Cara Mencuci Baju Pakai Mesin Cuci

Cara Mencuci Baju Pakai Mesin Cuci

Berkembangnya teknologi seiring waktu memang mempermudah pekerjaan kita dalam sehari-hari. Contohnya, kehadiran mesin cuci yang dapat menghemat waktu dalam pengerjaan pencucian hingga pengeringan pakaian.

Sama seperti alat elektronik lainnya, penggunaan mesin cuci juga memiliki berbagai langkah khusus yang harus dipahami demi menjaga kondisi pakaian kita dengan baik.

Yuk simak berbagai cara mencuci baju dengan mesin cuci yang tepat, sehingga pakaian yang kamu miliki tidak rusak!

Kelebihan Menggunakan Mesin Cuci

Sebelum membahas bagaimana cara mencuci baju dengan mesin cuci, sebetulnya, apa saja sih kelebihan dari menggunakan mesin cuci?

● Lebih efisien dalam waktu dan tenaga

● Dapat mencuci pakaian dalam kapasitas besar

● Beberapa mesin cuci yang memiliki fitur lengkap untuk mencuci berbagai jenis pakaian

● Menjaga kesehatan kulit dari alergi akibat penggunaan deterjen secara langsung

● Pencucian yang dapat ditinggal karena mesin bekerja secara otomatis

Nah, itu dia beberapa kelebihan menggunakan mesin cuci untuk membersihkan pakaian. Oh ya, kamu juga bisa memilih jenis mesin cuci yang memiliki daya listrik rendah sehingga lebih hemat listrik, ya!

Cara Mencuci Baju dengan Mesin Cuci

Untuk membuat pakaian kamu lebih bersih secara maksimal tanpa ada kerusakan, berikut beberapa tips mencuci baju dengan mesin cuci yang bisa kamu aplikasikan:

1. Pilah jenis pakaian yang akan dicuci

Hal utama yang perlu kamu lakukan untuk mencuci pakaian di mesin cuci adalah dengan memilah jenis pakaian. Karena, jenis pakaian seperti rajutan, lace, atau kaos dengan bahan yang cukup stretchy tidak dapat disatukan dengan kaos atau sweater biasa. Jadi untuk menghindari pakaian kamu rusak, pastikan untuk melakukan langkah ini, ya!

Baca :   Gambar Desain Ruko Minimalis 2 Lantai

pilih jenis pakaian

2. Pisahkan pakaian putih dengan warna lain

Beberapa pakaian berwarna seperti merah, biru, atau hijau bisa saja luntur saat dimasukkan ke dalam mesin cuci. Solusinya, kamu perlu memisahkan pakaian berwarna dengan warna putih untuk menghindari pakaian putih kamu terkena noda lunturan dari pakaian berwarna.

pilih jenis pakaian

3. Gunakan pemutih pakaian untuk pakaian putih

Merawat pakaian berwarna putih memang sedikit tricky. Dengan metode pencucian yang salah, bisa saja seiring waktu pakaian putih yang kamu miliki terlihat kusam dan kekuningan. Untuk menghindari hal tersebut, gunakan cairan pemutih pakaian yang dijual di supermarket atau minimarket sehingga pakaian putih kamu tetap terlihat seperti baru.

4. Hindari pelembut pada pakaian putih

Tahukah, kamu? Penggunaan pelembut pada pakaian putih bisa merusak pakaian tersebut menjadi kasar dan kekuningan. Sebaiknya, hindari penggunaan pelembut pada pakaian putih agar tetap awet, ya!

pilih jenis pakaian

5. Gunakan tempat khusus untuk kaos kaki dan pakaian dalam

Jenis pakaian berukuran kecil lebih rentan mengalami kerusakan ketika dimasukkan ke dalam mesin cuci. Jika kamu ingin mencuci pakaian kecil seperti kaos kaki dan underwear, kamu bisa menggunakan tas kecil khusus yang biasa disebut sebagai laundry net.

