Contoh Energi Gerak Menjadi Energi Listrik

KlikBelajar.com – Contoh Energi Gerak Menjadi Energi Listrik

Energi kinetik adalah jumlah energi yang dimiliki suatu benda sebagai akibat dari gerakannya. Di sini kita akan melihat contoh energi gerak di sekitar kita seperti yang tercantum di bawah ini:

  • Sebuah pesawat terbang di langit
  • Mobil yang bergerak
  • kincir angin
  • Pembangkit listrik tenaga air
  • Hujan meteor
  • Sebuah bus bergerak di atas bukit
  • Kaca jatuh ke lantai
  • Skateboard
  • Roller coaster
  • Bersepeda
  • Berjalan dan berlari

Sekarang, mari kita lihat contoh energi gerak ini secara rinci sebagai berikut:

Contoh energi gerak

Sebuah pesawat terbang di langit

Karena memiliki massa yang besar dan kecepatan yang tinggi, sebuah pesawat terbang memiliki sejumlah besar energi kinetik untuk mendorongnya ke depan di udara. Ketika pesawat terbang dalam penerbangan, energi kinetik pesawat meningkat oleh kedua faktor ini. Faktanya, karena inilah pesawat dapat terbang di ketinggian seperti itu.

Mobil yang bergerak

Mobil yang bergerak mengandung sejumlah energi kinetik. Ini disebabkan oleh fakta bahwa mereka memiliki sejumlah massa dan kecepatan tertentu. Sebagai hasil dari penggunaan rumus energi kinetik, sekarang kita memahami bahwa ketika kita membandingkan energi kinetik dua kendaraan yang melaju dengan kecepatan yang sama di jalan, kita akan sampai pada kesimpulan bahwa truk memiliki energi kinetik lebih banyak daripada mobil karena ukurannya lebih besar.

Akibatnya, karena jumlah energi kinetik yang terkandung dalam suatu benda yang bergerak meningkat seiring dengan bertambahnya massanya, truk akan memiliki jauh lebih banyak daripada kendaraan.

kincir angin

Kincir angin adalah ilustrasi yang sangat baik tentang bagaimana energi kinetik dapat digunakan dalam berbagai cara. Secara khusus, ketika angin (udara yang bergerak) bertemu dengan bilah kincir angin, itu menyebabkan bilah berputar, yang pada gilirannya mengarah pada pembangkitan listrik (energi). Dalam hal ini, udara yang mengalir memiliki energi kinetik, yang menyebabkan baling-baling berputar, dan sebagai hasilnya, energi kinetik berubah menjadi mekanik energi dalam hal ini juga.

kincir angin

Gambar Kredit: Erik Wilde dari Berkeley, CA, AS, Turbin angin di California selatan 2016, CC BY-SA 2.0

Baca :   Sebuah Kerucut Mempunyai Volume 27 Cm

Pembangkit listrik tenaga air

Fasilitas pembangkit listrik yang menghasilkan listrik melalui penggunaan air disebut sebagai pembangkit listrik tenaga air. Ketika air yang mengalir, yang mengandung beberapa energi kinetik, menabrak turbin yang dipasang di bendungan, energi kinetik air diubah menjadi energi mekanik, yang kemudian digunakan untuk menggerakkan bendungan. Energi mekanik ini menggerakkan turbin, yang pada gilirannya menghasilkan pembangkitan energi listrik pada akhir proses.

Pembangkit listrik tenaga air

Kredit Gambar: Gambar oleh FranzW. dari Pixabay

Hujan meteor

Meskipun fakta bahwa contoh ini tidak berfungsi sebagai demonstrasi praktis energi kinetik setiap hari, itu adalah kejadian yang sangat menarik yang terjadi di tata surya. Fakta bahwa meteoroid tersebar di tata surya kita adalah sesuatu yang mungkin sudah Anda ketahui. Ketika meteoroid tiba cukup dekat ke atmosfer bumi untuk ditarik oleh gravitasi, itu dikatakan “tertarik.”

