MUSTIKALAND.CO.ID
– Setiap orang pastinya mendambakan rumah dengan desain masing-masing. Beberapa orang menyukai gaya rumah dengan menghindari sekat agar terlihat luas dan lega. Yang lain mungkin menginginkan rumah dengan unsur kaca di banyak bagian agar terlihat mewah dan mudah terkena pancaran matahari. Ada pula pecinta ikan yang mendesain lahan kosong dengan kolam ikan di berbagai sudut rumah. Dibanding akuarium, model kolam ikan depan rumah justru memberi nyawa pada bagian teras dengan suara percikan-percikan kecil dan juga air yang mengalir.

Membahas kolam ikan maka tak luput dari berbagai desain yang harus diperhatikan saat proses pengerjaan. Desain kolam harus direncanakan dengan menimbang beberapa aspek seperti keadaan lahan di rumah, budget, bentuk yang sesuai dengan desain eksterior rumah, tata letak, dan berbagai unsur lainnya. Nah, berikut model kolam ikan depan rumah yang bisa kamu pilih dan terapkan sesuai dengan keadaan rumahmu.

Kolam Ikan Depan Rumah Gaya Leveling





Lahan sempit tentu jadi permasalahan utama bagi yang ingin memiliki rumah dengan tampilan kolam ikan. Padahal, rumah dengan kolam ikan kecil di teras rumah memberi kesejukan sendiri sembari menikmati waktu pagi menyeruput teh atau kopi. Lalu bagaimana desain yang cocok untuk kolam ikan depan rumah? Konsep leveling bisa jadi solusi untuk lahan yang sempit. Kamu bisa membuat dinding kolam dari semen. Lalu, buat gaya leveling atau seperti terasering bertumpuk sehingga muat untuk beberapa kolam dengan berbagai  varian ikan. Jangan lupa untuk menambahkan tanaman hidup di dinding, tanaman air di kolam dan juga dekorasi berupa air mancur sehingga terasa lebih hidup.

Baca :   Gambar Dewa Dewi Dalam Agama Buddha

Kolam Ikan Depan Rumah Model Selokan





Berkreasilah dengan menciptakan kolam ikan bergaya selokan. Selokan tersebut bisa dibuat dari semen atau kayu tergantung dari bahan yang kamu inginkan. Model kolam ikan depan rumah bentuk memanjang seperti selokan sangat hemat tempat dan juga tidak memakan banyak biaya. Untuk memperindah selokan, tambahkan ornamen batu batu kali di dalam kolam dan juga air mancur kecil dari samping selokan.

Kolam Ikan Depan Rumah dengan Kaca Minimalis





Pecinta ikan koi pasti senang dengan keberadaan kolam ikan di rumah, salah satunya di bagian depan rumah. Kolam ikan koi minimalis depan rumah bisa diciptakan meskipun dengan lahan terbatas namun tetap terlihat mewah dengan menggunakan unsur kaca. Banyak komponen-komponen yang bisa dipadukan dengan elemen kaca. Seperti penggunaan kaca pada kolam ukuran 3 m2 yang terlihat mewah dengan dekorasi air mancur di bagian tembok. Sementara bagian kolam diberi tampilan kaca yang menghadap ke depan sehingga ikan koi yang berwarna warni tampak terlihat cantik. Untuk menambah aksen, kamu bisa meletakkan batu estetika di bagian luar depan kaca atau kendi-kendi yang mengalirkan air.

Kolam Ikan Depan Rumah Perpaduan Kaca dan Batu Alam





Beberapa model dengan kaca juga bisa dikreasikan lebih unik dengan penggunaan batu alam sebagai hiasan tembok di area kolam serta pembuatan taman mini yang dipenuhi bunga dan tanaman hidup yang menambah keasrian kolam. Pecinta patung juga dapat menambah dekorasi patung-patung mini yang membuat kolam tampak kokoh dengan konsep kolam ikan depan rumah minimalis dengan paduan modern dan tradisional.

