Gambar Berikut Yang Dapat Menimbulkan Ggl Induksi Paling Kecil Adalah

KlikBelajar.com – Gambar Berikut Yang Dapat Menimbulkan Ggl Induksi Paling Kecil Adalah

Kemagnetan dan kelistrikan merupakan dua gejala alam yang prosesnya dapat dibolak-balik. Ketika H.C. Oersted [1777 – 1851] fisikawan kebangsaan Denmark membuktikan bahwa di sekitar kawat berarus listrik terdapat medan magnet [artinya listrik menimbulkan magnet], para ilmuwan mulai berpikir keterkaitan antara kelistrikan dan kemagnetan. Oleh karena itu pada tahun 1821, Michael Faraday melakukan percobaan dan mampu membuktikan bahwa perubahan medan magnet dapat menimbulkan arus listrik [artinya magnet menimbulkan listrik]. Percobaan yang dilakukan oleh
Faraday sangatlah sederhana yakni s
ebuah magnet yang digerakkan masuk dan keluar pada kumparan dapat menghasilkan arus listrik pada kumparan itu. Bagaimana caranya mengetahui bahwa terdapat aliran arus listrik?

Galvanometer merupakan alat yang dapat digunakan untuk mengetahui ada tidaknya arus listrik yang mengalir. Berikut contoh gambar galvanometer sederhana.

Ketika sebuah magnet yang digerakkan masuk dan keluar pada kumparan, maka jarum galvanometer akan menyimpang ke kanan dan ke kiri. Bergeraknya jarum galvanometer menunjukkan bahwa magnet yang digerakkan keluar dan masuk pada kumparan menimbulkan arus listrik. Arus listrik bisa terjadi jika pada ujung-ujung kumparan terdapat GGL [gaya gerak listrik]. GGL yang terjadi di ujung-ujung kumparan dinamakan
GGL induksi. Arus listrik hanya timbul pada saat magnet bergerak. Jika magnet diam di dalam kumparan, di ujung kumparan tidak terjadi arus listrik.

Ketika kutub utara magnet batang digerakkan masuk ke dalam kumparan, jumlah garis gaya-gaya magnet yang terdapat di dalam kumparan bertambah banyak. Bertambahnya jumlah garis-garis gaya ini menimbulkan GGL induksi pada ujung-ujung kumparan. GGL induksi yang ditimbulkan menyebabkan arus listrik mengalir menggerakkan jarum galvanometer. Arah arus induksi dapat ditentukan dengan cara memerhatikan arah medan magnet yang ditimbulkannya. Pada saat magnet masuk, garis gaya dalam kumparan bertambah. Akibatnya medan magnet hasil arus induksi bersifat mengurangi garis gaya itu. Dengan demikian, ujung kumparan itu merupakan kutub utara sehingga arah arus induksi.

Ketika kutub utara magnet batang digerakkan keluar dari dalam kumparan, jumlah garis-garis gaya magnet yang terdapat di dalam kumparan berkurang. Berkurangnya jumlah garis-garis gaya ini juga menimbulkan GGL induksi pada ujung-ujung kumparan. GGL induksi yang ditimbulkan menyebabkan arus listrik mengalir dan menggerakkan jarum galvanometer. Sama halnya ketika magnet batang masuk ke kumparan. pada saat magnet keluar garis gaya dalam kumparan berkurang. Akibatnya medan magnet hasil arus induksi bersifat menambah garis gaya itu. Dengan demikian, ujung, kumparan itu merupakan kutub selatan, sehingga arah arus induksi.

Ketika kutub utara magnet batang diam di dalam kumparan, jumlah garis-garis gaya magnet di dalam kumparan tidak terjadi perubahan [tetap]. Karena jumlah garis-garis gaya tetap, maka pada ujung-ujung kumparan tidak terjadi GGL induksi. Akibatnya, tidak terjadi arus listrik dan jarum galvanometer tidak bergerak.

Jadi,

GGL induksi dapat terjadi pada kedua ujung kumparan jika di dalam kumparan terjadi perubahan jumlah garis-garis gaya magnet [fluks magnetik]
.

GGL yang timbul akibat adanya perubahan jumlah garis-garis gaya magnet dalam kumparan disebut GGL induksi. Arus listrik yang ditimbulkan GGL induksi disebut arus induksi. Peristiwa timbulnya GGL induksi dan arus induksi akibat adanya perubahan jumlah garis-garis gaya magnet disebut induksi elektromagnetik. Coba sebutkan bagaimana cara memperlakukan magnet dan kumparan agar timbul GGL induksi?