Akibatnya, ia mulai turun bebas dari langit dengan kecepatan tinggi. Karena ukuran dan berat meteorit yang sangat besar, energi kinetik meteorit sangat tinggi pada saat tumbukan. Ledakan terjadi ketika meteor menabrak permukaan bumi dengan energi kinetik yang begitu besar. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, ini juga menjadi penyebab munculnya meteoroid di permukaan atmosfer bumi.

Hujan meteor

Kredit Gambar: “Hujan Meteor Perseid”(CC BY 2.0) oleh Trevor Bexon

Sebuah bus bergerak di atas bukit

Energi potensial bus di puncak bukit lebih besar daripada energi kinetik bus karena ketinggiannya, dengan koefisien energi kinetik yang hampir dapat diabaikan. Saat bus melaju menuruni bukit, energi potensial karena ketinggian berkurang, dan energi kinetik meningkat saat kendaraan dipercepat menuruni bukit.

Setelah beberapa saat, nilai energi kinetik dan energi potensial akan menjadi sama, dan ini akan menjadi kasusnya. energi kinetik akan maksimum ketika bus mencapai dasar bukit, dan energi potensial akan menjadi nol selama bus mempertahankan kecepatan tetap selama perjalanan.

Kaca jatuh ke lantai

Apa yang terjadi ketika kita menjatuhkan gelas ke lantai secara tidak sengaja? Pada awalnya, ia hanya memiliki energi potensial pada titik terbesarnya, tetapi ketika gravitasi mengambil alih dan kecepatannya meningkat, massa kaca dan kecepatannya mengambil alih sebagai kekuatan pendorong di belakang pertumbuhan energi kinetik yang lambat. Ketika kaca berada pada posisi terendah, tepat saat akan menyentuh tanah, energi kinetik berada pada puncaknya, tetapi energi potensial berada pada titik terendah atau diabaikan. Akhirnya, ketika kaca pecah ke tanah dan energi kinetik dilepaskan, prosesnya selesai.

Baca :   Diberikan Sebuah Rangkaian Listrik Arus Searah

Skateboard

Ketika seseorang di atas skateboard berhenti total, energi kinetik pemain skateboard akan menjadi nol, seperti halnya dalam kasus sepeda. energi kinetik skateboard terus bertambah nilainya saat skateboard didorong ke depan. Berat pengendara skateboard, ketika dipasangkan dengan kecepatan papan yang cepat, menghasilkan energi kinetik dalam jumlah yang signifikan.

Roller coaster

Roller coaster menyenangkan untuk dikendarai, tetapi pernahkah Anda memikirkan apa yang bisa terjadi pada kereta Anda saat jatuh bebas? Misalnya, ketika kereta roller coaster mencapai puncak lintasan, energi kinetiknya nol karena kereta dalam keadaan diam.

Namun, ketika kereta dibiarkan jatuh bebas, seiring dengan kenaikan kecepatan kereta yang stabil, ada juga peningkatan energi kinetik kendaraan secara bertahap. Karena peningkatan massa dan energi kinetik yang diciptakan oleh lebih banyak penumpang di kereta sementara kecepatan dipertahankan pada tingkat yang konstan, kereta akan berakselerasi lebih cepat.

Bersepeda

Energi kinetik dari sepeda yang bergerak hadir. Kami mengubah energi tubuh kami menjadi bentuk mekanis dengan mulai mengayuh. Bentuk mekanik ini awalnya adalah energi potensial, yang akhirnya berubah menjadi energi kinetik karena aksi roda, yang merupakan mekanisme di baliknya. Peningkatan kecepatan menghasilkan peningkatan jumlah energi kinetik yang tersedia. Untuk membuat sepeda berhenti total, kita harus mengerem dengan arah yang berlawanan sebagai gaya untuk memperlambat sepeda dan mengembalikannya ke energi nol.

