Contoh Mutagen Fisika

Contoh Mutagen Fisika.

Berikut ini akan kita bahas secara ringkas materi mengenai Penyebab Mutasi, mutasi gen, penyebab mutasi gen, mutasi buatan, mutasi alami, mutagen kimia, mutagen fisika.

Mutasi dapat terjadi karena beberapa hal. Zat atau bahan yang dapat mengakibatkan terjadinya mutasi disebut mutagen.

Mutagen dibedakan menjadi dua macam, yakni
mutagen alami
dan
mutagen buatan.

Mutasi dapat terjadi secara alami sebagai hasil dari kesalahan yang jarang terjadi pada replikasi Deoxyribonucleic acid saat pembelahan sel.

Replikasi tidak selalu 100% akurat dalam mengopi jutaan unit basa dalam satu molekul Deoxyribonucleic acid. Mutasi alami sangat jarang terjadi.

Mutasi alami dapat disebabkan oleh beberapa hal di antaranya sinar radioaktif, sinar kosmis, sinar ultraviolet, dan kesalahan ketika replikasi DNA.

Sinar radioaktif misalnya yang dipancarkan oleh uranium yang masuk ke tubuh, dapat menyebabkan gen rusak sehingga mengakibatkan mutasi.

Sinar kosmis merupakan sinar yang memiliki daya tembus tinggi untuk menembus sel. Oleh karena daya tembusnya ini, sinar kosmis mampu mengakibatkan mutasi secara genetis.

Sinar ultraviolet mampu mengakibatkan mutasi karena memiliki energi cukup besar untuk memengaruhi komposisi gen.

Adapun kesalahan ketika replikasi Dna dapat mengakibatkan mutasi, seperti pada jagung yang diteliti oleh
Barbara McClintock.

Jagung yang diteliti, warna bijinya berubah sehingga dalam satu bonggol jagung terdapat warna biji yang berbeda.

Mutagen buatan merupakan penyebab terjadinya mutasi buatan. Mutagen buatan terdiri atas
mutagen kimia
dan
mutagen fisika.

Mutagen kimia terdiri atas bahan-bahan kimia. Bahan kimia tersebut contohnya Ddt, pestisida, dan fumigant.

Bahan-bahan tersebut sering digunakan dalam bidang pertanian. Contoh bahan kimia lainnya yang menjadi bahan mutagen buatan adalah formaldehida dan gliserol.

Bahan tersebut merupakan mutagen bagi jamur, bakteri, dan serangga. Mutasi buatan dari mutagen kimia yang dilakukan pada tumbuhan dapat menghasilkan keturunan poliploid.

Semangka tanpa biji dapat diperoleh melalui pemberian
kolkisin yang dapat menyebabkan kromosom gagal berpisah

Misalnya, didapatkan buah yang tidak berbiji dan besar, seperti semangka tanpa biji, jambu tanpa biji, dan lain sebagainya. Hal ini dapat terjadi karena adanya mutagen kimia kolkisin.

Mutasi buatan secara fisika dapat terjadi oleh beberapa macam mutagen, yakni sinar 10, sinar 􀁂, sinar 􀁃, sinar 􀁈.

Baca :   Semua Jenis Logam Umumnya Memiliki Sifat

Keempat jenis sinar tersebut mampu mengakibatkan mutasi. Kebanyakan mutagen fisika digunakan untuk keuntungan manusia dalam berbagai bidang.

Contohnya dalam bidang kesehatan, penggunaan sinar Ten atau rontgen digunakan untuk menghambat pembelahan sel-sel tumor.

Selain itu sinar X juga mampu menimbulkan ionisasi atom-atom yang terkandung dalam Deoxyribonucleic acid sehingga mampu mengakibatkan mutasi gen dan mutasi kromosom.

Berdasarkan manfaatnya baik bagi individu atau populasi, mutasi ada yang merugikan dan ada pula yang menguntungkan.

Tuliskan contoh mutagen fisika, mutagen kimia, dan mutagen biologi.







Pembahasan:


  1. Mutagen Fisika :

    suhu tinggi; sinar-
    sinar berenergi tinggi seperti sinar α, β, dan γ; sinar
    X, dan sinar ultraviolet.
  2. Mutagen Kimia :
    pestisida, asam nitrit, agen alkilase, benzopyrene, zat digitonin dan kolkisin, akridin, v-bromourasil, dan asam nitrat.
  3. Mutagen Biologi :
    organisme seperti virus dan bakteri.

