Diberikan Sebuah Rangkaian Listrik Arus Searah Terdiri Dari 3 Lampu

Diberikan Sebuah Rangkaian Listrik Arus Searah Terdiri Dari 3 Lampu

Pernah nggak kamu gunain baterai buat nyalain lampu di suatu rangkaian? Percobaan yang kamu lakuin tersebut termasuk kategori

listrik arus searah
. Pada pembahasan kali ini Burhan bakalan jelasin secara lengkap ke kamu mulai dari pengertian, gejala, jenis-jenis rangkaian, hingga sumber listrik ini yang biasa digunain dalam kehidupan sehari-hari.

Daftar Isi

  • Pengertian Listrik Arus Searah
  • Gejala-Gejala Kelistrikan
    • Hukum Ohm
    • Hukum Faraday
    • Hukum Oersted
    • Hukum Kirchoff I dan II
  • Rangkaian Listrik Arus Searah
    • Rangkaian Gabungan Seri dan Paralel
    • Rangkaian Paralel
    • Rangkaian Seri
  • Sumber Listrik Arus Searah
    • Generator Arus Searah
    • Elemen Elektrokimia
    • Sel Surya
    • Termoelemen
  • Contoh Soal Arus Listrik Searah
  • Pembahasan Contoh Soal Arus Listrik Searah



Pengertian



Listrik Arus Searah


Pembahasan pertama yang bakalan Burhan jelasin ke kamu adalah pengertiannya. Dalam fisika biasanya arus searah dikenal dengan listrik direct current (DC). Pengertian listrik DC berhubungan banget dengan konsep pergerakan elektron. Listrik kan berasal dari pergerakan elektron dari muatan negatif ke positif.

Pergerakan ini jadi dasar listrik DC karena aliran elektron pada listrik DC bergerak dari tegangan tinggi ke tegangan rendah. Pergerakan elektron dari tegangan tinggi ke tegangan rendah bakalan nyebabin terjadinya lubang bermuatan positif sehingga seolah-seolah elektron bergerak dari positif ke negatif.



Gejala-Gejala Kelistrikan


Dalam memahami gejala kelistrikan yang terjadi dalam listrik DC, kamu harus ngerti ini beberapa hukum yang berhubungan dengan listrik DC yaitu hukum ohm, hukum faraday, hukum oersted, dan hukum kirchoff I dan II. Burhan bakalan jelasin di bawah ini tentang semua gejala kelistrikan tersebut.




  1. Hukum Ohm


Hukum pertama yang berhubungan dengan gejala kelistrikan pada listrik DC adalah hukum ohm. Hukum ohm ngejelasin kalo suatu rangkaian listrik bakalan memiliki nilai kuat arus yang berbanding lurus dengan tegangan pada ujung rangkaian dan berbanding terbalik dengan hambatan sehingga hukum ohm punya rumus seperti di bawah ini.

Baca :   Fenomena Alam Yang Disebabkan Oleh Rotasi Bumi

V= I R

Keterangan:

  • V adalah tegangan suatu rangkaian (volt)
  • I adalah kuat arus yang melalui rangkaian listrik (ampere)
  • R adalah hambatan yang ada di dalam rangkaian listrik (ohm)




Hukum Faraday


Hukum kedua yang terjadi pada listrik DC adalah hukum faraday. Hukum faraday ngejelasin kalo ada dua muatan yang berbeda bakalan terjadi medan listrik yang mana garis gayanya bakalan ngarah dari muatan positif ke muatan negatif. Garis gaya listrik berbeda dengan arah gerak elektron karena arahnya masuk ke muatan negatif dan keluar dari muatan positif.




Hukum Oersted


Hukum ketiga yang terjadi pada listrik DC adalah hukum oersted. Hukum Oersted ngejelasin hubungan medan magnet dengan kawat yang diberi arus yang mana kalo ada kawat penghantar lalu dialiri oleh arus listrik maka bakalan ada medan magnet. Arah medan magnet ini bakalan dipengaruhi oleh arah arus dan arah kawat penghantar.

Hukum Oersted




Hukum Kirchoff I dan II


Hukum keempat yang berhubungan dengan gejala listrik DC adalah hukum kirchoff I dan II. Hukum kirchoff ini ngejelasin arus listrik dan tegangan yang mengalir pada suatu rangkaian listrik. Suatu rangkaian yang dialiri sebuah arus bakalan punya nilai yang sama antara arus yang masuk dengan arus yang keluar serta aljabar tegangan pada sebuah rangkaian tertutup sama dengan nol.

Hukum Kirchoff 2
Hukum Kirchoff 2



Rangkaian



Listrik Arus Searah


Setelah kamu ngerti tentang hukum yang terjadi pada listrik DC, Burhan bakalan jelasin beberapa rangkaian yang ada di dalam listrik DC yaitu rangkaian gabungan, rangkaian paralel, dan rangkaian seri.




Rangkaian Gabungan Seri dan



P


aralel


Rangkaian pertama yang Burhan jelasin adalah rangkaian gabungan. Seperti namanya, kamu bakalan ngeliat gabungan antara rangkaian seri dengan rangkaian paralel dalam suatu rangkaian listrik. Biasanya rangkaian ini digunain buat memecah arus biar rata ke setiap bagian rangkaian listrik dan contoh rangkaian gabungan seperti gambar di bawah ini.

