Desain Kamar Mandi Minimalis Kloset Duduk Shower

Desain Kamar Mandi Minimalis Kloset Duduk Shower

Desain Kamar Mandi Minimalis Kloset Duduk – Kebutuhan kamar mandi memang tidak bisa dipisahkan oleh kehidupan manusia. Bahkan setiap bangunan yang ada di dunia ini hampir semuanya memiliki kamar mandi. Mulai dari kamar mandi dengan kloset jongkok hingga kamar mandi dengan kloset duduk.

Tak hanya itu saja lho, bahkan untuk desain dari setiap kamar mandi semakin lama juga semakin bagus. Baik kamar mandi dengan lebar yang tergolong besar hingga yang kecil sekalipun semuanya bisa memiliki desain yang cukup bervariatif.

Jika kalian ingin memiliki desain kamar mandi yang berbeda namun tak tahu harus memulai dari mana. Maka artikel ini akan memberikan ulasan terkait dengan tips atau rekomendasi desain kamar mandi minimalis kloset duduk hingga hal lain yang berhubungan dengan kamar mandi.


Rekomendasi Desain Kamar Mandi Kloset Duduk

Tak bisa dipungkiri jika setiap manusia memiliki rasa nyaman yang berbeda-beda. Bahkan untuk kebutuhan desain kamar mandi pun setiap orang bisa memiliki keinginan yang berbeda. Karena berhubungan dengan kenyamanan.

Maka tak heran setiap orang membangun sebuah kamar mandi dengan desain atau nuansa yang mereka inginkan. Nah pada penjelasan yang ada di bawah ini dapat membantu kalian dalam memilih desain kamar mandi yang diinginkan.


1. Kamar Mandi Dengan Nuansa Alam

Pinterest /deco.fr

Jika memang kalian adalah salah satu orang yang mudah jenuh. Maka bisa juga lho untuk menggunakan nuansa alam pada ruangan kamar mandi. Nuansa alam ini bisa dibantu dengan tambahan tanaman hias pada bagian dalam kamar mandi.

Selain itu adanya ornamen batu alam. Dimana tambahan batu alam ini juga bisa lebih mudah membuat kamar mandi terlihat lebih elegan sekaligus mudah membuat pikiran menjadi lebih segar.

Bahkan untuk perawatan batu alam ini hanya perlu menggunakan cat pernis agar bisa terhindar dari lumut, jamur maupun pelapukan. Agar bisa terlihat lebih terang maka pengaplikasian plafon bening yang dipadu padankan dengan lampu besar adalah pilihan terbaik.


2. Kamar Mandi Dengan Nuansa Bermotif

kamar mandi nuansa bermotif

Pinterest/ lingkarwarna.com

Kamar mandi dengan kloset jenis duduk memang sudah bisa memberikan kesan mewah. Apalagi jika keberadaan kloset duduk dipadukan dengan bathup maupun shower. Akan tetapi ketika hal tersebut ingin dilakukan.

Baca :   Cara Menyajikan Dalam Alat Hidang Yang Tepat Dan Sesuai Dengan

Maka diperlukan sebuah sekat atau batasan samar antara tempat mandi dengan tempat buang air. Tujuannya adalah agar bisa air tidak mudah masuk dan juga tidak mudah becek. Untuk menghindari rasa monoton dan membosankan.

Kalian bisa menggunakan keramik lantai dengan model bermotif. Hal ini tetap akan bisa membuat kesan elegan pada kamar mandi yang kalian buat.


3. Kamar Mandi Dengan Sentuhan Gentong

kamar mandi dengan sentuhan gentong

Pinterest/ nuansaindah.elbarra

Meski kebanyakan gentong dari batuan alam atau semen kerap diaplikasikan pada kamar mandi kloset jongkok. Namun tak ada salahnya lho jika kalian ingin menggunakan sebuah gentong yang dipadu padankan dengan kloset duduk.

Lalu untuk lantai kalian bisa mencoba keramik granit atau bermotif. Dengan begini kalian bisa mendapatkan perpaduan nuansa modern dan tradisional. Kesan berbeda juga akan bisa kalian dapatkan dengan kamar mandi bernuansa campuran ini.


4. Kamar Mandi 1×1

kamar mandi 1x1

Pexels

Tak semua kamar mandi memiliki luas yang cukup lebar. Beberapa orang yang memutuskan membuat kamar mandi dalam harus pintar-pintar mencari ukuran yang cocok. Kebanyakan ukuran yang digunakan adalah 1×1 m.

Dengan ukuran sekecil tersebut sebenarnya kalian sudah bisa mendapatkan kenyamanan lho. Mulai dari penataan wastafel bisa diletakkan pada bagian belakang pintu kamar mandi. Selanjutnya pada bagian dalam kamar mandi dibuat ruangan berbeda.

