Semua makhluk hidup di bumi ini membutuhkan energi untuk mempertahankan keberlangsungan hidupnya. Dimana, ada banyak sekali macam-macam energi dan masing-masing energi sudah memiliki fungsinya sendiri. Namun, sesuai dengan bunyi hukum kekekalan energi, bahwa energi dapat diubah dari satu bentuk energi ke bentuk energi yang lain (transformasi energi), sehingga energi tidak akan hilang. Nah, ada beberapa perubahan bentuk energi. Apa saja?

Pada dasarnya, energi adalah daya atau kekuataan yang bisa digunakan untuk melakukan berbagai proses kegiatan. Energi mempunyai berbagai macam bentuk yang bisa memberikan manfaat bagi kehidupan manusia antara lain ; energi kinetik, energi potensial, cahaya, energi listrik, energi bunyi, kimia, energi panas, dan energi angin.

Nah, dalam kehidupan sehari-hari kita dapat menemukan perubahan bentuk energi tersebut. Ada beberapa contoh perubahan bentuk energi antara lain :

  1. Energi Listrik Menjadi Energi Gerak

Energi listrik yang dialirkan pada motor listrik, sumbu motor listrik akan berputar. Gerakan berputar pada motor listrik inilah yang membuat benda-benda disekitar dapat berfungsi. Selain itu, energi listrik juga dapat menjalankan kereta listrik dan mobil listrik.

  1. Energi Listrik Menjadi Energi Bunyi

Apabila kita berbicara dengan microfon, maka akan ada perubahan bentuk energi dari energi listrik menjadi energi bunyi. Contohnya adalah radio.

Baca juga: Mengenal Bentuk-bentuk Energi

  1. Energi Listrik Menjadi Energi Termal

Contoh energi listrik yang dapat diubah menjadi energi termal seperti penanak nasi, setrika, dan cahaya lampu juga dapat dikatakan perubahan energi listrik menjadi energi termal sehingga dapat digunakan untuk pengeraman telur.

  1. Energi Kimia Menjadi Energi Listrik

Aki merupakan benda yang memiliki energi kimia di dalamnya, namun jika digunakan pada mobil atau motor maka ada perubahan bentuk energi, menjadi energi listrik sehingga mobil atau motor dapat bergerak.

  1. Energi Cahaya Matahari Menjadi Energi Listrik
Baca :   Senyawa Alkena Berikut Yang Tidak Mempunyai Isomer Geometri Adalah

Seperti yang kita ketahui sel surya dapat digunakan untuk menyalurkan energi listrik. Sel surya merupakan salah satu contoh perubahan energi cahaya matahari yang berubah menjadi energi listrik.

  1. Energi Cahaya Matahari Menjadi Energi Kimia

Energi matahari banyak memiliki manfaat untuk aktivitas dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu bentuk perubahan energi cahaya matahari menjadi energi kimia adalah ketika proses fotosintesis.

Tumbuhan mengambil gas karbon dioksida dan air yang nantinya bereaksi dengan bantuan klorofil dan cahaya matahari sehingga menghasilkan karbohidrat yang merupakan sumber makanan untuk tumbuhan itu sendiri dan oksigen yang digunakan oleh makhluk hidup untuk bernafas.

  1. Energi Kimia Menjadi Energi Termal dan Energi Gerak

Energi kimia yang terdapat pada benda contohnya terdapat pada setiap kendaraan yang mana energi kimia terdapat pada bahan bakar kendaraan. Kemudian energi kimia tersebut berubah menjadi energi termal akibat pembakaran pada bahan bakar yang terjadi di mesin, setelah berubah menjadi energi termal, energi tersebut berubah menjadi energi gerak yang menyebabkan kendaraan dapat bergerak.

Selain itu, energi kimia juga terdapat pada makanan yang kita makan kemudian energi tersebut berubah menjadi energi termal ketika proses respirasi sehingga dapat memanaskan tubuh kita. Selain itu energi kimia yang terdapat pada makanan juga dapat digunakan untuk melakukan usaha dan kerja sehingga tubuh kita bergerak.

Please follow and like us: