Fungsi Jaringan Pada Gambar Disamping Adalah

Fungsi Jaringan Pada Gambar Disamping Adalah

Dilihat 18,466 pengunjung

Sobat SMP, bukan hanya manusia saja yang

loh

memiliki jaringan dalam tubuhnya, tumbuhan pun memiliki jaringan-jaringan. Namun, apa Sobat SMP sudah tahu dimaksud dengan jaringan? Jaringan adalah kelompok sel-sel yang mempunyai fungsi dan bentuk sama. Setiap sel suatu organisme memiliki ukuran yang bervariasi, dan ukuran sel mencerminkan fungsi yang dilakukan sel tersebut.

Semua fungsi hidup organisme bersel satu dilakukan oleh sel tunggal itu sendiri. Sedangkan, pada organisme bersel banyak, seringkali sel tidak dapat bekerja sendiri. Setiap sel bergantung kepada sel yang lain. Kerja sama dan interaksi di antara sel ini menyebabkan organisme yang membentuk jaringan ini yang dapat mempertahankan hidupnya. Untuk memahami lebih jauh, yuk simak penjelasan tentang jenis-jenis jaringan pada tumbuhan di bawah ini:

1. Jaringan

Meristematik

Jaringan meristematik terdiri dari sel-sel meristem. Jaringan ini dapat ditemukan pada titik-titik tumbuh diujung batang dan akar (disebut meristem pucuk/ujung/apikal), di bawah kulit kayu (sebagai kambium gabus maupun kambium pembuluh, disebut meristem tepi/lateral), dan di tepi ruas atau buku, serta pada pangkal tangkai daun (meristem antara/interkalar).

2. Jaringan Epidermis

Jaringan epidermis berfungsi melindungi bagian dalam organ sehingga tidak bersentuhan langsung dengan pengaruh keadaan di luar organ. Sel-sel epidermis biasanya berbentuk segi empat apabila dilihat dari samping, berjajar homogen. Namun, epidermis dapat mengalami perubahan menjadi sel-sel penutup atau sel penjaga stomata beserta beberapa sel tetangga, trikoma (rambut daun/batang), duri, serta rambut kelenjar.

3. Jaringan Pengangkut

Baca Juga
Semarak Perayaan Kemerdekaan di Rumah Digital Indonesia

Jaringan pengangkut dimiliki oleh tumbuhan terdiri dari jaringan xilem (pembuluh kayu) dan floem (pembuluh tapis). Jaringan xilem berfungsi untuk mengangkut air dan garam mineral, sedangkan jaringan floem berfungsi untuk mengangkut hasil fotosintesis.

Baca :   Cara Mencari Nomor Atom Dan Nomor Massa

4. Jaringan Dasar/Parenkim

Jaringan dasar menyusun sebagian besar tubuh tumbuhan. Kelompok jaringan ini memiliki banyak fungsi tergantung tempat jaringan ini berada. Seringkali jaringan ini mengisi bagian terbesar dari suatu organ, menyusun daging buah, kulit batang, isi umbi atau rimpang yang menyimpan pati atau metabolit sekunder tertentu.

5. Jaringan Kolenkim

Jaringan kolenkim adalah jaringan yang berfungsi sebagai jaringan penguat atau penyokong pada organ tumbuhan yang masih aktif mengadakan pertumbuhan dan perkembangan.

6. Jaringan Sklerenkim

Jaringan sklerenkim adalah jaringan penguat atau jaringan penyokong dengan dinding sekunder yang tebal karena mengandung zat lignin. Jaringan sklerenkim ini hanya dijumpai pada organ tumbuhan yang tidak lagi mengadakan pertumbuhan dan perkembangan.

Ternyata, ada banyak jaringan yang terdapat pada tubuh tumbuhan. Penjelasan lain terkait jaringan tubuh manusia, jaringan tubuh hewan, dan berbagai informasi terkait ilmu pengetahuan alam, dapat dibaca dengan mengunduh Modul Pembelajaran IPA pada link berikut ini. Semoga informasi ini bermanfaat ya, Sobat SMP!