————#————

Jangan lupa tinggalkan komentar & sarannya ya 🙂

Electronic mail :

You’re Reading a Free Preview

Pages

7

to

16

are not shown in this preview.

  • Tentang
  • Panduan Pengguna
  • Kebijakan Cookie
  • Daftar Isi

A. Penyebab Mutasi


Mutasi dapat terjadi baik secara spontan ataupun rangsangan dari luar. Mutasi spontan terjadi disebabkan karena kesalahan acak dalam proses replikasi atau saat pembelahan sel. Penyebab mutasi yang terjadi secara spontan misalnya kesalahan mitosis dan meiosis, saat sitokinesis sel tidak terbagi menjadi dua sel baru sehingga kromosom yang telah digandakan tetap berada dalam satu sel. Contoh lain adalah rekombinasi, yaitu perubahan akibat masuknya gen-gen atau segmen DNA dari molekul DNA (kromosom) lain ke dalam suatu molekul Dna.

       Mutasi yang terjadi akibat rangsangan dari luar bisa bersifat alami maupun buatan. Mutasi yang bersifat alami terjadi secara kebetulan di alam dan biasanya jarang terjadi. Contoh mutagen alam adalah sinar kosmis, radioaktif alam, sinar ultraviolet.       Mutasi buatan, yaitu mutasi yang terjadi karena campur tangan manusia. Mutasi buatan ini banyak dilakukan terhadap tanaman, misalnya tomat, anggur, jambu dan sebagainya. Dipandang dari sudut manusia mutasi buatan ini sangat menguntungkan karena dapat memberikan hasil produksi yang cukup tinggi. Melalui mutasi buatan ini buah yang dihasilkan besar-besar dan tidak memiliki biji. Tanaman ini, umumya menjadi poliploid yaitu kromosom menjadi bertambah banyak. Akan tetapi dipandang dari segi tumbuhan itu sendiri, mutasi buatan yang menyebabkan poliploidi adalah tidak menguntungkan karena tanaman poliploid umumnya gagal. Untuk menyebabkan tanaman poliploidi harus dilakukan pembibitan secara terus-menerus. Pada sayuran, mutasi buatan biasa dilakukan pada tanaman kubis (kol).

Baca :   Sifat Bayangan Yang Dibentuk Oleh Cermin Datar Adalah

Bahan-bahan yang dapat menyebabkan mutasi disebut mutagen.
Mutagen dapat dibedakan menjadi tiga, yaitu:

ane. Mutagen Kimia       Bahan-bahan yang dapat menyebabkan mutasi antara lain formaldehida, kolkisin, akridin, etil metan sulfat (EMS), etil etan sulfanoat (EES), asam nitrit, hidrogen peroksida, kafein, bahan pengawet, dan lain-lain.

2. Mutagen Fisika

       Bahan-bahan fisika yang dapat menyebabkan mutasi antara lain suhu, sinar ultraviolet, sinar x, sinar gamma, partikel a dan b, neutron, dan radiasi kosmis.

3. Mutagen Biologi

       Bahan-bahan biologi yang dapat menyebabkan mutasi antara lain virus dan bakteri. Selain itu ada mutagen biologi yang sering menyebabkan. yaitu elemen loncat adalah rangkaian nukleotida atau DNA yang dapat berpindah tempat.

B. Dampak Mutasi bagi Kehidupan

       Mutasi menyebabkan banyak sekali dampak baik negatif maupun positif.

1. Dampak Negatif

       Mutasi menyebabkan timbulnya beragam jenis penyakit berbahaya seperti sindrom, kanker.

ii. Dampak Positif

       Walaupun mutasi bersifat merugikan tetapi dalam beberapa hal juga berguna bagi manusia, misalnya:a. Dapat meningkatkan hasil panen produksi pangan (gandum, tomat, kacang tanah, kelapa poliploidi, kol poliploidi).b. Dapat meningkatkan hasil antibiotika (mutan Penicillium).c. Dapat memeriksa proses biologi (transpor elektron pada fotosintesis, fiksasi nitrogen pada bakteri).d. Proses penting untuk evolusi dan variasi genetik.

e. Dapat menambah keanekaragaman.

Related Posts :


Mutasi gen menjadi salah satu fenomena yang merubah peradaban di muka bumi ini.





Hal ini menjadi tantangan bagi ilmuwan untuk mencari tahu penyebab dan dampak dari fenomena tersebut.





