Contoh Benzena Dalam Kehidupan Sehari Hari

KlikBelajar.com – Contoh Benzena Dalam Kehidupan Sehari Hari

Pada tahun 1400-an, para saudagar Arab gemar melakukan barter dengan saudagar Eropa dan pada saat itulah benzena ditemukan dalam sistem perdagangan. Luban jawi atau kemenyan jawa yang saat itu menjadi komoditi paling sering ditukar.

Turunan Benzena

sebagai salah satu bahan untuk obat-obatan dan parfum bagi orang-orang Eropa.

Banyak orang-orang Italia menyebutnya dengan nama banjawa, sementara orang Prancis menyebutnya dengan banjoin dan orang Jerman menggunakan istilah benzoin. Bukan tanpa alasan dinamakan demikian, karena memang komponen utama berasal dari asam benzoin. Para ilmuwan sepakat memasukkan benzena ke dalam golongan alkena.

Pengertian Benzena

Apa itu benzena?

Benzena adalah

salah satu bahan atau komponen dari minyak bumi dan pertama kali ditemukan oleh ilmuwan bernama Michael Faraday di tahun 1825. Penemuan benzena ini awalnya diambil dari residu minyak mentah, banyak ditemukan dan digunakan oleh orang-orang di perkotaan ketimbang di desa karena banyaknya elemen industrial.

Seperti banyaknya saluran dan tempat pembuangan limbah, kilang pabrik hingga pompa bensin yang membuat benzena lebih mudah ditemukan. Benzena juga dikenal sebagai salah satu rumus kimia, senyawa organik dengan bentuk sebuah cairan tak memiliki warna dan mudah terbakar. Jika dicium, benzena mengeluarkan aroma yang manis.

Setidaknya enam atom karbon yang membentuk sebuah cincin yang dimiliki rumus kimia benzena, dengan satu atom hidrogen yang berfungsi untuk mengikat setiap satu atom karbon. Menurut laman resmi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, pengertian benzena adalah sebagai salah satu komponen yang terdapat dalam minyak bumi.

Benzena terbilang mempunyai bilangan oktan yang cukup tinggi, hal itulah yang membuat benzena menjadi salah satu komponen penting dari campuran pada bensin. Benzena juga merupakan dasar bahan dari pembuatan senyawa turunan benzena. Beberapa di antaranya bisa seperti bahan pembuatan plastik, peledak, zat pewarna, tinta, detergen, karet sintetik dan nilon.

Baca :   Apakah Perbedaan Antara Besaran Pokok Dan Besaran Turunan

Meski memiliki banyak kegunaan dan fungsi dalam kehidupan sehari-hari, benzena juga bisa memberi dampak negatif. Dampak yang ditimbulkan beragam dan tergantung dari faktor penyebab yang ada, beberapa di antara jumlah benzena yang sangat mempengaruhi, jangka waktu interaksi dengan benzena dan daya tahan setiap individu terhadap zat kimia ini.

Senyawa Turunan Benzena dan Tata Namanya

Benzena dikenal memiliki banyak turunan, senyawa-senyawa yang dibuat dengan cara mengganti satu atau lebih atom hidrogen yang terdapat pada benzena. Biasanya pada benzena dengan gugus fungsional lainya, perlu dipahami dengan baik adanya senyawa turunan dari benzena. Berikut beberapa senyawa turunan dari benzena.

  • Fenol

Fenol dipakai untuk membuat karbol, karbol digunakan sebagai desinfektan dalam pembuatan karbol, biasanya untuk kamar mandi dan lantai. Bentuk resin, fenol digunakan dalam mengawetkan kayu membuat konstruksi bangunan dan lain sebagainya. Meski begitu perlu disadari dampak negatifnya, seperti merusak jaringan protein di dalam tubuh.

  • Asam Benzoat, Nipagin dan Nipasol

Asam benzoat kerap dipakai sebagai pengawet makanan dan minuman, asam benzoat ini juga sangat sulit larut di dalam air. Kerap dipakai dalam pembuatan garam, garam natrium yang mudah larut di dalam air. Secara alami muncul rempah-rempah seperti cengkeh dan kayu manis, asam benzoat tidak boleh dipakai secara berlebihan.

  • Asam Salisilat

Turunan senyawa benzena ini sering ditambahkan dalam bedak dan salep, fungsinya sebagai zat anti fungi atau jamur. Dipakai sebagai obat berbagai penyakit kulit, termasuk panu dan kutu air dan kerap kali ditambahkan dalam shampo. Karena mampu mengikis lapisan ketombe dan secara aktif menghambat pertumbuhan mikroorganisme yang ada di kepala.

  • Asetosal (Asam Asetilsalisilat)

Senyawa turunan benzena ini dikenal juga dengan nama aspirin, yang fungsinya dipakai sebagai zat analgesik. Atau juga penghilang rasa sakit dan zat antipiretik atau penurun panas, aspirin kerap digunakan sebagai obat sakit kepala, sakit gigi dan demam. Penggunaan asetosal dalam jangka waktu lama menyebabkan lapisan mukosa lambung iritasi penyebab maag.

  • Parasetamol

Termasuk golongan senyawa benzena adalah

Parasetamol dikenal dengan asetaminofen, berupa obat yang fungsinya sama seperti aspirin tetapi jika dikonsumsi lebih aman di lambung. Parasetamol yang digunakan secara berlebihan bisa menyebabkan gangguan pada ginjal dan hati. Sehingga sangat disarankan untuk berhati-hati dalam penggunaan bahan ini.

