Cara Menanam Bunga Tulip Di Indonesia

Apakah kamu tahu rente tulip? Ya, bunga tulip menjadi riuk satu bunga yang minimum tersohor di Belanda. Dengan bentuknya yang rupawan, dandan beragam, dan baunya yang harum tentu sahaja bunga ini menjadi favorit semua cucu adam. Terimalah, apakah kamu pertalian kecam bahwa sulit sekali menemukan bunga tulip di Indonesia? Rente tulip sebetulnya sekata bakal dibudidayakan dan bertaruk dengan baik di provinsi yang memiliki catur perian, sebagai halnya Belanda. Nah, oleh karena itu, cacat sekali ditemukan budidaya bunga tulip di Indonesia yang notabene distrik yang memiliki dua musim saja. Meski begitu, budidaya bunga tulip ini masih bisa dilakukan di daerah gunung-gemunung dengan udara yang adem dan sejuk, misalnya seperti Dieng. Sangat, bagaimana jika kamu mau membudidayakan bunga tulip ini, belaka di daerah tekor? Tenang saja! Beliau masih bisa melakukan budidaya tersebut, asalkan di kerumahtanggaan proses budidayanya, rente tulip tersebut diperlakukan secara partikular dan spesial dengan teknik tertentu, sehingga bisa tumbuh dan berkembang. Padalah, bagaimana caranya? Simak penjelasannya berikut ini.

  • Baca juga : 5 Pendirian Budidaya Pisang Cavedish untuk Pemula

1. Penyiapan Jauhar Umbi dengan
Cold Treatment

Umbi tulip. Sumber: Pexels

Cara budidaya bunga tulip #1 yang harus engkau untuk adalah menyiagakan sperma umbi yang akan dibudidayakan. Sebetulnya, bunga tulip adalah jenis bunga yang ditumbuhkembangkan melalui umbinya. Oleh karena itu, tahap #1 yang harus dilakukan olehmu adalah menyiapkan umbinya. Terimalah, pasca- disiapkan, berikan perlakuan khusus pada pongkol tersebut yakni dengan mendinginkannya tambahan pula habis sebelum ditanam. Perlakuan solo tersebut sering dikenal dengan nama
cold treatment.
Nah, cak kenapa harus didinginkan dulu? Ya, sebagaimana yang telah dijelaskan sebelumnya. Bunga tulip bisa bertaruk dan berkembang takdirnya dibudidayakan di kewedanan empat tahun yang memiliki suhu adem. Oleh karena itulah, seandainya ingin membudidayakannya di Indonesia (nan hanya dua masa), engkau harus mendinginkannya terlebih lalu. Jika kamu nekat menanam umbi tanpa perlakuan tersebut di tempat bersuhu panas begitu juga daratan rendah di Indonesia, tentu sekadar budidayamu tersebut enggak akan berhasil. Lalu, bagaimana cara
cold treatment
tersebut?

  1. Cuci dan bersihkan umbi tulip. Simpan pongkol tersebut di n domestik plastik dengan berapatan sehingga nantinya umbi enggak terkena gas etilen berpangkal sayur mayur nan ada di kulkas.
  2. Setelah dibungkus rapat, masukkan pongkol ke dalam kulkas atau
    freezer
    dengan temperatur yang diatur sekitar 1,8 – 12 derajat celcius.
  3. Diamkan dan dinginkan pongkol tersebut sepanjang 1,5 – 4 bulan.
  4. Di intern proses pendinginan umbi tersebut, usahakan untuk menjauhkan umbi dari biji kemaluan-buahan dan sayuran lainnya.
  5. Cek secara berkala umbi dan bersihkan jika muncul jamur. Jika terdapat jamur ini di umbi tulip, segera bersihkan dengan air bersih, keringkan, dan dinginkan lagi di intern kulkas.
  • Baca juga : Mudah Dilakukan, Berikut 6 Cara Budidaya Laja di Polybag
Baca :   Toko Bunga Mawar Di Padang

2. Penggodokan Petak Budidaya Bunga Tulip

Lahan budidaya.
Tanah budidaya. Sumur: Pexels

Jikalau umbi sedang diberikan
cold treatment,
maka kaidah budidaya #2 yang harus beliau lakukan yakni mengolah petak budidayanya. Terdapat beberapa kriteria yang harus kamu penuhi mengenai tanah budidaya seandainya ingin menumbuhkembangkan anak uang tulip ini. Apa saja patokan tersebut?

  1. Usahakan untuk mengerjakan budidaya bunga tulip di lembang tinggi dengan suhu yang dingin.
  2. Media tanam yang digunakan untuk budidaya harus gembur.
  3. Negeri budidaya sekali lagi harus dekat dengan sumber air.
  4. Agar tidak terkena aerosol air asin, wilayah yang dijadikan tempat budidaya tersebut harus jauh berasal pantai.
  5. Wahana tanam juga harus mengandung elemen hara yang cukup.
  6. Media tanam harus mempunyai tingkat keasaman atau pH sekitar 5,5 – 7,5.

Lalu, bagaimana jika ingin membudidayakan bunga tulip di daratan cacat dengan suhu yang panas? Terimalah, kamu boleh menyiasatinya dengan melakukan beberapa hal berikut ini.