Faktor yang Memengaruhi Besar GGL Induksi

Sebenarnya besar kecil GGL induksi dapat dilihat pada besar kecilnya penyimpangan sudut jarum galvanometer. Jika sudut penyimpangan jarum galvanometer besar, GGL induksi dan arus induksi yang dihasilkan besar. Bagaimanakah cara memperbesar GGL induksi?




Ada tiga faktor yang memengaruhi GGL induksi, yaitu

  1. kecepatan gerakan magnet atau kecepatan perubahan jumlah garis-garis gaya magnet [fluks magnetik], penyimpangan jarum galvanometer makin besar ketika gerakan magnet dipercepat

  2. jumlah lilitan, semakin banyak jumlah lilitan maka arus yang mengalir akan besar juga

  3. medan magnet, semakin besar ukuran magnet [medan magnet akan besar juga] maka semakin besar arus yang dihasilkan.

Gaya gerak listrik ini sangat bermanfat sekali dalam kehidupan sehari-hari. Dengan ditemukannya teori tentang GGL ini, kita bisa belajar di malam hari dengan menggunakan listrik tanpa harus gelap-gelapan atau menggunakan lampu teplok. Untuk penerapan induksi elektromagnetik dalam kehidupan sehari-hari silahkan baca postingan yang berjudul “Penerapan Induksi Elektromagnetik

Perhatikan pernyataan berikut ini!1] Menggerakkan magnet keluar masuk kumparan2] Memutar kumparan diantara magnet3] Memutus-hubungkan arus pada kumparan primer4] Melilitkan kumparan ke magnet. Cara-cara di atas yang dapat menimbulkan GGL induksi adalah?

  1. 1], 2], 3]
  2. 1] dan 3]
  3. 2] dan 4]
  4. 1], 2], 3], dan 4]
  5. Semua jawaban benar

Jawaban: A. 1], 2], 3]

Dilansir dari Encyclopedia Britannica, perhatikan pernyataan berikut ini!1] menggerakkan magnet keluar masuk kumparan2] memutar kumparan diantara magnet3] memutus-hubungkan arus pada kumparan primer4] melilitkan kumparan ke magnet. cara-cara di atas yang dapat menimbulkan ggl induksi adalah 1], 2], 3].

Kemudian, saya sangat menyarankan anda untuk membaca pertanyaan selanjutnya yaitu
Daftar beberapa jenis bahan : [1] besi[2] seng[3] nikel[4] emas. Bahan yang sulit ditarik oleh magnet adalah?
beserta jawaban penjelasan dan pembahasan lengkap.

Berikut ini adalah empat cara memperbesar GGL induksi.

1. Memilih inti besi yang tepat

2. Mempercepat arus magnet di dalam kumparan

3. Memperbesar medan magnet yang dimiliki magnet

4. Menambah jumlah lilitan

Penjelasan :

Induksi elektromagnetik
merupakan peristiwa timbulnya arus listrik akibat perubahan fluks magnetik.

Fluk magnetik dapat diartikan sebagai banyaknya garis gaya magnet yang menembus suatu bidang.

Induksi elektromagnetik
pertama kali diselidiki oleh seorang Ilmuwan dari Jerman bernama Michale Faraday.

Pada tahun 1821 Michael Faraday berhasil membuktikan bahwa perubahan medan  magnet dapat menimbulkan arus listrik.

Di dalam percobaannya, Faraday menggunakan galvanometer, yaitu alat yang digunakan untuk mendeteksi adanya arus listrik kecil.

Gaya gerak listrik yang timbul akibat adanya perubahan jumlah garis gaya magnet dinamakan GGL Induksi, Sedangkan arus yang mengalir disebut arus Induksi dan peristiwanya disebut
Induksi Elektromagnetik.

Beberapa faktor yang memengaruhi besarnya GGL Induksi sebagai berikut.

Baca :   Pembentukan Bayangan Pada Lensa

1. Kecepatan perubahan medan magnet

Semakin cepat perubahan medan magnet, GGL induksi yang timbul semakin besar.

2. Jumlah lilitan

Semakin banyak jumlah lilitannya, GGL induksi yang timbul semakin besar.

