Bunga Sempurna – Pengertian, Bagian- Bagian, dan Contoh Bunga|Bunga merupakan alat reproduksi pada tumbuhan yang berbunga. Bunga memiliki fungsi untuk melakukan penyerbukan pada tanaman untuk membantu proses pembuahan. Aroma dan warna pada bunga yang akan menarik para hewan serangga untuk melakukan pemindahan serbuk sari.

Bunga Sempurna

Pengertian Bunga Sempurna

Bunga Sempurna merupakan bunga yang mempunyai dua alat reproduksi yaitu alat reproduksi kelamin jantan ( benang sari) dan kelamin bentina (putik sari) dalam satu bagian dalam bunga

Bunga sempurna ini biasanya sering disebut Bunga Hemaprodit. Hal ini dikarenakan bunga sempurna ini memliki benang sari dan juga putik yang berada di dalam organ bunga tersebut.

Bunga Sempurna ini bisa melaukan proses pembuahan dan juga penyerbukan dengan dirinya sendiri. Jika bunga ini memiliki semua bagian yang utama dari sebuah bunga, maka bunga itu dapat disebut bunga yang lengkap.

Bagian Bagian Bunga Sempurna

Bunga Sempurna
Bunga Sempurrna

Berikut ini merupakan bagian utama dari Bunga Sempurna yaitu:

1.Flower Petals

Flowers petal atau bisa disebut kelopak bunga memiliki fungsi tempat untuk menempelnya mahkota bunga. Letak kelopak bunga ini sangat dekat dari tangkai bunga. Pada kelopak ini memiliki bentuk yang kurang indah. Kelopak ini memiliki warna hijau namun ada beberapa yang warnanya mempunyai waran yang mirip dengan mahkotanya.

2.Flower Crown

Flower Crown atau mahkota bunga merupakan bagian yang paling indah dari semua bagian bunga ini. Pada bagian ini memiliki warna yang cerah dan menarik untuk dilihat. Fungsi dari mahkota bunga ini ialah untuk membantu proses reproduksi. Selain itu mahkota pada bunga ini juga memiliki fungsi untuk memikat hewan penyerbuk.

Baca :   Background Selamat Hari Raya Idul Fitri

Bunga yang memiliki mahkota bunga ini biasanya memiliki bunga yang berwarna merah. Hal ini lah yang membuat hewan penyerbuk seperti burung akan tertarik.

3.Stamens (Benang Sari)

Stamens atau Benang Sari adalah alat kelamin jantan yang ada di sebuah bunga. Bentuknya seperti antena yang memiliki bentuk tumpul pada bagian atas yang disebut dengan kepala putik dan lurus seperti benang pada bagian bawah.

Benang Sari ini memiliki fungsi yaitu sebagai penghasi serbuk sari dan juga sebagai rumah untuk gamet jantan. Benang sari ini biasanya ditemukan di bagian tengah pada bunga.

Ada 3 bagian yang mempunyai hubungan dengan benang sari atau stamens, yaitu :

  • Tangkai sari
    adalah benang sari yang memiliki bentuk yang bulat.
  • Kepala sari
    adalah bagian dari benang sari yang memiliki fungsi sebagai tempat untuk menampung serbuk sari yang telah dihasilkan oleh benang sari.
  • Ruang penghubung sari adalah suatu pengubung antara kepala sari dengan suatu bagian yang ada disampingnya.

4. Flower Pistil

Flower pistil atau putik bunga adalah alat kelamin betina yang memunyai bentuk corong yang terbalik yang memiliki lubang kecil pada bagian atas dan melebar pda bagian ujung.

Di dalam putik bunga akan tersimpan suatu bakal biji yang jika dibuahi oleh benang sari akan merubah menjadi suatu biji buah. Jika benang sari terbang dan mengenai putik dalam satu bunga yang sama maka akan terjadi sebuah pembuahan

Pada umumnya putik bunga memiliki dua bagian yang cukup penting dalam suatu proses penyerbukan pada bunga, yaitu:

  • Bagian kepala putik

Bagian kepala putik mempunyai fungsi sebagai tempat masuknya serbuk sari yang berasal dari benang sari memiliki tujuan ke putik sari. Kepala pada putik sari memiliki cairan yang lengket yang bertujuan membawa serbuk ke bagain ovarium.

