Cara Membuat Kerangka Harimau Dari Bambu

Cara Membuat Kerangka Harimau Dari Bambu

Ilustrasi Tari harimau Api – Image from chinastory


Anhui, Bolong.id
– Tarian Harimau Api, pertunjukan khas Imlek di Tiongkok. Terkait Tahun Harimau, 2022. Di Kabupaten Fengtai, Provinsi Anhui, penarinya pria, Sun Yuanduo. Ia mengenakan topeng Harimau, dengan pakaian tahan api.

Dilansir dari 中国新闻网 pada Jumat (04/02/2022). Harimau api adalah tarian rakyat yang tersebar di Desa Shankou dan Desa Huaifeng, Kabupaten Fengtai, Provinsi Anhui. Tarian ini memiliki sejarah ribuan tahun.

Pada tahun 2008, tarian ini masuk dalam daftar warisan budaya takbenda nasional Tiongkok gelombang kedua. Tarian non-provinsi -pewaris genetik Proyek Harimau.

Hanya beberapa hari yang lalu, Sun Yuanduo memimpin lebih dari 20 penampil untuk mempersembahkan pertunjukan harimau api untuk orang-orang lokal yang kembali. Apa yang tidak dia duga adalah bahwa penampilan itu penuh dengan orang dan banyak media bergegas untuk mewawancarai dan memberitakannya.

Alat peraga yang digunakan oleh harimau api dibagi menjadi tiga bagian: kepala harimau, tubuh harimau dan ekor harimau. Saat membuat kepala harimau, pertama-tama diikat menjadi kerangka dengan potongan bambu dan kemudian ditempel dengan lilitan rami.

Tubuh harimau dibuat dengan menghubungkan 21 papan paulownia dengan kabel besi halus dan mengebor 12 lubang yang sama pada setiap papan paulownia.

Biji rami ditempatkan di lubang-lubang kecil. Strip murbei yang paling sering digunakan ditekuk menjadi bentuk terbalik yang merupakan ekor harimau.

Sun Yuanduo mengatakan bahwa ada lebih dari 30 proses sebelum dan sesudah membuat harimau api membutuhkan kerja sama 6 orang.

Di antara mereka, proses yang paling sulit adalah membuat lilitan rami. “Pulinan rami harus tahan terhadap terbakar dan tidak terbuka pada nyala api terbuka, sehingga percikan api akan memercik ketika menari, dan tidak akan membakar orang.

Baca :   High Resolution Black T Shirt Template

Setiap lilitan panjangnya 10 cm dan terbuat dari tiga helai rami, dan hanya yang paling dalam. serat rami musim gugur dapat digunakan.”

Sore hari, langit mulai gelap. Sun Yuanduo memakai topi, menutupi kepala dan lehernya dan hanya memperlihatkan matanya. Dia kemudian memakai baju tahan api dan sarung tangan. Kemudian dia mengikat kulit harimau, kepala harimau dan ekor harimau diikat ke tubuh, dan masing-masing tangan memegang tongkat sebagai cakar depan harimau dan mulai muncul.

Segera, harimau api itu memercik dengan bunga api “berkelahi” dengan singa. Seluruh pertunjukan penuh dengan relaksasi dan kecerdasan yang menarik tepuk tangan terus menerus dari penonton.

Sun Yuanduo mengatakan bahwa pertunjukan Macan Api termasuk karakter seperti harimau, singa jantan, singa betina, anaknya, dewa bumi dan pemimpin singa, dan lebih dari 20 orang diminta untuk bekerja sama.

“Ada sekitar 600 batang rami di harimau api, dan dibutuhkan 6 orang untuk menyalakannya pada saat yang bersamaan. Jika tidak, urutan kedua baru saja dinyalakan dan urutan pertama telah terbakar. “

Sun Yuanduo mengatakan kepada seorang reporter bahwa di masa lalu, di akhir pertunjukan harimau api kalah dari dua singa dan mereka bergegas ke kolam dengan api di sekujur tubuh mereka.

Sekarang ceritanya telah berubah dan api dipadamkan dengan handuk basah. Pakaian tahan api telah menggantikan karung basah dan selimut basah yang digunakan oleh para aktor untuk mencegah kebakaran.

Sejak kecil, Sun Yuanduo mengikuti ayahnya Sun Yongchao yang merupakan ahli waris non-herediter nasional untuk menampilkan pertunjukan Macan Api. Setelah ayahnya meninggal pada tahun 2022, ia resmi mengambil alih tongkat pusaka dari ayahnya.

Baca :   Cara Menanam Bunga Kertas Dengan Stek Batang

“Harimau api diturunkan dari nenek moyang, dan tidak ada interupsi di tengah. Saya akan melakukan yang terbaik untuk meneruskan warisan budaya takbenda yang telah diwariskan selama ribuan tahun ini.”

Ketika Sun Yuanduo tampil, putranya bersorak. “Putraku masih di sekolah dasar. Setiap kali aku tampil, dia akan bersamaku, sama seperti aku mengikuti ayahku saat itu. Ketika dia dewasa, jika dia mau, aku akan mewariskan kerajinan itu kepadanya.” Sun Yuanduo menjelaskan.

Pertunjukan harimau api mewujudkan semangat kerja keras dan keyakinan hidup yang teguh dan optimis dari orang-orang di Daerah Aliran Sungai Huaihe dan memiliki nilai penelitian dalam cerita rakyat dan aspek lainnya.

Dalam beberapa tahun terakhir, Departemen budaya Kabupaten Fengtai telah menyelamatkan, melindungi, dan mewarisi seni harimau api dan mendorong kelompok seni rakyat tingkat desa, Sekolah Seni Huagudeng dan tim lain untuk belajar dan mewarisi.

Sun Yuanduo mengatakan bahwa sekarang negara semakin memperhatikan perlindungan warisan budaya takbenda dan ada dana perlindungan khusus setiap tahun. Saya berharap lebih banyak orang akan memperhatikan dan terlibat dalam warisan non-genetik harimau api.

“Semuanya membaik. Saya berharap akan ada lebih banyak panggung, sehingga lebih banyak orang dapat melihat pesona seni unik dalam budaya rakyat Fengtai ini.”(*)

Cara Membuat Kerangka Harimau Dari Bambu

Source: https://bolong.id/aa/0222/galaknya-action-tari-harimau-api-di-anhui

Check Also

Gambar Wanita Sedih Menangis Dan Kecewa Kartun

Gambar Wanita Sedih Menangis Dan Kecewa Kartun Adapun berikut ini adalah koleksi yang bisa kamu …