Cara Mengatasi Wc Mampet Tanpa Bongkar

Cara Mengatasi Wc Mampet Tanpa Bongkar

Daftar Isi

  • Cara Mengatasi Wastafel Mampet
    • Bersihkan Sampah di Wastafel
    • Siram Air Panas
    • Gunakan Plunger
    • Pakai Dengan Kabel Auger
    • Tuang Minuman Bersoda
    • Sabun Cuci Piring
    • Taburkan Garam
    • Pakai Bio Enzim
    • Buat Air Perasan Lemon
    • Gunakan Cairan Kimia
    • Hindari Membuang Sisa Makanan dan Barang Bekas ke Wastafel
    • Bongkar Saluran Air
    • Bongkar Wastafel

Wastafel mampet kerap menjadi masalah di setiap rumah. Untungnya, ada beragam cara yang praktis dan mudah untuk mengatasi wastafel yang mampet. Metode-metode ini bisa memanfaatkan bahan dapur maupun kimia.

Sebelum itu, kamu harus tahu dulu apa yang jadi penyebab saluran air tersumbat di washtafel. Umumnya, kondisi ini terjadi akibat sisa-sisa makanan maupun rambut yang tidak tersiram hingga akhir saluran pembuangan.

Untuk itu, kamu harus mengatasi penyebabnya terlebih dulu. Hanya saja, saluran pembuangan wastafel cenderung kecil sehingga sulit untuk dijangkau dengan tangan. Oleh sebab itu, kamu bisa mencoba cara-cara di bawah ini agar wastafel kembali lancar.

Cara Mengatasi Wastafel Mampet

Bersihkan Sampah di Wastafel

(iStock)

Cara mengatasi wastafel yang tersumbat pertama kali adalah mengangkat sampah yang ada. Ini bertujuan melancarkan kembali aliran air. Jika saluran pembuangan sangat kecil, kamu bisa membersihkan sampah-sampah tersebut di mulut saluran.

Baca Juga: 11 Cara Mengatasi Saluran Paralon Mampet, Mudah dan Cepat

Siram Air Panas

(Pexels)

Setelah sampah di mulut saluran pembuangan sudah dibersihkan, kamu bisa melanjutkannya dengan menyiram air panas ke wastafel. Bukan sekadar air panas, kamu harus menggunakan air mendidih dan siram langsung ke saluran pembuangan.

Baca :   Gambar Kata Wanita Kuat Dan Tegar

Air panas dapat meluruhkan kotoran berlemak dan berminyak. Namun, cara ini tidak dapat digunakan untuk semua jenis wastafel, terutama untuk bahan plastik. Bila masih tersumbat, siram wastafel beberapa kali.

Gunakan Plunger

cara mengatasi wastafel mampet dengan plunger
(Shopee)

Pins dapat memakai plunger sebagai salah satu cara mengatasi wastafel mampet. Alat
housekeeping
yang wajib ada ini cukup mudah digunakan. Kamu hanya tinggal meletakkan bagian kop ke saluran pembuangan.

Setelah itu, tekan dan tarik batang plunger ke arah atas bawah dengan cepat. Setelah 10-12 kali, tarik plunger dengan kuat. Dengan begitu, saluran pembuangan dapat lancar kembali bekerja.

Penggunaan plunger sering dimanfaatkan untuk mengatasi WC mampet. Biasanya sebelum menekan dan menarik kop di sekeliling karet plunger diberi air.

Cara ini efektif untuk mendorong kotoran yang menyumbat. Usai menarik plunger, air yang berada di sekitar karet plunger akan langsung mengalir ke saluran pembuangan.

Pakai Dengan Kabel Auger

Bila di rumah tidak tersedia plunger, ini bisa diganti dengan kabel auger. Cara mengatasi wastafel mampet dengan kabel auger tidak jauh berbeda dengan plunger.

Langkah untuk menggunakannya adalah dengan membuka pintu kabinet pipa saluran air. Lepaskan pipa trap yakni pipa berbentuk melengkung yang menghubungkan pipa horizontal dan vertikal.

Cobalah mencari sumbatan pada pipa trap. Masukan kabel auger kemudian dorong hingga kabel masuk ke dalam. Tarik kabel sepanjang 46 cm kemudian putar kabel searah jarum jam. Jika kabel membentur sesuatu maka tarik dan putar ke arah berlawanan.

Tujuannya untuk memancing sumbatan tertarik. Bila telah berhasil mengeluarkan sumbatan, kembalikan pipa ke posisi semula.

Baca Juga: Cara Membersihkan Saluran Pembuangan Air AC yang Mampet

Tuang Minuman Bersoda

(Pexels)

Minuman bersoda dikenal mampu meluruhkan kotoran berkerak. Cara memperbaiki wastafel mampet dengan minuman soda sebaiknya menyediakan sebanyak 2 liter.

Setelah itu, tuangkan ke dalam wastafel yang mampet. Diamkan hingga muncul gelembung dan suara mendesis. Biarkan rendaman minuman bersoda ini selama 1-2 jam.

Baca :   Classical Instrumental Music Mp3 Free Download

Bila sudah, bilas dengan menyalakan keran air. Minuman bersoda akan meluruhkan kerak dan kotoran lainnya.