3. Kekuatan magnet

Semakin kuat gejala kemagnetannya, maka GGL induksi yang timbul Juga semakin besar.

Cara.cara untuk memperbesar GGL induksi adalah sebagai berikut.

1. Memilih inti besi yang tepat

Pemilihan inti besi merupakan faktor yang penting dilakukan untuk memperrbesar
GGL Induksi.

Inti besi yang harus dipilih adalah inti besi yang memiliki sifat feromagnetik tinggi. Semakin tinggi sifat feromagnetik yang dimiliki benda, semakin cepat pula gaya magnet ini dapat disearahkan.

2. Mempercepat arus magnet di dalam kumparan

Semakin kuat arus listrik yang mengalir dalam suatu kumparan, maka medan magnet akan semakin cepat berpindah posisisinya. Hal ini akan menghasilkan GGL induksi yang besar pula.

3. Memperbesar medan magnet yang dimiliki magnet

Medan magnet merupakan bagian utama dari penyebab pertambahan GGL. Apabila medan magnet utama saja tergolong dalam magnet kuat, maka GGL yang dihasilkan akan besar pula.

4. Menambah jumlah lilitan

Menambah jumlah lilitan [memperpanjang kawat penghantar] adalah cara yang digunakan untuk memperbesar GGL.

Semakin panjang kawat, maka semakin jauh medan magnet akan dipindahkan dengan arus tertentu, sehingga GGL yang dihasilkan juga akan semakin besar.

Video yang berhubungan

  • 1.

    Ketika kutub magnet dimasukkan ke dalam kumparan, jumlah garis-garis gaya yang dilingkupi kumparan menjadi….

A) hilangB) bertambah banyakC) berkurangD) berubah-ubah tidak menentu

  • 2.

    Peristiwa timbulnya GGL induksi akibat adanya….

A) reaktansi magnetikB) reaktansi elektromagnetikC) induksi magnetikD) induksi elektromagnetik

  • 3.

    Banyaknya garis gaya magnet yang menembus satu bidang disebut….

A) kuat medanB) fluks magnetC) medan magnetD) magnet homogen

  • 4.

    Magnet yang diam di dalam kumparan tidak menghasilkan GGL induksi karena dalam kumparan ….

A) terjadi perubahan fluks magneticB) tidak terjadi medan magnetC) tidak terjadi perubahan fluks magneticD) terjadi kehilangan sifat kemagnetan

  • 5.

    Arus listrik yang terjadi akibat perubahan jumlah garis-garis gaya magnet disebut arus….

A) lemahB) kuatC) induksiD) searah

  • 6.

    Beberapa faktor yang mempengaruhi besarnya ggl induksi elektromagnetik : 1. Jumlah lilitan kawat pada kumparan 2. Arah garis gaya magnet dalam kumparan 3. Kecepatan gerak magnet atau kumparan 4. Arah lilitan kawat pada kumparan Pernyataan yang benar adalah nomor ……..

A) 1 dan 4B) 1 dan 3C) 2 dan 4D) 2 dan 3

  • 7.

    Berikut ini cara-cara menimbulkan arus induksi, yakni … 1. magnet diam dalam kumparan 2. sebuah magnet berputar didekat kumparan 3. kumparan bergerak terhadap kutub magnet 4. kumparan primer dialiri arus searah Adapun cara-cara yang benar ditujnjukan oleh nomor …

A) 1 dan 4B) 2 dan 3C) 2 dan 4D) 1 dan 3

  • 8.

    Berikut ini yang dapat menimbulkan GGL induksi kecuali …

A) kumparan berputar dalam magnetB) magnet keluar masuk kumparanC) kumparan mendekati dan menjauhi magnetD) magnet batang terkurung dalam magnet

  • 9.

    Jika dinamo sepeda berputar makin cepat, maka lampu sepeda menyala . . .

A) terang karena perubahan medan magnet dinamo makin cepat, sehingga GGL makin besarB) redup karena kumparan sulit memotong garis gaya magnet, sehingga GGL pada makin kecilC) terang karena medan magnet pada dinamo makin kuat, sehingga arus pada lampu makin besarD) terang, karena perubahan medan magnet pada dinamo makin cepat, sehingga hambatan dinamo makin kecil

  • 10.

    Berikut ini yang tidak mempengaruhi besar GGL induksi adalah…
Baca :   Kulkas 1 Pintu Lg Tanpa Bunga Es

A) jumlah lilitanB) besarnya magnetC) hambatan kawatD) kecepatan gerakan magnet

  • 11.