Satu ruangan untuk buang air dan satunya untuk mandi. Pada ruangan mandi sebaiknya dibuat lebih tinggi lantainya agar airnya tak keluar. Lalu pada bagian peletakan kloset sebaiknya diberikan lubang pembuangan air pada area tengah. Hal ini ditujukan agar tidak ada sebuah genangan air di dalam kamar mandi.


5. Kamar Mandi Estetis

kamar mandi estetis

Pinterest/ lingkarwarna.com

Kesan estetis juga bisa kalian ciptakan pada kamar mandi. Kamar mandi dengan nuansa estetis ini bisa kalian coba dengan mengaplikasikan sebuah bak mandi yang menggantung. Lalu untuk kloset duduk bisa diberikan sebuah wallpaper agar lebih cantik pada bagian penutup.

Bisa juga nih diberikan rak minimalis yang bisa digunakan untuk menyimpan keperluan kamar mandi seperti handuk dan lain-lain. Lalu untuk bagian dinding dan lantai bisa menggunakan keramik granit dan juga keramik motif.


6. Kamar Mandi 2×1

kamar mandi 2x1

Pexels

Bukan hanya dengan ukuran 1×1 m saja, namun ukuran 2×1 m untuk kamar mandi saat ini juga menjadi salah satu tren yang sering kali menjadi pilihan rumah dengan desain minimalis. Tentunya dengan ukuran tersebut kalian bisa banget nih merombak desain interior yang dipadu padankan dengan kloset duduk.

Penempatan kloset lebih baik berada di tengah antara ruangan mandi dengan wastafel yang berada di belakang pintu. Kalian juga bisa menggunakan pilihan tema warna yang ingin digunakan pada bagian dinding. Bisa juga tema monokrom atau bisa juga dengan tema modern.

Jika kalian memilih menggunakan kamar mandi dengan tema monokrom. Maka cobalah untuk menempatkan sebuah tanaman hias agar kesan nyaman semakin di dapatkan. Bisa juga nih kalian menambahkan sebuah frame pada bagian tertentu.


7. Kamar Mandi Sederhana

kamar mandi sederhana

Pinterest/diminimalis.com

Jika kalian adalah salah satu orang yang suka dengan hal-hal bersifat sederhana. Maka kalian juga bisa mewujudkan nuansa sederhana pada kamar mandi hunian. Namun dalam hal ini perpaduan warna yang kalian pilih juga perlu diperhatikan.

Atau bisa juga menggunakan dua motif keramik yang dipadu padankan tetap selaras. Lalu untuk bagian bak, kalian bisa mencoba menggunakan bentuk unik seperti gentong dari batuan alam. Dengan konsep ini maka nuansa sederhana akan lebih mudah terwujud.


8. Kamar Mandi 2×3

kamar mandi 2x3

Pinterest/thespruce.com

Kamar mandi dengan ukuran 2×3 m terbilang cukup besar. Dengan ukuran tersebut kalian bisa mencoba untuk memasukkan sebuah bathup di dalamnya. Peletakan bathtub bisa berada di bagian sudut ruangan kamar mandi.

Lalu untuk lainnya adalah pemilihan warna keramik. Kalian bisa mencoba memilih sesuai selera seperti warna putih maupun biru. Selanjutnya berikan sentuhan tanaman hias di dalam ruangan kamar mandi. Tanaman tersebut bisa diletakkan secara menggantung.


9. Kamar Mandi Nuansa Modern

kamar mandi modern

Pinterest/redlilyrenovations.com.au

Bicara tentang kloset duduk ternyata tak bisa dijauhkan dengan kesan modern. Meski untuk menciptakan nuansa modern tak selalu memerlukan ukuran luas yang cukup besar. Sebab dengan ruangan kecil pun kalian bisa dengan mudah lho membuat kesan modern.

Baca :   Foto Pemandangan Yang Paling Indah Di Dunia

Pada kamar mandi modern ini biasanya akan dibagi menjadi dua model ruangan yang terpisah oleh kaca. Ruangan ini adalah bagian basah untuk mandi dan bagian kering untuk buang air. Dengan adanya sekat pemisah maka air tidak akan mengenang di area lain.

Selain itu biasanya kamar mandi dengan nuansa modern juga tak jarang menggunakan tambahan sentuhan kayu di dalamnya. Kalian bisa membuat sebuah rak tempat perabot keperluan mandi dengan bahan dasar kayu.


