Contoh Fisika Dalam Kehidupan Sehari Hari

KlikBelajar.com – Contoh Fisika Dalam Kehidupan Sehari Hari

20 APLIKASI ATAU PENERAPAN FISIKA DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI


Soal Dan Penyelesaian Fisika SMA
– Beberapa Penerapan Fisika dalam Kehidupan sehari-hari.

Banyak peristiwa dalam kehidupan kita yang melibatkan ilmu Fisika baik kita sadari maupun tanpa kita sadari. Semakin kita memahami ilmu Fisika kita akan mengetahui bahwa ilmu Fisika mempunyai cakupan yang luas.



PENERAPAN FISIKA DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI


Beberapa Penggunaan Fisika dalam kehidupan antara lain pada:energi, industri, kedokteran, pertanian, telekomunikasi, transportasi, dan kelautan.

Berikut adalah beberapa contoh aplikasi ilmu Fisika dalam kehidupan sehari-hari.

1. Aplikasi Fisika Pada Gerak Lurus Beraturan


Gerak Lurus Beraturan (GLB) merupakan gerak yang memiliki kecepatan yang konstan. Walaupun GLB sulit ditemukan dalam kehidupan sehari-hari, tetapi beberapa gerak dapat

dianggap

sebagai GLB.

Contoh:

  1. Kendaraan yang melewati jalan tol.
    Walaupun terdapat tikungan pada jalan tol, kendaraan beroda bisa melakukan GLB pada jalan tol hal ini jika lintasan tol lurus. Kendaraan yang bergerak pada jalan tol juga kadang mempunyai kecepatan yang tetap.
  2. Gerakan kereta api atau kereta listrik di atas rel.
    Lintasan rel kereta kadang lurus, walaupun jaraknya hanya beberapa kilometer. Kereta api melakukan GLB ketika bergerak di atas lintasan rel yang lurus tersebut dengan laju tetap.
  3. Kapal laut yang menyeberangi lautan atau samudra. Ketika melewati laut lepas, kapal laut biasanya bergerak pada lintasan yang lurus dengan kecepatan tetap. Ketika hendak tiba di pelabuhan tujuan, biasanya kapal baru mengubah haluan dan mengurangi kecepatannya.
  4. Gerakan pesawat terbang.
    Pesawat terbang juga biasa melakukan GLB. Setelah lepas landas, pesawat terbang biasanya bergerak pada lintasan lurus dengan dengan laju tetap. Walaupun demikian, pesawat juga mengubah arah geraknya ketika hendak tiba di bandara tujuan.

2.
Aplikasi Fisika Pada
 GLBB.


GLBB merupakan gerak lurus berubah beraturan, kecepatan gerak benda bertambah secara teratur atau berkurang secara teratur. Perubahan kecepatan tersebut dinamakan percepatan.

Baca :   Contoh Peristiwa Yang Menunjukkan Cahaya Dapat Diuraikan Adalah Terjadinya

Contoh GLBB dalam kehidupan sehari-hari pada gerak horizontal nyaris tidak ada.

3.
Aplikasi Fisika Pada
Penggunaan Radioaktif Untuk PLTN


APLIKASI ATAU PENERAPAN FISIKA DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARIRadioaktif adalah unsur-unsur yang mengandung inti tidak stabil.

Energi yang tersimpan dalam bahan Radioaktif  tersebut mampu memenuhi kebutuhan listrik suatu negara.

4.
Aplikasi Fisika Pada
Penggunaan Panel Surya Sebagai Penghasil Listrik


Panel surya bekerja berdasarkan prinsip efek fotolistrik. Efek fotolistrik adalah peristiwa terpentalnya elektron dari permukaan logam ketika disinari oleh seberkas sinar.APLIKASI ATAU PENERAPAN FISIKA DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI

Prinsip ini kemudian diaplikasikan pada panel surya, alat yang bisa menghasilkan listrik ketika disinari cahaya matahari.

5.
Aplikasi Fisika Pada
Penggunaan Generator Listrik


APLIKASI ATAU PENERAPAN FISIKA DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI

Dalam menghasilkan listrik, generator bekerja berdasarkan prinsip induksi elektromagnetik. Dengan generator, manusia bisa menghasilkan listrik yang digunakan untuk menyalakan berbagai jenis peralatan.

