Dua Garis Sejajar Tidak Mempunyai Titik Potong

Dua Garis Sejajar Tidak Mempunyai Titik Potong

Pernyataan yang salah dari pendapat berikut adalah …

a. dua garis sejajar tidak mempunyai titik potong

b. garis  sejajar bidang  apabila garis-garis yang terletak pada bidang tidak berpotongan dengan garis

c. garis  tegak lurus bidang  apabila garis  tegak lurus garis-garis yang terletak pada bidang

Mau dijawab kurang dari 3 menit? Coba
roboguru plus!

a. salah, karena 2 garis sejajar tidak akan berpotongan sehingga tidak membentuk sudut b. benar c. salah karena w garis berpotongan membentuk sudut siku2 d. benar e. salah

iya kk aku minta maaf ya kk

Sifat-sifat garis di bidang geometri ditentukan oleh kedudukannya terhadap garis lainnya, yang terdiri dari
garis sejajar,
garis berpotongan,
garis tegak lurus, dan
garis berimpit. Berikut akan dijelaskan ke-4 sifat kedudukan antar garis tersebut.

Artikel terkait: Pengertian Garis Titik Bidang dan Ruang beserta Contohnya

A. Garis Sejajar

Garis sejajar adalah
suatu kedudukan dua garis pada bidang datar yang tidak mempunyai titik potong walaupun kedua garis diperpanjang. Secara geometri kesejajaran garis tidak akan pernah bertemu satu dengan lainnya karena mempunyai kemiringan [gradien] yang sama. Garis-garis sejajar tidak harus sama panjang.

Contoh garis sejajar:

Garis AB dan CD merupakan contoh kedudukan sejajar, karena kedua garis tidak berpotongan walaupun garis diperpanjang Gambar garis EF dan GH merupakan contoh garis tidak sejajar, karena ketika diperpanjang garis tersebut berpotongan

Garis berpotongan adalah
kedudukan dua garis yang mempunyai titik potong karena kedua garis saling bertemu. Secara geometri garis-garis yang berpotongan terjadi karena mempunyai kemiringan yang berbeda dan panjang antar garis memungkinkan untuk saling bertemu. Garis yang berpotongan sudah pasti tidak sejajar, namun garis tidak sejajar belum tentu berpotongan.

Contoh garis berpotongan:

Garis IJ dan KL merupakan garis berpotongan karena kedua garis saling bertemu dan menghasilkan suatu titik potong

Garis tegak lurus adalah
kedudukan garis yang berpotongan dan pada titik potongnya terbentuk sudut siku-siku [90°]. Garis tegak lurus juga disebut dengan garis serenjang atau garis perpendikular. Dalam simbol matematika garis tegak lurus disimbolkan dengan simbol perpendikular ““, misalnya garis MN tegak lurus dengan OP dapat ditulis MN ⊥ OP.

Garis MN dan OP merupakan garis tegak lurus karena saling berpotongan dan titik potongnya membentuk sudut siku-siku

Baca :   Contoh Soal Diagram Batang Kelas 4 Sd

Perkalian dua kemiringan [gradien] garis tegak lurus adalah -1 atau memenuhi persamaan M1 × M2 = -1.

Jika, M1 = a/b maka M2 = – b/a
* Karena berlaku M1 × M2 = a/b × [- b/a] = – ab/ab = -1
Contoh:
Kemiringan garis MN adalah M1 = 2/3, berapakah kemiringan garis OP di atas?
Penyelesaian:
Karena garis OP ⊥ NM maka gradien garis OP = M2 dihitung memenuhi persamaan M1 × M2 = a/b × [- b/a] = -1 M1 = a/b = 2/3 a = 2 b = 3 M2 = – b/a = – 3/2
Jadi, gradien garis OP adalah – 3/2

D. Garis Berimpit

Garis berimpit adalah
kedudukan garis yang saling menutupi antara satu dengan lainnya, sehingga garis berimpit tidak dapat dilihat dengan kasat mata. Garis berimpit dapat terjadi karena posisi garis yang sama, namun 2 garis berimpit belum tentu mempunyai panjang yang sama.

