Gambar Kartun Membuang Sampah Ke Sungai

Gambar Kartun Membuang Sampah Ke Sungai

Seruni.id
– Pernahkah kamu melihat atau membuat contoh slogan? Slogan dapat diartikan sebagai sususan dari beberapa kalimat yang menarik, unik, dan singkat, yang hanya terdiri dari beberapa kata saja, dengan makna yang efektif dan tepat sasaran. Slogan sendiri bertujuan untuk mengajak orang melakukan sesuatu, misalnya mengikuti ajakan tertentu atau membeli sebuah produk yang diiklankan. Selain itu, slogan juga digunakan sebagai semboyan sebuah oraganisasi.

Iklan slogan Nike Just Do It di gedung (behance.net)

kamu pasti familiar dong dengan slogan brand terkenal Nike yang simple namun sangat melekat di ingatan “Just Do It”, slogan tersebut sangat berhasil saat produk tersebut melekatkan kalimat tersebut di iklannya

Daftar Isi

  • Ciri-ciri Slogan
  • Contoh Slogan
    • Slogan Motivasi
    • Slogan Kesehatan
    • Slogan Agama
    • Slogan Lingkungan
    • Slogan Narkoba


Ciri-ciri Slogan

Dari beberapa contoh slogan, kerap kali kita jumpai di sekitar kita, tentu terdapat ciri-ciri khusus yang menjadi tanda bahwa kalimat tersebut adalah slogan. Adapun ciri-cirinya sebagai berikut:

• Hanya terdiri dari beberapa kata saja, namun ditulis dengan kalimat manerik, sehingga dapat diingat oleh siapapun yang membacanya.
• Dapat menjelaskan tentang suatu hal, mulai dari produk hingga layanan masyarakat.
• Sebagai semboyan sebuah organisasi atau masyarakat.

Slogan terdiri dari beberapa macam jenis dan bentuk. Antara lain adalah slogan motivasi, pendidikan, kesehatan, agama, maupun lingkungan. Semua slogan tersebut bertujuan untuk mengajak siapapun yang mendengar atau membacanya.

Baca juga : 15 Contoh Poster Pendidikan Beserta Pengertian dan Cara Membuatnya


Contoh Slogan

Setelah mengetahui tentang pengertian dan ciri-ciri dari slogan, langsung saja kita simak bersama-sama kumpulan contoh slogan dan maknanya berikut ini:


Slogan Motivasi

40 Contoh Slogan Beserta Ciri-ciri dan Maknanya

Contoh slogan motivasi penting sekali bagi kalian yang ingin meraih prestasi, entah dalam pendidikan maupun karir, atau bahkan kamu sedang menghadapi masalah hidup. Slogan motivasi ini biasanya diambil dengan mengutip dari ucapan para tokoh hebat dunia. Berikut contoh slogan motivasi dan maknanya.

1. “Bergerak atau Kau Akan Tergantikan”

Kemalasan seseorang untuk bergerak menuju perubahan adalah karena mereka berada di zona nyaman. Cobalah untuk keluar dari zona tersebut. Sebab, manajemen perubahan akan menawarkan kepada keberhasilan maupun kegagalan yang akan sebanding dengan kondisi yang sedang dialami saat ini. Maka dari itu, untuk bisa menuju keberhasilan, harus disertai dengan disiplin dan mau untuk mengkali semua kekurangan yang ada pada diri sendiri. Mulai dari disiplin waktu, gerak, dan kegiatan lain yang menuju arah lebih baik.

2. “Rumah Tanpa Buku, Sama Halnya Seperti Rumah Tanpa Jendela.”

Makna dari slogan di atas adalah, jika di dalam rumah tidak terdapat satu pun buku, maka sama saja seperti rumah tanpa jendela. Di mana jendela yang dimaksud adalah buku yang memiliki kegunaan untuk melihat dunia, mempelajari suatu hal, atau ilmu pengetahuan dan wawasan apapun itu.

3. “Langkah Besar Dimulai dengan Satu Langkah Kecil.”

