Cara Menggunakan Mesin Cuci 2 Tabung

Cara Menggunakan Mesin Cuci 2 Tabung

Mesin Cuci 2 tabung dikenal dengan mesin cuci manual. Memiliki 2 tabung dengan fungsi yang berbeda. Biasanya tabung sebelah kiri untuk pencucian dan tabung sebelah kanan untuk pengeringan. Untuk penggunaan mesin cuci 2 tabung juga manual, dari pengisian air, setting kecepatan mesin dan setting waktu pencucian. Pada umumnya mesin cuci 2 tabung memiliki fitur-fitur sebagai berikut :

Fitur-fitur Mesin Cuci 2 Tabung

01 – Saringan / filter Selang

Fungsinya adalah untuk menyaring sisa-sisa kotoran yang masuk melewati selang. Sebenarnya untuk mengsisi air ada dua cara, bisa menggunakan ember dan memasukkan air ke dalam tabung pencucian atau menggunakan air dari selang. Jika menggunakan air dari selang keran, air akan terkoneksi ke saringan / filter yang akan menuju ke tabung pencucian. Untuk keefektifan penggunaan mesin cuci 2 tabung disarankan untuk menggunakan air dari selang. Karena air yang masuk bisa dipastikan benar-benar bersih, misalnya ada kotoran seperti sisa pasir akan tersaring melalui saringan dan tidak masuk kedalam tabung pencucian. Pastikan terpasang secara benar untuk menghindari kebocoran air.

Baca :   Warna Cat Jotun Untuk Kamar Tidur

02 – Tombol Pencucian

Biasanya memiliki fungsi untuk mengatur jenis pakaian, kecepatan putaran untuk tabung pencucian, sedangkan untuk tabung pengeringan biasanya terdapat tombol atau putaran untuk mengatur waktu pengeringan.

03 – Selang Saluran Pembuangan

Selang Saluran Pembuangan pada mesin cuci 2 tabung dengan bawaan dari awal biasanya hanya sepanjang 1 meter. Jika membutuhkan lebih panjang, Anda bisa beli di toko material / elektronik sesuai yang dibutuhkan.

04 – Saluran Filter Tabung Pencucian

Fitur ini berfungsi untuk menyaring sisa kotoran, sisa detergen yang akan masuk ke mesin cuci. Setelah pencucian diharapkan untuk sering-sering dibersihkan. Karena jika jarang dibersihkan, maka kotoran akan mengendap dan bercampur dengan pakaian saat proses pencucian.

05 – Pemusar Air Tabung Pencucian

Biasanya terletak di dasar tabung pencucian dan fungsinya untuk perputaran air secara maksimal. Air yang dibawah bisa dibawa ke atas, berlawanan arah secara otomatis agar pencucian bisa lebih bersih.

06 – Tabung Pengeringan

Biasanya terdapat alat penekan pakaian agar pakaian tidak terbang saat mesin pengering berputar dan untuk optimalisasi pengeringan air agar pakaian benar-benar kering.

Setelah mengenal fitur-fitur diatas, untuk lebih mudahnya bisa mengikuti langkah-langkah penggunaan mesin cuci 2 tabung dibawah.

Cara Menggunakan Mesin Cuci 2 Tabung (Manual)

01 – Sesuaikan Kondisi Pakaian

Pengisian air tergantung dengan banyak dikitnya pakaian. Kondisi ideal pengisian air adalah sekitar satu jengkal tangan dari batas atas pakaian. Tidak disarankan terlalu sedikit dan terlalu banyak karena hasilnya akan tidak maksimal.

02 – Pengisian Air

Setiap mesin cuci memiliki batas maksimal dalam pengisian air dengan kategori minimal, medium dan maksimal. Bisa menggunakan cara dengan air dari ember atau menggunakan air dari selang. Untuk pengisian dikondisikan dengan banyaknya pakaian.

Baca :   Warna Cat Rumah Yang Cerah Dan Bagus

03 – Pengisian Detergen

Pilihlah detergen yang sesuai dengan jenis pakaian. Bisa menggunakan detergen cair atau bubuk. Hanya untuk saran, pilihlah detergen cair dikarenakan detergen cair lebih cepat larut dalam air sedangkan detergen bubuk kadang menggumpal dan tidak ikut larut dalam air menjadikan sisa-sisa bubuk detergen menempel di pakaian. Sisa-sisa detergen yang tidak larut juga bisa masuk kedalam saringan pembuangan yang bisa menyebabkan jamur, bau yang mengendap dan jika tidak dibersihkan akan membuat pakaian menjadi kotor dan bau.