pilih jenis pakaian

6. Cuci kaos kaki dengan air dingin

Mencuci menggunakan air hangat memang lebih direkomendasikan agar hasil yang diberikan lebih bersih dan wangi. Namun, hal ini tidak berlaku bagi kaos kaki, ya! Pasalnya, mencuci kaos kaki dengan air hangat justru dapat membuat perlengkapan tersebut menjadi lembap dan bau apek.

pilih jenis pakaian

7. Manfaatkan sampo bayi untuk pakaian yang menyusut

Pakaian bisa saja menyusut karena terlalu sering dicuci atau penggunaan yang sudah lama. Namun, kamu tidak perlu khawatir, karena hal ini bisa diatasi dengan penggunaan sampo bayi. Kamu bisa menambahkan sampo bayi di tempat deterjen mesin cuci kamu dan rendam pakaian selama 15 menit lalu dilanjutkan dengan proses pengeringan.

Baca :   Download Video Animasi Selamat Ulang Tahun

manfaatkan sampo bayi untuk mencuci pakaian yang menyusut

Hindari mengeringkan pakaian terlalu lama

Teknologi pengeringan yang dimiliki mesin cuci memang membuat kita menjadi lebih hemat waktu dan tenaga. Namun sebaiknya, hindari proses pengeringan yang terlalu lama di dalam mesin cuci karena dapat menimbulkan kerusakan pada pakaian kamu seperti robek atau melar akibat putaran yang dihasilkan oleh mesin cuci terlalu sering.

hindari mengeringkan terlalu lama

9. Bersihkan mesin cuci dengan obat kumur

Meskipun fungsinya mencuci pakaian, tapi jangan sampai lupa untuk membersihkan mesin cuci itu sendiri, ya! Karena bila dibiarkan, kotoran yang menumpuk dari pakaian bisa merusak pakaian itu sendiri serta mesin cuci yang kamu miliki. Kamu bisa menggunakan obat kumur sebagai pengganti sabun cuci dan putar mesin cuci selama 10-15 menit untuk membersihkan mesin cuci.

Pengaturan Umum Seputar Mesin Cuci

Umumnya, mesin cuci dari berbagai merk hadir dalam sejumlah pengaturan yang bisa kamu modifikasi sesuai dengan kebutuhan. Jadi, jangan lupa membaca buku panduan merk mesin cuci kamu untuk mengetahui secara tepat, ya!

Misalnya, jika kamu memiliki pakaian dengan petunjuk ‘delicates’ atau ‘hand wash only’ kamu bisa mencucinya di mesin cuci menggunakan air dingin serta sedikit deterjen yang lembut dengan pengaturan suhu dan waktu yang disesuaikan. Untuk pakaian dengan bahan yang lebih tebal dan kuat, kamu bisa menggunakan metode pencucian normal menggunakan air hangat bersuhu 30°C-40°C. Jika kamu hanya ingin mengeringkan pakaian tanpa mencucinya, kamu juga bisa memilih pengaturan ‘spin only’ pada mesin cuci yang kamu miliki.

Yup, itu dia 9 cara mencuci baju dengan mesin cuci yang tepat. Oh ya, perlu diingat, selain membuat pakaian tetap bersih, jangan lupa juga untuk
memastikan pakaian tetap higienis
sehingga terhindar dari berbagai virus dan bakteri yang menempel. Jangan lupa juga, tetap jaga lingkungan dengan
mendonasikan pakaian layak
yang sudah tidak kamu gunakan kepada yang lebih membutuhkan atau mendaur ulang di bank sampah terdekat, ya!

Baca :   Dekorasi Ulang Tahun Sederhana Untuk Pacar

Cara Mencuci Baju Pakai Mesin Cuci

Source: https://www.uniqlo.com/id/en/news/topics/2022090701/

Check Also

Gambar Wanita Sedih Menangis Dan Kecewa Kartun

Gambar Wanita Sedih Menangis Dan Kecewa Kartun Adapun berikut ini adalah koleksi yang bisa kamu …