Ain minus alias rabun jauh adalah keburukan penglihatan nan takhlik seseorang kesulitan melihat objek jarak jauh. Kabar baiknya, rabun boleh berkurang dengan berbagai pengobatan alami hingga medis. Selengkapnya simak prinsip mengatasi cadok.

17 Cara Mengurangi Mata Minus yang Alami dan Medis

Apa Itu Mata Minus?

Mata minus atau dalam istilah medisnya myopia yaitu penyakit rukyah nan umum terjadi di mana penderitanya dapat melihat sasaran secara jelas privat jarak karib, tetapi bulan-bulanan nan lebih jauh tampak seram atau buram.

Cadok dapat terjadi ketika bentuk alat penglihatan menyebabkan kilauan binar membengkok (menyelekoh) secara tidak bersusila, nan mengistimewakan gambar di depan retina, bukan puas retina. Cadok bisa berkembang secara bertahap atau cepat, rata-rata memburuk sepanjang masa kanak-kanak dan cukup umur, dan menjurus keturunan semenjak keluarga.

Cara Mengurangi Mata Minus

Ada banyak cara yang bisa kondusif mengurangi rabun jauh, perawatannya menginjak dari pengusahaan kacamata ataupun lensa perantaraan nan diresepkan medikus, sebatas tindakan usaha.

Berikut ini beberapa cara mengurangi mata minus:

1. Kacamata

Pendirian paling populer yang kesatuan hati bagi lazimnya orang bakal mempertajam rabun jauh merupakan menunggangi sudut. Bergantung pada tingkat koreksi penglihatan yang diperlukan, Anda akan mengaryakan kacamata setiap tahun atau tetapi saat diperlukan untuk penglihatan jarak jauh.

Beberapa anak asuh penderita myopia bisa jadi saja membutuhkan kacamata untuk bertindak bola, menonton film, alias mematamatai gawang catat. Bilang insan mungkin perlu mempekerjakan kacamata berkesinambungan untuk mengintai dengan jelas.

2. Lensa Kontak

Menggunakan lensa perantaraan membuat rukyah jarak jauh lebih mencolok dan lebih sintal. Tidak seperti kacamata, kanta diterapkan tepat pada bola mata.

Lensa susunan tersedia dalam berbagai target dan desain, terdaftar lunak dan kaku, permeabel gas dalam kombinasi dengan desain spheris, toric, dan multifokal. Sebelum memilihnya, konsultasikan kepada tabib indra penglihatan tentang lensa wasilah terbaik untuk Beliau.

3.
Orthokeratology

Dalam prosedur ini, khalayak dengan mata cacat akan mempekerjakan suryakanta susunan preskriptif nan dapat menyerap gas selama bilang jam sehari sebatas kelengkungan netra rata. Kemudian akan lebih berat mengaryakan suryakanta cak bagi mempertahankan kerangka baru.

Baca :   Cara Merawat Rambut Krus

Jika menghentikan perawatan ini, mata  akan kembali ke bentuk semula. Ini telah manjur bahwa kanta dogmatis memperlambat perpanjangan bola ain rabun jauh, yang mengurangi miopi.

4. Phakic
ICL (Kanta Gabungan Implan)

ICL atau lensa kawin implan adalah prosedur operasi dengan menerapkan suryakanta pada ain di antara lensa alami dan iris, atau di antara iris dan kornea.

Sebelum menjalani prosedur ini, konsultasikan dengan dukun mata nan sangat terlatih kerjakan mengetahui prosedur mana yang tepat untuk Anda. Dokter mata dapat menerimakan penilaian dan kondusif menentukan pilihan pemeliharaan terbaik.

5. LASIK

Ini yaitu prosedur keratomileusis in situ dengan bantuan laser, operasi minimal masyarakat bikin membetulkan cadok. Dalam prosedur LASIK, dokter alat penglihatan akan menggunakan laser kerjakan memotong
flap
(pembukaan lapisan) yang tipis melalui bagian atas kornea, untuk membuat sekali lagi jaringan kornea fragmen kerumahtanggaan, dan kemudian meletakkan
flap
kembali ke tempatnya.

6. LASEK

Sama dengan LASIK, prosedur keratektomi subepitel juga dengan bantuan laser. Dalam prosedur LASEK, dokter mata memperalat laser untuk menyela
flap
tipis hanya melalui lapisan atas (epitel) kornea, untuk takhlik kembali lapisan luar, dan kemudian menyelimuti
flap.

7. PRK (Photorefractive Keratectomy)

PRK adalah jenis operasi indra penglihatan laser kerjakan memperbaiki rabun jauh ringan maupun menengah, dan sekali lagi bikin memperbaiki rabun sanding atau astigmatisme. Selama prosedur PRK, dokter mata memperalat laser untuk membentuk pun permukaan kornea, yang meratakannya dan memungkinkan cahaya cahaya untuk fokus puas retina.

Bukan seperti LASIK, tabib mata enggak akan memotong
flap. PRK lebih disukai pasien dengan kornea nan kian tipis atau n kepunyaan latar kasar, karena mengganggu jaringan kornea yang lebih sedikit ketimbang usaha LASIK.

8. Penawar Topikal (Atropin)

Atropin merupakan obat tetes netra yang biasanya untuk melebarkan biji mata mata, seringkali sebagai episode bermula sensor indra penglihatan atau sebelum dan sesudah persuasi mata. Peminta mata rendah dalam beraneka macam dosis juga dapat membantu memperlambat perkembangan cadok.