Berjalan dan berlari

Saat kita berjalan atau berlari, kita menghasilkan energi kinetik, yang digunakan untuk mendorong kita maju. Ini menjelaskan mengapa kita merasa cukup hangat saat jogging atau setelah berjalan dalam waktu yang lama. Keringat tercipta sebagai hasil dari panas yang dihasilkan oleh tubuh kita saat kita sedang jogging. Sebuah konversi dari energi kimia menjadi energi kinetik terjadi ketika Anda berjalan atau berlari, dan ini disebut sebagai transfer energi kinetik.

Ini semua adalah contoh energi gerak kehidupan sehari-hari.


Pertanyaan yang Sering Diajukan (FAQ):

Q. Apa yang dimaksud dengan energi kinetik?

Jawab:
Benda yang bergerak dikatakan memiliki energi kinetik.

Baca :   Apa Itu Kalimat Inti

Energi kinetik suatu benda adalah ukuran kerja yang dapat dihasilkannya sebagai akibat dari gerakannya.

Baca lebih lanjut tentang penggunaan energi kinetik

T. Apa saja jenis-jenis energi kinetik?

Jawab:
Ada lima jenis energi kinetik sebagai berikut:

  • Energi radiasi
  • Energi termal
  • Energi suara
  • Energi listrik
  • Energi mekanik

Mari kita lihat apa arti dari energi yang tercantum di atas

Energi radiasi:
Energi yang terus-menerus bergerak dan bergerak melalui media atau ruang disebut sebagai energi radiasi.

Energi termal:
Energi panas, juga dikenal sebagai energi panas, terbentuk ketika atom bertumbukan satu sama lain. Energi ini dihasilkan sebagai hasil dari gerakan atom ketika mereka berinteraksi.

Energi suara:
Getaran suatu barang menghasilkan produksi energi suara. Namun, energi suara tidak dapat bergerak di ruang hampa karena tidak ada partikel yang berfungsi sebagai media dalam ruang hampa.

Electrical
energi: Ketika elektron bebas dengan positif atau negatif muatan hadir, energi listrik dihasilkan.

Energi mekanik:
Ini dikenal sebagai energi mekanik, yang terdiri dari total energi kinetik dan potensial. Energi mekanik tidak dapat dibangkitkan atau dimusnahkan, tetapi dapat dipindahkan dari satu bentuk ke bentuk lainnya.

Baca lebih lanjut tentang apa itu energi kinetik cahaya: Fakta terperinci

Q. Ketika kecepatan turun, apa yang terjadi pada energi kinetik?

Jawab:
Penurunan kecepatan memperlambat objek.

Konversi energi kinetik menjadi energi jenis lain terjadi setiap kali kecepatan benda bergerak berkurang. Energi potensial, energi panas, dan bentuk energi lainnya adalah contoh dari konversi tersebut.

Q. Apa yang dimaksud dengan energi gerak?

Jawab:
Ini adalah jenis energi kinetik.

Benda bergerak mengandung energi, yang disebut sebagai energi gerak atau energi mekanik. Energi ini disimpan dalam benda-benda yang terus bergerak. Saat objek bergerak lebih cepat, jumlah energi yang tersimpan meningkat secara proporsional.

Energi gerak suatu benda adalah total energi potensial dan kinetiknya ketika benda tersebut digunakan untuk melakukan usaha.

T. Apa yang Anda maksud dengan pekerjaan?

Jawab:
Saat Anda membuka pintu, Anda sedang ‘bekerja’ di atasnya (terbuka)

Ketika suatu gaya bekerja pada suatu benda, dikatakan melakukan usaha jika benda tersebut bergerak, berubah bentuk atau kedudukannya, atau melakukan suatu aktivitas fisik sebagai akibat dari kerja gaya tersebut.

Ketika suatu benda bergerak, energi geraknya adalah jumlah energi potensial dan energi kinetiknya.


Contoh Energi Gerak Menjadi Energi Listrik

Sumber: https://id.lambdageeks.com/motion-energy-examples/

Check Also

Contoh Soal Perkalian Vektor

Contoh Soal Perkalian Vektor. Web log Koma – Setelah mempelajari beberapa operasi hitung pada vektor …