    Generator atau dinamo adalah alat yang digunakan untuk mengubah….

A) energi listrik menjadi energi mekanikB) energi potensial menjadi energi listrikC) energi mekanik menjadi energi listrikD) energi listrik menjadi energi mekanik

  • 12.

    Alat berikut yang digunakan untuk menimbulkan arus induksi adalah…

A) kumparan, galvanometer, penghantar dan magnetB) galvanometer, akumulator, kabel dan magnetC) kumparan, thermometer, kabel dan magnetD) generator, komutator, penghantar dan magnet

  • 13.

    Arus induksi yang terjadi saat magnet batang digerakkan keluar masuk kumparan adalah arus …

A) InduksiB) PusarC) DC ( searah )D) AC ( bolak -balik )

  • 14.

    PLTA menggunakan sebuah mesin yang mengubah energi mekanik energi menjadi energi listrik , yaitu …

A) generatorB) GGLC) magnetD) turbin

  • 15.

    Bagian dari generator yang tidak bergerak ( diam ) disebut ….

A) sikatB) statorC) rotorD) konduktor

  • 16.

    Alat berikut yang menerapkan GGL induksi adalah

A) generator, dynamo, akumulator, transformatorB) generator, dynamo, inductor Ruhmkorf, transformatorC) adaptor, dynamo, resistor, catu dayaD) generator, motor listrik, transisitor, transformator

  • 17.

    Perbedaan antara generator AC dengan DC adalah….

A) generator DC menggunakan komutatorB) generator AC menggunakan cincin belahC) generator AC menggunakan interuptorD) generator DC menggunakan dua cicncin

  • 18.

    Trafo yang terdapat pada pesawat TV digunakan untuk….

A) menurunkan tegangan 220 ACB) menstabilkan tegangan 220 ACC) menyearahkan tegangan 220 AC menjadi DCD) menaikkan tegangan 220 AC

  • 19.

    Berikut ini yang bukan keuntungan transmisi daya listrik jarak jauh dengan menggunakan tegangan tinggi adalah…

A) b. kabel yang digunakan ukurannya kecilB) a. energy listrik yang hilang dapat diperkecilC) c. arus yang mengalir menjadi kecilD) d. hambatan kabel besar

  • 20.

    Magnet yang diam di dalam kumparan tidak menghasilkan GGL induksi karena di dalam kumparan ….

A) tidak terjadi medan magnetB) tidak terjadi perubahan fluks magneticC) terjadi perubahan fluks magneticD) kehilangan sifat kemagnetannya

  • 21.

    Beda potensial listrik yang ditimbulkan akibat perubahan fluks magnet disebut…

A) GGL JepitB) GGl sumberC) GGl induksiD) GGL elemen

  • 22.

    Pada diagram transformator di atas, besar kuat arus primer adalah …

A) 1,6 AB) 0,1 AC) 0,8 AD) 0,2 A

  • 23.

    Berdasarkan gambar di atas, kuat arus I dan jenis trafonya adalah ….

A) 20,0 A dan jenis trafo step down karena IP < ISB) 0,2 A dan jenis trafo step up karena NP < NSC) 0,2 A dan jenis trafo step down karena IP < ISD) 20,0 A dan jenis trafo step up karena VP < VS

  • 24.

    Berdasarkan tabel, perhatikan penyataan mengenai tabel tersebut: 1) Transformator P step down, karena VP > VS 2)Transformator P step up, karena NS < NP 3) Transformator Q step down, karena IP > IS 4) Transformator Q step up, karena VS > VP Pernyataan yang benar sesuai tabel tersebut adalah …

A) 1 dan 3B) 1 dan 4C) 2 dan 3D) 2 dan 4

  • 25.

    Sebuah trafo tegangan primer dan sekundernya 220 V dan 55 V. Jika kuat arus primer 0,5 A dan kuat arus sekunder 1,5, efisiensi trafo tersebut adalah….

Gambar Berikut Yang Dapat Menimbulkan Ggl Induksi Paling Kecil Adalah

Sumber: https://dimanakahletak.com/cara-cara-diatas-yang-dapat-menimbulkan-ggl-induksi-adalah

Check Also

Contoh Soal Perkalian Vektor

Contoh Soal Perkalian Vektor. Web log Koma – Setelah mempelajari beberapa operasi hitung pada vektor …