Cara Menghilangkan Besi Berkarat Pada Tas

Cara Menghilangkan Besi Berkarat Pada Tas

Kapanlagi Plus
– Masalah yang kerap muncul pada perabot berbahan besi salah satunya mengalami korosi dan berkarat. Sehingga membuat perabot tersebut tampak usang dan tak menarik lagi. Namun sebenarnya ada cara menghilangkan karat perabot besi di rumah dengan mudah agar tampak baru loh.

Cukup banyak perabot rumah tangga terbuat dari besi, sebut saja seperti pisau dapur yang sebagian besar berbahan besi. Namun sayangnya kerap muncul karatan yang menyebabkan perubahan warna menjadi kecoklatan bahkan merusak permukaannya.



Faktor penyebab karatan tersebut mulai dari paparan oksigen, air, ataupun reaksi kimia pada besi yang menyebabkan proses korosi. Akibatnya perabot rumah tangga terlihat usang dan tak menarik lagi. Membeli perabot baru pun rasanya menjadi solusi tepat untuk mengatasi masalah tersebut.

Padahal ada cara menghilangkan karat perabot besi di rumah secara alami. Cara ini termasuk mudah dilakukan bahkan bisa menghemat pengeluaran kalian membeli perabot besi baru. lalu bagaimana cara menghilangkan karat perabot besi di rumah secara alami?

Adapun cara menghilangkan karat perabot besi di rumah secara alami sangat mudah dilakukan. Bahan-bahannya tergolong mudah didapat serta terjangkau. Berikut cara menghilangkan karat perabot besi di rumah secara alami bersumber dari lifehacker.co.uk, farmersalmanac.com, apartmenttherapy.com.

1. Air Lemon dan Garam

Baca :   Cara Membuat Domain_7kai Foto Dari Kardus Susu

Cara menghilangkan karat perabot besi di rumah secara alami agar tampak baru salah satunya dapat menggunakan air lemon dan garam. Lemon mengandung vitamin c tinggi dengan tingkat keasaman yang dapat membersihkan karat secara alami.

Apalagi dicampur menggunakan garam yang diyakini akan membantu proses pembersihan karat perabot besi. Adapun cara menghilangkan karat perabot besi di rumah sebagai berikut:

– siapkan air perasan lemon atau jeruk nipis.

– Campurkan dengan garam.

– Lalu gunakan oleskan pada karat perabot besi.

– Diamkan selama dua jam hingga tiga jam.

– Setelah itu gosok karat tersebut menggunakan penggosok khusus atau dapat memakai kulit lemon.

– Bilas dengan air bersih.

– Lakukan dengan rutin sampai karat perabot besi mulai pudar.

2. Cuka

Cuka yang miliki zat asam sitrat atau asam asetat ini dapat digunakan sebagai cara menghilangkan karat perabot besi di rumah. Bahan ini memang cukup terkenal menghilangkan karat pada perabot berbahan besi. Baik cuka apel ataupun cuka putih, keduanya sama-sama bisa digunakan untuk membantu menghilangkan karatan tersebut. Caranya cukup mudah dan simpel dilakukan di rumah. berikut Langkah-langkah menghilangkan karat perabot besi menggunakan cuka:

– Siapkan cuka secukupnya.

– Rendam perabot besi pada cuka tersebut selama satu hari atau lebih.

– Lalu angkat perabot besi tersebut setelah merendam dalam waktu yang sudah ditentukan.

– Bersihkan dan lihat hasilnya.

3. Baking Soda

Cara menghilangkan karat perabot besi di rumah secara alami selanjutnya dapat menggunakan baking soda sebagai bahan pilihan. Caranya terbilang cukup mudah bahkan simple banget. Adapun cara menghilangkan karat perabot besi tersebut adalah sebagai berikut:

Baca :   Gambar Petani Panen Padi Di Sawah

– Siapkan baking soda secukupnya.

– Campurkan dengan sedikit air lalu oleskan pada karat perabot besi.

– Diamkan selama beberapa jam.

– Lalu gosok dan sikat karat tersebut sampai bersih dan terkelupas dari perabot besi.

– Bilas menggunakan air hingga bersih, dan lihat hasilnya perabot besi di rumah tampak baru lagi.

4. Sabun Cuci Piring dan Kentang

Tak banyak yang tahu kalau sabun cuci piring dan kentang bisa digunakan untuk menghilangkan karat perabot besi di rumah. Meski terdengar sedikit asing namun kedua bahan tersebut diyakini dapat membantu mengatasi masalah karat pada perabot besi. Untuk menggunakan sabun cuci piring dan kentang tersebut ikut beberapa langkah di bawah ini:

– Siapkan kentang mentah lalu potong menjadi dua bagian.

– Lalu oleskan sabun cuci piring.

– Gunakan kentang yang sudah diolesi sabun tersebut untuk menggosok permukaan perabot besi berkarat.

– Lakukan sampai karat perabot besi dapat memudar.

– Sebaiknya praktekkan cara ini di wastafel atau tempat yang sedikit luas agar lebih mudah.

– Bilas menggunakan air hingga bersih, lalu lihat hasilnya perabot besi di rumah akan tampak baru seperti semula.

5. Asam Sitrat

Sama halnya dengan cuka yang miliki kandungan asam, asam sitrat juga dapat digunakan sebagai cara menghilangkan karat perabot besi di rumah secara alami. Kalian dapat membeli asam sitrat ini di toko terdekat. Adapun cara menghilangkan karat perabot besi di rumah secara alami adalah sebagai berikut:

– Siapkan air panas dalam wadah.

– Tambahkan 2 hingga 3 sendok makan asam sitrat dalam air tersebut.

– Rendam perabot besi yang berkarat pada campuran asam sitrat dan air panas.

Baca :   Cara Mengusir Kelelawar Di Dalam Rumah

– Diamkan semalaman, lalu tiriskan esok harinya.

– Bersihkan karat dan gosok perlahan.

– Bilas menggunakan air bersih dan lihat hasilnya, perabot besi di rumah tampak baru lagi.

Nah itulah 5 cara menghilangkan karat perabot besi di rumah secara alami agar tampak baru lagi. Mudah bukan? Kalian dapat mempraktekkan cara tersebut di rumah dengan bahan-bahan yang mudah diperoleh. Apabila karat tak kunjung menghilang kalian juga dapat menggunakan produk penghilang karat yang biasanya diperjual belikan di pasaran.

Cara Menghilangkan Besi Berkarat Pada Tas

Source: https://plus.kapanlagi.com/5-cara-menghilangkan-karat-perabot-besi-di-rumah-secara-alami-agar-tampak-baru-19bc7e.html

Check Also

Gambar Wanita Sedih Menangis Dan Kecewa Kartun

Gambar Wanita Sedih Menangis Dan Kecewa Kartun Adapun berikut ini adalah koleksi yang bisa kamu …