Penulis: Pengelola Web Direktorat SMP

Referensi:

http://ditsmp.kemdikbud.go.id/modul-pjj-ipa-kelas-7-semester-genap/

Gambar nomor (1) adalah jaringan epitel silindris selapis. Jaringan epitel silindris selapis tersusun atas susunan sel-sel berbentuk silindris (batang) secara vertikal dan hanya tersusun atas selapis sel. Epitel silindris selapis terdapat di lambung, oviduk, usus, dan uterus. Fungsi jaringan epitel silindris selapis adalah sebagai penyerap sari-sari makanan di usus (absorbsi), pelindung (proteksi), dan sekresi. Sedangkan, gambar nomor (2) adalah jaringan epitel pipih berlapis. Jaringan epitel pipih berlapis tersusun dari beberapa sel pipih dan berlapis-lapis sel yang sangat banyak dan rapat. Jaringan ini berfungsi sebagai sekresi dan proteksi. Jaringan ini terletak di mulut, anus, esofagus, vagina, dan kulit.

Baca :   Bahan Pembersih Kimia Adalah Bahan Kimia Yang Digunakan Untuk Menghilangkan

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah A.

Daun terdiri dari berbagai jaringan yang mendukung fungsi fotosintesis dan tersusun dalam posisi yang mengoptimalkan proses fotosintesis. Jaringan epidermis dan kutikula di bagian paling luar melindungi daun dari penguapan berlebih, dan jaringan mesofil berisi sel-sel yang terspesialisasi untuk fotosintesis. Berkas pembuluh yang tersebar di antara jaringan mesofil memuat sel-sel xilem dan floem yang tersambung dari batang dan mengantarkan bahan fotosintesis sambil menjemput hasil fotosintesis. Jaringan yang mendasari hampir sebagian besar bagian daun, mesofil, berada di antara kedua jaringan epidermis dan terdiri dari sel-sel parenkim yang terspesialisasi untuk fotosintesis. Dalam sebagian besar tumbuhan dikotil, jaringan mesofil daun memiliki dua lapisan yang berbeda: mesofil palisade yang terdiri dari sel-sel panjang yang tersusun rapat dan mesofil spons yang terdiri dari sel-sel yang tersusun secara renggang untuk memberi ruang sirkulasi bagi karbondioksida dan oksigen. Hal ini menunjukkan bahwa bagian X pada gambar soal adalah mesofil palisade.

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah A.

Perhatikan gambar jaringan berikut!

Fungsi jaringan pada gambar di samping adalah ….


A.


sebagai penghubung antarorgan tubuh

    B.


sebagai cadangan energi

    C.


menghantarkan rangsang

    D.


mengangkut cairan jaringan, protein, lemak, garam mineral, dan zat-zat lain dari dan ke jaringan

    E.


mengangkut sari makanan, sisa metabolisme, oksigen, dan karbon dioksida


Pembahasan

:

Fungsi jaringan pada gambar di atas adalah
sebagai cadangan energi.

—————-#—————-

Jangan lupa komentar & sarannya

Email:

Kunjungi terus:

masdayat.net

 OK! 😁


Bagian lapisan atmosfer sebagai objek pengamatan oleh BMKG untuk memprediksi cuaca atau tempat terjadinya hujan merupakan lapisan…

Baca :   Berikut Ini Yang Bukan Merupakan Bilangan Prima Adalah


Revolusi bumi mengakibatkan posisi pengamat di bumi berubah-ubah di orbit bumi. Hal ini mengakibatkan …. a. Rasi bintang bersinar lebih terang b. Ra …

si bintang tampak berwarna biru c. Terlihatnya rasi bintang yang berubah-ubah d. Terlihatnya rasi bintang yang lebih banyak saat cuaca cerah Cepat ya, kak karna ini PR. Thanks ^_^​


Mengapa setelah bencana letusan gunung berapi, kita belum boleh bermukim di dekat sungai?jawab yang bener ya​


pada saat musim kemarau kelebihan air dalam tubuh banyak di keluarkan melalui keringat. Sebaliknya pada musim hujan kelebihan air dalam tubuh banyak d …

ikeluarkan urine mengapa demikian?​


BANTUIN TEMAN JIKA KALIAN BAEK​


tolong jawab dengan tolong jawab dengan tolong jawab dengan tolong jawab dengan tolong jawab dengan tolong jawab tolong jawab tolong jawab tolong jawa …

b​


Bantuin jawab yah..Jan ngasal​


Tolong dijawab kaka jika kalian baik​


T^TT^T^TT^TBANTUIN JAWAB SOAL UJIAN​


TOLONG SEDEKAH NYA KAK!!!​

Fungsi Jaringan Pada Gambar Disamping Adalah

Sumber: https://memperoleh.com/perhatikan-gambar-berikut-fungsi-jaringan-pada-gambar-di-atas-adalah

Check Also

Harga Beras 10 Kg Di Pasar

Harga Beras 10 Kg Di Pasar 4 menit Kamu pasti sudah sering sekali mendengar ungkapan, …