Baca :   Cara Memperkuat Pergelangan Tangan

Prinsip Mengurangi Alat penglihatan Abnormal Lainnya yang Alami

Salah satu prinsip terbaik bagi merawat alat penglihatan dari rabun jauh adalah dengan merawat seluruh fisik. Sortiran cegak dengan ideal bersantap, hipotetis tidur, dan olahraga, memeriksakan netra ke sinse secara rutin, dan mempraktikkan kebersihan nan baik, dapat menjaga kondisi raga dan mata tetap sehat.

Berikut ini sejumlah pendirian menyenangkan mata sonder yang alami.

1. Perbanyak Tahun di Luar

Menghabiskan waktu di luar flat sepanjang masa remaja dan awal masa dewasa bisa menurunkan risiko miopia seusia nyawa. Ini karena gambaran binar ultraviolet (UV) matahari dapat menyangkal struktur molekul sklera dan kornea serta membantu mempertahankan rangka normal.

2. Makan Makanan nan Kaya Antioksidan dan Gizi A

Mengonsumsi sayuran berdaun, wortel, dan ikan dapat kondusif menjaga kesehatan ain serempak menjadi prinsip menyembuhkan mata sonder. Makan makanan bergizi bisa membantu meningkatkan pandangan dan ki memperlalaikan kehilangan penglihatan terkait usia.

3. Tidur yang Cukup

Detik kepenatan, mata akan kian mudah tegang dan terasa seperti mana kelilipan pasir dan terasa kersang. Tahun tidur nan cukup dapat mengurangi mata capek dan alhasil meningkatkan rukyat berusul rabun jauh.

4. Menunggangi Kacamata Anti-UV

Gunakanlah sudut hitam dengan konservasi UV saat kreatif di sumber akar sinar matahari. Ini kerjakan mencegah paparan cahaya matahari spontan yang dapat mengurangi kemampuan penglihatan dengan eksposur yang lama.

5. Menggunakan Pelindung Mata saat Beraktivitas

Selain kacamata anti-UV, gunakanlah penaung ain saat beraktivitas atau bekerja yang berisiko menimbulkan cedera pada mata. Penyakit penglihatan nan paling umum lakukan basyar dewasa cukup umur (berumur antara 19 dan 40) terkait dengan cedera dan stres pada mata.

6. Kurangi Menatap Jib

Seandainya menghabiskan banyak waktu melihat layar, seperti komputer jinjing maupun
smartphone, sebaiknya istirahat beberapa saat dan lihat objek tak sejauh 20 kaki setiap 20 menit selama 20 detik setiap kalinya. Cara ini membantu mencegah ketegangan mata, yang menyebabkan kelelahan ain, sakit bos, ketegangan gala, dan penjatuhan penglihatan.

Baca :   Cara Jitu Menyapih Anak Agar Tidak Rewel

7. Jangan Merokok

Kebiasaan merokok boleh meningkatkan risiko heterogen ki kesulitan kesehatan badan, tercantum kerusakan saraf optik, degenerasi makula tersapu vitalitas, dan katarak, yang semuanya bisa berhasil merusak pada kemampuan penglihatan.

8. Menjalani Pemeriksaan Mata secara Integral

Cak acap memeriksakan mata ke dokter mata adalah cara terbaik kerjakan memastikan kebugaran netra sebagus bisa jadi. Memeriksakan mata secara rutin ke dokter boleh bertepatan mendeteksi potensi masalah dan membantu menjaga kesehatan alat penglihatan dan penglihatan.

9. Latihan Senam Mata

Mata yang capek maupun mata stres boleh berbuah sreg ketaknormalan netra, seperti rabun jauh atau mungkin rabun dekat. Bikin mengatasinya, cobalah melakukan latihan gimnastik mata untuk merangsang otot mata agar boleh berkontraksi dengan baik.

Prinsip menghilangkan mata minus ini pas mudah, putarlah alat penglihatan 360 derajat, mencerling ke kanan dan kidal, serta melihat ke bawah dan ke atas. Bakal cara ini beberapa kali ketika mata merasa kelelahan.

Penyebab Mata Minus

Berikut ini penyebab kemampuan mata menurun yang perlu kamu ketahui:

  • Pola makan nan tidak fit, sebagai halnya asupan fruktosa sederhana nan berlebihan dan tembolok yang plus diolah, serta bersantap ketika merasa stres.
  • Kebiasaan membaca nan salah, seperti membaca sambil tergeletak dan mengaji di panggung dengan penerangan yang sedikit.
  • Polutan di gegana, air dan rezeki (bahan kimia, pengawet, dan lainnya).
  • Mengonsumsi gula yang berlebihan.
  • Arena kerja nan buruk
  • Bersisa banyak menatap layar televisi, komputer jinjing, maupun
    smartphone.
  1. Anonim. Tanpa Tahun.
    What is myopia?. https://www.optegra.com/conditions/myopia/ (Diakses pada 28 April 2021)
  2. Inkognito. 2020.
    Myopia (Nearsightedness). https://my.clevelandclinic.org/health/diseases/8579-myopia-nearsightedness
  3. Anonim. Tanpa Tahun.
    How To Improve Eyesight Naturally (& Safely). https://www.nvisioncenters.com/improve-eyesight/
  4. Mayo Clinic Staff. 2020.
    Nearsightedness. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/nearsightedness/diagnosis-treatment/drc-20375561 (Diakses pada 28 April 2021)
  5. Smith, Anna. 2020.
    What to know about myopia. https://www.medicalnewstoday.com/articles/myopia. (Diakses plong 28 April 2021)

DokterSehat
|
© 2022 PT Media Kebugaran Indonesia. Hak cipta Dilindungi