Kolam Ikan Depan Rumah dengan Teras Mini





Teras rumah juga ternyata bisa dimanfaatkan sebagai lahan kolam ikan loh. Kolam ikan mini depan rumah bisa kamu ciptakan di bagian tengah teras dengan membuat bagian tengah teras berlubang untuk diisi air dan ikan. Kamu juga bisa menambahkan beberapa tanaman air dan juga batu batu hias kecil untuk mempercantik kolam.

Baca :   Desain Ruang Tamu Sederhana Di Desa

Kolam Ikan Depan Rumah dengan Teras Terbuka





Jika memiliki lahan teras yang agak luas, kamu bisa membuat spot kolam ikan lebih besar dengan mengambil sudutnya membentuk kotak. Tak perlu memberi dekorasi air mancur. Cukup hiasi dengan tanaman hias secukupnya dan juga batuan untuk menghidupkan suasana. Meski hanya memanfaatkan teras, kolam ikan sederhana depan rumah bisa kamu miliki dengan budget yang cukup murah. Namun jangan lupa untuk memperhatikan kebersihan kolam dengan membersihkan secara berkala.

Kolam Ikan Depan Rumah dengan Lahan Luas





Wah kalau punya lahan nganggur depan rumah dan ukurannya sangat luas lebih baik dimanfaatkan untuk kolam ikan sih. Dengan lahan yang cukup luas berbagai ide model kolam ikan pun bisa dikreasikan. Kamu bisa bermain dengan pembuatan taman di sekitar kolam. Ayunan kayu, rumput sintetis, tanaman hidup, pijakan batu yang mengarah ke kolam bisa jadi aksesoris sederhana namun terlihat nyaman diletakkan di sekitar kolam.

Kolam Ikan Depan Rumah Untuk Santai





Bosan dengan gaya taman? padukan kolam berbentuk kotak dengan area ruang tamu atau keluarga di bagian dekat kolam. Jangan lupa penambahan kanopi agar terhindar dari sengatan matahari saat hari sedang terik. Kamu bisa menata tempat duduk dengan model mengelilingi kolam sehingga ngobrol bersama orang tersayang pun bisa makin hangat.

Kolam Ikan Depan Rumah Gaya Tebing





Atau bagi kamu pecinta gaya desain unik, cobalah memadukan batu batuan estetik yang dapat dibentuk menyerupai tebing. Model kolam ikan berbentuk tebing sangat cocok di lahan luas sehingga memberi kesan sungai yang mengalir.

Kolam Ikan Depan Rumah dengan Memanfaatkan Plastik





Tak punya banyak ruang? Coba gunakan batu bata dengan membentuk kolam kotak. Lalu gunakan plastik yang dapat menutup bagian kolam. Cara ini selain menghemat tempat juga cukup murah serta mudah dalam perawatannya.

Baca :   Contoh Desain Banner Ulang Tahun Sweet Seventeen

Kolam Ikan Depan Rumah dengan Memanfaatkan Tembok





Tembok yang kosong bisa kamu manfaatkan sebagai kolam loh. Kamu tinggal menempelkan beberapa tanaman hijau di dinding. Kemudian buatlah kolam kecil di bagian bawah tembok yang dialiri air dari atas. Tak perlu besar, cukup ruang untuk beberapa ikan pun sudah nampak cantik.

Selain dari model di atas, kamu bisa memadukan berbagai kreasi desain kolam ikan depan rumah sesuai dengan kondisi rumah, budget, dan berbagai ornamen indah pendukung kolam. Bermain dengan berbagai macam elemen tidak akan salah, justru akan meningkatkan kesan estetis kolam. Jangan lupa untuk berkonsultasi dengan ahlinya agar kamu mendapatkan hasil yang maksimal. Selamat mencoba!

Untuk informasi lebih lanjut mengenai perumahan
Mustika Land
silahkan hubungi kami:

Mustika Care
: 0812-8006-5200 (WhatsApp)