Baca :   Sinar Radioaktif Yang Tidak Dapat Dibelokkan Oleh Medan Magnet Adalah

Rangkaian Gabungan Seri dan Pararel




Rangkaian Paralel


Rangkaian kedua yang Burhan jelasin adalah rangkaian paralel. Rangkaian paralel ngejelasin kalo suatu rangkaian listrik mempunya percabangan namun nilai tegangan sama pada tiap tegangan serta rangkaian paralel di tunjukkan pada gambar di bawah ini.

Rangkaian Pararel Arus Listrik Searah



Rangkaian Seri


Rangkaian ketiga yang Burhan jelasin adalah rangkaian seri. Pada rangkaian seri kamu gabakalan nemuin percabangan karena semua hambatan dan tegangan pada rangkaian ini disusun lurus dan tidak terputus seperti gambar di bawah ini.

Rangkaian Seri Arus Listrik Searah



Sumber



Listrik Arus Searah


Setelah kamu ngerti dengan berbagai rangkaian yang ada pada listrik DC, Burhan bakalan jelasin beberapa sumber listrik DC dalam kehidupan sehari-hari seperti generator arus searah, elemen elektrokimia, sel surya, dan termoelemen.




Generator Arus Searah


Sumber listrik DC pertama adalah generator arus searah. Generator arus searah ngemanfaatin energi gerak pada poros rotor di dalam stator yang bakalan ngehasilin arus listrik. Generator arus searah dibedain menjadi beberapa bagian berdasarkan rangkaian belitan magnet atau penguat eksitasinya terhadap anker generator:

  • Generator Kompon
  • Generator Penguat Terpisah
  • Generator Shunt




Elemen Elektrokimia


Sumber listrik DC kedua adalah elemen elektrokimia. Elemen elektrokimia ngemanfaatin perubahan energi kimia menjadi energi listrik yang mana energi kimia di dapetin dari cairan elektrokimia yang berada di dalamnya. Elemen elektrokimia dibagi menjadi dua berdasarkan waktu pemakaian elemen.

  • Elemen Primer
  • Elemen Sekunder




Sel Surya


Sumber listrik DC ketiga adalah sel surya. Sel surya ngemanfaatin energi matahari buat ngebangkitin elektron yang ada di semikonduktor di dalam sel surya buat nyiptain energi listrik. Biasanya sel surya digunain buat ngegantiin sumber arus seperti baterai karena sel surya lebih tahan lama.




Termoelemen


Sumber listrik DC terakhir adalah termoelemen. Termoelemen ngubah perubahan suhu yang terjadi menjadi energi listrik yang mana semakin gede perubahan suhu maka energinya bakalan makin gede sehingga arus listrik makin kuat.

Baca :   Contoh Soal Reaksi Eksoterm Dan Endoterm

Belajar listrik DC bakalan ngebantu kamu buat memahami fenomena kelistrikan yang terjadi di sekitar sehingga kamu bisa tanggap dan menyelesaikan permasalahan yang berhubungan dengan listrik DC.



Contoh Soal Arus Listrik Searah


Elena Houghlin dalam film Charlie’s Angels ingin membuat sebuah remote control untuk mengatur suhu sebuah ruangan dengan temperatur ruang . Untuk membuat remote control, Elena harus membuat sebuah rangkaian 4 buah resistor yang disusun paralel dengan

Soal Arus Listrik Searah

Jika arus yang dibutuhkan pada sistem remote tersebut sebesar 5 Ampere, berapakah sumber tegangan yang diperlukan untuk membuat rangkaian pada remote yang dibuat oleh Elena?

A. 3/5 volt

B. 2/5 volt

C. 5/2 volt

D. 5/3 volt

E. 15 volt



Pembahasan Contoh Soal Arus Listrik Searah


Remote control menggunakan prinsip listrik arus DC atau arus searah. Maka berlaku hukum Ohm yang menyatakan nilai kuat arus yang berbanding lurus dengan tegangan pada ujung rangkaian dan berbanding terbalik dengan hambatan. Maka dapat berlaku persamaan :

V=I.R

Karena digunakan beberapa resistor yang disusun paralel, terlebih dahulu kita harus membuat hambatan total atau hambatan pengganti dari rangkaian resistor paralel. Untuk menentukan hambatan total pada sistem paralel dapat dicari dengan persamaan :

Maka hambatan total sistem adalah:

Besar tegangan yang diperlukan remote dapat ditentukan dengan memasukan variabel arus dan hambatan total kedalam persamaan hukum ohm :

Jawaban : D

Jawaban A salah karena kesalahan perhitungan tegangan sehingga nilai terbalik

Jawaban B salah karena terjadi kesalahan perhitungan

Jawaban C salah karena terjadi kesalahan perhitungan

Jawaban E salah karena nilai hambatan total tidak dibalik, masih berupa 1/Rp

Lihat Artikel Lainnya!


[Total:
8
Average:
3.8]

Diberikan Sebuah Rangkaian Listrik Arus Searah Terdiri Dari 3 Lampu

Sumber: https://blog.edukasystem.com/listrik-arus-searah/

Check Also

Harga Beras 10 Kg Di Pasar

Harga Beras 10 Kg Di Pasar 4 menit Kamu pasti sudah sering sekali mendengar ungkapan, …