Slogan ini memiliki arti yang bagus, dimana untuk melakukan langkah atau sesuatu hal yang besar, memang berawal dari langkah kecil. Untuk meraih suatu tujuan atau cita-cita, kita harus melakukan suatu hal yang dasar terlebih dahulu. Pastikan kamu terus melangkah dan tetap memandang untuk menuju ke cita-cita yang besar tersebut. Karena semua hal besar dimulai dari yang sangat kecil. Terus melangkah ke depan selangkah demi selangkah dan jangan menyerah ketika kamu menemui kegagalan.

4. “Sekarang adalah Pembaca, Besok adalah Pemimpin.”

Kebiasaan membaca harus dilakukan sejak dini. Karena dengan membaca akan menjadikan kita sebagai seseorang yang pandai menulis hingga menggali makna yang lebih dalam. Dengan membaca, kita dapat melatih untuk berpikir dengan baik. Tak hanya itu saja, membaca dan menulis dapat menjadian seseorang lebih pandai dalam berbicara dengan bahasa yang terstruktur dan berisi. Dan selanjutnya akan mengantarkan kita menjadi seseorang pemimpin yang lebih baik.

5. “Bersakit-sakit Dahulu, Bersenang-senang Kemudian.”

Maknanya adalah, dalam hidup bekerja keraslah semaksimal mungkin, meskipun kadang harus merasakan sakit untuk mendapatkan kebahagiaan dan kesuksesan. Jadi, nikmati saja prosesnya sebelum kamu memetik hasilnya.

6. “Tidak Apa-apa Jatuh 100 Kali, Kau Hanya Harus Bangkit 101 Kali.”

Pesan dari slogan di atas adalah, agar kamu tidak mudah menyerah dalam melakukan sesuatu, meski dalam keadaan buruk sekalipun. Kamu harus segera bangkit satu kali lagi untuk bisa mengalahkan keterpurukan tersebut dan semua akan teratasi.

Baca :   Tumbuhan Yang Mempunyai Batang Berongga Adalah

7. “Kegagalan adalah Cara Tuhan untuk Menguatkan.”

Jangan takut dengan kegagalan yang telah terjadi. Ambil positifnya, karena kegagalan yang baru saja dialami adalah bentuk kasih sayang Tuhan untuk mengajarkan manusia secara langsung untuk menjadi lebih kuat.

8. “Rezekimu adalah Cerminan dari Usahamu.”

Slogan ini akan memotivasi kita untuk selalu berusaha bekerja, agar dapat hidup berkecukupan. Usaha yang dijalani berbanding lurus dengan seberapa besar rezeki yang didapat.

9. “Tak Ada Usaha yang Sia-sia.”

Dengan membaca slogan ini, mungkin kita akan termovitasi untuk terus berusaha demi meraih sesuatu meski harapannya kecil sekalipun. Sebab, apapun yang terjadi nanti, itulah hasil yang terbaik. Tidak aa yang sia-sia dari apa yang sudah dilakukan.”

10. “Menyerah Akan Menunda Keberhasilan.”

Slogan ini mengajarkan kita untuk tidak mudah menyerah. Ketika satu kali saja kita menyerah, maka satu kali pula kita menunda keberhasilan yang sebenarnya sudah semkain dekat.


Slogan Kesehatan

40 Contoh Slogan Beserta Ciri-ciri dan Maknanya

Contoh slogan kesehatan ini, kerap digunakan dan dipanjang di bagian lorong-lorong rumah sakit, dinding puskesmas, ataupun di tempat umum lainnya. Slogan kesehatan ini dibuat dengan tujuan agar orang-orang selalu menjaga kesehatan dirinya. Berikut di bawah ini merupakan beberapa contoh slogan kesehatan beserta maknanya:

11. “Sehat itu Dimulai dari Diri Sendiri.”

Kalimat dari slogan tersebut sangatlah benar. Dimana kita akan memiliki tubuh serta pikiran yang sehat, ketika kita memulainya dengan gaya hidup yang sehat pula. Mulai dari pola makan, olahraga hingga pikiran pun harus benar-benar kita jaga dengan baik. Jika bukan kita yang memulainya, lalu siapa lagi?