  1. Kamu dapat menanam pongkol bung tulip yang telah didinginkan tersebut di tempat yang teduh dan senyap.
  2. Gunakan pemancaran air kodrati yang akan menyerahkan pengairan setiap 20 – 40 menit. Gunanya pengusahaan penyemburan air faali tersebut yaitu seharusnya suhu udara di sekitar kancah budidaya menjadi dingin dan tanaman tulip loyal lembap kondisinya.
  3. Membuat air mancur yang mengiprat dan mengalir di dekat lokasi budidaya dengan intensi untuk menyerap suhu peledak sekitar serta menjadikan kelembapan kian tangga sekali lagi.
  • Baca juga : 6 Mandu Jitu Budidaya Rente Melati agar Cepat Berbunga

3. Awalan Wahana Tanam

Media tanam.
Media tanam. Sumber: Pexels

Setelah lahan budidaya diolah, maka cara budidaya bunga tulip #3 adalah menyiagakan wahana tanamnya. Nah, berikut beberapa cara menyiapkan media tanamnya.

  1. Pacul kapling hingga menjadi gembur.
  2. Membuat alur tanam alias bedengan.
  3. Keruk dan bikin korok pada alur atau bedeng yang sudah dibuat.
  4. Isi dengan cendawan pupuk hijau dan tutup lagi.
  5. Untuk penyiraman sehingga pupuk pupuk hijau cepat terurai.
  • Baca juga : 6 Mandu Mudah Budidaya Anak uang Bougenville di Pot
Baca :   Perhitungan Kredit Di Home Credit

4. Penanaman Umbi Bunga Tulip

Penanaman umbi.
Penanaman umbi. Sumber: Pexels

Setelah pongkol diberikan
cold treatment
dan persil budidaya telah diolah, maka langkah selanjutnya adalah berbuat penanaman umbi tersebut. Berikut beberapa cara mengerjakan penanaman umbi bunga tulip untukmu.

  1. Buat lubang pada bedeng yang telah dibuat.
  2. Beri pasir sebagai lapisan sumber akar lega lubang tersebut.
  3. Masukkan umbi bunga tulip sedalam 2 – 3 sentimeter. Kamu bisa membentuk penggalan atas permukaan umbi tertumbuk pandangan ketika ditanam.
  4. Atur jarak tanam umbi sesuai keinginan dan kebutuhan.
  5. Berikan penyiraman sehabis umbi ditanam. Usahakan kerjakan tidak melakukan penyiraman di atas pangkal pohon secara sambil untuk menjauhi adanya pembusukan umbi tersebut.
  • Baca juga : Terpesona Budidaya Anakan Krisan? Yuk, Ikuti 7 Caranya Berikut Ini!

5. Perawatan Anakan Tulip

Perawatan bunga tulip.
Perawatan anak uang tulip. Sendang: Pexels

Takdirnya umbi bunga tulip sudah lalu ditanam, maka cara budidaya bunga tulip #5 ialah mengerjakan perawatannya, sehingga bisa tumbuh dan berkembang dengan baik. Nah, barang apa saja perawatan yang dibutuhkan?

  1. Lakukan penyiraman secara berkala. Meski serupa itu, jangan berlebih sering karena dapat menyebabkan fermentasi akar tunjang.
  2. Buat penyiangan pada tanaman gulma yang bertaruk di seputar rente tulip sebulan sekali.
  3. Besar perut buat daerah budidaya sejuk dan campah semoga bunga tulip boleh tumbuh yaitu dengan memperalat penyemburan air otomatis tadi.
  • Baca kembali : Memiliki Peluang Menjanjikan, Ini 6 Pendirian Budidaya Bunga Anyelir

6. Masa Panen Rente Tulip

Panen tulip
Panen tulip. Sumber: Pexels

Sesudah bunga tulip dirawatan dengan baik, maka cara budidaya bontot adalah memanennya. Rente tulip yang sudah lalu memasuki umur 8 bulan sejak penanamannya berarti sudah memasuki nasib panen. Biasanya setelah berumur 8 bulan ini, tulip sudah mengeluarkan bunganya yang cakap. Nah, beliau dapat memanen anakan tersebut dengan pendirian memotongnya, nih!

  • Baca juga : Angka Peminat Sangat Tinggi, Ini 5 Kaidah Budidaya Angsa Peking
Baca :   Cara Menghilangkan Duri Di Tenggorokan Dengan Cepat

Untuk kamu yang ingin mendapatkan informasi-pemberitahuan lainnya, taajul klik tautanberikut. Jangan pangling juga lakukan mengikuti media sosialInstagram Vocasia bagi mengetahuiupdatedan informasi terbaru mengenai cak bimbingan-latihan menarik dan edukatif yang pastinya dahulu berguna buat sira!

Nikmati segala tuntunan online di berbagai topik dengan ijab khusus yang menarik semata-mata diVocasia aktual reduksi nan adv amat pas untuk kantongmu! Buat dirimu semakin mahir dan memiliki kemampuan dengan mengikuti pelajaran online semata-mata di Vocasia! Taajul temukan kursus terbaru nan sejadi untuk anda hanya dengan klik tautanberikut.

Cara Menanam Bunga Tulip Di Indonesia

Source: https://vocasia.id/blog/cara-budidaya-bunga-tulip/

Check Also

Agar Lantana Cepat Berbunga

Agar Lantana Cepat Berbunga. Begitu juga sudah diketahui dan ( harap ) dimaklumi, aku termasuk …