Cara Mencari Luas Juring Pada Lingkaran

KlikBelajar.com – Cara Mencari Luas Juring Pada Lingkaran


Cara Menghitung Luas Tembereng Lingkaran Beserta Contoh Soal
– Dalam ilmu matematika kita akan bertemu pembahasan tentang lingkaran. Lingkaran sendiri memiliki beberapa unsur dan sifat yang menurut saya lumayan kompleks. Diantaranya adalah tembereng, juring, busur, dan lain sebagainya. Semua unsur tersebut bisa kalian hitung memakai rumus khusus yang berbeda satu sama lain.

Dalam lingkaran terdapat lengkungan yang mengelilingi titik pusat, saling berkaitan, dan membentuk daerah pada bagian di dalamnya. Lingkaran tersebut memiliki rumus luas dan rumus keliling pula. Rumus luas lingkaran yang digunakan yaitu πr² dan rumus keliling lingkarannya yaitu 2πr. Selain itu adapula rumus luas tembereng lingkaran, cara menghitung luas tembereng lingkaran dan contoh soal luas tembereng lingkaran yang perlu dipahami.

Rumus tembereng menjadi salah satu materi pokok yang wajib dikuasai siswa sekolah menengah atas. Mengapa demikian? karena contoh soal tembereng sudah pasti muncul saat ujian. Masalahnya, apakah kalian tau bagaimana cara menghitung luas tembereng lingkarang dengan benar?

Faktanya beberapa siswa mengeluh kesulitan saat mengerjakan soal luas tembereng karena faktor tertentu. Mulai dari rumus hitung berbelit sampai minimnya waktu mengerjakan ketika sedang ujian. Secara tidak langsung kalian harus menentukan luas juring dan luas segitiga terlebih dahulu sebelum beranjak ke rumus luas tembereng.


Contents

  • 1
    Cara Menghitung Luas Tembereng Lingkaran Beserta Contoh Soal

    • 1.1
      Rumus Tembereng
    • 1.2
      Cara Menghitung Luas Tembereng (Konvensional)
    • 1.3
      Cara Menentukan Luas Tembereng Dengan Cepat


Cara Menghitung Luas Tembereng Lingkaran Beserta Contoh Soal

Cara konvensional yang diajarkan guru pada dasarnya memang memakan banyak waktu karena siswa harus dua kali kerja. Lalu bagaimana rumus tembereng lingkaran cepat dan praktis? tidak perlu terburu-buru. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang cara menghitung luas tembereng lingkaran beserta contoh soal luas tembereng sebagai bahan latihan.

Secara garis besar kita memang sudah diajarkan berbagai materi dasar bangun datar bahkan sejak dini. Tembereng menjadi salah satu bagian yang tidak bisa dipisahkan dari bangun lingkaran. Berbagai rangkuman soal latihan pun bisa kalian temukan di buku pelajaran matematika SMA/SMK. Di lain sisi, bapak ibu guru juga pasti sudah pernah mengulasnya berulang kali.

Sebelum kita menuju inti pembahasan bagaimana cara menghitung luas tembereng dengan cepat. Ada baiknya kalian memahami terlebih dahulu konsep dari irisan bangun satu ini terlebih dahulu. Selebihnya, silahkan simak pembahasan di bawah sampai selesai.


Rumus Tembereng

Apa itu tembereng lingkarang? Pengertian tembereng lingkaran ialah daerah yang memiliki busur dan tali busur sebagai pembatasnya. Tembereng tersebut pada umumnya termasuk dalam salah satu unsur di lingkaran. Secara umum rumus tembereng lingkaran secara sistematis dapat dinyatakan dalam bentuk seperti di bawah ini:


Luas Tembereng = Luas Juring – Luas Segitiga

Rumus luas tembereng lingkaran di atas merupakan rumus umum yang dapat anda gunakan untuk menyelesaian soal soal yang ada. Namun caranya cukup lama karena waktu yang dibutuhkan banyak untuk menyelesaikan runtutan tata cara penyelesaiannya. Untuk itu saya akan membagikan cara menghitung luas tembereng lingkaran dengan cepat beserta contoh soal luas tembereng lingkaran. Rumus yang akan saya jelaskan ini berlaku apabila besar sudut pusat lingkarannya ialah 90° atau berlaku untuk ¼ luas pada lingkaran. Agar anda lebih paham mengenai materi luas tembereng lingkaran ini, maka perhatikan contoh soal berikut:

Baca :   Contoh Soal Persamaan Trigonometri Kelas 11

Baca juga : Rumus Cepat Limit Tak Hingga Beserta Contoh Soal Latihannya

Perhatikan gambar di bawah ini!


Tentukan luas tembereng AB apabila lingkarannya memiliki panjang jari jari 28 cm?

Pembahasan.
Contoh soal luas tembereng lingkaran ini dapat diselesaikan dengan konsep dasar (cara lama) ataupun cara cepat. Adapun langkah langkahnya yaitu sebagai berikut:


Cara Menghitung Luas Tembereng (Konvensional)

Cara menghitung luas tembereng lingkaran ini dapat dilakukan dengan menghitung luas lingkaran terlebih dahulu, kemudian luas juring AOB, luas segitiga AOB dan yang terakhir baru menggunakan rumus luas temberengnya. Untuk itu hasilnya akan menjadi seperti berikut:
Luas Lingkaran = πr²
                       = 22/7 x 28²
                       = 2464 cm²

Luas juring AOB / Luas Lingkaran = Sudut pusat / 360°
        Luas juring AOB / 2464 cm² = 90° / 360°
        Luas juring AOB / 2464 cm² = ¼
                         Luas juring AOB = ¼ x 2464 cm²
                         Luas juring AOB = 616 cm²

Luas ∆AOB = ½ x Alas x Tinggi
                 = ½ x 28 x 28
                 = 392 cm²

Sehingga,
Luas tembereng AB = Luas juring – Luas segitiga
                             = 616 cm² – 392 cm²
                             = 224 cm²
Jadi luas tembereng AB ialah 224 cm².

Baca :   Kerjakan Soal Soal Berikut Dengan Teliti

Baca juga : Contoh Soal Bangun Datar Gabungan dan Pembahasannya


Cara Menentukan Luas Tembereng Dengan Cepat

Cara menghitung luas tembereng lingkaran pada umumnya dapat dilakukan dengan rumus cepat pula. Rumus luas tembereng lingkaran ini hanya berlaku jika besar sudutnya 90 derajat. Untuk itu penyelesaian contoh soal luas tembereng lingkaran di atas akan menjadi seperti berikut:


Rumus Cepat Luas Tembereng = (2/7)r²

Sehingga,
Luas tembereng = (2/7)r²
                        = (2/7) x 28²
                        = 224 cm²
Jadi luas tembereng AB ialah 224 cm².

Bagaimana rumus luas tembereng dengan cepat di atas, mudah bukan? Sekian penjelasan mengenai cara menghitung luas tembereng lingkaran beserta contoh soal luas tembereng lingkaran. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah membaca materi tembereng lingkaran di atas.


Cara Mencari Luas Juring Pada Lingkaran

Sumber: https://rpp.co.id/cara-menghitung-luas-tembereng-lingkaran/

Check Also

Contoh Soal Perkalian Vektor

Contoh Soal Perkalian Vektor. Web log Koma – Setelah mempelajari beberapa operasi hitung pada vektor …