Cara Membuat Gantungan Kunci Yang Mudah

Cara Membuat Gantungan Kunci Yang Mudah

Membuat gantungan kunci resin sendiri
– Saya yakin, semua orang pasti memiliki kuncinya masing-masing dan menggunakannya setiap hari. Kunci rumah, mobil, kamar, lemari, kamar mandi, dan masih banyak lagi. Sebagian besar kunci tersebut dihiasi dengan gantungan kunci. Bahkan, key chain juga banyak digunakan untuk menghiasi resleting tas. Membuat key chain bisa menjadi aktivitas yang menyenangkan untuk dicoba. Anda bisa menggunakan berbagai material sesuai yang anda inginkan, salah satunya adalah gantungan kunci resin.

Gantungan kunci resin adalah key chain yang dibuat dari resin akrilik. Biasanya dipilih karena material tersebut mudah digunakan, dan anda bebas berkreasi memasukkan berbagai benda ke dalamnya, mulai dari kerang, koin, manik-manik, bunga, glitter, dan lain-lain.

Gambar 1. Contoh key chain resin

Membuat key chain adalah aktivitas yang cukup mudah dan bisa dilakukan oleh orang dari berbagai usia, bahkan oleh anak-anak dan pemula sekalipun.

Bahan yang anda butuhkan:

  • Cetakan
  • Alas cetakan
  • Paper cup
  • Resin akrilik
  • Katalisator
  • Craft stick
  • Rantai gantungan kunci
  • Pewarna
  • Material dekoratif (apapun sesuai keinginan anda)

Cara Pembuatan :

Gantungan Kunci custom

Langkah 1

Anda bisa membeli cetakan di toko-toko kerajinan, atau anda bisa membuatnya sendiri dengan berbagai bahan yang anda miliki di rumah. Anda bisa menggunakan tutup botol bekas, kotak korek api, atau apapun. Lapisi cetakan yang telah anda pilih ini dengan pelapis cetakan seperti plastik atau kertas minyak, tujuannya adalah untuk memudahkan ketika anda akan mengeluarkan gantungan kunci yang telah selesai dibuat dari cetakan.

Langkah 2

Campur resin dan kalalisator dalam paper cup, sesuaikan takarannya dengan apa yang tertera dalam kemasan. Perlu dicatat, anda harus benar-benar mengikuti aturan pakai yang ada. Mengubah takaran berpotensi membuat adonan tersebut gagal. Aduk perlahan-lahan dengan menggunakan craft stick. Mengaduk terlalu cepat bisa berakibat muncul gelembung-gelembung yang membuat hasil akhirnya menjadi tidak sempurna.

Anda bisa menambahkan pewarna atau benda kecil lainnya seperti glitter pada tahap ini.

Baca :   Gambar Tuhan Yesus Berdoa Di Getsemani

Baca juga :
Souvenir Gantungan Kunci, Hadiah Terbaik Untuk Semua Orang!

Langkah 3

Tuangkan resin ke dalam cetakan. Kalau anda ingin menambahkan berbagai material dekoratif pada
gantungan kunci akrilik, tuang resin sampai setengah dari tinggi cetakan terlebih dahulu. Tunggu resin akrilik cukup kering, baru tambahkan material dekoratif ke dalamnya. Apabila anda menambahkan material pada saat resin  masih terlalu basah, hiasan akan jatuh ke dasar cetakan. Sebaliknya kalau anda menambahkan setelah resin  mengeras, hiasan tidak akan tertempel dengan sempurna.

Setelah anda menambahkan material, tuangkan kembali resin akrilik untuk menutupnya dengan sempurna.

Langkah 4

Pastikan tidak muncul gelembung pada resin yang telah dituang. Apabila anda melihat beberapa gelembung kecil muncul, segera pecahkan dengan jarum atau benda tajam lain sebelum resin akrilik benar benar mengeras.

gantungan kunci akrilik

Langkah 5

Pasang rantai gantungan kunci yang telah anda pilih. Anda bisa menggunakan dua cara : langsung memasangnya pada saat resin  belum mongering agar rantai terkunci di dalamnya, atau melubangi gantungan kunci akrilik yang sudah jadi dan memasang rantai tersebut.

Pilih langkah manapun yang sesuai dengan keinginan anda.

Langkah 6

key chain anda membutuhkan waktu sekitar 24-48 jam hingga kering sempurna. Anda perlu memastikannya sebelum melepas gantungan kunci akrilik tersebut dari cetakan.

Membuat key chain sendiri memang mudah. Namun untuk keamanan, pastikan anda mengerjakannya di ruang terbuka atau ruang dengan ventilasi yang baik. Pastikan juga anda menggunakan sarung tangan.

Nah kalau anda membutuhkan key chain dalam jumlah yang cukup besar untuk souvenir, membuatnya sendiri tentu cukup merepotkan. Anda bisa memesan gantungan kunci resin ke
percetakan & digital printing digibook promotion semarang  melalui pilihan jasa yang bisa anda order secara online.

Baca :   Cara Pasang Exhaust Fan Tanpa Bobok Tembok

Digibook Promotion, Creating Happiness !

Cara Membuat Gantungan Kunci Yang Mudah

Source: https://digibook.id/blog/membuat-gantungan-kunci-resin-sendiri/

Check Also

Gambar Wanita Sedih Menangis Dan Kecewa Kartun

Gambar Wanita Sedih Menangis Dan Kecewa Kartun Adapun berikut ini adalah koleksi yang bisa kamu …