Contoh Torsi Dalam Kehidupan Sehari Hari

Contoh Torsi Dalam Kehidupan Sehari Hari

Roller coaster setinggi 140 meter ini, punya kecepatan cukup ekstrim ke bawah. Foto: The Sun

Jakarta:  Pernahkah Sobat Medcom naik roller coaster saat berkunjung ke taman bermain? Wahana yang berbentuk bak kereta ini rupanya merupakan salah satu contoh penerapan momen inersia di dalam kehidupan sehari-hari yang sering ada di mata pelajaran Fisika di sekolah. Dikutip dari laman Akupintar, momen inersia adalah ukuran kelembaman atau sifat materi yang menentang atau menghambat perubahan momentum atau keadaan gerak benda bersangkutan atau kondisi di mana suatu benda berputar pada porosnya. Hukum ini memiliki konsep dasar yang sama dengan Hukum I Newton, di mana benda memiliki kecenderungan untuk mempertahankan keadaannya. Besaran momen inersia dipengaruhi beberapa faktor, yaitu massa benda, letak sumbu putar, dan jarak ujung lengan ke sumbu putar benda (lengan momen). Semakin jauh posisi massa benda ke pusat rotasi, semakin besar momen inersia yang berimbas pada sulit bergeraknya benda tersebut. Untuk menghitung momen inersia, digunakan rumus I = m × R^2. Dengan m adalah massa (kg), R ialah jari-jari ke sumbu putar, dan I adalah momen inersia (kg.m^2).  Namun, jika sumbu putar suatu benda tidak berada di pusat massa, maka bisa dihitung dengan rumus berikut:

I=Ipm+md2

Selain dipengaruhi tiga faktor tadi, momen inersia juga bisa dipengaruhi bentuk atau geometri suatu benda. Untuk benda yang berbentuk teratur, momen inersianya dapat dihitung dengan rumus berikut:
Sumber foto: pengajar.co.id
Sumber foto: pengajar.co.id

Menyambung pembahasan di awal, salah satu contoh penerapan momen inersia dalam kehidupan ialah pada roller coaster. Selain itu, masih ada sejumlah benda maupun kegiatan yang menerapkan konsep dari hukum ini.

Lantas, apa sajakah itu? Berikut ulasannya:

1. Permainan gasing

Gasing merupakan mainan yang bisa berputar pada poros dan berkesetimbangan pada suatu titik. Untuk memainkan gasing, biasanya digunakan tali yang dililitkan pada badan gasing.

Kemudian, gasing dihentakkan. Bersamaan dengan itu, tali yang melilit gasing ditarik sehingga mainan ini berputar pada porosnya dan sesuai arah jalannya.

Formasi yang dibentuk ketika hendak memukul bola golf merupakan contoh lain dari momen inersia.  Semakin besar massa dan berat tubuh atlet, semakin besar pula tahanan yang menghambat gerakannya. Dalam industri farmasi, mesin sentrifungasi digunakan untuk memisahkan campuran bahan kimia. Mesin ini memanfaatkan momen inersia dari kesetimbangan antartabung yang digunakan untuk memisahkan campuran bahan kimia.

Ini bertujuan untuk mencegah terjadinya sesuatu yang tidak diinginkan. Seperti, getaran berlebih pada mesin yang bisa berakibat pada pecahnya tabung lain.

Sama seperti golf, formasi yang dibentuk ketika meluncur merupakan contoh dari momen inersia. Karena torsi yang dikerjakan oleh es adalah kecil, momentum anguler pemain ski mendekati konstan.

Baca :   Soal Persamaan Linear Satu Variabel Kelas 7

Ketika pemain ski menarik tangannya ke dalam arah badan, momen inersia terhadap sumbu vertikal berkurang. Lantaran momentum angularnya L = I.ω harus tetap konstan, bila I berkurang, kecepatan angular ω bertambah, maka pemain itu akan berputar dengan laju yang lebih cepat.

Jaw Crusher merupakan alat yang menerapkan momen inersia. Alat ini dipakai secara luas pada industri pertambangan, industri metal, konstruksi, pembangunan jalan tol, pembangunan rel kereta dan industri kimia.

Jaw crusher bekerja dengan mengandalkan kekuatan motor. Melalui roda motor, poros eksentrik digerakkan oleh sabuk segitiga dan slot wheel untuk membuat jaw plate bergerak seirama.

Oleh karena itu, material dalam rongga penghancuran yang terdiri dari jaw plate, jaw plate yang bergerak, serta side-lee board dapat dihancurkan dan diberhentikan melalui pembukaan pemakaian.