Berdasarkan  sifatnya, mutagen dibagi menjadi  tiga  macam,  yaitu  mutagen  fisika, kimia, dan biologi.

Struktur gen


a. Mutagen fisika

Mutasi  yang  disebabkan  oleh  mutagen  fisika  antara  lain  adalah  putusnya  ikatan gen-gen atau berubahnya susunan kimia gen-gen. Berikut ini adalah contoh-contoh mutagen fisika.

1.) Suhu tinggi, dapat mendorong terjadinya autopoliploid, misalnya pada jagung.ii.) Sinar 10, umumnya digunakan pada rontgen.3.) Sinar ultraviolet, berasal dari matahari, dapat memicu timbulnya kanker kulit.

Baca :   Bayangan Yang Dibentuk Oleh Lensa Cembung Adalah

4.) Sinar-sinar  berenergi  tinggi,  seperti α, β, γ,  dan  neutron  yang  menimbulkan reaksi ionisasi sehingga mendorong terjadinya aberasi kromosom.


b. Mutagen kimia

Mutagen  kimia  menyebabkan  mutasi  dengan  cara  mengubah  susunan  kimia  pada kromosom.





Mutagen ini  umumnya  bersifat  racun  yang  tidak  dapat  larut  dalam  air, tetapi  dapat  terikat  dengan  lemak  sehingga  menimbulkan  penimbunan  dalam tubuh. Berikut ini adalah contoh-contoh mutagen kimia.

Mutasi gen

one.) PestisidaPestisida seperti DDT dapat memicu munculnya karsinoma, yaitu kanker pada sel-sel epitel yang dapat menutupi organ-organ tubuh.2.) Asam nitritAsam nitrit dapat menyebabkan deaminasi oksidatif pada basa nitrogen adenin, guanin, dan sitosin pada rantai Deoxyribonucleic acid sehingga menyebabkan delesi.3.) Agen alkilaseSenyawa  yang  tergolong  alkilase  adalah  gas  mustard  atau  dimetil  sulfat. Senyawa  ini  akan  memberikan  gugus  alkilnya  yang  dapat  bereaksi  dengan gugus fosfat. Akibatnya, proses replikasi DNA bisa terganggu.4.) AkridinSenyawa ini dapat menyebabkan pita DNA kaku dan patah.5.) Digitonin dan kolkisin

Senyawa-senyawa tersebut dapat menghambat terbentuknya benang-benang spindel  sehingga  pada  saat  anafase,  kromatid  sulit  memisah  ke  kutub-kutub. Hal ini mengakibatkan jumlah kromosom menjadi dua kali lipat. Digitonin dan kolkisin ini digunakan untuk membuat buah poliploid.

6.)

Asam nitrat

Senyawa ini mampu mengubah gugus amina (NH2) menjadi gugus keton (C = O). Hal ini menyebabkan basa sitosin berubah menjadi basa urasil.7.) BenzopyreneSenyawa   ini   terkandung   di   dalam   asap   rokok   dan   dapat   menyebabkan timbulnya tumor pada organ pernapasan.8.) 5-bromourasil (5-BU)

Senyawa  ini  analog  dengan  timin  dan  mampu  mengambil  alih  posisi  basa nitrogen.

c. Mutagen biologiMutagen biologi adalah mutagen berupa mikroorganisme seperti virus dan bakteri. Mutagen ini dapat merusak kromosom, sehingga dapat menyebabkan sel menjadi abnormal. Berdasarkan  sumbernya,  mutagen  terdiri  atas  mutagen  alami  dan  mutagen buatan.i.) Mutagen alamiContoh  mutagen  alami  adalah  sinar  matahari,  sinar  ultraviolet,  sinar  kosmis, unsur radioaktif, gas-gas yang berasal dari bumi, serta virus dan bakteri.ii.) Mutagen buatanContoh  mutagen  buatan  adalah  pestisida,  formalin,  boraks,  sinar  X,  sinar α,

sinar β, sinar γ, narkoba, serta radiasi yang berasal dari televisi atau komputer.

Gambar: disini, disini

Contoh Mutagen Fisika

Source: https://ujiansekolah.org/sebutkan-contoh-mutagen-fisika-dan-dampaknya-terhadap-kesehatan-tubuh/

Check Also

Contoh Soal Perkalian Vektor

Contoh Soal Perkalian Vektor. Web log Koma – Setelah mempelajari beberapa operasi hitung pada vektor …