  • Tangkai putik
Baca :   Gambar Orang Sakit Flu Dan Demam

Tangkai putik memiliki fungsi sebagai tabung yang memiliki hubungan antara kepala putik dengan bagian ovarium. Proses masuk serbuk sari ke ovarium dibantu oleh cairan lengket tadi yang terdapat pada kepala putik bunga tersebut.

Pada bagian bawah putik memiliki bentuk gelembung yang disebut dengan carpel. Carpel merupakan suatu bagian pendukung untuk makrospora yang merupakan tempat cikal bakal biji dan buah.

5. Tangkai Bunga

Tangkai bunga merupakan bagian bunga yang tempatnya berada di bagian paling ujung bawah pada bunga. Tangkai bunga ini memliki fungsi sebagi tempat menopang bunga pada bagian atasnya. Selain itu tangkai bunga juga berfungsi sebagai alat penyambung antara bunga dengan batangnya.

Tangkai bunga memliki 2 bagian yaitu:

  • Tangkai Induk Bunga
    yang biasa disebut tangkai ibu yang memiliki fungsi untuk melanjutkan dari cabang atau batang.
  • Tangkai bunga
    biasnaya terletak di bagian bawah pada bunga yang memiliki fungsi sebagai pendukung yang paling akhir yang berguna sebagai penghubung dari cabang ke bunga.

Biasanya ukuran dan bentuk bunga mengikuti ukuran bunga yang ditopang tersebut. Jika bunganya besar maka tangkainya akan besar pula, begitupun sebaliknya.

Contoh Bunga Tidak Sempurna

1. Bunga Bougenvil

Bunga bougenvil atau yang biasadikenal sebagai bunga kertas merupakan salah satu bunga yang sempurna. Pada bunga ini memiliki benang sari dan putik dalam satu bunga maka akan mudah untuk melakukan proses penyerbukan, namun paling sering menggunakan metode stek.

2. Bunga Matahari

Bunga matahari merupakan bunga yang memiliki ciri khas yaitu selalu menghadap kearah matahari. Biji bunga matahari lah yang akan melakukan proses penyerbukan pada bunga. Bunga ini juga sering digunakan oleh masyarakat untuk bahan baku dari cemilan.

Baca :   Apa Nama Rumah Adat Suku Dayak

3. Bunga Anggrek

Flower Orchidaceae atau biasa dikenal sebagai bunga anggrek merupakan jenis bunga yang mempunyai anggota terbanyak. Bunga ini biasanya terdapat di wilayah tropika.

Bunga anggrek merupakan flora yang mempunyai bentuk dan juga warna yang unik. Hal ini dikarenakan bunga ini memanjang dari ketiak pada bunganya.

4. Bunga Mawar

Bunga mawar merupakan jenis flora yang berasal dari kelompok rosa. Pada tangkai bunga mawar mmiliki 5 helai daun mahkota. Namun pada jenis mawar lainnya yaitu Rosa sericea memiliki 4 helai mahkota.

5. Bunga Kembang Sepatu

Bunga kembang sepatu ini merupakan salah satu bunga yang sempurna. Dikarenakan seluruh bagian bunga sempurna terdapat dalam bunga kembang sepatu ini.

Pada bunga ini terdapat kepala putik dan benang sari yang saling berdekatan yang akan membuat proses penyerbukan terjadi secara muda. Penyerbukan ini akan dibantu oleh hewan serangga, dan juga dapat dibantu oleh angin.

Perbedaan Bunga Lengkap Dengan Bunga Sempurna

Bunga akan dikatakan sebagai bunga yang tidak lengkap apabila bunga tersebut tidak memiliki salah satu bagian- bagian bunga seperti kelopak bunga, mahkota bunga, putik, atau benang sari.

Bunga Lengkap Bunga Sempurna
Putik Putik
Benang Sari Benang Sari
Mahkota
Kelopak
Perbedaan Bunga Lengkap dan Bunga Sempurna

Maka dapat ditarik sebuah kesimpulan bunga lengkap adalah bunga sempurna. Sedangkan bunga yang sempurna belum tentu bunga yang lengkap.

Sekian penjelasan tentang pengertian, bagian- bagian bunga, contoh dan perbedaan bunga lengkap dan bunga sempurna. Terimakasih telah mengunjungi artikel ini semoga bermanfaat.

Baca juga:

  • Fungsi Selubung Mielin
  • Pengertian Simbiosis
  • Simbiosis Mutualisme
  • Fungsi Badan Golgi