Contoh garis berimpit:

Garis a dan b merupakan garis berimpit karena kedua saling menutupi pada posisi yang sama

Baca juga tutorial lainnya: Daftar Isi Pelajaran Matematika

Sekian artikel
“Pengertian Garis Sejajar, Garis Berpotongan, Tegak Lurus, dan Berimpit”
.
Nantikan artikel menarik lainnya dan mohon kesediaannya untuk share dan juga menyukai halaman Advernesia. Terima kasih…

Macam-macam hubungan antar garis

1. Garis sejajar.

Garis sejajar adalah dua garis atau lebih yang terletak pada bidang yang sama dan tidak berpotongan satu sama lain meskipun diperpanjang secara terus-menerus.

2. Garis berpotongan

Dua buah garis dikatakan saling berpotongan apabila kedua garis tersebut terletak pada satu bidang datar dan berpotongan pada salah satu titiknya.

3. Garis berhimpit

Dua buah garis dikatakan berimpit apabila kedua garis tersebut saling menempel dan searah. Sehingga dapat dikatakan memiliki titik persekutuan yang tak terhingga.

4. Garis bersilangan

Dua buah garis dikatakan bersilangan apabila garis-garis tersebut tidak terletak pada satu bidang datar dan tidak akan berpotongan apabila diperpanjang.

5. Garis tegak lurus

Dua buah garis dikatakan tegak lurus apabila memiliki kedudukan secara vertikal horizontal dan bertemu pada salah satu titiknya.

Jadi,  jika terdapat dua garis yang arahnya sama dan berdampingan disebut garis sejajar.

Macam-macam hubungan antar garis

1. Garis sejajar.

Garis sejajar adalah dua garis atau lebih yang terletak pada bidang yang sama dan tidak berpotongan satu sama lain meskipun diperpanjang secara terus-menerus.

Baca :   Rumus Kimia Air Gas Hidrogen Dan Gas Oksigen Adalah

2. Garis berpotongan

Dua buah garis dikatakan saling berpotongan apabila kedua garis tersebut terletak pada satu bidang datar dan berpotongan pada salah satu titiknya.

3. Garis berhimpit

Dua buah garis dikatakan berimpit apabila kedua garis tersebut saling menempel dan searah. Sehingga dapat dikatakan memiliki titik persekutuan yang tak terhingga.

4. Garis bersilangan

Dua buah garis dikatakan bersilangan apabila garis-garis tersebut tidak terletak pada satu bidang datar dan tidak akan berpotongan apabila diperpanjang.

5. Garis tegak lurus

Dua buah garis dikatakan tegak lurus apabila memiliki kedudukan secara vertikal horizontal dan bertemu pada salah satu titiknya.

Jadi,  jika dua garis terletak pada satu bidang datar dan keduanya tidak akan pernah berpotongan [tidak memiliki titik potong], maka kedua garis itu disebut garis sejajar.

Adakah diantara kalian yang pernah memperhatikan rel atau lintasan kereta api? Dalam setiap lintasan kereta api, jarak rel satu dengan yang lainnya tentu sama bukan? Dan ini akan selalu tetap [sama] dan tidak pernah saling berpotongan antara satu dengan lainnya. Nah, kedudukan dua garis dalam matematika salah satunya bisa dianalogikan dengan ini. Tapi apakah hanya itu?

Dalam Geometri, garis sendiri pada dasarnya merupakan bangun paling sederhana, karena garis hanya mempunyai satu dimensi, yaitu panjang. Dalam ilmu matematika, kedudukan dua garis nyatanya tak melulu sejajar, ada juga garis berpotongan, garis bersilangan, dan garis berimpit. Apa yang membedakan?

Garis Sejajar

Garis sejajar adalah dua garis atau lebih yang berada pada bidang yang sama dan tidak berpotongan satu sama lain. Garis yang yang saling sejajar dapat dinotasikan dengan simbol “ ̸ ̸ “. Dua garis atau lebih dikatakan sejajar apabila garis-garis tersebut terletak pada satu bidang datar dan tidak akan pernah bertemu atau berpotongan jika garis tersebut diperpanjang sampak tak terhingga.

