Cara Menghitung Besar Sudut Kelas 4 Sd

Cara Menghitung Besar Sudut Kelas 4 Sd

Pada artikel sebelumnya admin menjelaskan tentang soal-soal pengukuran sudut pada bangun datar khusus segitiga jika belum atau ingin latihan soal maka dapat dibaca pengukuran sudut pada bangun datar segitiga disertai pembahasannya khusus kelas 4 SD. Kali ini admin akan membagikan materi khusus pengukuran bangun datar segitiga utnuk kelas 4 SD.

Baca juga :

Kumpulan Soal dan Pembahasan Pengukuran Sudut Tanpa Diketahui Sudut Lainnya

Soal Ulangan Pengukuran Sudut Pada Bangun Datar Beraturan kelas 4 dan Pembahasannya.

Soal Sudut Yang Bibentuk Dua Garis Sejajar Kelas 4 Beserta Pembahasannya

Semoga materi ini bisa bermanfaat bagi adik-adik sebagai sumber belajar dirumah untuk menyiapkan ulangan akhir agar lebih maksimal.

Sudut Pada Segitiga.

Segitiga merupakan salah satu dari bangun datar yang memiliki 3 garis lurus dan 3 sudut. Jumlah semua sudut pada segitiga adalah 180o. dalam pengukuran sudut bangun datar khususnya segitiga kita bisa menggunakan penggaris busur untuk mengukur sudut – sudut pada segitiga. Penggaris busur sendiri adalah penggaris berbentuk setengah lingkaran, seperti pada gambar di bawah ini :

by : pixabay

Cara menggunakan penggaris yaitu pertama tempelkan titik sudut bangun datar segitiga yang akan diukur. Himpitkan pada garis horizontal pada busur dengan garis horizontal pada segitiga. Lalu garis busur yang lain berimpit dengan garis segitiga. Besar sudut segitiga adalah besar angka sudut yang berimpit dengan penggaris busur. Seperti dapat pada gabar berikut :

Baca :   Pembahasan Logaritma Sma

Besar Sudut pada Segitiga.

Ada beberapa segitiga yang memiliki besar sudut yang telah di ketahui meski kita tidak mengukurnya. Yaitu sebagai berikut :

Sudut pada Segitiga Sama Sisi

Segitiga ini merupakan salah satu bangun datar yang terdiri dari gabungan tiga garis lurus yang sama panjang dan memilki tiga sudut yang sama. Karena ketiga sudutnya sama besar sedangkan jumlah sudut pada segitiga adalah 180o. maka besar setiap sudut segitiga sama sisi adalah 180o
: 3 = 60o. berikut gambar contoh dari segitiga sama sisi

pengukuran sudut segitiga kelas 4

Pehatikan gambar di atas. Segitiga sama sisi merupakan segitiga yang memilki sisi yang sama yang ditandai dengan ketiga garis lurus disetiap sisinya. Ada juga yang menggunakan 2 garus lurus pada setiap sisi dari segitiga sama kaki. Sedangkan sudut pada segitiga sama sisi ditandai dengan garis lengkung yang sama. Dapat dilihat pada gambar di atas.

Sudut pada Segitiga Sama Kaki

Segitiga sama kaki merupakan salah satu dari segitiga yang memiliki dua sisi yang sama panjang. Karena memiliki 2 sisi sama panjang maka segitiga sama kaki memiliki besar sudut yang sama pula.
Gambar segitiga sama kaki dapat dilihat pada gambar berikut ini :

pengukuran sudut segitiga kelas 4

Gambar di atas adalah gambar dari segitiga sama kaki. Segitiga sama kaki memilki 2 sisi yang sama dan 2 sudut yang sama besar. Dapat dilihat pada gambar segitiga sama kaki di atas ditandai dengan dua garis lurus untuk panjang sisinya sedangkan untuk panjang sudutnya di tandai dengan dua garis lengkung

Besar Sudut pada Segitiga Siku-siku.

Segitiga siku siku adalah segitiga yang salah satu sudutnya memiliki besar 90o. segitiga ini ditandai dengan dua garis yang membentuk sudut tegak lurus pada bagian sudut yang besarnya 90o
gamabar dapat dilihat seperti berikut :

Baca :   Contoh Soal Dot Product

Gambar di atas adalah contoh gambar segitiga siku-siku. Dapat dilihat ada tanda tanfda berbentuk garis L

Besar Sudut Pada Segitiga sembarang.

Sebenarnya segitiga ini tidak termasuk segitiga dengan ketiga sudut yang sudah diketahui besar sudutnya, karena ketiga sudutnya tidak sama besar. Segitiga sembarang erupakan segitiga yang memiliki 3 sisi yang tidak sama panjang dan 3 sudut yang tidak sama besar. Bentuk segitiga ini sebagai berikut :

pengukuran sudut segitiga kelas 4
pengukuran sudut segitiga kelas 4

Dapat dilihat, gambar segitiga di atas tidak tanda garis lurus yang ada pada sisi segitiga tersebut. Jikapun ada tandanya maka tanda tersebut tiga-tiganya tidak sama, biasanya ditandai dengan satu garis lurus, dua garis lurus dan tiga garis lurus.

Contoh soal Prngukuran Sudut Pada Segitiga.

1.Perhatikan gambar segitiga sama kaki berikut :

pengukuran sudut segitiga kelas 4

Besar sudut bac adalah…..

Jawab : soal di atas adalah soal mencari sudut bac pada sudut segitiga sama kaki. Segitiga sama kaki memiliki 2 sudut yang besarnya sama. Jika hanya ditulis 1 besar sudut dengan besar 70o
maka sudut yang lain memiliki besar sudut 70o
meski tidak disebutkan atau di tulis pada gambar. Besar sudut bac = 180o
– (70o
+ 70o) = 40o

2.Sudut-sudut yang dimiliki segitiga sama sisi adalah…

Jawab : segitiga sama sisi memiliki masing-masing basar sudut 60o

3.Perhatikan segitiga siku-siku berikut

pengukuran sudut segitiga kelas 4

Besar sudut bac pda gambar di atas adalah…

Jawab : untuk mencari besar sudut bac kita bisa menggunakan jumlah sudut segitiga dikurangi jumlah sudut yang diketahui. Perlu diketahui bahawa salah satu sudut yang dimiliki besar 90o. dapat diketahui dengan melihat tanda L pada sudut di atas atau garisnya tegak lurus.
Sudut bac = 180o
– (55o
+ 90o)= 35o

Besar sudut acb pada segitiga sembarang disamping adalah….pengukuran sudut segitiga kelas 4

Baca :   Cara Menghitung Kebutuhan Air Minum Per Hari

Jawab : segitiga sembarang tidak memiliki sudut yang sama jadi kita lansung mengurangi jumlah sudut dengan sudut-sudut yang telah diketahui. Besar sudut acb = 180o
– (120o
+ 30o
) = 30o

Cara Menghitung Besar Sudut Kelas 4 Sd

Sumber: https://isanggar.com/materi-pengukuran-sudut-segitiga-kelas-4-disertai-contoh-soal/

Check Also

Contoh Soal Perkalian Vektor

Contoh Soal Perkalian Vektor. Web log Koma – Setelah mempelajari beberapa operasi hitung pada vektor …