10. Kamar Mandi Mewah

kamar mandi mewah

Pinterest/architecturaldigest.in

Tentunya jika mendengar kata mewah saja bisa diartikan jika semuanya dapat memberikan kesan yang berbeda. Kalian bisa mencoba memilih warna vintage, rustic maupun seperti sentuhan aksen Eropa.

Kamar mandi dengan nuansa mewah juga perlu diberikan sentuhan lain mulai dari kaca, wastafel hingga tempat penyimpanan perabot khusus mandi.

Dengan 10 rekomendasi desain kamar mandi minimalis tersebut bisa dibilang akan mempermudah kalian untuk mewujudkan sebuah ruangan penuh akan kenyamanan. Akan tetapi pastikan juga jika tema yang dipilih sejalan dengan dana yang dimiliki.

Jika dana dan tema yang kalian pilih memang tidak ada masalah. Maka proses dekorasi atau renovasi untuk ruangan kamar mandi juga akan lebih lancar tentunya. Apalagi jika kalian juga membaca jenis-jenis desain lain seperti penjelasan yang tertera pada buku yang berjudul “75 Desain Kamar Mandi Favorit,”

beli sekarang


Tips Memilih Kloset Duduk

Kebutuhan kloset duduk yang semakin meningkat membuat banyak produsen kloset berlomba-lomba mengeluarkan hasil terbaik mereka. Namun dari sekian banyaknya kloset duduk yang dijual di pasaran. Tentunya untuk memilih kloset duduk terbaik diperlukan tips.

Jika kalian belum tahu apa saja tips yang diperlukan dalam memilih kloset duduk. Maka penjelasan yang ada di bawah ini bisa banget nih membantu.


1. Perhatikan Bagian Ukuran dan Bentuk Kloset Duduk

Sampai saat ini kloset duduk sudah mendapatkan berbagai macam perkembangan. Nilai dari bentuk, ukuran hingga desain dari kloset duduk itu sendiri. Tentunya untuk ukuran maupun bentuk bisa disesuaikan dengan ukuran kamar mandi yang kalian miliki.

Jika kalian memiliki bentuk kamar mandi dengan ukuran minimalis. Maka pilihan kloset duduk bentuk bulat ataupun memanjang adalah yang bisa digunakan. Namun untuk ukuran ruangan yang cukup luas, maka pilihan kloset duduk penuh akan estetika bisa kalian gunakan.

Lalu jangan lupa untuk memeriksa ukuran kloset duduk. Sebab hal ini berhubungan dengan jarak antara kloset dengan tembok kamar mandi.


2. Fitur yang Ditawarkan

Berikutnya adalah fitur yang ditawarkan oleh kloset duduk. Semakin kesini ternyata perkembangan produksi kloset duduk juga semakin beragam. Seperti beberapa kloset duduk yang sudah memiliki fitur tambahan yang cukup berguna.

Sebagai contohnya adalah kloset duduk dengan fitur pengharum otomatis, pengatur suhu, sensor otomatis hingga pengering. Namun kalian juga perlu tahu untuk setiap fitur yang ditawarkan akan memiliki harga yang bervariatif.

Maka dari itu kalian juga perlu memperhatikan ketersediaan dana yang dimiliki. Jika memang dana tidak mencukupi. Maka kloset duduk biasa adalah pilihan terbaik. Meski biasa namun fungsi dari kloset duduk itu sendiri tetap bisa berguna.


3. Jenis Kloset

Sampai saat ini ternyata jenis kloset duduk yang dijual di pasaran sudah beragam. Tentunya bagi orang awam tak begitu tahu jenis-jenis dari kloset duduk ini. Namun pada poin ini kalian bisa membaca penjelasan singkat terkait beberapa jenis kloset duduk.

  1. Kloset tanpa tangki air dengan harga yang lebih terjangkau. Pada jenis ini kalian masih memerlukan bantuan gayung untuk sistem pembuangan.
  2. Kedua ada kloset mono blok yang menawarkan konsep simpel.
  3. Ketiga ada kloset dua blok dengan berat yang lebih ringan dibandingkan lainnya.
  4. Terakhir ada kloset duduk jenis gantung. Kloset jenis ini juga terbilang lebih terlihat mewah dan lebih mudah ditemukan pada tempat-tempat umum seperti mall maupun hotel.


4. Ketahui Sistem Penyiraman

Sistem penyiraman dari kloset duduk juga beragam pilihan. Mulai dari sistem penyiraman dengan bantuan gayung, single flush hingga dual flush. Untuk single flush hanya memiliki satu tombol penyiraman.

Baca :   Desain Rumah 7x9 3 Kamar Tidur

Sedangkan dua flush kebanyakan lebih menghemat penggunaan air. Sebab sistem penyiraman jenis ini sudah dalam kondisi yang telah diatur.