Pada umumnya, ada sifat-sifat dalam kedudukan garis sejajar yang perlu kita perhatikan antara lain :

  • Jika suatu garis memotong salah satu dari dua garis yang sejajar, maka garis tersebut juga akan memotong garis lainnya.
  • Jika sebuah garis sejajar dengan dua buah garis, maka ketiga garis tersebut juga saling sejajar satu dengan lainnya.
  • Jika terdapat sebuah titik diluar garis, maka terdapat tepat satu garis yang sejajar dengan garis tersebut yang melalui titik di luar garis.
Baca :   Energi Yang Dimiliki Oleh Benda Yang Sedang Bergerak Disebut

[Baca juga: Pengertian Garis dalam Matematika]

Garis Berpotongan

Dua garis dikatakan saling berpotongan apabila kedua garis tersebut terletak pada satu bidang datar dan berpotongan di salah satu titiknya. Disamping itu, dua garis dikatakan saling berpotongan tegak lurus apabila kedua garis tersebut terletak pada satu bidang datar yang membentuk sudut 900 dan dinotasikan dengan simbol “ ┴ “.

Garis Berimpit

Garis berimpit adalah garis yang paling sedikit memiliki dua titik persekutuan. Garis yang saling berimpit terletak pada satu garis lurus sehingga akan terlihat saling menutupi satu sama lain [satu garis lurus].

Garis Bersilangan

Dua garis dikatakan bersilangan apabila garis-garis tersebut tidak terletak pada satu bidang datar dan tidak akan berpotongan apabila diperpanjang.

Video yang berhubungan


Quizz6! = 6!! = # selamat menjawab# mau numpang on komentar​


Q.Lim 100x × x⁴x => 8__ Rules: Pke cara!!No ngasal!!No Kalku!!No copas!!Teliti!!BA…? (ntah kpn)__ nt: bosen… ​


Jawab ya 2-1= 6+6= 7+8= 8-3=


[tex] \tiny \tt_{Q.}[/tex][tex] \tiny \tt_{12 \times 10^{2} + 6^{2} – 2^{0} \times 6 \: = }[/tex][tex] \tiny \tt_{opsi:}[/tex][tex] \tiny \tt _{a. \: …

1.230}[/tex][tex]\tiny \tt _{b. \: 1.240 }[/tex][tex]\tiny \tt _{c. \: 1.000}[/tex][tex]\tiny \tt _{ d. \: 1.320}[/tex][tex] \tiny \tt_{rules:}[/tex][tex] \tiny \tt_{no \: ngasal}[/tex][tex] \tiny \tt_{no \: copas}[/tex][tex] \tiny \tt_{menggunakan \: cara}[/tex]


Quiz33³ – 20 × ½ – 15! + 4!! × ½ Nt : Wah² ad yg plit BA nih di acc sy yg @ImYourNaa 🙂 oke² gpp klo anda plit BA sm sy, sy jg bkl plit BA gpeduli jwb …

n panjang,pke kertas,dkk ^^ ​


operasi hitung campur 4324 + 265×13 -3204÷9​


1.2+3=2.5+2=3.7+5=4.6+3=5.7+3=​


Q. ʕ•ﻌ•ʔf(x) = x² + x² – xf(2) = f(4) = ​


tolong bantu y kak..​


Quiz 2 soal 1. Tasya memiliki aquarium ikan yang berbentuk balok dengan panjang 20 cm , lebar 12 cm dan tinggi 10 cm . berapakah volume aquarium ikan …

milik Tasya ? A. 2.400 cm³ B. 2.000 cm³ C. 10.000 cm³ 2. Laila memiliki rubik dengan panjang sisi 10 cm . berapakah volume rubik milik Laila ? A. 3.000 cm³ B. 2.000 cm³ C. 1.000 cm³ ​

Dua Garis Sejajar Tidak Mempunyai Titik Potong

Sumber: https://apadimaksud.com/garis-berpotongan-dan-garis-tegak-lurus-sama-sama-memiliki-titik-potong

Check Also

Harga Beras 10 Kg Di Pasar

Harga Beras 10 Kg Di Pasar 4 menit Kamu pasti sudah sering sekali mendengar ungkapan, …