12. “Kekayaan Terbesar adalah Kesehatan.”

Memiliki uang banyak dan harta yang berlimpah, menjadi tak ada artinya jika kita sendiri sakit. Maka prioritas kesehatan adalah nomor satu di atas segala materi.

13. “Orang Pintar Makan Makanan Sehat.”

Jika kamu bijak dan berpikira secara cerdas, maka kamu hanya akan memakan makanan yang sehat saja. Mengapa? Karena sejatinya, mengonsumsi junk food dan snack tak sehat hanya akan membawa penyakit saja.

14. “Sehat itu Mahal.”

Memiliki tubuh yang sehat, menjadi salah satu hal yang patut kita nikmati dan syukuri. Sebab, sehat sangatlah mahal. Tidak hanya mahal dalam bentuk berobat saja. Namun, untuk menjaga kesehatan kita juga perlu biaya untuk makanan yang sehat pula. Jika kita sampai terserang penyakit, apalagi hingga kondisi yang parah kita tidak akan bisa melakukan aktivitas seperti bekerja atau hal yang lainnya. Jadi, sudah sepantasnya kita harus menjaga dan menyayangi diri.

15. “Hidup Sehat Hidup Nikmat.”

Hidup selalu diberkahi dengan adanya kesehatan yang prima. Siapapun yang ingin sehat maka kita harus mengikuti syarat-syarat yang harus dipenuhi. Untuk memiliki hidup sehat, tidak membutuhkan biaya yang mahal, karena kita cukup melakukan hal-hal yang tidak merugikan bagi kesehatan. Jika sudah mengalami penyakit, maka kita harus mengeluarkan pengorbanan yang tidak sedikit. Mulai dari waktu yang terbuang, biaya yang dikeluarkan hingga proses untuk penyembuhan. Dengan demikian, sudah dapat kita pastikan, bahwa sehat akan memberikan kenyamanan dan kenikmatan bagi hidup kita.

16. “Lebih Baik Mencegah, Daripada Mengobati.”

Menjaga kesehatan diri adalah hal paling penting. Maka lebih baik kita mencegah suatu penyakit yang menyerang tubuh, daripada kita sampai terserang suatu penyakit. Karena belum tentu dengan berobat kita bisa sempuh, selain itu juga hal tersebut akan membuat diri kita dirugikan.

17. “Kamu Hanya Memiliki Satu Tubuh, Maka Jangan Dirusak.”

Setiap orang hanya memiliki kesempatan hidup satu kali saja. Untuk itu, jagalah kehidupan yang Tuhan telah berikan dengan menjaga kesehatan tubuh kita. Jangan berperilaku hidup tak sehat karena dapat merusaknya.

18. “Usia Tua, Tubuh Tetap Muda.”

Artinya, selalu jagalah kesehatan dengan menerapkan pola hidup sehat. Melalui cara tersebut, saat tua nanti, kita tidak akan mudah terserang penyakit dan tetap kuat sebagaimana sehatnya tubuh kita di masa muda.

19. “Olahraga adalah Sebagian dari Kesehatan.”

Untuk menjaga agar tubuh tetap sehat, kita dianjurkan untuk rajin berolahraga. Dan tentunya harus selalu bersemangat dalam menjalani hari.

20. “Bakar Lemakmu, Bukan Uangmu.”

Slogan yang cukup menarik ini, mengakarkan kita untuk hidup sehat sehingga tidak mengalami obesitas atau kelebihan berat badan. Kita harus pandai menjaga pola makan dan hidup sehat dengan baik. Sebab, ketika kita mengalami obesitas maka kita berpotensi mengalami banyak sekali jenis penyakit, yang selanjutnya akan menguras isi dompet.

Baca :   Gambar 3 Orang Sahabat Laki Laki


Slogan Agama

40 Contoh Slogan Beserta Ciri-ciri dan Maknanya

Beragam agama yang ada di dunia, mengajarkan para pemeluknya untuk mejalani kehidupan dengan baik. Namun, ada kalanya manusia kerap khilaf dan melakukan kesalahan. Contoh slogan agama ini bisa kita jadikan sebagai pengingat diri agar senantiasa giat dalam hal beribadah dan berusaha menjadi manusia yang baik sesuai tuntunan agama.

21. “Menabung Amal untuk Akhirat.”

Dunia hanyalah tempat persinggahan sementara, karena sejatinya kehidupan yang kekal nanti adalah di akhirat. Maka dari itu, selama kita masih diberikan kesempatan untuk hidup, manfaatkanlah sebaik mungkin untuk menabung dan mencari amal soleh sebagai bekal setalah mati di dalam berikutnya, agar tidak terkena panasnya siksa api neraka.

22. “Menyia-nyiakan Waktu Lebih Buruk dari Kematian.”

Hal yang lebih buruk dari kematian adalah, ketika kita menyia-nyiakan waktu dan kesempatan yang telah diberikan oleh-Nya. Terkadang, kita terlalu fokus dengan kegiatan kita sendiri. Bahkan, beberapa kegiatan tersebut bukanlah kegiatan yang bermanfaat. Hingga kita lupa dengan kewajiban yang seharusnya kita penuhi. Siapapun tentunya boleh mencari hiburan dan kesenangan. Namun, harus dipastikan untuk tidak berlebihan. Dan jadikan slogan ini sebagai pengingat untuk dapat memanfaatkan waktu dengan baik.

23. “Dunia Ibarat Bayangan.”

Dunia layaknya sebuah bayangan. Ketika kita mencoba untuk mengejarnya, ia malah menjauh dan pergi. Namun, jika kita membelakanginya, ia terus mengikuti. Slogan ini diibaratkan saat kita berusaha untuk meraih cita-cita. Kita kerap kali dipenuhi dengan nafsu hingga melupakan akhirat. Dimana nantinya kita akan hidup kekal di dalamnya. Padahal tentu kita tahu bahwa kesuksesan tidak akan kita dapatkan tanpa adanya restu dari Tuhan. Maka dari itu, selain berusaha kita juga harus berdoa, bersabar dan memohon rezeki dari-Nya.

24. “Belajar untuk Terbang di Saat Terjun.”

Setiap makhluk yang hidup di muka bumi ini, tak luput dari masalah dan musibah. Kita sebagai manusia yang diberikan akal oleh Tuhan untuk berpikir sudah sepatutnya selalu berusaha dan tidak boleh menyerah ketika menghadapi sebuah cobaan. Percayalah, bahwa setiap cobaan yang kita hadapi, pasti akan ada hikmah di baliknya. Jadi, tetaplah berpikir positif dan jangan sampai berprasangka buruk.

25. “Setiap Hembusan Nafas Bukan Hanya Berkah Melainkan Juga Tanggung Jawab.”

Manusia kerap lupa, bahwa setiap hembusan nafas diiringi dengan tanggung jawab. Seharusnya kita sadar, bahwa hidup di dunia bukan hanya sekedar untuk bersenang-senang saja. Melainkan kita memiliki tugas dan tanggung jawab yang harus dilakukan dengan baik. Maka dari itu, jangan pernah menuntut hak, tanpa memenuhi tanggung jawab yang sudah diberikan. Dan pastikan untuk hidup dengan menyebarkan kebaikan agar berkah yang sudah diberikan Tuhan tidak menjadi sia-sia.

26. “Ilmu Tanpa Agama Buta, Agama Tanpa Ilmu Lumpuh.”