Baca juga: Mengenal Momentum dan Impuls: Konsep, Rumus, Contoh Soal

Itulah lima contoh penerapan momen inersia dalam kehidupan. Termasuk, pembahasan mengenai konsep dan rumus dari momen inersia itu sendiri.
(Nurisma Rahmatika)

Editor : Citra Larasati


sebutkan pling kurang 5 satuan untuk besaran massa​


Jelaskan apa itu acca 5​


Hitunglah perkalian (DOT) dan (cros) pada dua vektor berikut P=4i+2j+3k dan Q=i+3j+3ktolong teman teman nanti dikumpulkan​


Soal Sebuah kereta luncur diikat ke sebuah pohon di atas salju yang licin bukit tertutup, seperti yang ditunjukkan pada Gambar 4.13a. Jika kereta lunc …

ur memiliki berat 77,0 N, tentukan gaya yang diberikan oleh tali pada kereta luncur dan besar gaya yang diberikan oleh bukit pada kereta luncur tersebut. 30.0° mg dosa 0 30.0 F = mg mg cos 9​


LATIHAN Setiap hari minggu, andi berlari di dalam di stadion gelora bung karno, yang memiliki lintasan seperti gambar berikut. 35 m 35 m 110m Jika and …

i berlari 5 putaran dalam waktu 30 menit, tentukan besar jarak, perpindahan, kecepatan, dan kelajuan lari andi?toloongg..​


Jika massa batu 150 gram,massa jenis batu yang di gunakan Toni dalam percobaan adalah ​


✨✨✨✨✨✨✨✨✨✨✨✨✨✨✨bantu kak✨✨✨✨✨✨✨✨✨✨✨✨✨✨✨✨✨✨✨✨✨✨✨✨tentukan besar gaya coulomb yang dialami muatan di titik c, nyatakan jawabannya pada dalam k, q dan a​


sebuah kereta api bergerak dengan kecepatan 4jam menuju kota B dengan jarak kota B dngn kota A 150Km di antara kota A dngn kota B terdapat persimpanga …

n empat denhan kecepatan sudut 45 rad berapakah jari jari dari kereta api tersebut dengan kecepatab sudut awal sama dengan nol​


sebuah usaha 200j dikenai pada benda yang massanya 2kg sehingga berpindah sejauh 4m hitung percepatan benda tersebut​


✨✨✨✨✨✨✨✨✨✨✨✨✨bantu kak✨✨✨✨✨✨✨✨✨✨✨✨✨✨✨✨✨✨✨tentukan besar gaya coulomb yang dialami muatan di titik c, nyatakan jawabannya pada dalam k, q dan a​


Satupiston.com


– Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami. Kali ini kita akan membahas mengenai contoh torsi dalam kehidupan sehari-hari.

Torsi, salah satu hukum fisika yang mungkin saat ini tengah sering kalian dengar atau jangan-jangan saat ini kalian tengah mempelajari hal tersebut baik di SMP sederajat atau SMA sederajat?

Baca :   Yang Merupakan Deret Homolog Alkuna Adalah

Yaps, dalam dunia otomotif pun torsi ini sering sekali disebutkan terutama dalam urusan spesifikasi mesin hingga urusan baut dan mur.

Untuk kalian yang tengah mencari contoh lain dari torsi dalam kehidupan sehari-hari, mari kita bahas saja bersama dalam artikel ini.

Pengertian Torsi

Sebelum lebih jauh membahas mengenai contoh torsi dalam kehidupan sehari-hari, mari kita bahas terlebih dahulu mengenai pengertian dari torsi itu sendiri.

Dikutip dari
id.wikipedia.org, kurang lebih torsi adalah sebagai berikut:

Torsi dalam fisika, juga disebut momen atau momen gaya, adalah bentuk ekuivalen rotasi dari gaya linear. Konsep torsi diawali dari kerja Archimedes dengan alat peraga tuas. Secara umum, torsi dapat dianggap sebagai gaya rotasi. Analog rotasi dari gaya, masa, dan percepatan adalah torsi, momen inersia dan percepatan sudut. Gaya yang bekerja pada tuas, dikalikan dengan jarak dari titik tengah tuas, adalah torsi. Contohnya, gaya dari tiga newton bekerja sepanjang dua meter dari titik tengah mengeluarkan torsi yang sama dengan satu newton bekerja sepanjang enam meter dari titik tengah. Ini menandakan bahwa gaya dalam sebuah sudut pada sudut yang tepat kepada tuas lurus. Lebih umumnya, seseorang dapat mendefinisikan torsi dalam perkalian silang.

Pusing ya? Sederhananya, torsi adalah gaya atau kekuatan yang dapat membuat objek bergerak secara rotasi (berputar) di area sekitar sumbu.

Baiklah, mari kita langsung saja bahas mengenai contoh torsi dalam kehidupan sehari-hari. Berikut contohnya:

1. Membuka Baut Dengan Kunci

Yang pertama adalah membuka baut dengan kunci baik itu kunci ring, kunci pas, maupun kunci sock. Yang bertindak sebagai pemberi gaya atau torsi adalah tangan manusia, baut sendiri menjadi pusat rotasi dan jarak baut ke posisi tangan (melalui kunci) disebut dengan lengan gaya.

