Contoh Penerapan Ilmu Kimia Dalam Bidang Biologi

KlikBelajar.com – Contoh Penerapan Ilmu Kimia Dalam Bidang Biologi

Ilmu kimia adalah ilmu yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari atau gejala-gejala alam yang meliputi struktur, susunan, sifat, dan perubahan materi serta energi yang menyertainya. Ilmu kimia disebut juga sebagai
central of sciencekarena peranannya sangat penting di antara ilmu-ilmu lain. Ilmu kimia tidak hanya terbatas dalam laboratorium, namun ilmu kimia adalah ilmu inti dari berbagaimacam ilmu. Peran ilmu kimia dalam kehidupan sangatlah penting karena kimia bisa diterapkan dalam berbagai macam bidang, diantaranya diterapkan dalam bidang kedokteran, pertanian, geologi, biologi, hukum, mesin, teknik sipil, industri, dan arkeologi.

1. Peran Ilmu Kimia dalam Bidang Kesehatan dan Kedokteran

Kimia dalam Kedokteran

Peran ilmu kimia dalam bidang kesehatan dan kedokteran salah satunya yaitu memudahkan para dokter untuk mendiagnosa beberapa penyakit interaksi kimia dalam tubuh manusia, seperti pada sistem pencernaan, sistem pernapasan, dan sistem ekskresi.

Ilmu kimia juga sangat perberan penting dalam proses pembuatan obat-obatan, karena setiap obat dibuat berdasarkan hasil penelitian terhadap proses dan reaksi bahan kimia yang berkhasiat terhadap suatu penyakit. Hampir keseluruhan obat yang ada dalam rumah sakit dan toko-toko obat semuanya berasal dari proses dan reaksi kimia. Obat-obatan ini telah melalui berbagai riset sebelum digunakan sebagai media dalam proses penyembuhan manusia dari sakitnya.

2. Peran Ilmu Kimia dalam Bidang Pertanian

Kimia dalam Pertanian

Kimia dalam Pertanian

Peran ilmu kimia dalam bidang pertanian antara lain:

  • Penggunaan pupuk sintetis yang baik sehingga dapat meningkatkan hasil pertanian tanpa merusak lingkungan.
  • Penggunaan bahan kimia pestisida sebagai pengendali hama.
  • Penggunaan herbisida untuk mencegah dan membasmi serangan tanaman pengganggu atau gulma, seperti alang-alang dan rumput.
  • Penemuan faktor penentu keturunan makhluk hidup sehingga dapat diperoleh individu dengan sifat-sifat yang diinginkan.
  • Pemuliaan tanaman dan ternak dapat meningkatkan produktivitas pertanian.
Baca :   Unsur Unsur Bangun Ruang Sisi Lengkung

Namun, perlu kita ketahui jika bahan-bahan kimia juga memiliki dampak negatif jika digunakan dalam konsentrasi yang tinggi dan jangka waktu yang lama. Bukan hanya membahayakan hama tanaman, tetapi juga berbahaya buat manusia dan lingkungan.

3. Peran Ilmu Kimia dalam Bidang Geologi

Kimia dalam Geologi

Kimia dalam Geologi

Untuk bisa menemukan material-material dalam tanah, seperti mineral, minyak bumi, gas, dan batubara. Para ahli geologi harus mempelajari dasar-dasar ilmu kimia terlebih dahulu. Karena ilmu kimia dalam bidang ini digunakan untuk memahami tentang benda-benda alam.

4. Peran Ilmu Kimia dalam Bidang Biologi

Kimia dalam Biologi

Kimia dalam Biologi

Ketika kita belajar biologi, berarti kita juga harus belajar kimia. Karena dalam biologi ada beberapa proses bahkan hampir keseluruhan menggunakan proses kimia. Seperti proses pencernaan makanan, metabolisme, fotosintesis, fermentasi, dan lain-lain. Supaya kita bisa memahami itu semua, maka kita juga harus belajar tentang sifat-sifat senyawa yang ada, seperti protein, karbohidrat, lemak, dan lain-lain.

5. Peran Ilmu Kimia dalam Bidang Hukum

Kimia dalam Hukum

Kimia dalam Hukum

Sebelum difonis mendapatkan hukuman, seorang tersangka kriminalitas akan diperiksa terlebih dahulu barang bukti yang ada dengan mengecek kecocokan DNA. Disinilah ilmu kimia digunakan.

6. Peran Ilmu Kimia dalam Bidang Mesin

Kimia dalam Mesin

Kimia dalam Mesin

Setiap mesin pasti menggunakan logam. Untuk mengetahui logam yang mana dan kecocokannya dengan mesin yang akan dikembangkan, maka ahli mesin harus mempelajari setiap logam yang ada dialam ini. Disinilah letak ilmu kimia diterapkan dalam bidang mesin.

7. Peran Ilmu Kimia dalam Bidang Teknik Sipil

Kimia dalam Teknik Sipil

Kimia dalam Teknik Sipil

Kayu, cat, semen, paku, besi, lem, paralon, dan sebagainya adalah bahan-bahan yang wajib digunakan dalam tekni sipil. Semua bahan-bahan ini adalah produk dari penerapan ilmu kimia. Selain makromolekul jenis ini, bahan-bahan ini juga di uji kualitasnya menggunakan ilmu kimia juga.

Baca :   Apabila Ikan Berada Dalam Akuarium Seperti Terlihat Pada Gambar

8. Peran Ilmu Kimia dalam Bidang Industri

Kimia dalam Industri

Kimia dalam Industri

Tentu, ilmu kimia adalah komponen paling penting dalam bidang industri. Karena semua peralatan dan produk yang akan dihasilkan semuanya menerapkan ilmu kimia. Contoh prosuk yang dihasilkan dari penerapan kimia dalam bidang industri yaitu baju, sepatu, cat, dan lain-lain.

9. Peran Ilmu Kimia dalam Bidang Arkeologi

Kimia dalam Arkeologi

Kimia dalam Arkeologi

Ilmu kimia mempelajari tentang radioisotop. Radioisotop, diterapkan dalam bidang arkeologi dimana penerapannya ini digunakan untuk menentukan usia dari suatu fosil.

Sekarang sobat sudah mengetahui peran kimia dalam kehidupan. Supaya sobat lebih familiar dengan kimia. Sobat juga perlu mengetahui hakikat ilmu kimia itu sendiri. Jika sobat belum tau hakikat dari ilmu kimia. Sobat bisa baca
di artikel yang satu ini.

Contoh Penerapan Ilmu Kimia Dalam Bidang Biologi

Sumber: https://materikimia.com/9-peran-ilmu-kimia-dalam-kehidupan-sehari-hari/

Check Also

Harga Beras 10 Kg Di Pasar

Harga Beras 10 Kg Di Pasar 4 menit Kamu pasti sudah sering sekali mendengar ungkapan, …