Cara Menata Ruang Tamu Dan Dapur

Cara Menata Ruang Tamu Dan Dapur

Memiliki rumah dengan luas terbatas memang memaksa kita harus pintar-pintar mengakalinya. Meski dengan luas yang tidak begitu besar, tentu rumah masih bisa didesain sebaik mungkin agar tetap memenuhi kebutuhan ruang dan fungsi untuk keluarga.

Pinhome –
Salah satu hal yang sering menjadi masalah adalah ruang tamu dan dapur tanpa sekat karena ruangan terbatas di rumah. Namun tenang! Sebenarnya Pins hanya perlu melakukan penataan yang tepat antara dapur dengan ruang tamu agar kedua ruangan ini bisa berfungsi maksimal namun dengan tampilan yang tetap cantik.Bagi kamu yang mengalami masalah serupa, Pinhome akan membagikan 10 cara menata ruang tamu dan dapur tanpa sekat bisa bersatu dengan baik lewat ulasan di bawah ini!

Baca juga: Apa Sih Ruang Tamu Minimalis Itu? Kamu Bisa Lakukan Hal Simpel Ini Untuk Mendapatkannya

Penggunaan Mini Bar sebagai Meja Makan


(Pinterest)

Jika kamu memiliki rumah dengan luas terbatas, penggunaan mini bar sebagai meja makan bisa menjadi solusi
lho! Pins bisa membuat ruang makan dan ruang tamu terasa lebih luas karena mini bar yang ukurannya lebih kecil.

Penggunaan mini bar ini bisa digunakan untuk Pins yang memiliki anggota keluarga yang tidak terlalu banyak atau kebiasaan jam makan yang berbeda-beda. Cara menata ruang tamu dan dapur juga terasa lebih mudah karena mini bar yang tidak memakan banyak ruang serta dapat menegaskan antara ruang tamu dan dapur tanpa sekat.

Baca juga: Rekomendasi Partisi Ruangan Tamu Sebagai Penyekat Antar Ruang

Baca :   Gambar Kartun Wanita Sedih Dan Kecewa

Penggunaan Karpet


(Pinterest)

Salah satu hal yang bisa menegaskan antara ruang makan dan ruang keluarga adalah dengan menggunakan karpet pada ruang tamu atau ruang keluarga. Penggunaan karpet akan menegaskan ruang keluarga atau ruang tamu sehingga tidak terlalu bercampur dengan dapur. Penggunaan karpet ini juga dapat memberikan kesan
warm
pada ruang tamu atau ruang keluarga.


Blocking
Ruangan dengan
Kitchen Set

Selain penggunaan karpet dan mini bar, cara menata ruang tamu dan dapur yang bisa kamu lakukan selanjutnya adalah dengan menggunakan
kitchen set
sebagai
blocking
sehingga membuat tampilan dapur dan ruang tamu terlihat terpisah meski tanpa penyekat ruangan. Kamu juga bisa menata sofa pada ruang tamu berlawanan arah dengan
kitchen set
yang menjadi
blocking
sehingga ruang tamu dan dapur semakin jelas terpisahkan.

Penggunaan Lampu Gantung

Desain ruang makan dan ruang keluarga selanjutnya kamu bisa lakukan dengan penggunaan lampu gantung. Lampu ini bisa digunakan pada salah satu ruangan entah ruang keluarga atau dapur yang akan memberi penegasan pada salah satu ruangan. Kamu juga bisa memberi batasan antara dapur dengan tambahan mini bar atau
kitchen set.

Penempatan Meja Makan di Sudut Ruangan

Desain ruang makan dan ruang keluarga ini memang sangat cocok digunakan pada rumah dengan luas yang tidak terlalu besar. Pins bisa membuat meja makan di sudut ruangan agar tidak terlalu bercampur dengan ruang keluarga sehingga memberikan batas yang jelas antara ruang makan dengan ruang keluarga. Jika perlu, Pins bisa menambahkan lampu gantung dan karpet di ruang keluarga agar semakin menegaskan perbedaan antara ruang makan dengan ruang keluarga.

Penggunaan Meja Makan Bundar

Penggunaan meja makan bundar ini dapat membuat desain ruang makan dan ruang keluarga ini akan semakin jelas batasannya. Kamu bisa menggunakan karpet pada ruang keluarga agar semakin menegaskan keberadaan ruang keluarga dan batasan antara ruang makan dan ruang keluarga.

