperti Hawaii dan Florida juga memiliki iklim tropis yang cocok untuk pohon ini.

Pohon Mangga
Sumber: Kumparan.com
Baca :   Model Pintu Belah Dua Atas Bawah

Itulah fungsi dari setiap bagian pohon mangga yang bisa anda manfaatkan. Selain buah mangga, bagian mana lagi yang pernah anda manfaatkan?

Gambar Pohon Mangga Dan Bagian Bagiannya

Source: https://www.ciriciripohon.com/2020/07/Fungsi-Setiap-Bagian-Dari-Pohon-Mangga.html

Check Also

Gambar Wanita Sedih Menangis Dan Kecewa Kartun

Gambar Wanita Sedih Menangis Dan Kecewa Kartun Adapun berikut ini adalah koleksi yang bisa kamu …