Cara Membuat Aquascape Tanpa Pupuk Dasar

Cara Membuat Aquascape Tanpa Pupuk Dasar

Tanaman Aquascape Tanpa Pupuk Dasar memangnya bisa ? mungkin ini pertanyaan pertama kali ketika berencana membuat aquascape. Jawabannya bisa iya dan tidak beberapa jenis tanaman aquascape perlu pupuk dasar agar tanaman air terus mendapatkan nutrisi untuk tumbuh.

Karena Pada dasarnya tanaman air juga sama saja seperti tanaman darat, yang memerlukan tanah untuk bisa mengambil nutrisi untuk tumbuh. Meski begitu ada juga tanaman aquascape tidak perlu pupuk dasar sama sekali untuk tumbuh.

Jadi tanaman aquascape tanpa pupuk dasar memanglah ada beberapa jenis dan penggunaan nya ini dapat bervariasi, Kamu dapat memilih sesuai kebutuhan dan konsep aquascape yang ingin dibuat. Barikut beberapa jenis tanaman aquascape yang tidak memerlukan pupuk dasar untuk dapat tetap tumbuh.

10 Tanaman Aquascape Tanpa Pupuk Dasar Yang Mudah Dijumpai

Menekuni salah satu hobi seperti  aquascaping menjadi sebuah tantangan tersendiri. Selain dituntut memiliki kreativitas yang tinggi, para penggila hobi ini pun harus memiliki pengetahuan berbagai jenis tanaman aquascape dan juga cara untuk melakukan perawatan.

ada sekitar 10 jenis tanaman air yang bisa tumbuh baik tanpa pupuk dasar apa saja ? berikut diantaranya.

Baca :   Warna Gorden Untuk Dinding Biru Telor Asin

Anubias

Anubias merupakan  genus tanaman berbunga air dan semi-akuatik dalam famili Araceae, tanaman anubias berasal dari Afrika tengah serta barat tropis biasanya tumbuh di sungaiserta dapat ditemukan di rawa-rawa.

Baca juga : Kelebihan dan Kekurangan Anubias di Aquascape

Tanaman jenis ini menjadi salah satu yang banyak digemari pecinta hobi aquascape dikarenakan perawatannya yang mudah. Selain sedikit membutuhkan CO2, juga mampu berkembang dengan sangat baik tanpa pupuk dasar. Anubias memiliki karakteristik daun lebar, tebal, gelap yang datang dalam berbagai bentuk.

Amazon Sword

Tanaman Amazon Sword PlantsTanaman Amazon sword atau nama ilmiah nya

Echinodorus grisebachii

atau

Echinodorus amazonicus

biasa juga disebut sebagai tanaman pedang Amazon, tanaman ini juga merupakan jenis tanaman rendah CO2 yang mampu tumbuh dengan baik tanpa pupuk dasar.


Baca Juga : 24 Jenis Tanaman Aquascape dan Ciri & Ciri nya

Kita dapat memanfaatkan Amaxon sword untuk menghiasi kolam air buatan tanaman ini juga bisa menjadi media belajar bagi pemula karena kemudahan nya serta tanpa harus pusing memikirkan pupuk dasar.

Cryptocoryne

Cryptocoryne PontederiifoliaCryptocoryne merupakan salah satu spesies tanaman air dari famili Araceae biasa tumbuh dan berkembang secara alami di daerah tropis India, Asia Tenggara dan Papua. Habitat asli yang khas dari Cryptocoryne sebagian besar merupakan aliran dan sungai dengan air yang tidak terlalu deras, di hutan dataran rendah.

Cryptocoryne merupakan tanaman aquascape tanpa pupuk dasar yang sangat diminati karena ini memiliki karakteristik daun yang berwarna hijau muda, dengan bentuknya yang lebar, dan tebal.

Bucephalandra

Bucephalandra Black PhantomBucephalandra adalah genus tanaman berbunga di keluarga Araceae. Ada sekitar 30 spesies Bucephalandra yang hingga kini telah ditemukan di Kalimantan.

Nama populer nya adalah Buce ini bisa tumbuh di hutan pedalaman memiliki nilai jual yang cukup tinggi.  Tanaman ini di sukai para aquascaper karena Bentuknya yang unik serta proses pertumbuhan yang lambat

Baca :   Model Lemari Pakaian 3 Pintu Terbaru

Baca juga : Cara Menanam Tanaman Aquascape yang Baik dan Benar

Tanaman ini juga tidak membutuhkan pupuk dasar kini tanaman buce sudah banyak dibudidayakan karena permintaannya yang semakin meningkat.

