Fpb Dari 28 Dan 35 Adalah

Fpb Dari 28 Dan 35 Adalah

Salah satu materi yang dibahas ketika mempelajari matematika adalah FPB yang merupakan singkatan dari Faktorisasi Persekutuan Terbesar. Jadi, FPB diperoleh dengan menentukan faktor terbesar yang sama dari beberapa bilangan. Salah satu metode untuk menentukan FPB dari beberapa bilangan adalah dengan menggunakan pohon faktor sehingga diperoleh faktorisasi prima dari bilangan-bilangan tersebut.

Ketika sekolah dasar kamu pasti pernah belajar yang namanya FPB, namun mari kembali kita segarkan ingatan kita dengan mempelajari pengertian serta rumus nya kembali.

Pengertian FPB

FPB atau Faktor Persekutuan Terbesar dari beberapa bilangan adalah bilangan bulat positif terbesar yang dapat membagi habis kedua bilangan itu. Sedikit pengetahuan tambahan untuk kamu, dalam bahasa Inggris FPB juga dikenal dengan


Greatest Common Divisor


(GCD), atau sering juga disebut dengan nama


Greatest Common Factor


(GCF) atau


Highest Common Factor


(HCF).

Untuk bisa memahami FPB dengan lebih baik, mari kita terlebih dahulu mengenal apa itu faktor. Dengan memahami konsep faktor, maka kamu dapat dengan mudah mengerjakan berbagai macam soal-soal Faktor Persekutuan Terbesar.

Apa Itu Faktor

Faktor adalah bilangan-bilangan yang dapat membagi habis sebuah bilangan. Contohnya, kita ambil sebuah bilangan yaitu 10. Angka 10 ini akan habis dibagi oleh angka apa saja? Angka 10 bisa habis dibagi oleh 1, 2, 5, dan 10. Sehingga, 1, 2, 5, dan 10 adalah faktor dari angka 10.

Lalu ada lagi yang namanya faktor persekutuan. Faktor persekutuan adalah faktor-faktor yang sama dari dua bilangan atau lebih. Untuk bisa memahaminya, mari kita perhatikan contoh berikut. Mari kita ambil 2 buah angka, yaitu 12 dan 18. Faktor dari 12 adalah 1,2,3,4,6, dan 12. Sedangkan faktor dari 18 adalah 1,2,3,6,9,dan 18. Kedua bilangan 12 dan 18 memiliki beberapa faktor yang sama, yaitu 1,2,3, dan 6. Faktor yang sama inilah yang akan disebut dengan faktor persekutuan.

Baca :   Sebuah Bank Memberikan Bunga Deposito 9

Maka faktor persekutuan terbesar adalah faktor persekutuan yang nilainya terbesar di antara faktor-faktor persekutuan lainnya. Untuk menentukan FPB ada beberapa cara yang bisa kamu gunakan.

Cara Menentukan Faktor Persekutuan Terbesar

Dalam mengerjakan soal-soal FPB, ada beberapa cara yang bisa kamu gunakan, yaitu cara sederhana dan cara faktorisasi prima. Pada poin ini kita akan mempelajari keduanya secara lebih detail.

Cara Sederhana

Cara sederhana dapat digunakan untuk mencari FPB dari 2 atau 3 bilangan yang tidak terlalu besar. Kamu hanya perlu menentukan faktor persekutuan terbesar dari bilangan-bilangan tersebut.

Cara Faktorisasi Prima

Dalam cara ini kita akan menggunakan pohon faktor yang berguna untuk mendapatkan faktorisasi prima. Dengan faktorisasi prima tersebut kita dapat menentukan FPB dari bilangan yang ditanyakan. Biar lebih gampang, seperti inilah proses yang akan kita lakukan.:

  • Buat semua pohon faktor dari bilangan yang ditanyakan
  • Tuliskan bilangan-bilangan prima pada pohon faktor masing-masing bilangan dalam bentuk perkalian. Bentuk inilah yang disebut faktorisasi prima
  • Pilihlan semua bilangan prima yang sama dengan pangkat terendah dari setiap bilangan
  • Terakhir, kalikan bilangan-bilangan prima yang sama tersebut sehingga diperoleh nilai FPB yang ditanyakan.

Contoh pohon faktor:

pohon faktor

Sumber: rumusrumus.com

Contoh Soal FPB

1. Tentukan Faktor Persekutuan Terbesar dari 14 dan 20

Solusi:

Untuk mengerjakan soal ini, kita bisa menggunakan cara sederhana sebagai berikut.

Faktor dari 14 : 1,
2
,7,dan 14

Faktor dari 20 : 1,
2
,4,5,10, dan 20

FPB dari 14 dan 20 adalah 2

2. Tentukan Faktor Persekutuan Terbesar dari 140 dan 250

Solusi:

Untuk soal ini kita akan menggunakan cara faktorisasi prima.

Pertama, mari kita tentukan pohon faktor dari kedua bilangan tersebut

Baca :   Usia Arfan 7 Tahun Lebih Muda Dari Retno

contoh soal fpb

Dari pohon faktor tersebut, maka diperoleh faktorisasi dari masing-masing bilangan berikut:

140 = 2
2

x 5 x 7

250 = 2 x 5
3

Faktor prima yang sama dari kedua bilangan adalah 2 dan 5. Pangkat terendah untuk faktor prima 2 adalah 1, yaitu 2. Dan untuk faktor prima 5 pangkat terendahnya juga adalah 1. Sehingga FPB dari kedua bilangan ini adalah:

2 x 5 = 10

Nah, itu dia pembahasan mengenai FPB dan juga contoh soalnya, apakah kamu memiliki pertanyaan mengenai hal ini? Silahkan tuliskan pertanyaan kamu di kolom komentar ya, dan jangan lupa untuk share pengetahuan ini.

download aplikasi kelas pintar

Please follow and like us:

Fpb Dari 28 Dan 35 Adalah

Sumber: https://www.kelaspintar.id/blog/edutech/fpb-pengertian-dan-berbagai-cara-untuk-menghitungnya-5506/

Check Also

Faktor Persekutuan Dari 14 Dan 18 Adalah

Faktor Persekutuan Dari 14 Dan 18 Adalah Cara Menentukan Faktor Persekutuan Dua Bilangan Kita akan …