Cara Menghilangkan Karat Pada Rantai Tas

Cara Menghilangkan Karat Pada Rantai Tas

Ilustrasi : Cara Menghilangkan Karat Pada Rantai Tas

BLOG OSCAS
– Koleksi tas dengan aksesoris rantai atau jenis tas dengan tali rantai? Karat sering jadi masalah yang muncul. Cara menghilangkan karat pada rantai tas pun harus kamu ketahui jika ingin tas tetap indah.

Rantai pada tas ini dibuat dari bahan besi, jadi tidak heran jika karat muncul karena efek oksidasi. Proses membersihkan karat pada rantai tidak jauh berbeda dengan karat pada besi.

Simak beberapa macam cara yang bisa kamu dilakukan sendiri di rumah.

Cara Menghilangkan Karat Pada Rantai Tas yang Membandel

Karat yang muncul pada rantai tas bukan hanya membuat tampilan jadi buruk. Tangan juga akan menjadi kotor karena karat di rantai. Jika karat tidak segera dihilangkan maka akan merusak rantai tas.

Rantai mungkin saja akan putus karena pelapukan yang terjadi pada besi. Biasanya karat ini lebih cepat muncul karena lapisan cat mengelupas dan tas sering terkena air.

Untung saja ada beberapa cara menghilangkan karat pada rantai tas yang bisa kamu ikuti. Sekali menemukan karat pada rantai, sebaiknya sesegera mungkin membersihkan dengan cara berikut:

1. Cuka Dapur

Cara yang sering direkomendasikan karena bahannya mudah didapatkan adalah dengan cuka dapur. Prosesnya pun tidak berlangsung lama jika jumlah karat yang muncul masih sedikit.

Baca :   Foto Keren Hitam Putih Dari Belakang

Mulailah dengan menuangkan cuka dapur ke dalam sebuah wadah. Kemudian rendam rantai tas ke dalam cuka tersebut. Tunggu selama 15 menit kemudian gosok dengan sikat.

Kamu bisa memanfaatkan sikat dengan bahan alumunium foil karena bisa mengangkat karat dengan lebih cepat. Baru setelah itu bisa memanfaatkan spons jika karat mulai menipis.

Ketika karat sudah hilang, jangan bersihkan dengan air. Cukup keringkan rantai dengan kain saja sehingga tidak tersisa bahan cuka dapur. Rantai tas pun akan kembali mengkilap.

2.  Campuran Garam dan Lemon

Cara menghilangkan karat pada rantai tas lainnya jika tidak menemukan cuka dapur adalah dengan lemon serta garam. Kedua bahan ini dapat mengatasi karat pada rantai yang cukup tebal.

Pertama-tama mulai dengan mencampurkan garam kasar dengan perasan air lemon. Campur sampai membentuk seperti scrub, baru oleskan pada bagian rantai tas yang berkarat.

Sesudah itu tunggu beberapa menit baru gosok rantai. Kamu bisa menggunakan sikat gigi bekas sehingga bisa menjangkau bagian sela-sela rantai. Sikat sampai semua kerat karat terangkat.

Rantai yang sudah disikat bisa langsung dibilas dengan air bersih. Pastikan tidak ada campuran lemon dan air yang masih tertinggal. Terakhir, keringkan rantai sampai tidak ada sisa air yang menempel.

3. Campuran Air dan Baking Soda

Apabila kamu sudah mencoba kedua cara di atas namun tidak berhasil, pilihan lainnya adalah dengan baking soda. Cara menghilangkan karat di rantai tas bisa dimulai dengan mencampurkannya bersama air.

Buat sampai seperti pasta kemudian tempelkan pada bagian rantai yang berkarat. Diamkan selama satu hingga dua jam baru setelah itu digosok sampai karat menghilang.

Selain karat, baking soda juga menjadi cara membersihkan rantai tas yang menghitam. Tinggal bersihkan sisa-sisa baking soda menggunakan air, tampilan rantai tas kembali seperti semula.

Baca :   Warna Cat Rumah Bagian Luar Yang Elegan

4. Sabun Cuci Piring dan Kentang

Ada juga perpaduan bahan yang cukup unik, yaitu kentang dan sabun cuci piring ternyata bisa menjadi cara menghilangkan karat pada stainless rantai tas. Ada beberapa tahapan yang harus dilakukan.

Pertama menghaluskan potongan kentang dan langsung dicampur dengan sabun cuci porong. Aduk kemudian oleskan ke bagian karat di rantai, tunggu beberapa menit.

Langsung gosok dengan spons aluminium foil sampai karat terangkat. Baru setelah itu keringkan dengan kain.

5. Minuman Mengandung Soda

Pilihan cara terakhir adalah dengan minuman bersoda. Kandungan soda adalah karbon dioksida yang bisa menghilangkan karat. Kamu bisa merendam terlebih dahulu rantai tas ke dalam minuman soda.

Diamkan selama beberapa jam, biasanya karat akan memudar dengan sendirinya. Jika sudah bersih, tinggal dilap menggunakan kain basah baru kain kering.

BACA JUGA :

Perbedaan Tas Jansport Asli dan Palsu

Mengikuti semua cara menghilangkan karat pada rantai tas ini akan membantu kamu menjaga tampilan tas kesayangan. Jika sudah dibersihkan, rawatlah tas dengan baik seperti menyimpan di tempat kering.


Pewarta : Prana Hikmat
Editor : Ali JIhad

Cara Menghilangkan Karat Pada Rantai Tas

Source: https://blog.oscas.co.id/news/fashion/61b858d80a0d4/praktis-ini-cara-menghilangkan-karat-pada-rantai-tas

Check Also

Gambar Wanita Sedih Menangis Dan Kecewa Kartun

Gambar Wanita Sedih Menangis Dan Kecewa Kartun Adapun berikut ini adalah koleksi yang bisa kamu …