Cara Merubah Pecahan Campuran Ke Desimal

KlikBelajar.com – Cara Merubah Pecahan Campuran Ke Desimal


Pelajari bersama yuk cara mengubah pecahan biasa ke desimal berikut ini!

Agar bisa mengubah pecahan biasa ke desimal, kamu bisa menggunakan pembagian bersusun panjang, perkalian, atau bahkan kalkulator. Berikut ini beberapa rincian cara mengubah pecahan biasa ke desimal yang perlu kamu ketahui!

Cara Mengubah Pecahan Biasa ke Desimal

Source: bobo.grid.id

Sebelum masuk pada pembahasan inti, perlu kamu ketahui terlebih dahulu bahwa pecahan adalah bilangan yang menggambarkan bagian dari keseluruhan hal. Biasanya akan dilambangkan dengan a/b.

Huruf a disini disebut juga pembilang dan b disebut penyebut. Bilangan pecahan terdiri dari tiga pecahan, yaitu pecahan biasa dalam bentuk a/b, pecahan campuran dalam bentuk A b/c dan pecahan desimal.

Sedangkan pengertian desimal seperti yang dikutip dari buku yang berjudul
be Smart Matematika
karangan
Slamet Riyadi (2008: 15)
menyebutkan bahwa itu adalah bilangan yang terdiri dari dua angka atau lebih disertai dengan tanda koma yang memiliki arti persepuluh, perseratu, perseribu dan seterusnya.

1. Ubah Pecahan ke Desimal dengan Mengubah Penyebutnya

Cara Mengubah Pecahan Biasa ke Desimal
id.wikihow.com

Cara mengubah pecahan biasa ke desimal yang pertama adalah dengan mengubah penyebutnya menjadi  per 10, per 100 atau per 1000.

Cara ini hanya bisa digunakan apabila penyebut pada pecahan bisa diubah menjadi 10, 100, atau 1000. Sebagai salah satu contoh, bilangan pecahan 1/3 memiliki angka penyebut 3, sehingga tidak bisa diubah jadi 10, 100, atau 1000.

Baca :   Apakah Relasi Itu Merupakan Fungsi Jelaskan

Agar bisa mengubah penyebut menjadi 10, maka kamu harus mengalikannya dengan angka 2 atau 5. Kemudian untuk menjadi 100, kamu bisa mengalikannya dengan 2, 4, 5, atau 25. Dan yang terakhir, untuk mengubah penyebut menjadi 1000, maka bisa mengalikannya dengan 2, 4, 5, 8, atau 125.

2. Ubah Pecahan ke Desimal Menggunakan Pembagian Bersusun

Cara Mengubah Pecahan Biasa ke Desimal
Source: edukasi.sindonews.com

Cara mengubah pecahan biasa ke desimal yang kedua yaitu dengan menggunakan pembagian bersusun. Sebagai contoh sederhana, untuk bisa mengubah pecahan 2/5 menjadi bentuk desimal, maka kamu bisa bagi antara angka 2 dengan 5.

Alasannya, karena angka 2 memang lebih kecil dari 5, maka tidak bisa dibagi. Sehingga, di depan angka 2 dapat tambahkan angka 0. Jadi, pada bagian jawaban tuliskan 0 lebih dulu.

Lalu, bagi 20 dengan 5, seperti pembagian bersusun biasa. Hasilnya 20:5 = 4. Tuliskan angka 4 di belakang angka 0.

Selanjutnya, 4 dikali 5 sama dengan 20. Tuliskan hasilnya di bawah angka 20 yang pertama, kemudian 20 – 20 = 0 atau habis. Hasil desimal dari pecahan 2/5 adalah 0,4

BACA JUGA:


1 Inci Itu Berapa Senti, Sih? Yuk, Lihat Cara Konversinya!

3. Ubah Pecahan ke Desimal yang Menghasilkan Angka Berulang

Cara Mengubah Pecahan Biasa ke Desimal
Source: pijaria.com

Ketika memulai pembagian bersusun panjang, kamu mungkin tidak dapat memperkirakan bahwa hasilnya akan berupa bilangan desimal berulang.

Desimal berulang yang dimaksud adalah mengubah pecahan biasa 1/3 menjadi bentuk desimal. Dalam hal ini kamu bisa menuliskan angka 3 sebagai penyebut, di luar atau sisi kiri lambang pembagi dan 1 di dalam atau sisi kanan lambang pembagi.

Kemudian tulislah angka 0 disertai tanda desimal, di bagian atas lambang pembagi. Karena hasilnya pasti akan lebih kecil daripada 1, maka langkah ini menyiapkan jawaban agar tertulis dalam bentuk desimal.

Baca :   Himpunan Penyelesaian Pertidaksamaan Pecahan

Tanda desimal juga harus dituliskan di sebelah kanan angka 1 yang terletak di dalam kanan lambang pembagi.

