Energi Yang Tersimpan Di Bahan Bahan Kimia Dinamakan

Energi Yang Tersimpan Di Bahan Bahan Kimia Dinamakan

Pengetahuan Dasar tentang Biomassa

Biomassa – Energi Terbarukan yang berasal dari Tumbuhan dan Hewan

Biomassa adalah bahan organik yang terbuat dari tumbuhan dan hewan. Biomassa mengandung energi  tersimpan yang berasal dari matahari. Tanaman menyerap energi matahari dalam proses yang disebut fotosintesis. Energi kimia dalam tumbuhan akan diteruskan ke hewan dan orang-orang yang memakannya.

Biomassa adalah sumber energi terbarukan karena kita selalu dapat menanam  lebih banyak pohon dan tanaman, dan sampah akan selalu ada. Beberapa contoh bahan bakar biomassa adalah kayu, tanaman, pupuk, dan beberapa jenis sampah.

Ketika dibakar, energi kimia dalam biomassa dilepaskan sebagai panas. Jika Anda memiliki perapian, kayu yang dibakar di dalamnya adalah bahan bakar biomassa. Limbah kayu  atau sampah dapat dibakar untuk menghasilkan uap yang digunakan untuk membuat listrik, atau untuk menyediakan panas untuk industri dan rumah.

Mengkonversi Biomassa menjadi Bentuk Energi lain

Membakar biomas bukanlah satu-satunya cara untuk melepaskan energi. Biomassa dapat dikonversi menjadi bentuk energi lain yang dapat dimanfaatkan, seperti gas metana atau bahan bakar transportasi, seperti etanol dan biodiesel.

Gas metana adalah bahan utama dari gas alam. Benda berbau, seperti sampah yang membusuk, dan pertanian dan kotoran manusia, melepaskan gas metana – juga disebut “landfill (TPA) gas” atau “biogas”.

Tanaman seperti jagung dan tebu dapat difermentasi untuk menghasilkan etanol. Biodiesel, bahan bakar transportasi yang lain, dapat diproduksi dari hasil sisa produk-produk makanan seperti minyak nabati dan lemak hewani.

Berapa Banyak Biomassa yang  Digunakan untuk BBM?

Bahan bakar biomassa menyediakan  sekitar 4% dari energi yang digunakan di Amerika Serikat. Para peneliti sedang mencoba untuk mengembangkan cara-cara untuk membakar  lebih banyak biomassa dan lebih sedikit bahan bakar fosil. Menggunakan biomassa untuk energi dapat mengurangi limbah dan emisi gas rumah kaca.

Baca :   Sebutkan Sumber Sumber Dari Peluang Usaha

Kayu & Limbah Kayu

Pembakaran Kayu Bukanlah hal yang Baru

Bentuk biomassa yang paling umum adalah kayu. Selama ribuan tahun orang telah membakar kayu untuk pemanasan dan memasak. Kayu adalah sumber utama energi di Amerika Serikat dan seluruh dunia sampai pertengahan 1800-an. Kayu terus menjadi sumber utama energi di banyak negara berkembang.

Di Amerika Serikat, kayu dan limbah kayu (kulit kayu, serbuk gergaji, serpihan kayu, dan kayu bekas) menyediakan sekitar 2% dari energi yang kita gunakan saat ini.

Menggunakan Kayu dan Limbah Kayu

Sekitar 84% bahan bakar dari kayu dan limbah kayu  yang digunakan di Amerika Serikat dikonsumsi oleh industri, produsen listrik, dan bisnis komersial. Sisanya, terutama kayu, digunakan di rumah-rumah untuk pemanasan dan memasak.

Banyak pabrik-pabrik di produk-produk kayu dan industri kertas menggunakan limbah kayu untuk menghasilkan uap  dan listrik mereka sendiri. Ini menghemat uang perusahaan tersebut karena mereka tidak perlu membuang produk limbah  mereka  dan mereka tidak harus membeli lebih banyak listrik.

Limbah menjadi Energi

Energi dari Sampah

Sampah, yang sering disebut Limbah Padat Perkotaan (LPP), adalah sumber dari sekitar 10% dari total energi biomassa yang dikonsumsi di Amerika Serikat. LPP mengandung bahan-bahan biomassa (atau biogenik)  seperti kertas, kardus, sisa-sisa makanan, potongan rumput, daun, kayu, dan produk kulit, dan material-material biomassa yang mudah terbakar, terutama plastik dan bahan sintetis lainnya yang terbuat dari minyak bumi.

Sejak 1985, program daur ulang dan pengomposan di Amerika Serikat telah mengurangi porsi bahan LPP biogenik  yang dipendam atau dibakar, sementara kandungan  non-biogenik secara  keseluruhan telah meningkat. Sekitar 60% dari LPP (berdasarkan berat) yang sekarang dipendam atau dibakar adalah biogenik. Materi yang termasuk biogenik menyumbang  sekitar 55% dari energi yang dihasilkan ketika LPP dibakar dalam fasilitas pengubahan limbah menjadi energi. Pengomposan  biomasssa di TPA LPP menghasilkan metana, yang ditangkap dan digunakan untuk menghasilkan listrik di banyak tempat pembuangan sampah besar.

Baca :   Tabel Berikut Menunjukkan Waktu Yang Ditempuh Andi Dalam Perjalanan

Amerika memproduksi lebih banyak sampah setiap tahunnya. Pada tahun 1960, rata-rata orang Amerika membuang sampah  seberat 1,22 kg sehari. Hari ini, setiap orang Amerika membuang sekitar 2,04 kg sampah setiap harinya. Apa yang akan kita lakukan dengan semua sampah kita ini? Salah satu solusinya adalah dengan membakarnya. Limbah atau sampah

organik adalah sampah yang berasal dari tanaman atau produk-produk hewani. Semua sampah organik mengandung energi. Orang-orang telah membakar satu jenis bahan organik – kayu – selama ratusan ribu tahun. Orang-orang kuno membakar  kayu untuk menghangatkan diri mereka dan untuk memasak makanan mereka.

Energi Yang Tersimpan Di Bahan Bahan Kimia Dinamakan

Sumber: http://wiki.openthinklabs.com/science-corner/pengenalan-energi-untuk-anak/sumber-sumber-energi/terbarukan/pengetahuan-dasar-tentang-bio

Check Also

Harga Beras 10 Kg Di Pasar

Harga Beras 10 Kg Di Pasar 4 menit Kamu pasti sudah sering sekali mendengar ungkapan, …