04 – Setting Putar Tabung Pencucian

Setting putar untuk arus bolak-balik sebentar saja. Tujuannya untuk mencampur detergen larut dengan air.

05 – Masukkan Pakaian

Disarankan untuk memisah pakaian yang tebal, tipis dan berwarna. Karena nanti hasil cucian akan berbeda-beda. Setelah dibedakan, masukkan satu persatu pakaian kedalam tabung mesin cuci.

06 – Manfaatkan Opsi pada Tombol Pencucian

Kenali fitur-fitur seperti lama waktu pencucian, biasanya untuk pencucian menggunakan waktu 15 menit dan jika ada fitur perendaman maka akan memakan waktu hingga 45 menit. Dengan menjalankan fitur ini, kinerja mesin cuci nantinya akan berputar sekitar 5 menit kemudian berhenti dan berputar 5 menit kemudian berhenti, begitu seterusnya. Fungsinya adalah agar detergen bercampur rata dengan pakaian. Kami sarankan untuk fitur perendaman tidak terlalu lama. Gunakan waktu rata-rata 20-30 menit untuk total waktu pencucian. Tetapi jika pakaian yang sangat kotor seperti pakaian kerja, selimut atau terkena kotoran bisa sampai 45 menit.

07 – Buang Air Setelah Selesai Pencucian

Setelah proses pencucian selesai, setting ke proses pembuangan. Maka nanti secara otomatis air akan keluar melalui saluran pembuangan.

08 – Proses Pembilasan

Setelah semua air keluar. Masukkan air kembali kedalam tabung pencucian untuk memulai proses pembilasan. Tunggu air hingga sesuai dengan tinggi tumpukan pakaian. Dan putar kembali untuk pembilasan dan proses itu tidak perlu waktu yang lama. Tunggu hingga mesin mati. Dalam proses pengisian air pastikan tidak dalam kondisi pembuangan, karena air yang masuk akan ikut keluar.

Baca :   Rumah Sederhana Tapi Mewah 2 Lantai

09 – Buang Air dari Proses Pembilasan

Tekan atau putar tombol pembuangan, maka air akan keluar melalui saluran pembuangan.

10 – Lakukan Pembilasan 2 x

Untuk memastikan tidak ada busa-busa atau detergen yang menempel dipakaian maka lakukan pembilasan sebanyak dua kali.

11 – Masukkan Pakaian ke Mesin Pengeringan

Masukkan pakaian dari tabung pencucian satu demi satu dan ditata secara rapi dalam tabung pengeringan. Jika sudah masuk semua tekan dengan penutupnya untuk hasil pengeringan yang maksimal.

12 – Bilas Dengan Air di Mesin Pengeringan

Beberapa mesin cuci 2 tabung memiliki fitur untuk pembilasan air di mesin pengering. Tujuannya untuk memastikan tidak ada busa atau detergen yang ikut dalam mesin pengering. Perbedaan pengisian tabung pengering dan pencucian adalah saat mesin pengering berputar, air akan tetap menyirami pakaian untuk hasil yang maksimal. Lakukan sebentar saja.

13 – Keringkan Air Hingga Kadar Air Berkurang Banyak

Untuk langkah terakhir adalah mengeringkan air di tabung pengering. Setting waktu 5 – 15 menit untuk proses pengeringan. Jika sudah selesai maka mesin akan mati secara otomatis.

14 – Jemur Pakaian Sesuai Kondisi Pakaian

Walaupun kadar air sudah berkurang banyak, pakaian tetap harus dijemur agar benar-benar kering. Beberapa pakaian bisa dijemur langsung terkena matahari dan ada juga yang hanya digantung di tempat teduh dengan berangin-angin saja.

Cara menggunakan mesin cuci 2 tabung diatas sudah dibahas tuntas kali ini. Beberapa kelebihan menggunakan mesin cuci 2 tabung adalah bisa mencuci dan mengeringkan pakaian dengan waktu yang bersamaan. Semoga informasi ini bisa membantu Anda menggunakan mesin cuci 2 tabung.

Cara Menggunakan Mesin Cuci 2 Tabung

Source: https://panduan-mesin-cuci.blogspot.com/2019/09/cara-menggunakan-mesin-cuci-2-tabung.html

Check Also

Gambar Wanita Sedih Menangis Dan Kecewa Kartun

Gambar Wanita Sedih Menangis Dan Kecewa Kartun Adapun berikut ini adalah koleksi yang bisa kamu …