Egeria Densa

Egeria DensaTanaman Egeria densa, biasa dikenal juga sebagai gulma air berbunga besar atau gulma air Brasil, merupakan  spesies Egeria yang asalnya asli Amerika Selatan yang beriklim hangat seperti Brasil tenggara, Argentina, Chili, dan Uruguay.

Tanaman Egeria Densa bisa hidup tanpa pupuk dasar untuk aquascape tanaman ini memiliki kemampuan untuk menyerap kelebihan nutrisi yang dibutuhkan alga. Karena kemampuan  inilah yangtanaman  berkembang dengan cepat tanpa pupuk dasar.

Tanaman ini berfungsi sebagai penekan pertumbuhan alga juga dapat menyeimbangkan kondisi aquarium yang kelebihan nutrisi.

Java Fern

tanaman Java FernTanaman ini disebut juga Pakis lidah kolam merupakan sejenis tanaman paku-pakuan yang biasa digunakan para aquascaper sebagai tanaman hias, tanaman aquascape tanpa pupuk dasar ini biasa digunakan karena sangat mudah tumbuh. Tumbuhan asal sungai dan danau di Asia Tenggara ini memiliki beberapa variasi geografi yang berbeda bentuk dan ukuran. Dalam perdagangan, dikenal juga sebagai Java fern

Perawatan tanaman ini terbilang sangat mudah dan juga memiliki banyak varietas yang bermacam macam bentuknya sangat indah sehingga sangat cocok digunakan sebagai tanaman aquascape tanpa pupuk dasar.

Rumput Mini Dwarf

Dwarf Baby Tears plantsRumput Mini Dwarf biasa dikenal juga sebagai Carpet Seed adalah salah satu jenis tanaman yang kerap digunakan untuk alas atau istilahnya forefround  pada aquarium. Jenis tanaman rumput ini juga biasa digunakan tanpa pupuk dasar. Rumput Mini Dwarf dikenal juga dengan nama lain Eleocharis Parvula di dunia aquascaping.

Cabomba

Cabomba CarolinianaTanaman Cabomba adalah genus tumbuhan akuatik, salah  satu dalam famili Cabombaceae. Dengan daun yang indah dengan bentuk dan warna yang unik, tanaman ini sangat cocok disandingkan dengan berbagai jenis ikan hias.

Baca :   Background Images for Photo Studio Hd

Tanaman aquascape ini tumbuh  cukup baik tanpa pupuk dasar dikarena pertumbuhannya yang terbilang  lambat dan smampu bertahan dengan intensitas cahaya yang rendah.

Hydrilla

HydrillaTanaman Hydrilla merupakan tanaman air hanya satu spesies, Hydrilla verticillata, meskipun beberapa ahli botani membaginya menjadi beberapa spesies. tanaman ini jika digunakan untuk keperluan aquascape menjadi salah satu tanaman aquascape tanpa pupuk dasar yang digemari penggunanya.

Tanaman ini  memiliki ketahanan yang tinggi terhadap kadar garam yang larut di dalam air dibandingkan dengan banyak tumbuhan air lainnya. Perawatanya juga terbilang mudah dan memiliki tampilan yang memukau.

Fissiden Moss

Fissiden MossTanaman Fissidens adalah genus lumut haplolepideous yang termasuk dalam keluarga Fissidentaceae. tanaman ini juga menjadi pilihan para penghobi aquascape karena memiliki banyak keunggulan dan perawatan nya yang juga amat mudah.

Tanaman aquascape tanpa pupuk dasar dengan tipe pertumbuhan yang lambat biasanya  hanya dengan pupuk cair saja sebagai media bantu dapat tumbuh dengan sangat baik.

Itulah berbagai jenis tumbuhan air yang dapat tumbuh baik tanpa pupuk dasar yang biasa digunakan untuk aquascape dan hobi sejenis lain nya. Pastikan memilih tanaman yang tepat untuk aquascape mu sesuaikan dengan kebutuhan dan tema yang akan diusung.

Cara Membuat Aquascape Tanpa Pupuk Dasar

Source: https://rekreartive.com/jenis-tanaman-aquascape-tanpa-pupuk-dasar/

Check Also

Gambar Wanita Sedih Menangis Dan Kecewa Kartun

Gambar Wanita Sedih Menangis Dan Kecewa Kartun Adapun berikut ini adalah koleksi yang bisa kamu …