2. Membuka Mur Pada Roda Dengan Kunci

Selanjutnya adalah membuka mur pada roda dengan kunci. Sama seperti saat membuka baut, membuka mur pada as (baut) roda pun membutuhkan torsi yang mana tangan masih menjadi pemberi gaya dan pusat rotasi ada pada bagian as (baut) roda atau pada sekitaran mur.

3. Membuka Pintu Engsel

Sumber: pxhere.com

Pintu yang kita maksud adalah pintu yang menggunakan engsel dan bukan pintu geser ya. Pada kasus ini, yang menjadi pemberi gaya adalah tangan kita sedangkan pusat rotasi adalah bagian as engsel.

4. Membuka Tutup Botol Air Mineral

Sumber: pxhere.com

Tutup botol air mineral biasanya menggunakan tutup yang diputar untuk urusan pengencangan dan pelonggaran tutupnya (buka/ tutup). Lengan menjadi pemberi gaya, sedangkan pusat rotasi ada di bagian tutup botol atau bagian mulut botol.

Baca :   80 Cm Sama Dengan Berapa Meter

5. Membuka Sekrup Dengan Obeng

Sumber: elppas.com

Tahu bedanya sekrup dan baut? Jika tidak tahu, coba baca di sini:

Perbedaan Baut dan Sekrup
. Jadi pada contoh ini, yang bertindak menjadi pemberi gaya ada lengan, sedangkan jarak antara sekrup dan tangan (melalui obeng) dinamakan dengan lengan gaya.

6. Menggunting Benda Dengan Gunting

Ketika kita menggunting benda dengan gunting baik itu kertas, plastik, hingga rambut, maka akan ada torsi atau gaya yang terjadi. Dimana yang menjadi pusat rotasi adalah bagian titik silang gunting, sedangkan yang memberi torsi adalah dua jari kita.

7. Bermain Yo-Yo

Sumber: kaskus.co.id

Bermain yo-yo juga termasuk contoh torsi dalam kehidupan sehari-hari. Pusat rotasinya adalah yo-yo, sedangkan jarak antara yo-yo dengan tangan disebut dengan lengan gaya.

8. Bermain Jungkat-Jungkit

Sumber: tokopedia.com

Poros pada jungkat-jungkit merupakan pusat dari rotasi, sedangkan pemberi gaya adalah dua orang di ujung jungkat-jungkit. Jarak antara poros jungkat-jungkit dengan tiap ujung jungkat-jungkit dinamakan dengan lengan gaya.

9. Menimba Air Dengan Katrol

Sumber: shopee.co.id

Katrol menjadi pusat rotasi, sedangkan pemberi gaya adalah lengan kita atau mungkin mesin jika penggunaannya pada sektor industri.

10. Mencabut Paku Dengan Palu Martil

Ketika kita mengungkit paku dengan palu martil, maka akan ada gaya atau torsi yang digunakan. Dimana pusat rotasinya area “ungkit” dari palu itu sendiri.

11. Membuka Kaca Mobil Dengan Diputar

Sumber: sadewayes.blogspot.com

Jika mobil kita menggunakan kaca yang harus dibuka secara manual dengan cara diputar pada bagian tuasnya, maka aktivitas tersebut pun merupakan salah satu contoh torsi dalam kehidupan sehari-hari.

12. Menggunakan Tang Potong

Sumber: lazada.co.id

Tang potong baik itu untuk memotong kabel atau pelat besi, merupakan salah satu contoh torsi dalam kehidupan sehari-hari. Dimana titik rotasinya ada di bagian silang dari tang tersebut (sama seperti gunting).

13. Memutar Knob Gitar

Knob pada gitar atau pada komponen sound sistem lain merupakan salah satu contoh torsi dalam kehidupan sehari-hari.

14. Memutar Dryer Gitar

Sumber: facebook.com

Dryer gitar merupakan salah satu komponen pada gitar yang fungsinya adalah untuk melakukan penyetelan suara gitar (kerenggangan senar). Pusat rotasi ada pada dryer itu sendiri, sedangkan pemberi gaya adalah lengan.

15. Memasang Bola Lampu Di Rumah

Ilustrasi. Sumber: shopee.co.id

Jika kita menggunakan lampu yang cara pasangnya adalah dengan cara diputar, maka itu juga merupakan salah satu contoh torsi pada kehidupan sehari-hari.

Sebenarnya masih banyak lagi contohnya, sisanya mungkin bisa kalian kembangkan sendiri. Nah artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Wassalamu’alaikum.

Contoh Torsi Dalam Kehidupan Sehari Hari

Sumber: https://memenangkan.com/sebutkan-contoh-torsi-dan-momen-inersia-dalam-kehidupan-sehari-hari

Check Also

Harga Beras 10 Kg Di Pasar

Harga Beras 10 Kg Di Pasar 4 menit Kamu pasti sudah sering sekali mendengar ungkapan, …