Cara Menghitung 1 2 3 100

KlikBelajar.com – Cara Menghitung 1 2 3 100


Foto: Microsoft Excel (Doc. Twitter)

Jakarta, CNBC Indonesia
– Siapa tak kenal Microsoft Excel, sebuah aplikasi besutan Microsoft yang sangat membantu pekerjaan dalam menghitung angka sehingga bisa selesai lebih cepat dengan hasil akurat. Namun, masih banyak yang belum paham menggunakan aplikasi satu ini. Salah satu yang belum banyak diketahui adalah cara menghitung persentase di Excel tanpa ribet.

Sebagai software atau aplikasi yang paling sering digunakan di dunia kerja, Microsoft Excel bahkan menjadi syarat mutlak untuk diterima di pekerjaan tertentu. Sebut saja posisi akuntan, data analyst, hingga marketing adalah pekerjaan yang bersahabat dengan Excel.

Pada era modern ini, Microsoft Excel sejatinya sudah diajarkan sejak bangku Sekolah Menengah Pertama (SMP) atau bahkan Sekolah Dasar (SD). Buku-buku berisi kumpulan rumus Microsoft Excel bahkan menjadi sarapan sehari-hari.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Mengenal Rumus Excel

Microsoft Excel memang lekat dengan yang namanya rumus. Rumus Excel menjadi hal mutlak yang harus dikuasai untuk menjalankan aplikasi Excel. Setiap rumus Excel harus diawali dengan tanda sama dengan (=).

Baca :   Energi Aktivasi Suatu Reaksi Dapat Diperkecil Dengan Cara

Rumus Excel dibagi menjadi dua, yakni rumus Formula dan rumus Function. Rumus Formula merupakan rumus Excel yang diketik secara manual, seperti rumus “=B1+B2+B3” atau “=C1-C2/C3”. Sementara, rumus Function adalah template rumus yang sudah disediakan oleh Microsoft Excel contohnya rumus “=SUM(A1:A5)” atau “MAX(A1:A7)”.

Cara Mengaktifkan Fitur Persentase di Excel

Sebelum mulai menghitung persentase di Microsoft Excel, Anda perlu mengubah pengaturan yang ada agar angka dalam bentuk persen bisa tampil di worksheet alias lembar kerja. Ini dia langkah-langkahnya:

  • Buka dokumen Excel
  • Tentukan sel kotak, baris, atau kolom yang ingin diatur untuk persen
  • Setelah itu, klik tanda kecil di samping tulisan menu “Number”
  • Pilih menu “Number”, lalu klik “Percentage” untuk mengaktifkan fitur persentase
  • Klik “OK” dan angka yang Anda pilih di kotak, baris, atau kolom tersebut langsung berubah ke dalam format persentase.

Cara Menghitung Persentase di Excel

Cara menghitung persentase di Excel menggunakan rumus yang berbeda, tergantung dengan jenis hitungan yang Anda kerjakan. Menurut halaman bantuan Microsoft, berikut beberapa cara menghitung persentase di Excel:

1. Cara Menghitung Penjumlahan atau Pengurangan Persen di Excel

Untuk menghitung penjumlahan persen di Excel Anda perlu memasukkan rumus “=Sel angka awal*(1+Sel persen)” pada sel tertentu. Sementara, rumus untuk pengurangan persen adalah “=Sel angka awal*(1-Sel persen)”.

2. Cara Menghitung Rata-rata Persen di Excel

Anda juga bisa membandingkan dua angka atau melihat persentase angka tertentu dengan jumlah lainnya. Cara ini bisa dilakukan dengan memasukkan rumus “=Sel angka*Sel angka pembanding”.

3. Cara Menghitung Diskon Persen di Excel

Rumus ini bisa dipakai untuk melihat pengurangan harga atau jumlah bunga utangnya saja. Jika Anda ingin melakukan perhitungan menggunakan rumus ini, silakan masukkan “=Sel angka awal*Sel persen” pada sel hasil perhitungan.

Baca :   Senyawa Yang Tergolong Non Elektrolit Adalah

4. Cara Menghitung Growth Persen di Excel

Selanjutnya, ada cara untuk membandingkan angka dengan persentase. Cara ini bisa dicoba dengan membandingkan harga setelah diskon dan persen potongan harga untuk melihat harga aslinya. Rumus yang digunakan adalah “=Sel angka/Sel persen”.

5. Cara Menghitung Persen untuk Perbedaan 2 Angka

Sementara, untuk melihat perbedaan dua angka pada Excel bisa langsung menuliskan rumus “=(Sel angka awal-Sel angka akhir)/Sel angka akhir” pada sel persentase.

Cara Lain Menghitung Persentase di Excel

1. Persentase Proporsi

Persentase proporsi dilakukan ketika Anda hendak menghitung persentase dari suatu variabel. Misalnya, Anda punya restoran dan ingin mengetahui berapa pengunjung laki-laki dan perempuan dari jumlah keseluruhan pengunjung yang hadir. Rumusnya adalah sebagai berikut:

  • Proporsi= nilai proporsi : pembanding proporsi x 100%
  • Proporsi laki-laki (contoh)= jumlah pengguna laki-laki: jumlah keseluruhan pengguna x 100 %

2. Persentase Perubahan

Biasanya, persentase perubahan digunakan untuk menunjukkan selisih dari nilai sebelum dan sesudah. Sebagai contoh, Anda ingin menghitung persentase perubahan dari pengunjung restoran bulan Juli dan Agustus 2022. Berikut rumus yang harus digunakan:

Perubahan= (jumlah sekarang – jumlah sebelumnya) : jumlah sebelumnya.

3. Persentase Perubahan Kenaikan

Persentase perubahan kenaikan terbagi menjadi dua, perubahan kenaikan adalah salah satunya. Rumus ini bisa digunakan jika data mengalami pertambahan jumlah dari waktu ke waktu. Berikut rumus persentase perubahan kenaikan:

Persentase perubahan kenaikan= (nilai saat ini-nilai sebelumnya) : nilai sebelumnya.

4. Persentase Perubahan Penurunan

Sebaliknya, rumus persentase perubahan penurunan bisa Anda gunakan saat data menunjukkan penurunan. Jangan sampai salah karena ada perbedaan peletakkan unsur rumus yang cukup penting. Ini dia rumusnya:

Persentase perubahan penurunan = (nilai sebelumnya-nilai saat ini) : nilai sebelumnya.

Baca :   Rumus Persamaan Garis Melalui 2 Titik

Itulah penjelasan lengkap mengenai cara menghitung persentase di Microsoft Excel tanpa ribet. Jangan lupa untuk langsung praktik agar lebih paham dan terbiasa menyelesaikan tugas-tugas Excel yang berhubungan dengan persen. Semoga bermanfaat!

[Gambas:Video CNBC]


(roy/roy)


Cara Menghitung 1 2 3 100

Sumber: https://www.cnbcindonesia.com/tech/20220907130036-37-370052/begini-cara-menghitung-persentase-di-excel-tanpa-ribet

Check Also

Contoh Soal Perkalian Vektor

Contoh Soal Perkalian Vektor. Web log Koma – Setelah mempelajari beberapa operasi hitung pada vektor …