Baca :   Cara Mengusir Tikus Di Sawah Dengan Kapur Barus

Penggunaan Meja Makan Persegi Panjang

Jika Pins memiliki meja makan berbentuk persegi panjang, tenang! Meja makan ini bisa ditata dan dibuat sebagai penegas antara dapur dan ruang keluarga atau ruang tamu. Cara menata dengan meja makan persegi panjang juga cukup sederhana. Kamu hanya perlu meletakkan meja makan persegi panjang ini di depan dapur dan membuat sofa pada ruang tamu menghadap berlawanan arah dengan meja makan. Sehingga akan jelas batasan antara ruang tamu dan dapur tanpa sekat dengan ruangan lainnya.

Penggunaan Partisi Semi Terbuka


(Pinterest)

Desain ruang makan dan ruang keluarga lainnya yang bisa kamu coba di rumah adalah dengan penggunaan partisi semi terbuka. Dengan menggunakan partisi semi terbuka ini Pins bisa membuat batas yang sangat jelas antara ruang tamu atau ruang keluarga dengan dapur.

Penggunaan Motif Lantai Berbeda

Desain ruang makan dan ruang keluarga selanjutnya yang bisa kamu gunakan adalah dengan menggunakan motif lantai berbeda antara ruang makan dan ruang keluarga. Hal ini untuk menegaskan batasan antara ruang makan dan ruang keluarga. Penataannya sendiri juga lebih sederhana karena Pins jadi tidak perlu membuat
blocking
karena sudah ada lantai yang memisahkan antara kedua ruangan ini.

Baca juga: Model Sekat Ruang Tamu Kecil Agar Terlihat Lebih Luas

Penataan Pada Sisi-Sisi Ruangan

Cara menata ruang tamu dan dapur ini juga bisa kamu lakukan jika rumah tidak memiliki luas yang memadai. Pins bisa membuat keduanya terpisahkan dengan jarak yang cukup jauh karena penataan ruang tamu yang dipepetkan dengan salah satu sisi dan dapur yang juga dipepetkan pada salah satu sisi berlawanan dengan ruang tamu.

Scandinavian Style

(Interior Design Ideas)

Memilih furnitur yang tepat dalam menghadapi problema ruangan sempit memang agak pelik, namun, gaya skandinavia menerapkan penggunaan furnitur yang tidak hanya estetik, namun fungsional. Selain itu, warna-warna yang minimalis akan membuat ruangan terkesan luas.

Ruang Dua Fungsi

Keterbatasan ruang pada rumah yang berukuran cenderung kecil merupakan hal yang biasa. Jika kamu memiliki satu ruangan yang ideal, maka dapat digunakan sebagai ruangan multifungsi. Saat ingin makan dirubah dengan menyusun meja dan kursi makan, setelah itu disimpan dan menjadi ruang tamu atau ruang keluarga.

Baca :   Gambar Poster Pemanasan Global Yang Bagus

Baca juga: 15 Desain Dapur Terbuka Minimalis yang Menarik

Dapur U

(Houzz)

Salah satu cara untuk membuat sekat antara ruang tamu dan dapur adalah dengan menggunakan
kitchen set
berbentuk U. Nantinya, bagian depan akan diletakkan menghadap ke ruang tamu agar dapat menjadi pembatas antara kedua ruang.

Bangku Lipat Dinding

Jika kamu mempunyai rumah dengan ruangan yang agak kecil, mungkin bangku lipat bisa menjadi solusi kamu untuk menghemat ruang penyimpanan. Tahukah kamu, bahwa ada bangku lipat yang dapat kamu gantung di dinding? Ini disebut sebagai
wall-mounted chair.

Warna Monokrom

Warna monokrom seringkali digunakan, terutama putih, untuk memberikan kesan ruangan yang luas. Selain itu, dengan warna putih kamu akan lebih bebas dalam mendekorasi ruangan karena fleksibel dan cocok dengan banyak warna.

Itulah 15 rekomendasi untuk menata ruang tamu dan dapur yang bisa kamu lakukan sendiri di rumah tanpa membutuhkan biaya yang besar. Semoga dengan ulasan di atas dapat membantu kamu menata dapur dan ruang keluarga yang menyatu dengan apik.

Baca juga: Desain Ruang Tamu Natural Terpopuler dan Kekinian


Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini.

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Cara Menata Ruang Tamu Dan Dapur

Source: https://www.pinhome.id/blog/cara-menata-ruang-tamu-dan-dapur/

Check Also

Gambar Wanita Sedih Menangis Dan Kecewa Kartun

Gambar Wanita Sedih Menangis Dan Kecewa Kartun Adapun berikut ini adalah koleksi yang bisa kamu …