Banyak manusia yang melihat segala hal hanya dari sisi eksistensinya saja, bukan pada spiritualnya. Akibatnya mereka lupa akan dirinya dan apa yang dilakukan. Ilmu dan agama adalah dua hal yang berkaitan erat, yang sangat penting bagi manusia agar dapat menjalani hidup dengan baik dan seimbang. Baik dari segi pribadi, sebagai masyarakat maupun makhluk Tuhan. Ilmu dan agama juga memiliki batasan yang sangat jelas dengan hubungan timbal balik yang sangat kuat di antara keduanya. Agama akan menentukan tujuan kita namun agama juga belajar dari ilmu. Tentang bagaimana cara mencapai tujuan dan lain sebagainya. Oleh sebab itu, kita harus memiliki pemahaman yang benar mengenai ilmu yang kita pelajari.

27. “Sabar Bukan Tentang Lama Menunggu, Tetapi Bagaimana Perilaku Saat Kita Menunggu.”

Ketika doa belum juga mendapatkan jawaban, maka janganlah kamu kecewa sehingga malas untuk beroda. Kita harus menunggu dengan sabar. Tuhan tak akan salah menentukan waktu yang tepat untuk menjawab segala permohonan kita. Jadi, belajarlah bersabar saat menunggu daripada kita membuang waktu dengan hal-hal yang hanya menimbulkan dosa. Cobalah untuk memperbaiki diri saat menunggu apa yang diinginkna.

28. “Hisablah Dirimu Sendiri Sebelum Kau Dihisab.”

Dalam hidup, biasanya seseorang yang merasa kecewa menjadi terlalu fokus dengan keburukan yang dimiliki mereka yang mengecewakan kita. Sehingga kita lupa, bahwa kita juga tidak sempurna dan penuh salah. Padahal suatu hari nanti, kita akan dihadapkan pada perhitungan terbesar di dunia yaitu akhirat. Ketika amal dan dosa ditimbang untuk mendapatkan balasan. Oleh karena itu, daripada disibukkan dengan keburukan orang lain, lebih baik fokus untuk memperbaiki diri sendiri terlebih dahulu.

Baca :   Download Gambar Kue Ulang Tahun Dan Ucapannya


Slogan Lingkungan

40 Contoh Slogan Beserta Ciri-ciri dan Maknanya

Contoh slogan lingkungan seperti mengingatkan akan kebersihan, kerap kita jumpai di beberapa tempat. Mulai dari sekolah, lingkungan umum, tempat wisata dan lain sebagainya. Berikut terdapat contoh slogan kebersihan yang perlu kita ketahui.

29. “Kebersihan Pangkal Kesehatan.”

Jika pandai dalam menjaga kebersihan, maka tubuh pun akan menjadi sehat. Penyakit tidak akan mudah menyerang, karena diketahui banyak kuman yang berasal dari kotoran seperti sampah.

30. “Menjaga Kebersihan Itu Ibadah.”

Semua agama mengajarkan kita untuk selalu menjaga kebersihan. Mulai dari kebersihan diri hingga lingkungan sekitar. Hal tersebut akan membuat ibadah menjadi lebih nyaman, membantu menebar kabaikan, dan membina hubungan dengan alam.

31. “Lingkungan Bersih, Penyakit Risih.”

Ketika seseorang menjaga kebersihan, maka kuman dan penyakit tidak akan singgah. Tidak hanya menjaha tubuh untuk tetap bersih, melainkan juga lingkungan kita. Banyak cara yang dapat dilakukan mulai dari menjaga kebersihan kamar mandi, tempat tidur, sampah, dan lainnya.

32. “Buanglah Sampah pada Tempatnya.”

Contoh slogan ini sering kita jumpai diberbagai tempat. Tujuannya adalah untuk mengajak serta menumbuhkan kesadaran masyarakat akan kebersihan lingkungan.

33. “Bersihkan Hatimu, Bersihkan Lingkunganmu.”

Ketika kita menmpati suatu lingkungan, maka di tempat itulah ada penilaian dari orang lain. Jika kita berada di lingkungan yang baik, maka orang lain akan menilai positif. Sedangkan, apabila kita menempati lingkungan yang ‘kurang baik’, maka tentu penilaian negatif pun akan kita dapatkan. Maka dari itu kebersihan lingkungan menandakan kebersihan hati kita, dan kebersihan hati akan terlihat dari lingkungan yang kita tinggali. Contoh slogan ini menunjukkan bahwa kita harus menjadikan lingkungan sebagai tempat belajar. Dan pastikan untuk mempelajarinya dengan baik agar kita juga mendapatkan hal positif di kemudian hari.

34. “Kelola Sampah, Kelola Limbah Agar Bumi Tetap Indah.”

Pengelolaan sampah dan juga limbah yang baik akan membantu untuk menjaga dan melestarikan keindahan bumi. Lingkungan yang selalu bersih, akan membuat kehidupan di bumi tetap lestari. Contohnya, jika air sungai bersih dari sampah serta populasi air, maka akan nampak indah untuk dijaikan sebagai objek wisata.

35. “Lingkungan Bersih, Pikiran Jernih.”

Dengan memiliki lingkungan bersih, maka orang akan berpikir lebih jernih dan lebih baik. Jika lingkungan kotor, maka berpikir hal sederhana pun bisa menjadi sulit.


Slogan Narkoba

40 Contoh Slogan Beserta Ciri-ciri dan Maknanya

Narkoba adalah ancaman bagi genarasi penerus bangsa. Oleh karena itu, pemerintah pun sangat gencar mengkampanyekan perang terhadap narkoba. Salah satunya melalui contoh slogan narkoba berikut ini.

36. “Nikmatnya Sesaat, Nyeselnya Sampai Akhirat.”

Sungguh slogan ini sangat menyentuh hati siapapun yang membacanya. Tujuan dibuatnya slogan ini adalah agar mereka sadar, bahwa narkoba tidak ada manfaatnya sama sekali. Tidak hanya itu, bagi pecandu dianjurkan untuk segera bertaubat.

37. “Jauhi Narkoba Sebelum Dunia Menjauhimu.”

Slogan di atas dibuat agar masyarakat menjauhi narkoba sejauh-jauhnya, karena sejatinya narkoba tidak memberikan dampak positif sama sekali. Dan agar para pengguna sadar bahwa narkoba merupakan jeratan setan yang harus segera disadari.

38. “Say No To Drugs.”

Sepertinya kita sudah tidak asing lagi dengan slogan ini, maksud dari slogan tersebut adalah agar kita menolak narkoba untuk diri kita. Maka dari itu, butuh keinginan dan tekad yang kuat untuk melakukannya.

39. “Sayangilah Keluargamu Tanpa Coba-coba dengan Narkoba.”

Ketika seseorang menggunakan barang terlarang dan haram tersebut untuk dirinya, maka yang rugi bukanlah diri sendiri. Melainkan orang sekitar, terutama adalah keluarga. Mereka akan malu, jika tahu salah seorang anggota keluarganya adalah pecandu narkoba. Jadi, sayangilah keluargmu dan jauhi narkoba sekrang juga.

40. “Umur Tak Akan Lama Bila Mengonsumsi Narkoba.”

Slogan ini benar adanya. Narkoba tidak memberi dampak baik sama sekali untuk tubuh. Justru sebaliknya, barang terlarang tersebut semakin lama akan merusak fungsi otak manusia, yang kemudian menjalar sampai ke tubuh. Maka bukan tidak mungkin ketika mengonsumsi narkoba, umurmu tak akan bertahan lama.

Baca Juga:

15 Contoh Poster Pendidikan Beserta Pengertian dan Cara Membuatnya

Itulah beberapa hal mengenai slogan mulai dari pengertian, ciri-ciri hingga contoh slogan. Semoga contoh-contoh tersebut dapat menjadikan penyemangat dan motivasi untuk semua orang. Sehingga kita dapat hidup dengan lebih baik, untuk masa kini maupun masa depan.


Gambar Kartun Membuang Sampah Ke Sungai

Source: https://seruni.id/contoh-slogan-beserta-ciri-ciri-dan-maknanya/

Check Also

Gambar Wanita Sedih Menangis Dan Kecewa Kartun

Gambar Wanita Sedih Menangis Dan Kecewa Kartun Adapun berikut ini adalah koleksi yang bisa kamu …