  • TNT (2,4,6-trinitrotoluena)

TNT dinamakan senyawa turunan benzena yang banyak dipakai sebagai bahan peledak, senyawa turunan benzena diperoleh dengan merealisasikan toluena. Dengan asam nitrat pekat dan asam sulfat pekat, pemakaian TNT secara asal dapat menyebabkan insiden kemanusiaan yang menimbulkan banyak korban jiwa.

Baca :   Bayangan Yang Dihasilkan Oleh Mikroskop Adalah

Materi lainnya: Apa Itu Titrasi Asam Basa? Penerapan dan Cara Menghitungnya

Tata Nama Turunan Benzena

Senyawa turunan benzena
berasal dari benzena yang di mana satu atau lebih atom H-nya, diganti dengan substituen lain berupa atom yang bisa dicontohkan dengan Br ataupun gugus atom seperti COOH. Berikut

ini tata nama benzena
senyawa-senyawa turunan yang ada pada benzena, termasuk dengan

struktur benzena
.

  • Apabila terdapat satu atom H Benzena diganti dengan satu substituen seperti CI, CH3, NO2, OH, CHO dan lain sebagainya. Sehingga dalam mencari dan mengetahui struktur dan penamaannya adalah sebagai berikut ini.

  • Apabila terdapat lebih dari substituen sehingga diberi penomoran yang searah dan berlawanan dengan arah jarum jam. Agar substituen tersebut berada pada nomor serendah mungkin, untuk yang sejenis diawali dengan di, tri, tetra, penta dan heksa. Berikut urutan penomoran secara prioritas untuk beberapa substituen.

COOH, −SO3H, −COOR, −CN, −CHO, −CO, −OH, −NH2, −OR, −R, −X (F, Cl, Br, I), −NO2

  • Apabila muncul dua substituen yang ada selain dengan penomoran bisa juga digunakan memakai awalan o (orto) pada posisi atom karbon 1 dan 2. Untuk posisi 1 dan 3 digunakan m (meta), dan untuk posisi 1 dan 4 dipakai p (para). Berikut ini beberapa contoh yang bisa dikenali dan hafalkan terkait penomoran dan penamaannya.
    benzena

  • Apabila cincin benzena statusnya dianggap sebagai substituen dan bukan induk, maka gugus benzena yang kehilangan satu atom H (C6H5-) dinamakan sebagai fenil. Sementara munculnya gugus benzil atau gugus multi benzena yang kehilangan satu atom H (CGH-5), contohnya seperti berikut.
    benzena 3

Kegunaan Senyawa

Benzena dan Turunannya

pada Kehidupan Sehari-hari

  • Benzena dipakai sebagai pelarut dan bahan dasar sintetis untuk berbagai senyawa turunannya, termasuk stirena dan lain sebagainya.
  • Fenol bersifat asam lemah dipakai sebagai bahan dasar dari proses pembuatan plastik dan obat-obatan, seperti antiseptik dan desinfektan.
  • Toluena dimanfaatkan sebagai bahan pelarut dan bahan utama dari pembuatan asam benzoat, bahan peledak dan lain sebagainya.
  • Asam benzoat sebagai bahan pengawet makanan, Anlina dipakai untuk membuat zat-zat pewarna diazo.
  • Asam salisilat dipakai untuk pembuatan aspirin, perasa, minyak wangi, salep antijamur hingga sampo dan bedak.
Baca :   Apa Itu Lemak Jenuh Dan Tak Jenuh

Contoh Soal Benzena dan Turunannya

Contoh Soal 1

Tuliskan nama dari senyawa-senyawa turunan benzena berikut ini.

Contoh soal benzena

Jawab:


  1. metil benzoat

  2. isopropil benzena

  3. asam p-aminobenzoat (asam 4-aminobenzoate)

  4. 1,3,5-trinitrobenzena

Contoh Soal 2

Gambarkan struktur dari senyawa-senyawa turunan benzena yang ada berikut ini.

Contoh soal Benzena 2

Jawab:


  1. asam salisilat (asam 2-hidroksibenzoat)

  2. o-xilena

  3. benzil metil eter

  4. 3,5-dimetoksi benzaldehid

Demikian pembahasan mengenai benzena berikut dengan turunan-turunannya, mulai dari pengertian, kegunaan dan contoh soal yang ada. Siswa Sampoerna Academy diajak untuk memahami ilmu pengetahuan secara mendetail, menggunakan prinsip berdasarkan kurikulum internasional yang diterapkan

Sampoerna Academy
.

Siswa akan dibekali dengan ilmu teori lebih dulu sebelum melakukan praktek di dalam kelas, bersamaan dengan itu munculah karakter-karakter pribadi yang terbentuk. Termasuk tanggung jawab pribadi dan kreativitas dalam bekerja kelompok. Sampoerna Academy membentuk pribadi siswa yang lebih baik dari sebelumnya.

Referensi
IDNTimes – Turunan Benzena

Contoh Benzena Dalam Kehidupan Sehari Hari

Sumber: https://www.sampoernaacademy.sch.id/id/turunan-benzena/

Check Also

Harga Beras 10 Kg Di Pasar

Harga Beras 10 Kg Di Pasar 4 menit Kamu pasti sudah sering sekali mendengar ungkapan, …