Cara Menghilangkan Tungau Di Kasur Busa

Cara Menghilangkan Tungau Di Kasur Busa

JAKARTA, KOMPAS.com-
Saat berbicara tentang kebersihan kasur, kita seringkali berpikir jika mencuci dan mengganti spreinya saja sudah cukup.

Ternyata permukaan kasur juga perlu untuk dibersihkan karena rentan menjadi tempat bersembunyinya penyebab alergi seperti tungau dan debu.

Tentunya kamu tidak ingin tidur di kasur yang kotor dan dipenuhi debu, untuk itu sebaiknya bersihkan kasur secara teratur dan lindungi permukaannya.

Melansir dari
Architectural Digest, Rabu (18/5/2022), berikut ini merupakan langkah-langkah membersihkan kasur agar bebas kotoran dan tungau.

Baca juga: 6 Tips Mengatasi Seprai yang Sering Bergeser dari Kasur

Siapkan peralatan bersih-bersih

Untuk membersihkan kasur secara mendalam, kamu membutuhkan bahan-bahan pembersih tertentu seperti :

  • Vacuum cleaner dengan pelapis
  • Pembersih enzim atau sabun cuci piring untuk menghilangkan noda
  • Deterjen
  • Bubuk soda kue
  • Kain pembersih
  • Air dingin

Baca juga: 4 Cara Ampuh Membasmi Tungau di Kasur

Lepaskan kasur dan cuci semua sprai

Lepaskan sprai, sarung bantal dan penutup kasur kemudian cuci menggunakan mesin cuci. Selagi menunggu sprei dicuci kamu bisa mulai membersihkan kasur.

Mencuci seluruh permukaan kasur dengan air panas akan membantu menyingkirkan tungau debu.

Kamu juga bisa mencuci bantal dan guling mu, namun periksa label perawatannya terlebih dahulu untuk mengetahui apakah bisa dicuci atau tidak.

Sedot debu pada permukaan kasur


FREEPIK/JCOMP
Sediakan perlengkapan seperti kain lembut yang sudah dibasahi deterjen ringan, kemoceng atau penyedot debu, hingga hairdryer untuk membersihkan kipas angin tanpa dibongkar pasang.

Baca :   Keramik Lantai Kamar Mandi Warna Biru

Gunakan vacuum cleaner untuk membersihkan permukaan kasur, jangan lupa untuk membersihkan sela-sela jahitan di kasur dan sisi-sisinya. Dengan bergini seluruh kotoran dan debu yang tersembunyi akan terangkat.

Baca juga: Panduan Memilih Headboard Kasur yang Sesuai Kebutuhan

Bersihkan noda pada kasur

Menggunakan air yang terlalu banyak saat membersihkan kasur dapat merusak busa terutama busa memori. Untuk itu sebaiknya bersihkan dengan hati-hati. Untuk membersihkan noda kamu bisa menggunakan penghilang noda, pilihlah penghilang noda yang sesuai dengan jenis noda dan kasur.

Semprotkan penghilang noda ke kain bersih, lalu gosok kain ke permukaan kasur. Bilas dengan kain bersih lainnya yang sudah dicelup dengan air dingin. Metode ini sangat ampuh untuk membersihkan noda darah, keringat, muntah dan urin.

Sebagai alternatif penghilang noda berbahan enzim, buatlah larutan pembersih sendiri dengan mencampurkan sabun cuci piring dengan air lalu oleskan busanya ke noda. Kamu juga bisa membuat larutan air dingin dan hidrogen peroksida dengan perbandingan yang sama.

Baca juga: Kesalahan yang Perlu Dihindari saat Membersihkan Kasur

Taburkan baking soda

JIka kamu tidak bisa menjemur kasur dibawah sinar matahari dan udara segar, taburkan baking soda di atas kasur lalu diamkan selama beberapa jam. Soda kue akan memecah asam dan menyerap kelembaban atau bau yang tersisa.

Biarkan jendela dan pintu terbuka agar sinar matahari dan cahaya masuk ke dalam kamar. Setelah dibiarkan selama beberapa jam, gunakan vacuum cleaner untuk membersihkan sisa baking soda di permukaan kasur.

Baca juga: Ragam Hal yang Perlu Dilakukan Saat Membersihkan Kasur

Balikkan kasur

Untuk membersihkan sisi lain kasur, cobalah untuk membalikkan kasur dan ulangi langkah 1 sampai 5. menurut ahli sebaiknya kasur pegas dibalik setiap 3 bulan agar pegas tidak aus. Untuk kasur busa biasanya perlu diputar 180 derajat setelah digunakan dalam beberapa bulan.

Baca :   Rumah 150 Juta Di Jakarta Timur

Lindungi permukaan kasur

Setelah kasur benar-benar bersih, sebaiknya lindungi kasur agar tidak mudah kotor kembali. Gunakan pelindung kasur untuk melindungi kasur dari kotoran dan tumpahan. Gunakan pula sprei yang pas dan cuci sprei secara teratur untuk melindunginya dari debu.

Dapatkan update
berita pilihan
dan
breaking news
setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Cara Menghilangkan Tungau Di Kasur Busa

Source: https://www.kompas.com/homey/read/2022/05/18/134300476/7-langkah-mudah-membersihkan-kasur-dari-tungau-dan-bakteri?page=all

Check Also

Gambar Wanita Sedih Menangis Dan Kecewa Kartun

Gambar Wanita Sedih Menangis Dan Kecewa Kartun Adapun berikut ini adalah koleksi yang bisa kamu …