Sabun Cuci Piring

cara mengatasi wastafel mampet dengan sabun cuci piring
(Pexels)

Gunakan sabun cuci piring sebagai cara membersihkan wastafel mampet. Caranya dengan menuangkan ¼ gelas deterjen cuci piring ke mangkuk.

Didihkan air kemudian tuang sabun cuci piring ke saluran pembuangan. Setelah itu, tuang air mendidih agar sumbatan berminyak lekas rontok.

Untuk mencegah mampet di kemudian hari lakukan pembersihan seperti di atas secara berkala. Pins bisa membersihkan saluran pembuangan air seminggu sekali.


Taburkan Garam

(Pexels)

Kombinasi garam dan soda kue dapat meluruhkan kotoran di saluran pembuangan. Campur garam dan soda kue dengan perbandingan takaran sama.

Aduk hingga merata kemudian tuangkan air mendidih. Tutup bibir saluran dengan piring dan diamkan selama 15 menit. Setelah itu, dorong sisa kotoran dengan air panas.

Pakai Bio Enzim

Cara memperbaiki wastafel mampet dapat memanfaatkan bio enzim. Bahan ini merupakan pengurai hidup biasa disediakan oleh toko material.

Kekurangan bio enzim membutuhkan waktu lama dalam mengatasi sumbatan organik. Meskipun demikian bahannya aman dan efektif mengangkat sumbatan organik.

Buat Air Perasan Lemon

cara mengatasi wastafel mampet dengan lemon
(Pexels)

Penggunaan lemon mampu dijadikan sebagai cara memperbaiki wastafel mampet. Baunya segar dan mampu menghilangkan endapan mineral.

Pengapilkasiannya bisa dengan menggosok potongan lemon ke permukaan dan saluran pembuangan wastafel. Lemon juga mampu membuat wastafel lebih mengkilap.

Gunakan Cairan Kimia

(The Kitchn}

Tak jarang meski tindakan pencegahan telah dilakukan seringkali saluran air di wastafel bisa tetap tersumbat. Ini sering terjadi terutama bagi wastafel sebagai tempat mencuci piring didapur. Cara yang bisa dilakukan mungkin dengan menggunakan cairan atau produk untuk melonggarkan saluran air yang tersumbat. Biasanya produk ini berbasis kimiawi sehingga perlu untuk diketahui cara pakainya agar aman.

Selain itu, cara alami lainnya dengan menggunakan campuran cuka soda kue, dan air mendidih. Cara ini biasanya efektif jika bahan yang menjadi penyumbat bersifat organik dan tak terlalu keras. Benda semacam plastik bisa jadi bahan yang lebih efektif diatasi dengan cara ini.

Baca :   Foto Kartun Ayah Ibu Dan Anak

Hindari Membuang Sisa Makanan dan Barang Bekas ke Wastafel

(Mostphotos)

Kebiasaan baik akan membawa hal baik. Hal tersebut berlaku untuk hal terkecil termasuk menjaga agar saluran air di wastafel tidak mampet. Seperti mengumpulkan sisa makanan dalam kantong plastik untuk kemudian dibuang ketempat sampah.

Pencegahan lain seperti tidak membuang sisa-sisa saat menyiangi ayam atau ikan, adalah cara pertama untuk mencegah tersumbatnya saluran air di wastafel.

Bongkar Saluran Air

Cara Mengatasi wastafel mampet bisa dilakukan dengan beberapa langkah. Untuk cara pertama tentu dengan membongkar saluran air, agar masalah dapat ditemukan dengan mudah.

Biasanya, akan ada beberapa benda yang tersumbat pada area tersebut sehingga menyebabkan wastafel mampet.

Bongkar Wastafel

Bila cara-cara pertama dan kedua memang belum berhasil, cara yang terakhir tentu terdengar ekstrim dan membutuhkan banyak waktu dan biaya. Langkah yang terakhir ini bersifat restoratif, tentu memerlukan kerja konstruksi dalam hal pembongkaran saluran air.

Jika akan menggunakan cara ini, gunakan bantuan dari tukang pipa profesional yang berpengalaman.

Itulah beberapa cara mengatasi wastafel mampet. Pilihlah cara mengatasi wastafel mampet sesuai dengan bahan yang tersedia.

Jika aliran air sudah lancar, hindari kebiasaan yang bisa menyebabkan saluran wastafel tersumbat, seperti membuang sisa makanan dan rambut, ya!


Nikmati layanan rumah tangga seperti cuci mobil, servis dan cuci AC, desinfektan & fogging, hingga
massage
dari Pinhome Home Service hanya dalam satu kali klik. Dapatkan pula paket perlindungan AC yang bisa dipilih sesuai kebutuhan melalui aplikasi Pinhome.

Tunggu apa lagi, segera unduh aplikasi Pinhome di App Store atau Google Play sekarang dan rasakan pengalaman rumah yang bersih dan tubuh yang lebih rileks. Hanya di Pinhome Home Service yang memberikan solusi kebersihan dan perawatan properti, serta kendaraan dengan mudah.

Cara Mengatasi Wc Mampet Tanpa Bongkar

Source: https://www.pinhome.id/pinhome-home-service/insight/cara-mengatasi-wastafel-mampet/

Check Also

Gambar Wanita Sedih Menangis Dan Kecewa Kartun

Gambar Wanita Sedih Menangis Dan Kecewa Kartun Adapun berikut ini adalah koleksi yang bisa kamu …