Jika sudah, mulailah menghitung pembagian bersusun panjang.Cara ini diawali dengan  membuat angka 1 menjadi 1,0, yang dianggap sebagai 10. Tujuannya agar dapat dibagi dengan angka 3 tadi. Selanjutnya, lakukan langkah-langkah berikut:

  • Bagilah 10 dengan 3. Gunakan 3 x 3 = 9 sehingga menghasilkan sisa 1. Jadi, tulis angka 3 di sebelah kanan 0 di atas lambang pembagi dan kurangi 10 dengan 9 untuk mendapatkan sisa 1.
  • Tulis angka 0 di sebelah kanan angka 1 yang merupakan hasil dari pengurangan sebelumnya. Saat kembali membagi 10 dengan 3, maka kamu akan mengalami proses sama yang berulang.
  • Teruskan sampai terbentuk pola. Anehnya, pembagian ini akan terus bisa berlanjut karena selalu ada sisa  1 di bawah serta angka  3 yang baru saat tanda desimal di atas lambang pembagi.
  • Setelah mengetahui akan terus memberikan hasil berulang, pada angka 0,3.

4. Ubah pecahan ke desimal dengan perkalian

Source: kompas.com

Temukan bilangan yang dapat dikalikan dengan penyebut pecahan untuk menghasilkan 10, 100, 1.000, atau bilangan berapa pun yang merupakan basis 10.  Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah menemukan bilangan yang dapat dikalikan dengan penyebut pecahan untuk mendapatkan hasil 10, 100, 1.000, dan seterusnya.

Caranya, cobalah untuk membagi 10 terlebih dahulu, lalu 100, lalu 1.000, dan seterusnya dengan penyebut sampai mendapatkan hasil berupa bilangan bulat.

Lalu, kalikan pembilang dan penyebut pecahan dengan bilangan bulat yang diperoleh dari langkah sebelumnya. Kalikan bilangan di atas dan di bawah pecahan dengan angka-angka yang jumlahnya bulat.

Terakhir, jawabannya yaitu pembilang yang diberi tanda desimal sesuai dengan jumlah angka 0 yang ada di penyebut. Hitung berapa banyak 0 yang ada pada bagian penyebut. Jika hanya ada 1 angka 0 di penyebut, maka kamu bisa geser tanda desimal ke kiri sejauh 1 angka, dan seterusnya.

Baca :   2 4 Km Jam Berapa M Detik

5. Ubahan pecahan biasa ke desimal dengan kalkulator

Source: wartaekonomi.co.id

Cara terakhir adalah bagi pembilang dengan penyebut. Ini adalah salah satu metode yang mudah untuk dipakai. Gunakan kalkulator untuk membagi pembilang, bilangan di bagian atas pecahan, dengan penyebut, bilangan di bagian bawah pecahan.

Nantinya hasilnya akan keluar secara otomatis menggunakan mesin. Sehingga kamu tidak perlu lagi menghitung secara manual.


Itulah beberapa cara mudah mengubah pecahan biasa ke desimal. Perlu kamu tahu juga bahwa pembagian pecahan ke desimal adalah dengan penyebut, 10, 100, 1000, 10000 dan begitupun seterusnya.

Penyebut ini diidentifikasikan melalui jumlah angka dibelakang koma, 1 bilangan di belakang koma jadi penyebutnya 10, seandainya terdapat 2 bilangan di belakang koma jadi penyebutnya 100, tetapi jika ada angka 3 maka penyebutnya 1000 hingga  seterusnya.

Cukup mudah untuk mengubah pecahan biasa ke desimal, bukan? Dengan mengikuti beberapa cara ditas, kamu bisa lebih mudah menghitung pecahan ke desimal. Jadi, jangan lupa untuk
share
informasi ini ke teman-teman atau saudara yang membutuhkan.

Cari kost yang strategis dengan fasilitas setara apartemen? Rukita pilihan tepat! Dengan harga sewa mulai Rp1 juta, kamu sudah bisa menikmati kost eksklusif #SenyamanDiRumah. Kost Rukita bisa kamu temui di Jabodetabek, Bandung, dan Surabaya, lho!

Unduh aplikasi Rukita di Play Store atau App Store untuk cari kost lebih mudah dan seru. Mau tanya-tanya tentang kost Rukita? Bisa hubungi langsung ke Nikita (customer service Rukita) di +62 811-1546-477 atau kunjungiwww.Rukita.co.

Jangan lupa follow Instagram Rukita di @Rukita_indo dan Twitter @Rukita_id supaya nggak ketinggalan diskon danupdateterkini!






CategoriesTak Berkategori

Cara Merubah Pecahan Campuran Ke Desimal

Sumber: https://www.rukita.co/stories/cara-mengubah-pecahan-biasa-ke-desimal/

Check Also

Contoh Soal Perkalian Vektor

Contoh Soal Perkalian Vektor. Web log Koma – Setelah mempelajari beberapa operasi hitung pada vektor …