5. Sistem Pembuangan

Memperhatikan sistem pembuangan juga begitu penting lho. Sebab hal ini juga berkaitan dengan proses pemasangan pipa. Sampai saat ini setidaknya ada dua sistem pembuangan yang paling banyak digunakan.

Wash down adalah sebuah sistem pembuangan kotoran dengan pemanfaatan dorongan penyiraman air. Selain itu proses ini juga memungkinkan kotoran menjadi lebih mudah hilang.

Lalu untuk siphonic adalah sebuah proses pembuangan kotoran dengan dua sistem kerja. Mulai dari penarikan kotoran dan baru akan dibuang dengan sistem dorongan air dari tangki.

Dengan bantuan lima tips di atas tentunya akan mempermudah kalian untuk mendapatkan pilihan kloset dengan kualitas terbaik. Kloset yang kalian pilih tersebut bisa diterapkan pada contoh desain yang ada pada buku yang berjudul “Seri Rumah Ide – 62 Desain Kamar Mandi,”

beli sekarang


Tips Membersihkan Kloset Duduk

Memiliki kloset duduk juga diperlukan sebuah perawatan rutin agar tidak ada penularan penyakit. Meski begitu tak semua orang tahu bagaimana cara yang tepat dalam melakukan perawatan kloset duduk. Alhasil kualitas dari kloset duduk tersebut menjadi menurun.

Agar kalian lebih mudah dalam membersihkan toilet, gunakan tips di bawah ini.


1. Tuangkan Pembersih Pada Bagian Kloset

Sebelum melangkah ke dalam tahapan yang pertama ini. Pastikan dahulu kalian sudah menggunakan berbagai macam pelindung diri. Mulai dari masker hingga sarung tangan karet. Sebab kloset duduk adalah salah satu area yang memiliki banyak sekali kuman.

Jika sudah kalian bisa mulai dengan mempersiapkan cairan pembersih kloset lalu tuangkan secukupnya pada area kloset duduk yang akan dibersihkan. Bisa juga menggunakan kuas atau sikat untuk meratakan cairan pada bagian-bagian tertentu dalam kloset yang akan dibersihkan.


2. Diamkan Beberapa Menit

Setelah proses penuangan cairan pada bagian kloset duduk sudah selesai. Maka kalian bisa menunggunya beberapa menit terlebih dahulu. Hal ini dilakukan agar cairan kloset duduk bisa bekerja dengan baik untuk membunuh kuman atau bakteri.


3. Mulai Gosok Dengan Sikat

Ketika cairan sudah selesai dituangkan. Maka kalian bisa beralih ke tahap berikutnya yaitu mulai menggosok bagian kloset dengan sikat toilet. Atau pada bagian tertentu yang sulit terjangkau dan ada noda yang membandel.

Maka kalian bisa mencoba untuk menggunakan bantuan sikat gigi bekas agar lebih mudah membersihkan noda yang membandel pada area kloset duduk.


4. Semprot Dengan Disinfektan

Terakhir adalah dengan menyemprotkan desinfektan pada bagian kloset duduk. Hal ini dilakukan agar kloset tetap dalam kondisi bersih tanpa ada noda. Kalian bisa menggunakannya pada bagian dinding luar, pinggir dan dudukan kloset.

Lakukan beberapa tips di atas ketika kalian ingin membersihkan kloset duduk lebih mudah.


Rekomendasi buku

Agar penguasaan desain pada bagian-bagian rumah menjadi lebih baik lagi. Tak ada salahnya lho menggunakan buku bacaan sebagai referensi. Kalian bisa mencoba membaca buku dengan judul “Ragam Desain Ruang Duduk” ciptaan Mala Silviani Winda Meiliana.

Buku dengan judul “Ragam Desain Ruang Duduk” ini dirilis tahun 2022 lalu yang diterbitkan oleh penerbit Transmedia Pustaka. Total halaman dari buku ini adalah 120 lembar. Sedangkan untuk harga yang ditawarkan adalah Rp. 42.000.

Dapatkan buku “Ragam Desain Ruang Duduk” secara lebih mudah pada toko buku Gramedia terdekat. Atau kalian juga bisa membeli melalui situs online Gramedia.com.

beli sekarang

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.”

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Desain Kamar Mandi Minimalis Kloset Duduk Shower

Source: https://www.gramedia.com/literasi/desain-kamar-mandi-minimalis-kloset-duduk/

Check Also

Gambar Wanita Sedih Menangis Dan Kecewa Kartun

Gambar Wanita Sedih Menangis Dan Kecewa Kartun Adapun berikut ini adalah koleksi yang bisa kamu …