6.
Aplikasi Fisika Pada
Sinar Rontgen atau sinar X


APLIKASI ATAU PENERAPAN FISIKA DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARIRontgen menggunakan radiasi gelombang elektromagnetik untuk menampilkan citra bagian dalam tubuh. Alat ini mengikuti nama penemunya yaitu Wilhelm Conrad Röntgen.

7.
Aplikasi Fisika Pada
Tensimeter


APLIKASI ATAU PENERAPAN FISIKA DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARITensimeter berfungsi untuk mengukur tekanan darah pasien, yang bekerja berdasarkan hukum Pascal.

8.
Aplikasi Fisika Pada
Sterilisasi Alat Kesehatan


APLIKASI ATAU PENERAPAN FISIKA DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARIAlat-alat kesehatan sangat rentan terkenal virus atau bakteri setelah digunakan. Tindakan sterilisasi kepada seluruh alat tersebut sebelum digunakan kembali sering menggunakan gelombang elektromagnetik.

9.
Aplikasi Fisika Pada
Pengairan


Salah satu metode yang sering digunakan adalah

pengairan dengan sistem gravitasi.

APLIKASI ATAU PENERAPAN FISIKA DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI

Metode ini sangat hemat energi karena hanya menggunakan tenaga dari gravitasi. Air dialirkan dari tempat yang tinggi menuju ke tempat yang rendah dengan bantuan gravitasi.

10.
Aplikasi Fisika Pada
Pemberantasan Hama Pertanian


Salah satu metode yang bisa digunakan untuk memberantas hama adalah memanfaatkan sinar lampu. Sinar dari lampu akan menarik hama, kemudian mati karena terkena arus listrik dari kawat kasanya.

11.
Aplikasi Fisika Pada
Serat Optik pada Jaringan Internet


APLIKASI ATAU PENERAPAN FISIKA DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARISerat optik adalah salah satu contoh teknologi yang bekerja berdasarkan prinsip fisika.

Baca :   Karangan Bunga Di Sidoarjo

Cahaya digunakan sebagai media pembawa informasi sehingga bisa sampai dengan sangat cepat, secepat kecepatan cahaya. Sekarang ini, serat optik banyak digunakan dalam jaringan internet menggantikan kabel tembaga.

Saat menggunakan kabel tembaga kecepatan internet hanya beberapa Mbps, dengan serat optik kecepatan internet meningkat ribuan kali lipat, bisa mencapai 100 Gbps.

12.
Aplikasi Fisika

Penggunaan Gelombang Elektromagnetik Handphone
.


Satu lagi temuan fisika yang berguna dalam bidang telekomunikasi, yaitu gelombang elektromagnetik.APLIKASI ATAU PENERAPAN FISIKA DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI

Selain Radio dan TV, teknologi komunikasi yang juga menggunakan gelombang elektromagnetik adalah handphone. Berkat handphone, kita bisa melakukan komunikasi dari jarak jauh.

13.
Aplikasi Fisika Pada
Global Positioning System (GPS)


GPS dapat memberikan ketelitian posisi yang spektrumnya cukup luas dari orde
milimeter
sampai dengan orde
puluhan meter.Tingkat akurasi lokasi dari GPS disebabkan adanya efek relativitas.

Satelit berada di luar angkasa dengan jarak sekitar 20,300 km dari bumi dan bergerak dengan kecepatan 10 ribu km/jam, menyebabkan adanya perbedaan ‘waktu’ antara bumi dengan satelit, yang mencapai 4 µs. Ditambah dengan efek gravitasi, maka perbedaan itu menjadi 7 µs.

APLIKASI ATAU PENERAPAN FISIKA DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI

Jika tidak ada perbedaan ini, maka efeknya akan sangat terasa.

Jika tidak ada relativitas, maka GPS akan menyebutkan jarak Rumah ke sekolah 0,8 km. Padahal, jaraknya sebenarnya bisa mencapai 8 km.


14.
Aplikasi Fisika Pada
Sayap Pesawat Terbang


Salah satu penerapan fisika pada industri pesawat terbang adalah pada proses pembuatan sayap pesawat terbang.

Dengan modifikasi tertentu menggunakan prinsip-prinsip fisika, sayap dapat menghasilkan gaya angkat sehingga dapat menahan pesawat di udara.APLIKASI ATAU PENERAPAN FISIKA DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARIPrinsip fisika yang mendasari cara kerja pesawat terbang adalah Hukum Bernoulli.

15.
Aplikasi Fisika Pada
Kereta Api Maglev (magnetik levitasi)


Jenis transportasi lainnya yang menggunakan prinsip fisika adalah kereta api levitasi magnetik.

Sesuai dengan namanya, kereta api ini menggunakan magnet sebagai tenaga pengangkat dan pendorong kereta.
APLIKASI ATAU PENERAPAN FISIKA DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARIDengan memanfaatkan gaya tolak magnet, kereta akan mengambang tidak menyentuh rel, sehingga gaya gesek dapat dikurangi. Dengan begitu, kereta ini dapat melaju dengan sangat cepat bahkan di atas 600 km/jam.

Baca :   Bentuk Persen Dari 14 25 Adalah

16.
Aplikasi Fisika

untuk Mengukur Kedalaman Laut


Prinsip fisika yang mendasari alat ini adalah pemantulan gelombang.

APLIKASI ATAU PENERAPAN FISIKA DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARISonar akan membangkitkan gelombang yang akan merambat sampai ke dasar laut, kemudian menerima pantulannya.

Lama penerimaan pantulan tersebut digunakan untuk menentukan kedalaman lautan.

17.
Aplikasi Fisika Pada
Gelombang Suara untuk Menarik Ikan


Fisika juga mendasari pembuatan teknologi pemanggil ikan dengan memanfaatkan gelombang suara.

Alat ini akan mengeluarkan gelombang suara yang bisa menarik perhatian ikan untuk berkumpul di sekitar alat. Dengan cara ini, hasil tangkapan ikan akan meningkat.

18.
Aplikasi Fisika Pada
Industri Pembuatan Garam


Garam dihasilkan dari air laut dengan memanfaatkan prinsip penguapan.APLIKASI ATAU PENERAPAN FISIKA DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARIProses pembuatan garam didahului dengan menjemur air laut di atas sebuah bidang. Sinar matahari akan memulai proses penguapan.

Hasil akhir dari penguapan tersebut adalah kristal-kristal garam yang tertinggal di atas bidang. Kristal garam inilah yang diolah lebih lanjut menjadi garam dapur.

19.
Aplikasi Fisika Pada
Industri Pengolahan Minyak Bumi


Prinsip fisika yang digunakan pada industri ini adalah termodinamika. Sebelum digunakan, minyak mentah yang berasal dari dalam tanah harus dimurnikan terlebih dahulu dengan pemanasan.APLIKASI ATAU PENERAPAN FISIKA DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARIPemurnian ini bertujuan untuk memisahkan zat-zat penyusun minyak mentah berdasarkan perbedaan titik didih saat dipanaskan.

Proses ini disebut juga dengan penyulingan. Hasilnya adalah bensin, solar, oli, dan gas.

20.
Aplikasi Fisika Pada
Industri Pembuatan Kayu Plywood (triplex)


Pada industri pembuatan kayu Plywood (triplex), prinsip fisika yang digunakan adalah tekanan. Kayu ini dibuat dengan cara menyusun beberapa lembaran tipis kayu yang dibuat menyatu dengan menggunakan tekanan besar. Hasilnya adalah kayu Plywood dengan ketebalan tertentu yang tahan terhadap resiko pecah atau retak.

Contoh Fisika Dalam Kehidupan Sehari Hari

Sumber: https://carafisika.blogspot.com/2014/02/beberapa-aplikasi-fisika-dalam.html

Check Also

Harga Beras 10 Kg Di Pasar

Harga Beras 10 Kg Di Pasar 4 menit Kamu pasti sudah sering sekali mendengar ungkapan, …